Kisah penaklukan kota suci jerussalem oleh Islam
pemerintahan
khulafaurrasyidin membawa kemajuan bagi umat islam. penaklukan demi penaklukan
terjadi di berbagai wilayah. terutama ketika dipimpin oleh khalifah ke 2, yakni
Umar bin khattab. penaklukan demi penaklukan terjadi.
hingga wilayah islam meluas ke wilayah yang
jauh dari jazirah arab.
pada
era nubuwiyah atau zaman nabi, wilayah islam hanya sekitar jazirah arab, yaman
dan arab selatan. baru pada era khulafaurrasyidin islam meluas hingga ke negeri
syam, mesir, palestina.
hal
itu karena pihak islam memenangkan peperangan melawan kerajaan kristen
byzantium (romawi timur) dalam berbagai pertempuran.
jerussalem,
kota suci tiga agama
kota
jerussalem adalah kota suci bagi umat kristen dan yahudi serta islam. Bagi umat
kristiani keberadaan gereja holy spulcher yang didalamnya ada batu golgotta
(tempat penyaliban yesus), batu perminyakan (tempat kristus dimandikan) serta
makam yesus menjadi alasan menjamurnya para peziarah kristen.
Begitu
juga, bagi bangsa yahudi, tembok ratapan tempat khusus bagi peribadatan bangsa
tersebut. Dimana jutaan orang yahudi di seluruh dunia berupaya mengunjungi kota
tersebut.
Tetapi
sebenarnya ada satu bangunan lagi milik bangsa yahudi di kota tersebut yang
telah hilang atau sekarang hanya berupa sisa-sisanya saja.
Bangunan
tersebut telah ada jauh sebelum gereja holy spulcher, rock of dome atau gereja
suci di yerussalem. Jauh sebelum abad masehi, dilakukan pembangunan bait suci
dibangun di bawah pemerintahan king solomon (nabi sulaiman).
di
bait suci itu tersimpan harta benda pusaka yang terdiri dari emas dan perak.
kota
jerussalem merupakan kota suci tiga agama, sebelum islam datang, sejak lama
terdapat makam-makam suci, gereja-gereja suci.
Islam
telah lama menorehkan eksistensinya di kota suci tersebut, bahkan sejak tahun
636 masehi.
Selama kurang lebih 1300 tahun, jerussalem
menjadi bagian dalam pemerintahan islam, dimana berbagai kerajaan, kesultanan
dan kekhalifahan islam memimpin kota suci selama lebih dari 1000 tahun lamanya.
sebut
saja kekhalifahan bani ummayah, bani abbasiyah, bani ayyubiyah, bani
fathimiyyah hingga turki utsmaniyyah pernah menjadi tuan rumah di kota suci
tiga agama tersebut, hingga jerussalem menjadi bagian dari negara palestina.
lebih
dari 13 abad lamanya, muslim menjadi tuan rumah bagi jerussalem.
Tidak
heran hingga saat ini, hak atas jerussalem tetap dipegang oleh umat muslim
karena lebih dari 13 abad lamanya muslim memimpin jerussalem.
kisah
awal penaklukan kota jerussalem oleh islam
menurut
beberapa sumber, pengepungan kota suci itu terjadi pada musim dingin tahun 636
masehi.
dengan dipimpin oleh amr bin ash, salah satu
panglima islam yang sangat berjasa dalam pertempuran yarmuk, pertempuran
memperebutkan kota damaskus, tentara muslim mencoba mengepung kota suci
tersebut dari segala arah.
diantara
panglima islam lainnya, amr bin ash adalah panglima islam yang tangguh. pada
era kekhalifahan umar bin khattab, ada beberapa panglima yang sangat berjasa.
sebut
saja panglima khalid bin walid, ubaidah bin jarrah, panglima al mutsanna,
ikrimah bin amru, syahrabil bin hassanah, panglima saad bin abi waqqash, dsb.
pengepungan kota jerussalem itupun tidak membawa hasil
selama musim dingin. setelah pengepungan selama berbulan-bulan tersebut, pihak
islam belom dapat meruntuhkan kota suci tersebut.
Kota
jerussalem diperkuat dengan tentara romawi timur, pengepungan selamamusim
dingin pun tidak membawa hasil.
hal
itu membuat khalifah kedua, umar bin khattab segera memerintahkan tentara
khalid bin walid dan ubaidah bin jarrah yang saat itu berada disyam, syria agar
bergerak ke selatan bersama pasukannya untuk membantu panglima amr bin ash
untuk mengepung jerussalem.
maka khalid dan ubaidah, dua panglima kenamaan
islam itu pun bergerak ke selatan bersama pasukannya.
sementara
itu pihak romawi timur mendapatkan informasi tentang datangnya tentara muslim
dari utara. hal itu membuat gusar putra mahkota kerajaan romawi timur,
constantin II. maka ia segera meninggalkan jerussalem dan bergerak menuju
kaesarea.
dari
kaisarea, constantine II mengirimkan perutusan untuk bertemu pihak islam.
setelah terjadi perundingan, ternyata pihak romawi timur memberikan hak
sepenuhnya pada pembesar kota jerussalem.
pihak romawi timur merasa tidak terikat dengan
dan menarik pasukannya dari kota suci tersebut.
putra
mahkota, konstantin merasa kota suci tersebut tidak bisa dipertahankan lagi.
kedatangan
bala bantuan dari utara (tentara khalid dan ubaidah) membuat romawi timur
merasa gentar dan meninggalkan kota suci tersebut, mereka merasa pesimis bahwa
kota jerussalem akan terus bertahan.
karena
itu pihak romawi timur membiarkan para pembesar yerussalem untuk mengambil
keputusan.
.
pihak
romawi timur merasa tidak terikat apapun keputusan yang diambil oleh para
pembesar jerussalem.
setelah
pengepungan memasuki musim semi, barulah pembesar jerussalem mengirimkan utusan
dan menyatakan meminta damai untuk umat islam.
utusan
tersebut membawa kabar jika pembesar jerussalem menyerah, meminta damai dan
mengibarkan bendera putih.
setelah
pengepungan selama berbulan-bulan selama musim dingin, ternyata membawa hasil
dimana kota suci tersebut jatuh ke tangan islam.
Panglima
amr bin ash merupakan panglima yang sangat berjasa dalam peristiwa penaklukan
kota jerussalem.
panglima
ubaidah bin jarrah lantas segera mngirimkan kabar ke madinah untuk
memberitahukan pada khalifah umar.
utusan
tersebut juga mengabarkan pada khalifah agar datang ke jerussalem untuk
menerima penyerahan kota suci tersebut dari patriach sophorinus, pembesar
jerussalem.
kesederhanaaan
umar bin khattab
buku ensyclopedia of britannica mengambarkan
keserhanaan umar bin khattab. umar bin khattab datang ke jerussalem hanya
dengan di temani mawlanya. mawla adalah sebutan bagi bekas budak yang telah
dimerdekaakan.
khalifah
umar berangkat ke kota suci tersebut dengan sangat sederhana.
lebih
lanjut, eksiklopedia asal inggris tersebut mencatat bagaimana kedatangan umar
bin khattab dengan perlengkapan apa adanya.
sebenarnya
banyak pembesar islam, dan panglima menawarkan agar khalifah berangkat ditemani
ddngan regu pasukan dan perbekalan yang banyak.
Tapi
khalifah yang sederhana memilih jalan zuhud dan berangkat dengan perlengkapan
amat sederhana.
Ensiklopedia
asal inggris itu menyebutkan, "umar
bin khattab dengan hanya menunggang unta merah, dengan membawa sekantung korma,
sekarung gandum, sebuah piring dari kayu, sebuah tempat minum dari kulit,
sebuah tikar untuk sembahyang, sang khalifah menempuh perjalanan yang
beratus-ratus mil jauhnya untuk sampai ke jerussalem" begitulah kira-kira
apa yang tertulis dalam ensiklopedia asal inggris tersebut.
Umar
bin khattab memang terkenal sosok yang sederhana, khalifah islam penguasa
itupun datang dengan pakaian seperti orang kebanyakan.
ketika
dalam perjalanan, ia sempat bertemu dengan banyak panglima bawahannya yang
mengenakan baju mewah, terbuat dari sutra. timbulah kemarahan umar bin khattab.
maka umar sangat marah, sampai-sampai umar
turun dari untanya dan menggengam pasir serta melemparkan pasir itu pada
panglima bawahannya.
tampaknya
umar bin kahttab merasa marah karena gaya hidup bawahannya yang tidak sesuai
dengan pribadi islami.
Hingga
beliau tidak segan untuk memarahi panglima bawahannya di depan umum.
setelah reda kemarahannya, panglima ubaidah
bin jarrah segera memberikan penjelasan pada khalifah bahwa itu merupakan hal
untuk membuat kesan yang baik pada lawan. Supaya
lawan merasa simpatik.
ubaidah
bin jarrah menganggap itu hanya taktik
dari pihak muslim, mengenakan pakaian mewah agar pihak musuh merasa
lebih segan pada tentara muslim.
khalifah
umar tiba di kota suci
Khalifah
umar memasuki kota jerussalem. kesederhanaan umar bin khattab membuat para
pembesar yerussalem merasa kagum, terutama patriach sophorinus.
pembesar
yerusalem itu menganggap sosok umar seperti halnya orang suci bukan pembesar
atau raja.
acara
penyerahan kota suci itu berjalan baik, dalam waktu singkat kota suci itu pun
beralih ke tangan islam setelah selama berabad-abad di bawah kekuasaan byzantium
atau romawi timur.
kemudian
para pembesar jerusalem, tokoh kristen, diantaranya uskup sophorinus berupaya
menemani khalifah penguasa baru kota jerussalem itu untuk berjalan-jalan.
mereka menemani khalifah islam itupun berkeliling kota yerussalem.
mereka
mengunjungi reruntuhkan kuil yahudi di bukit zion dan para uskup dan patriach
kristen berupaya menjawab berbagai pertanyaan dari khalifah islam tersebut.
Dengan
ditemani beberapa pembesar kristen, para uskup serta patriach sophorinus mereka berupaya menguide, khalifah islam yang
awam tentang kota tersebut.
hingga
ketika sholat dzuhur tiba, uskup
sophorinus segera menawarkan agar umat islam sholat di gereja. pembesar
jerussalem itupu mempersilahkan umar bin khattab dan umat islam untuk sholat di
dalam gereja.
tetapi
umar bin khattab dengan alasan yang bijak menolaknya. beliau tidak ingin jika
perbuatannya ditiru oleh umat islam di kemudian hari. Beliau tidak ingin akibat
perbuatannya, akan ditiru oleh umat islam di masa mendatang.
pemecatan
panglima khalid di jerussalem
Menurut
sumber tertentu di kota suci tersebut umar juga memecat salah satu panglima
terbaik dalam islam. Khalid bin walid.
pemecatan
khalid bukan karena ia gagal menjalankan misi
Tetapi
karena kemampuan khalid yang luar biasa.
Khalid
bin walid, panglima tangguh sejak zaman nabi, menjadi ujung tombak kemenangan
tentara islam. banyak jasa dari khalid untuk islam, ternyata diberhentikan
begitu saja.
Khalifah
ke 2 tersebut mengatakan " aku memecatmu bukan karena kemampuanmu, tetapi
karena orang terlalu terpesona olehmu. Aku takut jika orang akan melenceng dari
islam dan mengkultuskan dirimu"
khalid
bin walid, panglima islam tak terkalahkan, pahlawan pertempuran yarmuk, dipecat
oleh khalifah karena khalifah takut jika umat islam akan mengkultuskan dirinya.
tampaknya
pemecatan khalid bin walid ternyata didengar oleh uskup-uskup yang ada di sana.
Sebuah
hal yang aneh, biasanya seorang atasan memecat bawahan karena gagal menjalankan
tugas.
Tetapi
khalifah umar memecat panglima khalid karena terlalu bagus dan sempurna dalam menjalankan tugas.
sang
khalifah takut jika orang-orang muslim akan "mengkultuskan" khalid dan membuat orang-orang kehilangan
keimanannya. Maka khalid dipecat di kota suci tersebut.
maka
untuk pertama kalinya dalam sejarah, kota suci tersebut di bawah pemerintahan
islam. Umar bin khattab sang khalifah memberikan hak atas orang-orang kristen
dan yahudi.
Kaum
dzimmi pun bebas menjalankan ibadahnya. hak mereka dilindungi.
Umat
muslim merebut kota tersebut dari tangan kristen byzantium, bukan dari umat
yahud tidak heran umat muslim hingga saat ini mengklaim atas jerussalem karena
lebih dari 1000 tahun lamanya pemerintahan islam bercokol atas tanah kota suci
tersebut.
pada
masa rasul, Nabi Muhammad SAW, islam belum sampai ke sana. Baru sejak era khalifah umar bin khattab
jerussalem menjadi bagian dalam pemerintahan islam.
maka
setelah penaklukan tersebut islam mulai menorehkan ajarannya di kota suci
tersebut.
Periodesasi
Sejarah kota yerussalem :
sekitar
200-163 SM
-- dibawah pemerintahan
seleukos dinasti
sekitar
165-63 SM
-- dibawah pemerintahan
Kerajaan yahudi merdeka
(Hasmonean dinasty)
Sekitar
63 SM- 37 SM
--
dibawah pemerintahan
Kerajaan yahudi merdeka
(Vassal romawi)
Sekitar
37 SM - 4 M
--dibawah raja yahudi
herodes agung
Sekitar
4 M - 414 M
--
dibawah gubernur romawi
Wilayah judea
414
M- 636 M
-- dibawah romawi timur
(Byzantium)
Mulai
tahun 636 M -
-
dibawah pemerintahan islam,
Sejak pemerintahan khalifah
umar bin khattab
Sumber :
Sejarah
khulafaurasyidin --joesoef syuaib
history
of arabs -- philip
k.hitti
Jerussalem
33 -- kompas
Ensyclopedia Britannica
pemerintahan
khulafaurrasyidin membawa kemajuan bagi umat islam. penaklukan demi penaklukan
terjadi di berbagai wilayah. terutama ketika dipimpin oleh khalifah ke 2, yakni
Umar bin khattab. penaklukan demi penaklukan terjadi.
hingga wilayah islam meluas ke wilayah yang
jauh dari jazirah arab.
pada
era nubuwiyah atau zaman nabi, wilayah islam hanya sekitar jazirah arab, yaman
dan arab selatan. baru pada era khulafaurrasyidin islam meluas hingga ke negeri
syam, mesir, palestina.
hal
itu karena pihak islam memenangkan peperangan melawan kerajaan kristen
byzantium (romawi timur) dalam berbagai pertempuran.
jerussalem,
kota suci tiga agama
kota
jerussalem adalah kota suci bagi umat kristen dan yahudi serta islam. Bagi umat
kristiani keberadaan gereja holy spulcher yang didalamnya ada batu golgotta
(tempat penyaliban yesus), batu perminyakan (tempat kristus dimandikan) serta
makam yesus menjadi alasan menjamurnya para peziarah kristen.
Begitu
juga, bagi bangsa yahudi, tembok ratapan tempat khusus bagi peribadatan bangsa
tersebut. Dimana jutaan orang yahudi di seluruh dunia berupaya mengunjungi kota
tersebut.
Tetapi
sebenarnya ada satu bangunan lagi milik bangsa yahudi di kota tersebut yang
telah hilang atau sekarang hanya berupa sisa-sisanya saja.
Bangunan
tersebut telah ada jauh sebelum gereja holy spulcher, rock of dome atau gereja
suci di yerussalem. Jauh sebelum abad masehi, dilakukan pembangunan bait suci
dibangun di bawah pemerintahan king solomon (nabi sulaiman).
di
bait suci itu tersimpan harta benda pusaka yang terdiri dari emas dan perak.
kota
jerussalem merupakan kota suci tiga agama, sebelum islam datang, sejak lama
terdapat makam-makam suci, gereja-gereja suci.
Islam
telah lama menorehkan eksistensinya di kota suci tersebut, bahkan sejak tahun
636 masehi.
Selama kurang lebih 1300 tahun, jerussalem
menjadi bagian dalam pemerintahan islam, dimana berbagai kerajaan, kesultanan
dan kekhalifahan islam memimpin kota suci selama lebih dari 1000 tahun lamanya.
sebut
saja kekhalifahan bani ummayah, bani abbasiyah, bani ayyubiyah, bani
fathimiyyah hingga turki utsmaniyyah pernah menjadi tuan rumah di kota suci
tiga agama tersebut, hingga jerussalem menjadi bagian dari negara palestina.
lebih
dari 13 abad lamanya, muslim menjadi tuan rumah bagi jerussalem.
Tidak
heran hingga saat ini, hak atas jerussalem tetap dipegang oleh umat muslim
karena lebih dari 13 abad lamanya muslim memimpin jerussalem.
kisah
awal penaklukan kota jerussalem oleh islam
menurut
beberapa sumber, pengepungan kota suci itu terjadi pada musim dingin tahun 636
masehi.
dengan dipimpin oleh amr bin ash, salah satu
panglima islam yang sangat berjasa dalam pertempuran yarmuk, pertempuran
memperebutkan kota damaskus, tentara muslim mencoba mengepung kota suci
tersebut dari segala arah.
diantara
panglima islam lainnya, amr bin ash adalah panglima islam yang tangguh. pada
era kekhalifahan umar bin khattab, ada beberapa panglima yang sangat berjasa.
sebut
saja panglima khalid bin walid, ubaidah bin jarrah, panglima al mutsanna,
ikrimah bin amru, syahrabil bin hassanah, panglima saad bin abi waqqash, dsb.
pengepungan kota jerussalem itupun tidak membawa hasil
selama musim dingin. setelah pengepungan selama berbulan-bulan tersebut, pihak
islam belom dapat meruntuhkan kota suci tersebut.
Kota
jerussalem diperkuat dengan tentara romawi timur, pengepungan selamamusim
dingin pun tidak membawa hasil.
hal
itu membuat khalifah kedua, umar bin khattab segera memerintahkan tentara
khalid bin walid dan ubaidah bin jarrah yang saat itu berada disyam, syria agar
bergerak ke selatan bersama pasukannya untuk membantu panglima amr bin ash
untuk mengepung jerussalem.
maka khalid dan ubaidah, dua panglima kenamaan
islam itu pun bergerak ke selatan bersama pasukannya.
sementara
itu pihak romawi timur mendapatkan informasi tentang datangnya tentara muslim
dari utara. hal itu membuat gusar putra mahkota kerajaan romawi timur,
constantin II. maka ia segera meninggalkan jerussalem dan bergerak menuju
kaesarea.
dari
kaisarea, constantine II mengirimkan perutusan untuk bertemu pihak islam.
setelah terjadi perundingan, ternyata pihak romawi timur memberikan hak
sepenuhnya pada pembesar kota jerussalem.
pihak romawi timur merasa tidak terikat dengan
dan menarik pasukannya dari kota suci tersebut.
putra
mahkota, konstantin merasa kota suci tersebut tidak bisa dipertahankan lagi.
kedatangan
bala bantuan dari utara (tentara khalid dan ubaidah) membuat romawi timur
merasa gentar dan meninggalkan kota suci tersebut, mereka merasa pesimis bahwa
kota jerussalem akan terus bertahan.
karena
itu pihak romawi timur membiarkan para pembesar yerussalem untuk mengambil
keputusan.
.
pihak
romawi timur merasa tidak terikat apapun keputusan yang diambil oleh para
pembesar jerussalem.
setelah
pengepungan memasuki musim semi, barulah pembesar jerussalem mengirimkan utusan
dan menyatakan meminta damai untuk umat islam.
utusan
tersebut membawa kabar jika pembesar jerussalem menyerah, meminta damai dan
mengibarkan bendera putih.
setelah
pengepungan selama berbulan-bulan selama musim dingin, ternyata membawa hasil
dimana kota suci tersebut jatuh ke tangan islam.
Panglima
amr bin ash merupakan panglima yang sangat berjasa dalam peristiwa penaklukan
kota jerussalem.
panglima
ubaidah bin jarrah lantas segera mngirimkan kabar ke madinah untuk
memberitahukan pada khalifah umar.
utusan
tersebut juga mengabarkan pada khalifah agar datang ke jerussalem untuk
menerima penyerahan kota suci tersebut dari patriach sophorinus, pembesar
jerussalem.
kesederhanaaan
umar bin khattab
buku ensyclopedia of britannica mengambarkan
keserhanaan umar bin khattab. umar bin khattab datang ke jerussalem hanya
dengan di temani mawlanya. mawla adalah sebutan bagi bekas budak yang telah
dimerdekaakan.
khalifah
umar berangkat ke kota suci tersebut dengan sangat sederhana.
lebih
lanjut, eksiklopedia asal inggris tersebut mencatat bagaimana kedatangan umar
bin khattab dengan perlengkapan apa adanya.
sebenarnya
banyak pembesar islam, dan panglima menawarkan agar khalifah berangkat ditemani
ddngan regu pasukan dan perbekalan yang banyak.
Tapi
khalifah yang sederhana memilih jalan zuhud dan berangkat dengan perlengkapan
amat sederhana.
Ensiklopedia
asal inggris itu menyebutkan, "umar
bin khattab dengan hanya menunggang unta merah, dengan membawa sekantung korma,
sekarung gandum, sebuah piring dari kayu, sebuah tempat minum dari kulit,
sebuah tikar untuk sembahyang, sang khalifah menempuh perjalanan yang
beratus-ratus mil jauhnya untuk sampai ke jerussalem" begitulah kira-kira
apa yang tertulis dalam ensiklopedia asal inggris tersebut.
Umar
bin khattab memang terkenal sosok yang sederhana, khalifah islam penguasa
itupun datang dengan pakaian seperti orang kebanyakan.
ketika
dalam perjalanan, ia sempat bertemu dengan banyak panglima bawahannya yang
mengenakan baju mewah, terbuat dari sutra. timbulah kemarahan umar bin khattab.
maka umar sangat marah, sampai-sampai umar
turun dari untanya dan menggengam pasir serta melemparkan pasir itu pada
panglima bawahannya.
tampaknya
umar bin kahttab merasa marah karena gaya hidup bawahannya yang tidak sesuai
dengan pribadi islami.
Hingga
beliau tidak segan untuk memarahi panglima bawahannya di depan umum.
setelah reda kemarahannya, panglima ubaidah bin jarrah segera memberikan penjelasan pada khalifah bahwa itu merupakan hal untuk membuat kesan yang baik pada lawan. Supaya lawan merasa simpatik.
ubaidah
bin jarrah menganggap itu hanya taktik
dari pihak muslim, mengenakan pakaian mewah agar pihak musuh merasa
lebih segan pada tentara muslim.
khalifah
umar tiba di kota suci
Khalifah
umar memasuki kota jerussalem. kesederhanaan umar bin khattab membuat para
pembesar yerussalem merasa kagum, terutama patriach sophorinus.
pembesar
yerusalem itu menganggap sosok umar seperti halnya orang suci bukan pembesar
atau raja.
acara
penyerahan kota suci itu berjalan baik, dalam waktu singkat kota suci itu pun
beralih ke tangan islam setelah selama berabad-abad di bawah kekuasaan byzantium
atau romawi timur.
kemudian
para pembesar jerusalem, tokoh kristen, diantaranya uskup sophorinus berupaya
menemani khalifah penguasa baru kota jerussalem itu untuk berjalan-jalan.
mereka menemani khalifah islam itupun berkeliling kota yerussalem.
mereka
mengunjungi reruntuhkan kuil yahudi di bukit zion dan para uskup dan patriach
kristen berupaya menjawab berbagai pertanyaan dari khalifah islam tersebut.
Dengan
ditemani beberapa pembesar kristen, para uskup serta patriach sophorinus mereka berupaya menguide, khalifah islam yang
awam tentang kota tersebut.
hingga
ketika sholat dzuhur tiba, uskup
sophorinus segera menawarkan agar umat islam sholat di gereja. pembesar
jerussalem itupu mempersilahkan umar bin khattab dan umat islam untuk sholat di
dalam gereja.
tetapi
umar bin khattab dengan alasan yang bijak menolaknya. beliau tidak ingin jika
perbuatannya ditiru oleh umat islam di kemudian hari. Beliau tidak ingin akibat
perbuatannya, akan ditiru oleh umat islam di masa mendatang.
pemecatan
panglima khalid di jerussalem
Menurut
sumber tertentu di kota suci tersebut umar juga memecat salah satu panglima
terbaik dalam islam. Khalid bin walid.
pemecatan
khalid bukan karena ia gagal menjalankan misi
Tetapi
karena kemampuan khalid yang luar biasa.
Khalid
bin walid, panglima tangguh sejak zaman nabi, menjadi ujung tombak kemenangan
tentara islam. banyak jasa dari khalid untuk islam, ternyata diberhentikan
begitu saja.
Khalifah
ke 2 tersebut mengatakan " aku memecatmu bukan karena kemampuanmu, tetapi
karena orang terlalu terpesona olehmu. Aku takut jika orang akan melenceng dari
islam dan mengkultuskan dirimu"
khalid
bin walid, panglima islam tak terkalahkan, pahlawan pertempuran yarmuk, dipecat
oleh khalifah karena khalifah takut jika umat islam akan mengkultuskan dirinya.
tampaknya
pemecatan khalid bin walid ternyata didengar oleh uskup-uskup yang ada di sana.
Sebuah
hal yang aneh, biasanya seorang atasan memecat bawahan karena gagal menjalankan
tugas.
Tetapi
khalifah umar memecat panglima khalid karena terlalu bagus dan sempurna dalam menjalankan tugas.
sang
khalifah takut jika orang-orang muslim akan "mengkultuskan" khalid dan membuat orang-orang kehilangan
keimanannya. Maka khalid dipecat di kota suci tersebut.
maka
untuk pertama kalinya dalam sejarah, kota suci tersebut di bawah pemerintahan
islam. Umar bin khattab sang khalifah memberikan hak atas orang-orang kristen
dan yahudi.
Kaum
dzimmi pun bebas menjalankan ibadahnya. hak mereka dilindungi.
Umat
muslim merebut kota tersebut dari tangan kristen byzantium, bukan dari umat
yahud tidak heran umat muslim hingga saat ini mengklaim atas jerussalem karena
lebih dari 1000 tahun lamanya pemerintahan islam bercokol atas tanah kota suci
tersebut.
pada
masa rasul, Nabi Muhammad SAW, islam belum sampai ke sana. Baru sejak era khalifah umar bin khattab
jerussalem menjadi bagian dalam pemerintahan islam.
maka
setelah penaklukan tersebut islam mulai menorehkan ajarannya di kota suci
tersebut.
Periodesasi
Sejarah kota yerussalem :
sekitar
200-163 SM
-- dibawah pemerintahan
seleukos dinasti
sekitar
165-63 SM
-- dibawah pemerintahan
Kerajaan yahudi merdeka
(Hasmonean dinasty)
Sekitar
63 SM- 37 SM
--
dibawah pemerintahan
Kerajaan yahudi merdeka
(Vassal romawi)
Sekitar
37 SM - 4 M
--dibawah raja yahudi
herodes agung
Sekitar
4 M - 414 M
--
dibawah gubernur romawi
Wilayah judea
414
M- 636 M
-- dibawah romawi timur
(Byzantium)
Mulai
tahun 636 M -
-
dibawah pemerintahan islam,
Sejak pemerintahan khalifah
umar bin khattab
Sumber :
Sejarah
khulafaurasyidin --joesoef syuaib
history
of arabs -- philip
k.hitti
Jerussalem
33 -- kompas
Ensyclopedia Britannica
blognya sangat menarik kak
BalasHapusqur'an
Terima kasih baca artikel lainnya
BalasHapuskal.. minta nomor hp lu dong.. nomor lu ilang di gua.. imatclix dah aktif iklannya
BalasHapus