Rabu, 11 Januari 2017

Awal mula kedatangan bangsa barat ke jepang

    Awal mula kedatangan bangsa barat ke jepang




















Kepulauan jepang berada jauh di timur, bahkan jauh dari peradaban  benua biru dan peradaban bangsa barat.


Selama berabad-abad, bangsa barat seperti inggris, belanda, spanyol, portugis tidak mengetahui keberadaan wilayah dunia timur.


 Karena jalur laut dari eropa menuju ke belahan dunia timur belum ditemukan. apalagi kepulauan jepang yang secara geografis terletak jauh dari peradaban bangsa barat.


Letak dari kepulauan jepang terbentang puluhan ribu mil jauhnya, yang membuat orang-orang barat tidak mengetahui keberadaan jepang.



Sejak lama , bangsa korea dan cina menjalin hubungan dagang dengan jepang karena secara geografis letaknya berdekatan.


Bahkan ketika negeri sakura masih zaman yayoi atau khofun pada sebelum memasuki abad masehi, korea atau dinasti cina telah banyak berinteraksi dengan bangsa jepang







Penemuan jalur pelayaran ke "dunia timur" oleh penjelajah eropa





Zaman berubah ketika para penjelajah dari eropa pada akhir abad 15 melakukan penjelajahan ke dunia timur untuk mencari jalur laut. Sebagian penjelajah eropa itu dibiayai oleh Raja-raja Eropa.



Para penjelajah lautan layaknya bartholomeuz diaz, vasco da gama, christophorus Colombus, ferdinand maghelhanz melakukan penjelajahan ke dunia timur sebagian berhasil dan sebagian lainnya menuai kegagalan.



Bartholomeuz diaz mengalami kegagalan, kapalnya terserang badai hingga pelayarannya hanya sampai di tanjung harapan, afrika selatan.


Vasco da gama menuai keberhasilan, ia mengikuti rute alur pelayaran bartholomeuz diaz hingga akhirnya sampai ke india.

 

 

Colombus melakukan pelayaran ke india, tetapi kapalnya hanya sampai ke kepulauan bahama, benua amerika.

 

Ketika sampai kebenua amerika, colombus mengira kalau ia sudah sampai di india. Ia menyangka jika amerika itu adalah daratan india, Sejak saat itu, suku asli amerika disebut Indian.













Hingga pada awal abad 16, bangsa barat layaknya portugis, inggris telah sampai di Jepang.

 

 

 

 Tentu saja karena adanya penemuan jalur laut yang ditemukan oleh para penjelajah seperti yang disebutkan sebelumnya.



Datangnya berbagai bangsa barat di jepang seperti orang-orang portugis, spanyol, inggris yakni ketika negeri jepang itu sedang memasuki zaman keshogunan muramachi atau zaman sengoku yang dimulai sejak abad ke 14.


pada zaman tersebut ( zaman muramachi) jepang berada dibawah pemerintahan shogun, bukan kaisar.

Dimana shogun sebagai pemimpin pemerintahan, shogun sebagai pemimpin militer sedangkan kaisar jepang hanya sebagai lambang dan berkuasa secara de jure.

 

Datangnya berbagai bangsa barat di jepang seperti orang-orang portugis, spanyol, inggris yakni ketika negeri jepang itu sedang memasuki zaman keshogunan muramachi atau zaman sengoku yang dimulai sejak abad ke 14.

 

 

Ada sebuah kisah tentang kedatangan kapal portugis di pulau tanegashima. Di pulau tersebut orang jepang tertarik dengan "senapan" milik portugis yang terdapat di kapal itu.



Lalu daimyo (bangsawan) membeli senapan tersebut Dan menyuruh para pandai besi membuat replika Dari senapan tersebut.


Maka pada era Zaman sengoku munculah senapan"Tenagashima", yang merupakan senapan kuno yang dibuat oleh orang jepang.





pada zaman sengoku tersebut ( zaman muramachi) jepang berada dibawah pemerintahan shogun, bukan kaisar.


 

Dimana shogun sebagai pemimpin pemerintahan, shogun sebagai pemimpin militer sedangkan kaisar jepang hanya sebagai lambang dan berkuasa secara de jure.











awal mula munculnya keshogunan Zaman muramachi




Setelah keshogunan Kamakura roboh, pada tahun 1333 M kaisar Godaigo berkehendak memerintah secara de jure dan de facto.


Perubahan dari pemerintahan bakufu menjadi pemerintahan yang berpusat pada kaisar tersebut dikenal dengan nama restorasi Kenmu.


Restorasi tersebut hanya berlangsung sampai 1336 M, karena pada tahun 1336 M Ashikaga Takauji yang sebelumya membantu kaisar, berbalik menentang kaisar yang ingin memerintah sendiri.


 

Ia menyerang Kyoto. Niita Yoshida dan Kusonoki Masahige yang setia pada kaisar, gugur pada pemberontakan tersebut. 



pada awal dari kesoghunan Muramachi, kaisar go daigo hendak melaksanakan restorasi kenmu, yang ternyata gagal akibat ulah bawahannya.



 

Kedatangan bangsa barat di jepang ketika negeri itu sedang berkuasa shogun  pada sekitar abad 16.

 

Perdagangan antar orang Jepang dengan bangsa barat mulai terjadi. Bangsa portugis, spanyol inggris mulai berdagang dengan orang jepang




Seiring kedatangan bangsa barat, sekte-sekte kristen pun menorehkan ajarannya seperti sekte Yesuit, kaum franciscus ada di jepang meskipun dalam jumlah yang minoritas.


dengan datangnya bangsa barat, ajaran kristen mulai masuk ke jepang. Perdagangan dengan bangsa barat mulai terjadi seperti perdagangan dengan bangsa portugis, inggris.


kristen mulai dianut oleh orang jepang, seperti di daerah pulau kyushu di selatan jepang. Ada daimyo atau bangsawan yang mengizinkan ajaran kristen tersebar di wilayahnya.


Daimyo-daimyo  di pulau kyushu mengizinkan berdirinya tempat ibadah/gereja disana. 

 

 

Walaupun kebanyakan mayoritas penganut kristen adalah orang-orang barat sendiri bukan bangsa jepang.

Hingga memasuki Zaman tokugawa tahun 1600  masehi, telah ada beberapa klan jepang yang menganut kristiani.

 

Salah satunya adalah klan arima. Dimana banyak orang jepang dari klan arima yang menganut ajaran Kristen.





Seperti halnya di nusantara/indonesia, kedatangan bangsa portugis, inggris dan belanda baru terjadi pada abad ke 16 atau tahun 1500 an.


Misalkan belanda yg baru tiba di indonesia tahun 1596. Atau bangsa inggris dan portugis yang telah tiba di nusantara pada tahun-tahun sebelumnya.


Begitu juga jepang, bangsa-bangsa barat pun baru tiba di jepang pada abad 16, yakni ketika negeri sakura berada dibawah pemerintahan keshogunan Muramachi.


Pengaruh Ajaran kristen semakin banyak dianut ketika jepang memasuki zaman edo, era Tokugawa tahun 1600. Beberapa klan di jepang mengikuti ajaran kristen seperti klan Arima.




denganbanyaknya pengaruh ajaran agama dari luar jepang membuat pihak penguasa Tokugawa merasa khawatir dan melakukan pelarangan terhadap ajaran kristen.


Hingga terjadi pemberontakan orang-orang kristen, petani dan para Ronin yang dikenal dengan nama shimabara no Rei.


Jadi kedatangan bangsa barat di jepang baru terjadi seiring penemuan jalur laut yang dilakukan para penjelajah dari eropa.



Vasco da gama, christophorus Columbus, bartholomeus Diaz, Ferdinand magelhans, dsb.


 

Sejak penemuan jalur pelayaran ke dunia timur itulah yang membuat maraknya pelayaran bangsa eropa menuju dunia timur. Bahkan sebagian bangsa eropa terlibat perdagangan, Hingga kolonialisasi serta penyebaran ajaran Kristen.



 

Termasuk kedatangan bangsa barat ke dunia timur baru banyak terjadi pada awal Abad ke 16. Masehi, yakni ketika jepang dipimpin oleh keshogunan muramachi.











 

 

 

 

 

Periodesasi sejarah jepang.   :

 



1180 -1390.       Zaman Kamakura




1390-1580.      Zaman muramachi                          Zaman sengoku/2 istana  -Mulainya kedatangan   Bangsa barat

 

 

1580- 1600.     Zaman azuchi momoyama



1600-1868.    Zaman Edo                       

                       Era tokugawa



1868-1912.    Zaman Meiji.



3 komentar: