Rabu, 04 Januari 2017

Giblaltar, nama selat yang diambil dari nama pahlawan muslim

 


Giblaltar, nama selat yang diambil dari nama pahlawan muslim




























Giblaltar adalah selat yang memisahkan benua afrika dengan eropa. Yaitu Negara spanyol dan maroko. Giblaltar juga disebut sebagai selat jabal Thariq,





dimana Nama selat itu diambil dari nama seorang penakluk muslim bernama thariq bin ziyad  terhadap wilayah andalucia ( spanyol, portugal).







Nama pahlawan muslim tersebut diabadikan menjadi nama selat yang memisahkan daratan afrika dengan eropa.





Thariq bin ziyad adalah pahlawan muslim yang menaklukan daratan spanyol tahun 711, setelah ia memimpin 7000 pasukan muslim dalam pertempuran melawan kerajaan Kristen Visigoth.





pada bulan juli tahun 711, tentara muslim dibawah pimpinannya menang dalam pertempuran di tepi sungai barbate, guadalute.







Ketika tentara muslim yang dipimpin thariq bin ziyad menyerang spanyol, mereka melewati "selat" tersebut dengan empat buah kapal.







Sejak lama, wilayah spanyol dan portugal masa silam adalah kekuasaan bangsa visigoth kristen. Dengan dipimpin oleh raja-raja kristen, bangsa visigoth berkuasa atas wilayah yang juga disebut sebagai semenanjung iberia.







Saat di pimpin oleh raja roderick, bangsa visigoth mengalami banyak dilemma. Timbul kebencian masyarakat kristen terhadap rajanya sendiri.







Raja roderick lebih memihak para tuan tanah yang membebankan pajak yang berat terhadap rakyat. Sehingga raja teraebut dibenci oleh banyak kalangan.







Selain itu, raja roderick juga berkonflik dengan penguasa septah (ceuta). Graff julian, penguasa septah mendapatkan sakit hati yang tiada terperi karena putrinya yang bernama florinda, dinodai oleh raja roderick.







akibat tindakan asusila raja roderick, florinda bunuh diri karena tidak tahan menanggung malu. Hingga hal itu membuat marah graff julian yang merupakan penguasa kota ceuta.







maka graff julian menuntut balas dendam. Ia segera meminta bantuan pada bangsa moors muslim di afrika utara.







Permintaan dari penguasa septah dikabulkan. Melalui gubernur muslim di afrika utara, musa bin nushair segera mengirimkan pasukan dibawah seorang keturunan berber bernama Thariq bin ziyad.







Adalah pahlawan muslim bernama thariq bin ziyad yang membawa pasukan sebanyak 7000 orang.







 Atas permintaan dari gubernur kristen kota ceuta, tentara muslim bergerak ke tanah spanyol melewati selat giblaltar dan bertempur dengan tentara kristen visigoth bulan juli tahun 711 masehi.







Dalam pertempuran di tepi sungai barbate, tentara muslim yang berjumlah lebih sedikit mampu mengalahkan tentara kristen visigoth yang berjumlah hampir 10 kali lipat banyaknya. Pertempuran pada bulan juli tahun 711 masehi dimenangkan secara mutlaq oleh tentara muslim.









Setelah kemenangan beruntun pihak islam atas kerajaan visigoth spanyol, thariq bin ziyad membagi pasukannya menjadi 4 bagian.

Satu bagian pasukan diperintahkan untuk menyerang cordoba.









satu bagian pasukan diperintahkan menyerang  almeria. Serta bagian  dari pasukan lainnya menyerang kota toledo dan berhasil merebut kota yang terletak dekat kota madrid tersebut.







Kota toledo pun akhirnya jatuh dan tunduk setelah dikepung selama berbulan-bulan.









tidak memerlukan waktu yang lama, Thariq bin ziyad pahlawan muslim keturunan berber menjadi ujung tombak kemenangan tentara muslim dalam merebut kota-kota di tanah spanyol seperti cordoba dan toledo, dsb.









Pasca invasi muslim yang dipimpin oleh Thariq, mulai sejak itu, toledo adalah bagian dari pemerintahan muslim bani ummayah I.















Kemudian thariq bin ziyad kemudian juga membagi pasukannya menjadi 4 bagian, satu bagian pasukan diperintahkan menyerang Granada, satu bagian pasukan diperintahkan untuk menyerang cordova,







penaklukan itu terjadi pada Tahun 711 masehi, yakni ketika Pemerintahan bani ummayah I yang berpusat di damaskus.





pada era tersebut, ketika thariq memimpin tentata Muslim untuk menyerang tanah Andalusia, bani ummayah tengah dipimpin khalifah ke 6, khalifah Walid bin Abdul Malik.







sedangkan pasukan lainnya menyerang Almeria dan kota Toledo diserang oleh bagian pasukan lainnya.







Kota-kota penting di wilayah spanyol yakni Almeria, Granada, cordova dan Toledo pun jatuh ke tangan pihak muslim.







Keberhasilan itu membuat gubernur islam bernama musa bin nushair maju dengan pasukannya.







 Gubernur afrika utara dari pihaak muslim tersebut maju ke spanyol untuk mengambil alih kota-kota yang belum terjamah oleh tentara muslim, hingga kota carmona, merida, sevilla diambil alih oleh tentara muslim dibawah pimpinan musa bin nushair.









Keberhasilan tentara muslim yang menyerang spanyol , membuat bumi spanyol tersebut menjadi wilayah muslim selama berabad-abad.









Keberhasilan tentara Muslim tersebut bukan tanpa sebab, karena kerajaan Visigoth Kristen tengah mengalami perpecahan buruk.







Konflik internal, Dan perebutan kekuasaan yang menyebabkan mudahnya invasi tentara Muslim.









Malah beberapa sumber menyebutkan jika keberhasilan invasi Muslim ke spanyol juga didukung oleh "kaum Yahudi spanyol".







Ketertindasan masyarakat Yahudi sejak lama oleh Pemerintahan raja-raja Visigoth Kristen yang menyebabkan kaum yahudi spanyol lebih memilih membantu Islam dalam serangannya ke spanyol.























Thariq bin ziyad adalah panglima keturunan Berber. Suku Berber dari afrika utara. Orang-orang Berber telah menghuni wilayah afrika utara sejak pra-islam atau sebelum muncul Islam.







Orang-orang Berber di afrika utara, mereka menempati wilayah afrika utara di berbagai Kota. Malah orang-orang Berber sebagiannya tinggal di wilayah yang tandus, kering seperti gurun pasir.





Mereka terbagi-bagi menjadi banyak suku Dan kabilah seperti, kutamah, zenatah, zuwaila, dsb.







Hingga pada akhirnya orang-orang Berber beralih menjadi Muslim pada era-era Pemerintahan ummayah di afrika utara.





Pada era tersebut terdapat beberapa panglima seperti qutaibah bin Muslim, Muhammad bin qasim, yang beberapa Tahun sebelumnya berhasil menaklukan wilayah-wilayah di Asia tengah Hingga lembah Indus di India.





Tetapi malang, keberhasilan Thariq sebagai "penakluk spanyol" tidak mendapatkan perhargaan oleh Musa bin nushair yang saat itu menjabat sebagai gubernur afrika utara.







Malah lewat propagandanya Musa bin nushair melakukan propaganda yg buruk sehingga Thariq kurang mendapatkan penghargaan atas upayanya tersebut.







Malah beberapa sumber menyebutkan jika Thariq dipecat dari jabatannya akibat propaganda buruk dari Musa bin nushair.

















Tetapi Hingga sekarang nama pahlawan Muslim itu pun diabadikan menjadi nama selat yang menghubungkan benua afrika dan eropa tersebut.











Dimana nama Dari "Thariq bin ziyad" diabadikan menjadi nama Dari selat yang menghubungkan antara maroko dengan Spanyol, yakni selat Jabal thariq (giblaltar).








Daftar nama pemimpin bani ummayah (ummayad Dynasty I)

1.Muawiyah bin abi soufyan 661 M-680 M


2.Yazid bin Muawiyah           680 M-683 M


3. Muawiyah II bin Yazid        683 M-683 M


4. Marwan Bin Al Hakkam     683 M-685 M


5. Abdul Malik Bin marwan     685 M-705 M




6. Walid bin Abdul Malik        705 M-715 M   (penaklukan ke spanyol,pahlawan thariq bin ziyad)



7. Sulaiman Bin Abdul Malik   715 M- 717 M


8. Umar bin abdul aziz              717 M-720 M    


9. Yazid II bin abdul Malik       720 M-724 M


10 Hisyam bin abdul Malik       724 M-743 M





11. Walid II bin yazid                743 M-743 M


12. yazid III bin Walid               743 M-744 M


13. Ibrahim bin Walid                744 M-744 M



14 Marwan bin muhammad        744M-750 M
















Diambil dari    :





Historian's of history in the world



Sejarah bani ummayah II, joesoef syuaib.



History of Arabs, philip. K.hitti


Tidak ada komentar:

Posting Komentar