Kristus dalam pandangan Islam dan Al Qur'an
Tulisan ini berisi tentang yesus dalam pandangan agama islam, bukan dari sudut pandang agama lain
secara
bahasa, Harfiah, "Jesus" dalam bahasa inggris memiliki persamaan
makna dengan Iesos dalam bahasa yunani.
sedangkan
dalam bahasa Arab yang tertera dalam Al Qur'an "Iesos" disebut
sebagai Isa atau Isa Al masih.
Di
banyak literature lainnya, disebutkan sebagai "yesus dari Nazareth"
karena terdapat asal-usul tempat yang nenyiratkan keberadaan tokoh tersebut.
Sedangkan
Christ dalam bahasa inggris memiliki persamaan arti dengan Christos dalam
bahasa Yunani. dan dalam bahasa Ibrani, Christos berarti Messias. dalam bahasa
Arab disebut Al masih.
Christos = bahasa yunani, artinya juru selamat
kristus = bahasa indonesia
Christ = bahasa inggris
Messias = bahasa ibrani/yahudi
Al
masih = bahasa arab
Iesos
= isa dalam Bahasa yunani
Jesus
=Isa dalam Bahasa inggris
Iesos
Christos = dalam bahasa yunani
Jesus
christ = dalam bahasa inggris
Isa
al masih = dalam bahasa arab
Al-Masih
memiliki arti "Yang membaptis, juru selamat, dsb.
Jadi jesus/yeshua/Iesos Atau Isa pada dasarnya adalah orang yang sama. Hanya perbedaan literatur dan bahasa
Al masih dalam bahasa yunani disebut sebagai
"Christos"yang berarti juru selamat. sedangkan dalam bahasa
ibrani/yahudi Christos disebut sebagai mesias.
Messias
sendiri bagi bangsa yahudi terdapat dalam kitab suci ajaran yahudi yang dapat
diartikan bahwa orang yang menjadi penyelamat /juru selamat bagi bangsa israil.
Jadi
itu merupakan perbedaan bahasa, literatur
dan penyebutan saja, karena pada dasarnya menyebutkan orang yang sama.
bagi
orang islam orang tersebut adalah isa ibnu maryam/Isa Al masih seperti yang
tertera dalam Al qur'an.
sedangkan
dalam bahasa yunani orang tersebut disebut dengan nama Iesos Christos dan dalam
bahasa inggris disebut jesus christ.
kristus
dalam pandangan Al Qur'an Dan ajaran islam
Dalam
pandangan Al qur'an posisinya hanya merupakan seorang nabi dan Rasul. seperti
halnya nabi ibrahim, ismail, musa dsb, bukan merupakan Tuhan atau anak Tuhan.
Tetapi
nabi Isa memiliki kelebihan mu'jizat yang luar biasa, Hal itu seperti yang
diceritakan oleh Al Qur'an bahwa nabi Isa ibnu maryam memiliki mu'jizat
diantaranya :
1.
Dapat menghidupkan orang yang sudah mati/meninggal Dunia.
2.
Dapat membuat benda dari tanah atau semacamnya lalu Dapat menghidupkanya.
3.
Dapat mengetahui makanan Dan minuman yang disimpan orang di dalam rumah
4. mampu menyembuhkan penyakit-penyakit seperti kusta dan buta.
5. Dan lainnya......
.
Tetapi
walaupun memiliki banyak mu'jizat, bagi umat Muslim ia hanyalah adalah sebagai
Rasul dimuliakan oleh Allah sebagai Utusannya.
Ia
hanyalah seorang manusia biasa tak ubahnya yang tertera dalam ayat-ayat
terakhir surat Maryam bahwa sebenarnya beliau hanyalah hamba bagi Allah
sekaligus Rasul dan utusanNya".
Demikian
pula beliau tidak disalib, Yang disalib itu merupakan orang yang
"diserupakan" dengannya dan sebenarnya banyak orang yang ragu
terhadap peristiwa penyaliban itu. Hal itu dapat kita baca dalam Al Qur'an
seperti dalam Surat An nisa Ayat 141.
.
Demikian pula dalam agama islam yesus ditemani
12 orang pengikutnya dalam menyebarkan ajarannya.
Ke
dua belas itu disebut golongan Hawariyyun. kedua belas orang itulah yang
penulis Muslim menyebutnya sebagai
golongan "hawariyyun" yang
setia menemani isa pergi menyampaikan ajarannya.
Bagi umat Kristen 12 orang tersebut disebut
sebagai "Rasul".
dalam ajaran kristiani terdapat tokoh maria/bunda maria sedangkan dalam ajaran
islam dikenal sebagai Maryam.
Selain
itu, John sang pembabtis dikenal sebagai nabi Yahya AS.
beberapa
ayat yang menyiratkan tentangnya :
dalam
Al qur'an dan ajaran islam, terdapat ayat-ayat yang menyiratkan tentang
keberadaan yesus/isa. seperti dalam Surat An Nisa atau Surat Maryam.
diantaranya
banyak disiratkan ayat -ayat terakhir dalam surat Maryam (Surat ke 19) :
Dan
mereka berkata: "Tuhan Yang Maha Pemurah mengambil (mempunyai) anak".
Sesungguhnya
kamu telah mendatangkan sesuatu perkara yang sangat mungkar,
hampir-hampir
langit pecah karena ucapan itu, dan bumi belah, dan gunung-gunung runtuh,
karena
mereka mendakwakan Allah Yang Maha Pemurah mempunyai anak.
Dan
tidak layak bagi Tuhan Yang Maha Pemurah mengambil (mempunyai) anak.
Tidak
ada seorangpun di langit dan di bumi, kecuali akan datang kepada Tuhan Yang
Maha Pemurah selaku seorang hamba.
Sesungguhnya
Allah telah menentukan jumlah mereka dan menghitung mereka dengan hitungan yang
teliti.
Dan
tiap-tiap mereka akan datang kepada Allah pada hari kiamat dengan
sendiri-sendiri.
Sesungguhnya
orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah Yang Maha Pemurah akan
menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang.
Maka
sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Quran itu dengan bahasamu, agar kamu dapat
memberi kabar gembira dengan Al Quran itu kepada orang-orang yang bertakwa, dan
agar kamu memberi peringatan dengannya kepada kaum yang membangkang.
Dan
berapa banyak telah Kami binasakan umat-umat sebelum mereka. Adakah kamu
melihat seorangpun dari mereka atau kamu dengar suara mereka yang samar-samar?
Dan mereka berkata: "Tuhan Yang Maha Pemurah mengambil (mempunyai)
anak".
"Dan
berapa banyak telah Kami binasakan umat-umat sebelum mereka. Adakah kamu
melihat seorangpun dari mereka atau kamu dengar suara mereka yang samar-samar?
Dalam
Ayat-ayat terakhir dalam Surat 19, Maryam Allah swt memberikan perumpamaan
bahwa langit pecah dan bumi terbelah karena ada yang Mengatakan tuhan mempunyai
Anak.
"Dan
Allah Swt maha kuasa atas segala sesuatu tidak berhak mempunyai anak dan
diperanakkan".
hampir-hampir
langit pecah karena ucapan itu, dan bumi belah, dan gunung-gunung runtuh,
Allah
menjelaskan melalui Ayat-ayat-Nya bahwa tidak mungkin Tuhan mempunyai Anak,
sebab Allah Maha kuasa atas segala sesuatu.
Allah
ta'ala memiliki sifat yang berbeda dengan manusia, yakni tidak makan dan minum,
tidak tidur, tidak mati, begitu pula dengan beranak Dan diperanakan.
Karena
manusia adalah mahluk (yang diciptakan) sedangkan Allah adalah khalik (yang
menciptakan) tentu antara khalik Dan mahluk memiliki sifat yang berbeda.
messias/kristus
lainnya dalam sejarah bangsa bani israil yahudi
sebagian
orang yahudi mempercayai ajaran Kristus. lantas mengikuti ajarannya. seperti
beberapa murid yesus, seperti golongan hawariyun yang sebagian adalah orang
bani israil yahudi yang mempercayai ajaran yang dibawa oleh yesus/Isa.
penulis
injil, yakni markus mempercayai ajaran yesus lantas mengikuti ajarannya. Markus
sebenarnya adalah orang bani israil yahudi.
tetapi
sebagian orang-orang bani israil yahudi menolaknya seperti orang yahudi saduki
Dan farisi, banyak dari Mereka yang enggan mengakui kebenaran ajaran dari
yesus/Isa/messias.
dalam
sejarah yahudi pernah terjadi kedatangan messias. sebagian orang yahudi percaya
bahwa "Bar Kochba" adalah
messias yang ditunggu oleh bangsa yahudi.
Bar
kochba adalah pembesar agama yahudi yang hidup pada zaman kaisar romawi
hadrianus.
sebagian
orang yahudi mempercayai bahwa bar kochba itulah messias/Kristus yang
sebenarnya. peristiwa itu terjadi sekitar Tahun 135 masehi sekitar 1 Abad pasca
wafatnya yesus.
sebagian
orang-orang yahudi mempercayai ajaran Kristus Dan mempercayai bahwa yesus itu
adalah messias.
tetapi
dalam sejarah adapula orang-orang yahudi yang mempercayai bahwa tokoh yang
bernama "Bar Kochba" itulah yang dianggap messias.
jadi
sebagian orang yahudi menganggap
yesus tersebut adalah
messias/kristus
tetapi
dalam sejarah bani israil yahudi adapula orang-orang yahudi yang mempercayai
bahwa Kristus/messias adalah "bar kochba" , dimana bar kochba adalah
seorang pembesar agama yahudi yang hidup
sekitar Tahun 135 masehi. sebagian orang yahudi yang hidup pada zaman
itu mereka menganggapnya sebagai "messias" .
sekte-sekte
kristen Unitarian
dalam
ajaran kristiani Ada beberapa pandangan sekte Kristen bahwa kristus hanyalah seorang utusan bukan tuhan.
sekte-sekte
seperti itu bermunculan sekitar Abad ke 3 masehi seperti sekte Arius. Mereka
tidak meyakini bahwa yesus kristus adalah tuhan, tetapi memiliki kedudukan yang
lebih rendah dari Tuhan bapak.
sekte-sekte
seperti itu dianggap sesat pasca diberlakukannya konsili nicea yang dilakukan
Tahun 325 masehi.
Konsep
trinitas dalam ajaran kristen diadopsi oleh berbagai aliran dalam ajaran
kristen seperti kristen katolik.
Tetapi dalam aliran tertentu dalam ajaran kristen, terdapat sebuah kepercayaan
yang hanya mengakui 1 tuhan, dimana mereka tidak mengakui trinitas sebagai
sebuah kebenaran.
aliran
kristen semacam itu dinamakan dengan sekte "unitarian".
Pada
awal abad masehi, sekte unitarian bermunculan seiring dengan penyebaran ajaran
kristen di benua biru.
Mengenai
trinitas secara resmi baru diakui pada tahun 325 masehi, yakni ketika
dilaksanakannya konsili di nicea yang dihadiri banyak umat kristiani dan sekte-sektenya.
Pada
tahun 325 masehi dilakukan pertemuan antara pembesar serta berbagai aliran
kristen yang dilaksanakan di nicea.
Pertemuan
itu dinamakan "konsili". Nampaknya ada perdebatan antara sekte
unitarian dengan sekte kristen yang mengakui konsep trinitas.
Hingga
dalam perdebatan tersebut secara resmi konsili tersebut mengakui keabsahan tentang kristus sebagai "anak
tuhan".
Konsep
trinitas dalam ajaran kristen makin
diterima pada waktu konsili konstatinople tahun 381 masehi.
yakni
konsili diantara umat kristiani sendiri yang dilakukan di kota konstatinople .
Secara resmi konsili tersebut mengakui otoritas kebenaran dari trinitas.
Jadi
pada dasarnya, tidak semua umat kristiani yang mengakui ketuhanan yesus. Tetapi
Kristen Unitarian mengakui bahwa yesus hanya manusia biasa, utusan Tuhan.
Seperti
yang nampak pada "Sekte arius", Dan sekte Unitarian lainnya dalam
Kristen yang banyak menyebar di eropa pada awal perkembangan ajaran Kristen,
sekte seperti itu, mereka hanya mempercayai 1 Tuhan Dan menganggap yesus
hanyalah seorang manusia.
-
Tulisan
ini hanya berisi pandangan Islam dan Al Qur'an tentang yesus, bukan berdasarkan
agama Dan pandangan agama lain. untuk masalah kepercayaan, silahkan mengambil
kesimpulan sendiri.
sumber
:
kuliah
4 agama, Prof. Hamid rasyidi.
tinjauan
mengenai agama masehi. Prof. syeikh Abu zahrah.
sejarah
arianisme, Maurice Wiles
100
kejadian penting dalam kristen.
gravery,
life of jesus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar