Selasa, 29 November 2016

Misteri waktu wafatnya Yesus kristus

         




                                              Misteri waktu wafatnya Yesus Kristus 

























selain Tahun kelahirannya, terdapat pula perbedaan pendapat mengenai kematian atau wafatnya yesus kristus.











dalam injil seperti matius, markus, disebutkan terdapat pandangan yang berbeda mengenai yesus. misalnya tentang asal muasalnya, karena injil tersebut ditulis oleh murid-murid yesus. (para rasul, golongan hawariyun).













para rasul atau murid yesus itulah yang menuliskan injil. sebagian injil lagi ditulis bukan oleh murid yesus (bukan dari kalangan 12 murid yesus).













jadi perbedaan dalam injil seperti injil matius, markus, Lukas, Yahya kadang terdapat perbedaan-perbedaan mengenai kristus.









dalam Dunia Kristen, Ada 4 injil yang berpengaruh dalam Dunia Kristen Dan diakui secara umum, yakni injil matius, markus, Lukas, yohannes.



diantara 4 injil tersebut yang diakui secara umum Dan ditulis oleh murid yesus (12 orang golongan hawariyun ) hanyalah 2 yakni injil matius Dan yohannes.







meskipun sebenarnya injil-injil tersebut berjumlah sangat banyak, tetapi yang "diakui secara umum" hanya 4.





injil petrus bahkan tidak mendapatkan pengakuan secara umum di Dunia Kristen, padahal petrus merupakan salah satu murid yesus yang Paling utama.





injil-injil tersebut kadang menyebutkan "wafatnya kristus"  pada Hari yang berbeda pula. Ada injil yang ditulis oleh murid yesus seperti injil matius, Dan yohannes.









Ada pula injil yang ditulis oleh bukan murid yesus (bukan 12 orang murid yesus). seperti injil Markus Dan injil Lukas, karena nyatanya Markus Dan Lukas bukan termasuk 12 orang murid yesus.


















perbedaan mengenai Hari saat terjadi penyaliban








dalam buku "kuliah empat agama" dikemukakan jika penyaliban yesus terjadi pada Hari paskah.





setelah menjalani peradilan Dan dijatuhi hukuman salib, yesus dijatuhi hukuman salib.



 Sehingga Yesus harus memanggul kayu salibnya sendiri dan melewati jalan-jalan tertentu di yerussalem yaitu Via Dolorosa dan wafat setelah menerima hukuman penyaliban diatas batu Golgota.













Ketiga injil tersebut mengatakan penangkapan Yesus terjadi tepat pada hari paskah.Tetapi injil Yohannes menyebutkan lain.

































injil yohannes













Injil yohannes menyebutkan kalau yesus kristus disalibkan sebelum hari paskah. Yaitu ketika diadakan persiapan untuk merayakan hari paskah .











 Perbedaan di dalam injil memang biasa terjadi. Begitu juga dengan tahun kematiannya tidak diketahui secara jelas. Ada yang mengatakan Yesus disalib pada tahun yang berbeda pula.








injil matius, markus



injil matius, markus sedangkan injil matius menyebutkan lain. injil matius menyebutkan jika penyaliban yesus terjadi pada tepat Hari paskah, bukan sebelum Hari paskah.











selain hari, begitu juga mengenai Tahun kematiannya ada yang mengatakan tahun 26 M, ada yang mengatakan tahun 28 M, ada juga yang mengatakan tahun 30 M, tahun, 32 M ada juga yang mengatakan tahun 34 M.(sumber buku jerussalem 33).























Yesus wafat ketika kaisar Tiberius, gubernur Roma galila, judea berkuasa













Tetapi walaupun tidak diketahui secara jelas dapat dikatan kalau Yesus disalib pada masa Tiberius Agung.











Yakni ketika kaisar Tiberius  memerintah di kekaisaran Romawi. Masa pemerintahan Tiberius dipandang sangat lama sekitar 23 tahun (14 M – 37 M).











Jadi walaupun tidak diketahui secara jelas kapan waktu kematiannya tetapi dapat disangsikan bahwa Yesus wafat ketika kaisar Romawi Tiberius berkuasa.

















yesus wafat ketika pemerintahan kaisar tiberius





sama seperti halnya zaman kaisar Agustus. pemerintahan kaisar tiberius mencapai masa kejayaannya dengan wilayah kekaisaran yang terbentang luas dari spanyol hingga palestina dan mesir di timur.













Jadi bangsa yahudi hanyalah sekian banyak jajahan dari wilayah jajahan Romawi. Tampaknya sang kaisar pada akhir hidupnya menjalani kehidupan Hedonisme dan tinggal di sebuah pulau kecil di dekat semenanjung Italia.















Begitu juga walaupun tidak diketahui kapan tanggal dan tahun yesus wafat. tetapi disebutkan yesus kristus wafat disalib ketika kaisar romawi, yakni Tiberius berkuasa.













Pontius pilatus





Tetapi dapat diketahui yesus wafat disalib ketika Gubernur Romawi wilayah Yudea yang bernama Pontius Pilatus berkuasa Penyaliban yesus saat Pontius Pilatus berkuasa.









Pemerintahan Pontius Pilatus kurang lebih berkuasa , yaitu antara tahun (26 M- 34 M). Sang gubernurRomawi inilah yang menjatuhkan hukuman setelah terjadi penangkapan atas diri Yesus.













Akibat makar dan rencana buruk dari segolongan orang yahudi, diantaranya golongan yahudi saduki membuat sang Kristus ditangkap dan diadili hingga dijatuhi hukuman salib oleh Pontius Pilatus.















Pontius Pilatus merupakan tokoh yang disebutkan dalam injil-injil seperti injil Petrus merupakan bawahan dari kaisar Romawi.








Kaisar romawi menunjuk wakilnya sebagai gubernur untuk memimpin bangsa yahudi. Hal tersebut diberlakukan sejak masa pemerintahan kaisar Agustus mulai tahun 4 Masehi.











Jadi mulai awal abad masehi secara resmi bangsa yahudi berada di bawah pemerintahan gubernur romawi.









keberadaan Gubernur Romawi yang memerintah dikalangan bangsa Yahudi membuat munculnya gerakan-gerakan Yahudi radikal dalam melakukan perlawanan .









Selama masa pemerintahan Pontius Pilatus itulah yesus wafat disalib. Jadi walaupun tidak diketahui kapan tanggal dan tahun wafatnya, telah pasti bahwa yesus wafat pada masa Gubernur Romawi wilayah Yudea, Pontius Pilatus berkuasa.



         









 Ketika Gubernur Romawi itu berkuasa jabatan raja-raja yahudi masih ada dalam pemerintahan yahudi.











Tetapi tampaknya raja-raja yahudi hanyalah sebagai lambang saja karena secara politis pihak romawi yang berkuasa diatas bangsa











melalui wakil kaisar, yakni para gubernur Romawi. Bahkan sejak dulu ketika raja Herodes berkuasa, yang mengangkat Herodes sebagai raja yahudi adalah dua konsul Romawi yakni Octavianus dan Marcus Antonius pada zaman Triumvirat II.









 Jadi tidak heran bagaiman pihak romawi yang sepenuhnya berkuasa atas tanah yahudi secara politis dan pemerintahan. Sedangka raja-raja yahudi hanyalah sebagai lambang saja.





















Jadi walaupun tidak diketahui kapan wafatnya yesus, baik tanggal dan waktunya, bisa dikatakan kalau yesus wafat ketika Gubernur Romawi pontius Pilatus berkuasa.







meskipun masih menjadi perdebatan tentang Tahun penyalibannya, berbagai sumber menyebutkan Tahun yang berbeda-beda. 





sama seperti Tahun kelahirannya yang disebut berbagai versi, kematian yesus Kristus pun terdapat perbedaan mengenai kapan Hari, tanggal Dan tahunnya. 






bahkan berbagai injil juga menyebutkan Hari kematiannya yang berbeda, terutama injil-injil yang diakui secara umum.









Ada yang menyebutkan Tahun 26 masehi, Ada yang menyebutkan Tahun 28 masehi, Ada pula yang menyebutkan Tahun 30 masehi atau 34 masehi.





begitu pula harinya, Ada pendapat yang menyebutkan jika tepat pada Hari paskah, atau sebelum Hari paskah.





















periodesasi sejarah romawi  :









27 SM - 14 M    ----zaman kaisar Agustus

                                       (kelahiran yesus)





14 M - 37 M  -----zaman kaisar tiberius

                          (wafatnya yesus, tanggal,
                            tahun   tidak pasti)







37 M  - 41 M  ---zaman kaisar caligulla







41 M - 54 M ----zaman kaisar claudius







54 M - 68 M ---- zaman kaisar Nero







68 M- 69 M    ---- masa empat kaisar.

    





69 M- 79  M -------masa pemerintahan

                                   kaisar Vespasianus













79 M - 83 M -------masa pemerintahan

                                   kaisar titus











83 M - 96 M -------masa pemerintahan

                                   kaisar Domiticus









96 M- 101 M ------ masa pemerintahan

                                   kaisar nerva





101 M- 1016 M ---masa  kaisar trajan







1016 - 135 M  ------masa  kaisar hadrianus.























Diambil dari    :















Buku Jerusalem 33, penerbit kompas





Buku 100 ksjadian penting dalam Kristen




tinjauan mengenai agama masehi, syeikh Abu Zahra





kuliah empat agama, prof.Dr. Hamid Rasyidi



graveri, life of jesus















Tidak ada komentar:

Posting Komentar