Selasa, 29 November 2016

Konstantin, kaisar pembebas umat kristiani.

    




 "Konstantin, kaisar pembebas umat kristiani"










  -patung kaisar romawi, konstantinus di inggris-















Ketika kekaisaran romawi dipimpin oleh konstantinus agung pada abad awal ke 4 masehi. t

 

 

 

Ternyata pemerintahannya membawa keberkahan bagi umat kristiani di eropa. Pemerintahan konstantinus agung ditandai dengan sikap toleransi dan perdamaian pada ajaran kristen.

 

 

 

 

 

sejak dulu, penganut kristiani adalah golongan minoritas di eropa.

 

 

 

 Sebelum konstantin memimpin romawi, para kaisar romawi banyak melakukan kekerasan, pembunuhan dan penganiayaan terhadap masyarakat minoritas kristen di eropa.

 

 

 

Seperti pada zaman kaisar nero, kaisar dioctius, dsb.terjadi pembunuhan terhadap masyarakat kristen di roma.

 

 

 

 

 

 

hingga ketika konstantinus agung berkuasa, terjadi banyak perubahan yang membawa keuntungan besar bagi umat kristiani di eropa.

 

 

 

Kaisar konstantin membuat undang-undang yang disebut "edictus milano" pada tahun 313. Dengan adanya undang-undang tersebut, hak orang kristen dilindungi, kebebasan beragama diberikan dan keselamatan umat kristiani dijamin.

 

 

 

 

Pada masa Konstantin Agung inilah ajaran Kristen mulai menyebar di Eropa. Orang-orang Kristen mulai membuat perkumpulan yang disebut gereja. Hingga pada nantinya muncul skema

 

 

 



pemerintahan agama dimana Kepala Gereja dikenal dengan nama Presbyter. Karena itulah nama Konstantin diagung-agungkan di dunia Kristen. Banyak Kaisar-kaisar di Eropa yang memakai Konstantin sebagai gelar.

 

 

 

 

 

 

jadi dengan adanya undang-undang yang dikeluarkan oleh kaisar konstantin ternyata membawa perubahan drastis hingga pada masa sekarang ini, yakni abad 21 kristen menjadi agama terbesar yang dianut oleh masyarakat di negara-negara eropa.

 

 

 

 

 

Ajaran kristen mulai diterima di eropa, penganut kristen semakin banyak. Hingga kaisar konstantin pun juga masuk pada ajaran baru, ia beralih menjadi penganut kristen.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

pada akhirnya terjadi skema pemerintahan agama. Dikenal jabatan Presbyter atau kepala Gereja. Presbyter mempunyai atasan yang disebut Episcopal.

 

 

 

Dan Episcopal mempunyai atasan lagi yang disebut Patriach. Ada empat orang patriarch yang berkuasa yaitu patriarch wilayah konstatinople. Patriach Roma. Patriach antiokia di asia kecil dan patriarch Alexandria di Mesir.

 

 

 

Patriach menjadi atasan bagi para Episcopal dan Episcopal menjadi atasan bagi Presbyter. Jadi munculah skema pemerintahan atas nama Agama pada nantinya.

 

 

 

Hingga pada masa pemerintahan Teodosius Agung Kristen menjadi ajaran mayoritas di wilayah romawi dan banyak dianut diantara masyarakat Romawi.

 

 

 

 

 

 

Sedangkan ajaran Kristen menyebar di Prancis ketika kerajaan Franka dipimpin oleh Raja Clovis.. Raja tersebut akhirnya masuk Kristen pada masa pemerintahannya karena pengaruh dari permaisurinya sendiri..

 

 

 

 

Clovis sang penyembah dewa Odin, dewa bagi masyarakat skandinavia beralih menjadi penganut Kristen setelah memenangkan pertempuran melawan suku-suku Alemanni.

 

 

 

Pada masa Clovis kerajaan Franka Dinasti Merovingians megalami perluasan wilayah melalui cara-cara militeristik banyak suku dan bangsa yang ditaklukan oleh Krajaan Franka hingga sebagian besar wilayah jerman dan prancis menjadi wilayah bangsa Franka.

 

 

 

Yang paling mempengaruhi Clovis agar masuk Kristen adalah istrinya yang bernama Chotilda. Hingga Clovis berjanji akan beralih menjadi Kristen setelah jika sang raja memenangkan perang atas suku-suku Alemanni.

 

 

 

 

 Ternyata benar, Tentara Franka memenangkan perang atas suku-suku Alemmani. Hingga clovis dibabtis di sebuah katreldal di Reims. Pada masa clovis itulah banyak masyarakat kerajaan franka yang beralih menjadi penganut Kristen.

 

 

 

 

 

Kristen yang dianut oleh masyarakat franka di perancis banyak yang beraliran Katolik, yakni mengakui otoritas paus dan supremasinya.

 

 

 

 

 Jadi pada masa pemerintahan Clovis inilah Ajaran Kristen mulai menyebar diantara masyarakat kerajaan Franka di perancis. Clovis dikenal sebagai Konstantinus dari Franka. .

 

 

 

 

Kristen yang banyak menyebar di wilayah Franka adalah Kristen Katolik yang mengakui supremasi Paus.

 

 

 

 

 Sangat berbeda dengan bangsa lainnya seperti bangsa tetangganya, yaitu Visigoth yang menganut Arianisme atau sekte arius.

 

 

 

 

 

 

Hingga ketika masa pemerintahan raja-raja dinasti Carolingians, hubunga antara paus dengan Raja-raja Franka makin dekat.

 

 

 

 

Pepin II dari kerajaan Franka dapat memeberikan bantuan pada paus. Kedudukan paus terancam karena serangan suku-suku lombardia. Tetapi Pepin dapat menyingkirkan suku-suku Lombardia dan mengamankan Paus.

 

 

 

 

 Bahkan oleh Pepin Paus diberikan wilayah yang terbentang di wilayah Italia tengah. Wilayah itulah yang dinamakan Negara Gereja, sebuah wilayah yang eksis hingga sebelum saat penyatuan Italia abad ke 19.

 

 

 

 

Kemudian bagaiman Raja yang lainnya bernama Charles the Great, karel agung atau carolus Magnus diberikan gelar Holy Roman Empire atau Kaisar Romawi suci oleh paus tepat pada hari Natal tahun 800 M.

 

 

 

Sedangkan ajaran Kristen menyebar diantara bangsa Visigoth pada awal abad ke 6. Bangsa Visigoth salah satu bagian dari suku-suku jermanik memasuki masa kristenisasi sekitar awal abad ke 6.

 

 

 

Bangasa Visigoth tadinya banyak menyembah dewa mars atau Martius yang merupakan dewa perangnya bangsa romawi.

 

 

 

Tetapi banyak dari mereka yang menjadi Kristen sekitar abad ke 6. Tetapi sekte Arius atau Arianisme banyak menyebar diantara bangsa Visigoth. Sekte Arius, Arianisme menganggap Yesus berkedudukan lebih rendah dari Allah.

 

 

 

 

Mereka tidak menganggap yesus adalah “Tuhan” tetapi dzat yang lebih rendah kedudukan daripada tuhan.Perbedaan aliran kepercayaan inilah yang membuat ajaran bangsa Visigoth dan Bangsa Franka Berperang sering terjadi pertempuran dianatar mereka.

 

 

 

 

Masyarakat bangsa Franka yang beraliran Katolik Roma yang mengakui supremasi kepausan sedangkan masyarakat bangsaVisigoth yang beraliran Arianisme dengan Unitariannya.

 

 

 

 

Hal itulah yang membuat seringnya terjadi pertempuran diantara kedua bangsa tersebut. Hingga akhirnya bangsa Visigoth tersingkir  ke Andalusia atau spanyol dan mendirikan kerajaan yang beribukota di Toledo.

 

 

 

 

Bisa dibayangkan Kristen yang awalnya sangat kecil dan minoritas di eropa, kini menjelma menjadi agama terbesar di Eropa.

 

 

 

 

Umat kristen yang awalnya mendapatkan penderitaan, karena sering disiksa oleh para kaisar Romawi, bahkan dibantai, ajarannya dilarang hingga pada masa kini menjadi ajaran yang banyak dianut oleh orang Eropa.

 

 

 

 

 

Itu merupakan jasa dari kaisar Romawi bergelar Konstantin itu yang mengeluarkan UU Edictus Milano tahun 325 M sehingga melindungi dan membawa perdamaian umat kristen.

 

 

 

 

Kaisar konstantin adalah kaisar yang sangat berjasa besar dalam penyebaran kristen di Eropa. tidak heran nama "konstantin" sendiri banyak dipakai dalam gelar-gelar raja eropa.

 

 

 

 

 

 

 

Hingga saat ini banyak nama-nama dari kalangan penganut kristiani yang bernama konstantin. Tidak mengherankan karena kaisar romawi tersebut banyak berjasa dan memberikan perdamaian serta perlindungan bagi umat kristiani di eropa.

 

 

 

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar