Kamis, 29 Desember 2016

Serangan Bangsa viking terhadap emir islam di spanyol

 


" Serangan Bangsa viking terhadap emirat islam di spanyol"





































Bangsa viking, salah satu bangsa penghuni daratan eropa sejak lama. Disamping bangsa visigoth, ostrogoth, franks, saxon, anglo saxon, avars, vandal,  slavia, dsb.


Tercatat di beberapa literatur, viking disebut juga dengan bangsa northmen yang mempunyai kemampuan tinggi dalam bidang pelayaran.





selain itu,  di beberapa literatur lainnya seperti buku-buku yang ditulis oleh penulis muslim, Bangsa viking disebut sebagai para perompak northment, para pelaut skandinavia yang merajai lautan dengan kapal-kapalnya.



Armada tempur mereka menyerang ke segala penjuru eropa. tidak jarang kerajaan-kerajaan eropa yang berkalut duka akibat serangannya.




 Di beberapa literatur disebutkan bangsa viking bahkan telah sampai ke benua amerika jauh sebelum colombus ke lahir ke dunia.


Kerajaan-kerajaan di eropa layaknya kerajaan asturia leon, kerajaan franka, bizantium hingga pemerintahan emir islam di spanyol dibuat kalut dengan para perompak skandinavia.




 dibeberapa sumber disebutkan bangsa viking lebih menginginkan harta benda dari pada menuai kekuasaan.





 ketika pelaut skandinavia menyerang, harta benda dijarah dan dirampas habis. Kota-kota pun terbakar hebat, karena itulah  bangsa viking disebut sebagai bangsa perompak.















Serangan bangsa viking terhadap Pemerintahan bani ummayah, (emirat cordoba)







wilayah emirat islam di spanyol (bani ummayah, emirat cordoba)









Pada abad ke 9 masehi, di spanyol atau wilayah al andalusia, telah lama berdiri kerajaan muslim dinasti ummayah II ( Ummayad Dinasty ) yang dipimpin para emir islam .




bani ummayah II di spanyol atau andalusia di berbagai literatur disebutkan sebagai :






-- bani ummayah II


-ummayad dinasty


---kekhalifahan bani ummayah


---emirat Cordova


--- ummayah barat


--- bani umawiyah II


--ummayad caliphate II,


--ummayah andalusia


--ummayah spanyol


--emirato de cordoba








pada zaman tersebut Wilayah pemerintahan islam di spanyol adalah salah satu yang terkaya dengan dipimpin oleh pemerintahan emir islam pada abad  9.





Kemakmuran wilayah islam di tanah andalusia itulah yang mengundang bangsa viking atau bangsa northmen untuk menyerang dan berupaya mengambil harta  di tempat tersebut




Hal itu diungkapkan oleh "historian's history of the world" bahwa wilayah ummayad dinasty atau emirat Cordoba merupakan yang termakmur di eropa.




Terutama ketika emirat Cordoba (bani ummayah II), di Spanyol dipimpin oleh emir muhammad, penguasa kelima.



Kemakmuran wilayah Islam di Andalusia itu yang mengundang bangsa Viking untuk menyerang Dan mengambil alih banyak harta benda Dari Salah satu wilayah Muslim di eropa tersebut.













 ---serangan bangsa viking pada masa pemerintahan amir Abdurrahman II--






Tercatat, sekitar tahun 842 masehi, armada kapal viking menyerang wilayah pesisir algarve, (portugal). Saat itu, portugal dan spanyol merupakan wilayah islam.




portugal dan spanyol  merupakan wilayah islam dibawah pemerintahan dinasti ummayah II.


kedatangan bangsa viking yang menyerang partai algarve membuat terjadinya pertempuran antara kapal-kapal bangsa viking dan kapal kerajaan islam di spanyol tersebut.



Pemerintahan emir islam pun dibuat kalang-kabut. saat itu tentara muslim disibukkan dengan pertempuran dengan bangsa Franka di aragon dan catalonia. 




hampir disaat yang bersamaan ketika bangsa viking skandinavia datang menyerang.





Emir Abdurrahman II selaku pemimpin tertinggi terlambat memerintahkan armada kapal perang islam dari kota valencia, cartagena dan cadiz.




hingga bangsa viking sukses menjarah banyak harta benda dan menghancurkan kota-kota di pesisir Argarve (portugal) .




 ketika pihak islam tengah berperang di utara spanyol, maka terjadilah tragedi di wilayah pesisir portugal.


Akibat serangan bangsa viking terhadap wilayah islam, tidak sedikit kerugian yang ditanggung oleh pihak islam. 




Infrastruktur, pemukiman  orang-orang islam di argarve (pesisir portugal) dan harta benda milik orang muslim dijarah oleh bangsa viking.



bangsa viking memang lebih senang untuk mendapatkan harta. Karena itu di berbagai sumber mereka juga dikenal sebagai " perompak nortmen" atau  para perampok-perampok laut skandinavia.





serangan bangsa viking tahun 842 Masehi




Beberapa tahun berikutnya sekitar tahun 847 masehi.perompak northmen kembali menyerang kota lisbon, tetapi kedatangan puluhan kapal mereka terdeteksi oleh pemimpin tertinggi pemerintahan islam.



hingga dengan cepat emir abdurrahman mengerahkan armada kapal perang dari kota cadiz, cartagena dan valencia.


armada kapal dikerahkan dan terjadilah pertempuran hebat dengan kapal-kapal milik bangsa viking.



tidak seperti tahun sebelumnya, Abdurrahman II berhasil menghalau dan menghancurkan kapal bangsa viking dalam pertempuran di perairan samudera atlantik dekat kota lisbon.




 dalam pertempuran tahun 847 masehi  pihak islam mampu menghalau bangsa viking dan tampaknya upaya bangsa viking mampu digagalkan. 




 upaya dari para pelaut northmen untuk menjarah harta benda pun mengalami kegagalan besar.






ilustrasi bangsa Viking














---serangan bangsa viking pada masa pemerintahan emir Muhammad--





Teror bangsa viking tidak berhenti sampai disitu, beberapa tahun setelahnya, tepatnya tahun 859 masehi,  kapal-kapal bangsa viking melaju ke kota pelabuhan cadiz untuk menyerang kembali pemerintahan emir islam.





Emir Muhammad (penguasa ke 5 emirat Cordoba), pada era pemerintahannya pemerintahan Islam di Spanyol mencapai puncak kemakmurannya.



 situasi itu yang mengundang bangsa Viking skandinavia untuk mengambil alih harta benda Dari wilayah Muslim.


Bangsa Viking menyerang Kota pelabuhan cadiz  dan mendadak lumpuh. kapal-kapal bangsa viking melaju dengan cepatnya dan mengarungi sungai guadalcuivir. melalui sungai tersebut mereka menyerang sevilla.



kota sevilla yang mayoritas dihuni orang islam pun mendadak lumpuh dan terbakar hebat. 



Bangsa viking juga banyak mengambil alih harta benda dari kota penting di belahan spanyol selatan tersebut.








https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgz8K0vcnG5HptOrKNAbiYtCicnghxBfCAUHCh9GDlpklbBI7AP0cmWSlAf-Ol_V1BX6T4Qav4CxH_bj6B3ns-Wl-FQrpgADKl3y1ntgi-d_RACh2PNQS3nBRjNKNIspnLN0-sR-Ms-QYM/s320/The_Emirate_of_C%25C3%25B3rdoba.svg.png
serangan bangsa viking ke kota cadiz dan sevilla tahun 859






Emir muhammad sedang disibukkan dengan berbagai pemberontakan dan serangan kerajaan-kerajaan kristen di utara spanyol, maka terjadilah tragedi di belahan selatan akibat serangan viking. akibat nya tahun 859 M,



kota-kota hancur dan terbakar layakknya kota sevilla dan cadiz. para pelaut skandinavia pun berpesta menjarah harta yang banyak sekali dan menghancurkan serta membakar kota sevilla.













---serangan bangsa viking pada masa pemerintahan emir hakkam II--




Pada masa setelahnya, Ketika spanyol (andalusia) dipimpin pemerintahan khalifah hakkam II, sekitar tahun 965 masehi bangsa viking datang kembali dengan armada tempurnya. Dengan dipimpin oleh salah satu pemimpinnya bernama gendered.


kedatangan bangsa viking diketahui oleh pihak dinasti ummayah II. Maka dengan cepat,   khalifah  hakkam II segera mempersiapkan angkatan laut untuk menghadang kapal-kapal bangsa viking.



dibawah pimpinan panglima besar Ghalib, pihak islam berupaya untuk menangkal dan menghalau kapal-kapal bangsa viking yang muncul di perairan samudera atlantik sebelah barat portugal.



Terjadilah pertempuran laut di perairan samudera atlantik  (sebelah barat portugal). 




Pertempuran, saling serang dan kejar mengejar kapal terus terjadi hingga  kapal-kapal bangsa viking banyak mengalami kerusakan.




Kapal-kapal viking terpaksa menyelamatkan diri ke perairan utara. Emir hakkam II, pemimpin bani ummayah II spanyol terus memerintahkan kapal-kapal dari pihak islam yang dipimpin panglima besar Ghalib  untuk mengejar sisa-sisa kapal viking yang melarikan diri ke perairan  utara  spanyol.



pengejaran  itu terus berlangsung hingga sampai ke perairan teluk biscaye. Ketika  pengejaran sampai ke teluk biscaye, barulah kapal-kapal dari pihak bani ummayah berhenti melakukan pengejaran karena ada perintah dari pemimpin tertinggi, emir hakkam II.



Dalam pertempuran tersebut, kapal perang dari pihak islam berhasil menghancurkan dan menghalau kapal bangsa viking. 





Bangsa northmen mengalami kerugian besar akibat pertempuran laut di perairan samudera atlantik tersebut.



panglima besar ghalib yang memimpin kapal-kapal perang kerajaan islam itu sukses menuntaskan perintah dari atasannya, khalifah hakkam II.



Pertempuran yang terjadi antara bangsa viking dan pemerintahan emir islam di spanyol di perairan atlantik dan teluk biscaye pun dimenangkan dengan mutlak oleh kapal-kapal dari dinasti ummayah II.


tidak seperti sebelumnya dimana bangsa viking sukses menghancurkan kota-kota di selatan spanyol dan merugikan pihak bani ummayah II.










---Bangsa Viking banyak menyerang wilayah eropa-







Pemerintahan emir islam di spanyol hanyalah 1 dari sekian banyak target perompak northmen.




 Kerajaan kristen di eropa, layaknya kerajaan visigoth, asturias leon, franks kingdom, byzantium, dsb sering menjadi lahan serangan dan penjarahan bagi bangsa viking.





  1. Contohnya bagaimana serangan Viking ke kerajaan asturias-leon tahun 842 masehi serta serangan Viking terhadap wilayah inggris pada era Alfred the great.



Dengan kekuatan armada tempurnya, viking pun menyebarkan teror ke berbagai penjuru eropa.













periodesasi waktu terjadinya serangan bangsa viking
daftar penguasa bani ummayah atau ummayad dinasty (emirat Cordoba) :





 1. Abdurrahman I ad dakhil                                                                 


2. Emir Hisyam I bin abdurrahman        


3. Emir Hakkam I                                 


 4. Abdurrahman II--- Serangan
                                        Viking tahun 842 M 
                                          dan 847 M 



5. Emir Muhammad ----serangan 
                                viking Tahun 859         


6. Emir Mundzir                                    


7. Emir Abdullah                                    


8. Khalif Abdurrahman III
                       



9. Khalif Hakkam II------ Serangan 
                            viking tahun 966 Masehi         




10. Khalif Hisyam II al muayyad              


11. Masa disintegrasi dan perpecahan
(1010-1031 M)













Diambil dari  :

Sejarah islam di andalusia
historian's history of the world
History of arabs




Tidak ada komentar:

Posting Komentar