Khuttab , pendidikan Islam pada masa awal
Pada era
awal kemunculan peradaban islam, sistem pendidikan masih dalam ruang lingkup
yang sederhana.
pendidikan
islam masih berupa pengajaran di Masjid-masjid atau di rumah-rumah para ulama
dan pendidikan lebih banyak hal-hal yang bersifat dengan keagamaan.
Sementara
Pendidikan Umum di luar keagamaan belum diajarkan dan tersistem secara
kompleks. masih dalam lingkup yang sederhana.
Seperti Pada
Masa Kenabian, pendidikan dilakukan oleh Rasulullah sendiri dan para sahabat
dengan memanfaatkan rumah Arqam bin abil arqam tentang hal-hal yang bersifat
keagamaan islam.
Pendidikan
pada Masa Rasulullah lebih bersifat keagamaan Dan lebih mengarah pada
pengajaran Al Qur'an.
Al Qur'an, bagi kaum muslim merupakan sumber terpenting selain Al Hadits. dimana ayat-ayat dalam Al qur'an turun secara berangsur-angsur.
selama nabi muhammad hidup dan berdakwah, ia senantiasa mendapatkan petunjuk dari Allah SWT melalui perantaraan malaikat jibril.
Al Qur'an tidak diturunkan scara langsung sekaligus. karena ayat-ayat qur'an merupakan interpretasi petunjuk yang diberikan Allah bilamana terjadi sebuah kejadian.
misalkan ayat-ayat dalam surat Ali imran yang merupakan petunjuk pada dan panutan bagi kaum muslim ketika terjadi perang Uhud.
atau ayat Al qur'an di dalamnya terdapat kisah-kisah tentang nabi-nabi terdahulu dan sejarah Agama Allah sejak masa nabi Adam AS.
ketika Ayat Al qur'an turun, nabi senantiasa mengajarkan pada sahabat-sahabatya.
seperti Ali bin abi thalib, abu bakar, zaid bin tsabit langsung menuliskan Ayat Al qur'an yang diajarkan nabi.
penulisan tersebut bukanlah dikertas sepert layaknya zaman sekarang, tetapi ayat Al qur'an itu ditulis di batu, di pelepah kurma atau di benda-benda lain selain kertas.
karena pada zaman itu belum ada kertas. ada sahabat yang mencatatnya secara langsung ayat yang diajarkan nabi. atau ada sahabat yang mengingatnya dalam bentuk hafalan saja.
Ketika pada
masa Khulafaurrasyidin, dikenal adanya cara atau tempat pendidikan yang disebut
Khuttab atau maktab.
Khuttab
adalah pendidikan disekitar masjid. pada umumnya khuttab berada di dalam masjid
atau di sekitar lingkungan Masjid.
dalam
penyelenggaraan pendidikan Agama di khutab, diajarkan hal-hal yang bersifat
keagamaan dan pengajarnya tidak dibayar.
tokoh-tokoh
terkemuka macam imam syafi'i dan imam malik yang merupakan tokoh-tokoh mahdzab
fiqih, mereka belajar di kuttab.
Tetapi kedua tokoh tersebut sudah hapal al qur'an ketika masih belajar di kuttab.
Tetapi kedua tokoh tersebut sudah hapal al qur'an ketika masih belajar di kuttab.
Menurut
beberapa sumber, imam syafi'i telah hapal al qur'an ketika orang seusianya
masih menghafal beberapa juz atau bahkan masih mengeja membaca Al qur'an.
Imam syafi'i
dan imam malik telah mengukir prestasi ketika ia sedang belajar di kuttab
dalam usia yang sangat muda.
Memasuki
masa pemerintahan kerajaan bani Ummayah 661-750 M.
Pendidikan di khuttab terus berjalan seperti masa sebelumnya, yakni zaman khulafaurrasyidin. Tetapi Pengertian khuttab lebih menyeluruh lagi.
Pendidikan di khuttab terus berjalan seperti masa sebelumnya, yakni zaman khulafaurrasyidin. Tetapi Pengertian khuttab lebih menyeluruh lagi.
Khuttab pada
masa Bani ummayah bukan sekedar pendidikan di sekitar masjid, tetapi juga
pendidikan yang diselenggarakan di istana atau rumah-rumah pembesar.
Bedanya
khuttab yang dilakukan di masjid gurunya tidak dibayar, tetapi khuttab yang
diselenggarakan di istana, gurunya dibayar.
Pengajaran
di khuttab hanya bersifat mendasar, ilmu seperti menulis dan membaca serta
berhitung diajarkan di khuttab.
Peserta
didik di khuttab pada umumnya adalah anak-anak dibawah 10 tahun. Jadi
pengajaran yang ada di khuttab masih hal-hal yang mendasar.
Tokoh-tokoh
terkenal seperti imam mazhab Fiqh, seperti Imam malik dan imam Syafi'i pun
belajar di khuttab.
Tetapi mereka memiliki kecerdasan yang luar biasa karena ketika belajar di khuttab, keduanya telah hapal Al Qur'an.
Tetapi mereka memiliki kecerdasan yang luar biasa karena ketika belajar di khuttab, keduanya telah hapal Al Qur'an.
pengajaran
di kuttab adalah 6 hari dalam seminggu, dimana hari libur adalah hari
jum'at.
pembelajaran
yang dilakukan di kuttab bukan menggunakan alat seperti meja dan bangku, tetapi
pembelajaran dilakukan dengan dengan duduk diatas tikar atau permadani.
dimana para
murid yang belajar di kuttab yang pada umumnya merupakan anak-anak, mereka
duduk mendengarkan penjelasan dari guru.
ilmu yang
diajarkan di kuttab adalah ilmu umum mendasar. Karena kuttab adalah pendidikan
awal atau semacam sekolah dasar pada zaman sekarang.
Ilmu yang
diajarkan di khuttab seperti :
1. Ilmu
bahasa arab. Bagaimana cara membaca dan menghapal bahasa arab.
2. Ilmu Al
Qur'an, diajarkan bagaimana cara membaca dan menghafal
Ayat-ayat Al Qur'an
3. Ilmu
mantiq, tetapi hanya dasar-dasarnya.
4. Ilmu
sejarah islam, seperti kisah-kisah nabi-nabi dan rasul-rasul
terdahulu, dsb.
Jadwal
pembelajaran di kuttab umumnya berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.
Begitu juga tingkatan umur yang belajar di kuttab.
Tetapi
pada era bani ummayah, abbasiyah pembelajaran di kuttab lebih tersistem lagi
dari masa sebelumnya.
Jadi sebelum
adanya sistem pendidikan madrasah, dikenal sistem pendidikan khuttab.
sistem madrasah baru dikenal era bani Abbasiyah dan Salahuddin Al Ayyubi memerintah.
Contoh pada
masa pemerintahan Salahuddin Al ayubi dikenal madrasah Al Muntasirriyah sebagai
madrasah terbesar. di mesir, dan jerussalem juga terdapat puluhan madrasah.
Begitu pula
ketika era pemerintahan Nurrudin zengi berkuasa, di kota damaskus terdapat 8
buah madrasah. Di Hims terdapat 4 madrasah dan di halab terdapat 4 madrasah.
Periodesasi
sejarah islam :
610- 632 M
--- Zaman era nubuwiyah
Muhammad SAW
632-
661. M---era khulafaurrasyidin
(Awal munculnya Khuttab)
661-
750. ---era bani ummayah I
750
-1258 M -- Zaman bani abbasiyah
910-
1174 M ---era bani fathimiyyah
sumber diambil dari :
sejarah pendidikan islam,
prof. abudinata
history of arab, Philip k.hitti
sumber diambil dari :
sejarah pendidikan islam,
prof. abudinata
history of arab, Philip k.hitti
Tidak ada komentar:
Posting Komentar