Senin, 09 Januari 2017

Penjajahan bangsa Romawi di tanah yahudi

                   Penjajahan Romawi di tanah yahudi















































Tanah yahudi, tanah judea-galila, tanah kan'an atau tanah yang dijanjikan pernah menjadi wilayah  kekuasaan bagi bangsa Romawi selama berabad-abad.



 Penjajahan romawi atas tanah yahudi terjadi selama kurang lebih 7 abad lamanya atau sekitar 700 tahun.


Dimulai ketika era penaklukan oleh salah satu konsul romawi (63 SM)  dibawah pompeius hingga tanah galia dan judea diambil alih oleh pihak islam dibawah khalifah umar bin khattab.


penjajahan romawi atas yahudi membawa penderitaan yang sangat berat. Ditawan, dibunuh, dijual sebagai budak, diusir dari tanah kelahirannya sendiri dialami oleh bangsa yahudi pada era penjajahan romawi.


Ketika Romawi memasuki zaman triumvirat I, romawi dipimpin oleh 3 penguasa yakni, pompeius, julius caesar dan crassus. Ketiganya saling bersaing antara satu dan lainnya.


Peradaban romawi mengalami kemajuan pesat dalam bidang politik Dan militer Sejak memasuki Zaman triumvirat I,


pada Masa Zaman triumvirat I, dilakukan penaklukan terhadap banyak wilayah oleh beberapa konsulnya.


Pada era tersebut, romawi dipimpin oleh 3 penguasa, yakni Julius Caesar, pompeius Dan crassus. Julius Caesar berkedudukan di bagian barat romawi serta memimpin banyak legiunnya. Sedangkan pompeius berkuasa di bagian timur romawi yang berbatasan dengan Asia.


Dari 3 penguasa itu yang paling berpengaruh adalah Caesar Dan pompeius, keduanya memimpin legiun romawi dalam jumlah yang besar.

Legiun romawi yang dipimpin oleh Caesar berhasil menaklukan daratan prancis Dan membuat tunduk suku-suku galia di perancis setelah terjadinya "the battle of Alesia".


Pasca kemenangan romawi atas suku galia di perancis, romawi sepenuhnya menguasai daratan yang terpentingnya antara sungai Rhine Dan pegununan pyrenen.



Sedangkan dibawah pimpinan salah seorang konsulnya, pompeius. Romawi menaklukan syria sekitar tahun 64 sebelum masehi. Legiun romawi ditempatkan di wilayah tersebut dan romawi mendirikan propinsi di wilayah timur.


Tidak lama kemudian, sekitar tahun 63 Sebelum masehi, tentara Romawi menaklukan yerussalem dan memaksa dinasti yahudi merdeka, hasmonean dinasti mengakui kekuasaan Romawi.




Maka setelah penaklukan jerussalem oleh pompeius tahun 63 SM, bangsa romawi berkuasa atas kerajaan yahudi merdeka ( hasmonean dinasty).



Bahkan romawi juga campur tangan kerajaan yahudi tersebut. Contohnya pengangkatan hircanus sebagai pemimpin dinasti yahudi itu karena andil dari pihak romawi.


Bangsa romawi juga menjadikan pesaing hircanus, yaitu aristobolus  sebagai tawanan dan dieksekusi di kota Roma.


Tetapi terjadi persaingan antara pompeius dan julius caesar sehingga pihak Romawi lengah atas kerajaan bawahannya tersebut.


Disaat itulah seorang penguasa, antigonos II naik tahta atas dinasti yahudi, bahkan didukung oleh kekaisaran parthia (persia).


Ketika romawi masuk pada zaman triumvirat II, yakni marcus antonius, marcus lepidus dan oktavianus. Dinobatkan herodes sebagai raja yahudi.


Tetapi herodes tampaknya mesti mesti membuktikan gelarnya, karena di atas tanah yahudi sedang berkuasa hasmonean dinasti dibawah raja Antigonos II.


Herodes yang mendapatjan dukungan Romawi melawan antigonos yang mendapatkan dukungan persia. Setelah terjadi perang, kenenangan diperoleh oleh Herodes.






Ketika zaman kaisar agustus, sekitar tahun 27 Sebelum masehi. Kaisar agustus meneguhkan gelar herodes sebagai raja yahudi di pulau kecil dekat italia.



Pemerintahan raja yahudi, herodes tidak ubahnya seperti "tangan kanan" bangsa Romawi, karena yang mengangkat dan meneguhkan kedudukannya sebagai raja yahudi adalah petinggi dari bangsa Romawi.


Selama masa kekuasaannya, herodes agung atau yang disebut sebagai raja yahudi lebih pro pada bangsa romawi. Karena sejak lama herodes telah banyak berinteraksi dan berkerja sama dengan pihak romawi.


karena yang mengangkat dan meneguhkan kedudukan herides sebagai raja yahudi adalah kaisar agustus yang merupakan kaisar romawi.  tidak heran pemerintahan herodes lebih pro pada pihak romawi dari pada bangsa yahudi.












-------bangsa yahudi di bawah gubernur Romawi---


Ketika kaisar agustus berkuasa,  sekitar tahun 4 masehi, secara resmi diangkat gubernur romawi untuk memimpin bangsa yahudi.


Kaisar agustus merupakan kaisar pertama romawi yang berkuasa tahun 27 sebelum masehi sampai 14 masehi, kurang Lebih 41 lamanya.


Pada era kaisar agustus tersebut yakni beberapa tahun Setelah meninggalnya raja herodes agung (raja yahudi) ditetapkan gubernur romawi sebagai penguasa di tanah yahudi (galila-judea).



 Bangsa yahudi berada di bawah para gubernur romawi. Secara politik dan pemerintahan, bangsa yahudi diatur oleh Gubernur Romawi yang merupakan bawahan kaisar Roma.



 Gubernur romawi itulah yamg berkuasa atas tanah galia dan judea . Maka sejak zaman tersebut dimulailah era  penjajahan secara total bangsa romawi atas tanah yahudi.


gubernur romawi tersebut juga memiliki hak ekonomi dimana penguasa romawi tersebut bisa menarik pajak dari orang-orang yahudi.


 Gubernur romawi tersebut juga memiliki hak dalam bidang hukumbilamana ada orang-orang yahudi yang bersalah, perkaranya akan diadili di pengadilan romawi serta hukumannya bisa diputuskan oleh gubernur romawi tersebut.



Hingga akhirnya sebuah peristiwa besar, bagaimana seorang gubernur Romawi bernama pontius pilatus (gubernur romawi wilayah judea) memberikan hukuman atas diri Yesus Kristus setelah menjalani peradilan.



Hingga akhirnya yesus harus memanggul salibnya sendiri, melewati jalan tertentu (via dolorosa)  di jerussalem hingga akhirnya ia disalib diatas batu golgotta.


yang memberikan hukuman atas diri yesus adalah gubernur romawi wilayah judea, yakni pontius pilatus.



michael keringan, dalam karyanya "sejarah gelap para kaisar romawi" menyatakan bahwa penjajahan romawi di tanah yahudi tersebut membuat banyaknya orang yahudi yang ikut penyembahan politheisme bangsa romawi.



Ada sebagian orang yahudi yang terpengaruh dengan budaya romawi baik dari segi agama, hingga cara-cara berpakaian.

Sekitar tahun 66 masehi terjadi pemberontakan yahudi atas romawi. Pemberontakan itu terjadi kurang lebih tahun 66 masehi pada zaman kaisar nero.


Pemberontakan dipicu oleh tindakan gubernur romawi yang menetapkan pajak yang berat pada orang yahudi.

Selain itu, menurut sumber BBC, pemberontakan itu dipicu karena tindakan Dari pihak gubernur romawi yang melakukan pelanggaran Dan menganggu bangunan suci (Temple of jerussalem) di Kota jerussalem.




Butuh waktu yang lama bagi pihak romawi untuk merebut kembali wilayah Jajahannya di wilayah timur yakni tanah galia-judea dan bangsa yahudi yang dijajahnya.


nero kaisar romawi harus menghadapi berbagai tekanan pemberontakan di berbagai wilayah romawi hingga ia gagal membendung pemberontakan yahudi di wilayah timur.


Hingga akhirnya, kaisar vespasianus yang baru naik tahta mengutus puteranya, panglima romawi titus flavius untuk meredam pemberontakan yahudi di wilayah timur.


Panglima Titus, putra kaisar vespasianus sukses menjalankan tugasnya. benteng terakhir bangsa yahudi di masada direbutnya.

Pada peristiwa perebutan kota yerussalem, tentara romawi yang kalap menhancurkan bangunan bait suci.


Sebenarnya panglima titus melarang tentara romawi untuk  menyentuh bamgunan suci milik bangsa yahudi tersebut. Tetapi tentara romawi yang mengamuk menghancurkan kuil yahudi tersebut.


joesoef syuaib dalam tulisan-tulisannya menyatakan akibat penjajahan selama lebih dari 1200 tahun itulah membuat bangsa Yahudi berdiaspora, bercerai berai tanpa tanah air.


 Selain itu akibat penjajahan ini pula yang membuat bangsa Yahudi bermigrasi ke wilayah lainnya, meninggalkan tanah airnya yang sejak dulu dikenal dengan nama judea-galila.



Karena itu tidak heran pada masa sekarang ini ini orang yahudi dan keturunann ada di banyak tempat dan negara. Keturunan mereka ada di mana-mana baik di negara-negara Eropa, Amerika dan Asia.


hal tersebut karena sejak lama, sejak ribuan tahun lalu akibat penjajahan selama 12 abad itulah yang membuat bangsa yahudi tercerai berai dan bereksodus meninggalkan tanah kelahirannya


 Jadi saat ini tidak heran yahudi dan keturunannya ada di berbagai belahan dunia,



karena pada kenyataannya mereka telah bereksodus meninggalkan tanah palestina sejak ribuan tahun lalu atau yang disebut dengan nama tanah galia-judea  pada masa lampau.



penjajahan romawi atas tanah yahudi berakhir setelah terjadi perang romawi timur melawan khalifah muslim.



 Dalam pertempuran terjadi perang dan pihak islam dibawah khalifah umar bin khattab memenangkan perang atas romawi dan mengambil alih tanah judea-galila ( syria-palestina).





















----penjajahan romawi di tanah galia-judea berakhir----



Islam  ketika dipimpin oleh khalifah ke 2, yakni khalifah Umar bin khattab banyak melakukan perluasan wilayah ke berbagai tempat di jazirah Arab.



Melalui beberapa panglima seperti panglima Khalid bin Walid. Panglima Abu ubaidah, syahrabil bin hasanah, amr bin Ash, ikrimah bin amru, dsb.


Dibawah beberapa panglima Muslim itulah wilayah yang dulu disebut sebagai tanah galila, Judea pada akhirnya mampu diambil alih oleh pihak Muslim.



Seperti Kota jerussalem yang direbut oleh Muslim dari tangan romawi timur (Byzantium) pada tahun 636 masehi.










---pengepungan kota Jerussalem oleh tentara Muslim---




menurut beberapa sumber, pengepungan kota suci itu terjadi pada musim dingin tahun 636 masehi.




 dengan dipimpin oleh amr bin ash, salah satu panglima islam yang sangat berjasa dalam pertempuran yarmuk, pertempuran memperebutkan kota damaskus, tentara muslim mencoba mengepung kota suci tersebut dari segala arah.



diantara panglima islam lainnya, amr bin ash adalah panglima islam yang tangguh. pada era kekhalifahan umar bin khattab, ada beberapa panglima yang sangat berjasa.




sebut saja panglima khalid bin walid, ubaidah bin jarrah, panglima al mutsanna, ikrimah bin amru, syahrabil bin hassanah, panglima saad bin abi waqqash, dsb.




pengepungan  kota jerussalem itupun tidak membawa hasil selama musim dingin. setelah pengepungan selama berbulan-bulan tersebut, pihak islam belom dapat meruntuhkan kota suci tersebut.




Kota jerussalem diperkuat dengan tentara romawi timur, pengepungan selamamusim dingin pun tidak membawa hasil.



hal itu membuat khalifah kedua, umar bin khattab segera memerintahkan tentara khalid bin walid dan ubaidah bin jarrah yang saat itu berada disyam, syria agar bergerak ke selatan bersama pasukannya untuk membantu panglima amr bin ash untuk mengepung jerussalem.




 maka khalid dan ubaidah, dua panglima kenamaan islam itu pun bergerak ke selatan bersama pasukannya.




sementara itu pihak romawi timur mendapatkan informasi tentang datangnya tentara muslim dari utara. hal itu membuat gusar putra mahkota kerajaan romawi timur, constantin II. maka ia segera meninggalkan jerussalem dan bergerak menuju kaesarea.



dari kaisarea, constantine II mengirimkan perutusan untuk bertemu pihak islam. setelah terjadi perundingan, ternyata pihak romawi timur memberikan hak sepenuhnya pada pembesar kota jerussalem.





pihak romawi timur merasa tidak terikat dengan dan menarik pasukannya dari kota suci tersebut.


putra mahkota, konstantin merasa kota suci tersebut tidak bisa dipertahankan lagi.


kedatangan bala bantuan dari utara (tentara khalid dan ubaidah) membuat romawi timur merasa gentar dan meninggalkan kota suci tersebut, mereka merasa pesimis bahwa kota jerussalem akan terus bertahan.




karena itu pihak romawi timur membiarkan para pembesar yerussalem untuk mengambil keputusan.



.
pihak romawi timur merasa tidak terikat apapun keputusan yang diambil oleh para pembesar jerussalem.



setelah pengepungan memasuki musim semi, barulah pembesar jerussalem mengirimkan utusan dan menyatakan meminta damai untuk umat islam.




utusan tersebut membawa kabar jika pembesar jerussalem menyerah, meminta damai dan mengibarkan bendera putih.



setelah pengepungan selama berbulan-bulan selama musim dingin, ternyata membawa hasil dimana kota suci tersebut jatuh ke tangan islam.




Panglima amr bin ash merupakan panglima yang sangat berjasa dalam peristiwa penaklukan kota jerussalem.




panglima ubaidah bin jarrah lantas segera mngirimkan kabar ke madinah untuk memberitahukan pada khalifah umar.





utusan tersebut juga mengabarkan pada khalifah agar datang ke jerussalem untuk menerima penyerahan kota suci tersebut dari patriach sophorinus, pembesar jerussalem.





Khalifah Umar bn khattab datang dengan sendirinya secara langsung ke Kota jerussalem until menerima penyerahan Kota suci itu dari tangan patriach sophorinus.



Hingga dengan penaklukan yang dilakukan oleh Muslim, wilayah tersebut jatuh Dan pemerintahan Muslim Sejak Umar bn khattab berkuasa di sana.




Jadi orang-orang Muslim mengambil tanah tersebut bukan dari orang yahudi. Tetapi pemerintahan Islam mengambil alih tanah yang disebut palestina dari tangan romawi timur.


Karena nyatanya Sejak lama wilayah yang sekarang disebut sebagai plestina adalah wilayah jajahan romawi Sejak awal Abad masehi.


Lagi pula saat umat Islam menaklukan palestina, Kota jerussalem, bangsa yahudi sudah mengalami diaspora, berpecah belah.












Periode sejarah romawi :




63-53 SM -----Era Triumvirat I


63 SM.     ---- romawi menaklukan
                      Jerussalem
                      Awal Mula penjajahan

53.  SM    ----kematian crasus
                      Akhir era Triumvirat I
                     Di romawi



53. SM.  --- romawi menaklukan
                    Perancis (battle of alesia)



45 SM. -----perang dyarhacium
                    Julius Caesar lawan pompeius


44 SM   ---kematian Julius Caesar

43-33 SM ---era Triumvirat II
                    (oktavianus, marcus Antonius, marcus lepidus)


31 SM------pertempuran Actium
                  akhir Triumvirat I

27 SM .   ----octavianus agustus Naik menjadi.
                     Kaisar Romawi



27 SM . --  herodes agung diangkat
                    Sebagai raja yahudi




4 M.      --- yahudi dibawah
                   Gubernur Romawi








sumber diambil dari . :










sejarah gelap kaisar Romawi -michael keringan

kuliah 4 agama -prof. Dr. Hamid Rasyidi


sejarah khulafaurrasyidin - joesoef syuaib


sejarah kerajaan Allah - F.L Bakker.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar