Sabtu, 03 Desember 2016

Barcelona pun pernah menjadi "kota muslim"

Barcelona  pun pernah menjadi kota muslim















Barcelona saat ini adalah salah satu kota penting di negara Spanyol. tapi tahukah anda bahwa Kota barcelona pernah menjadi wilayah Muslim selama berabad-abad ?

 

 

 

 

 

Kota barcelona, yang terletak di catalunya pun pernah menjadi salah satu kota penting di dalam pemerintahan Islam.

 

 

 

yakni ketika pemerintahan kerajaan bani ummayah berkuasa pada kurun waktu abad 9,  barcelona menjadi Kota terpenting di catalonia yang menjadi bagian dalam pemerintahan islam.

 

 

 

 

 

 




Letak Barcelona di ujung perbatasan dengan kerajaan Kristen Franka membuat sering terjadinya instabilitas
     





ketika pemerintahan kerajaan ummayah di spanyol berdiri kurang lebih 1300 tahun lalu, ada beberapa propinsi yang menjadi wilayah muslim di spanyol,

 

 

 

diantaranya propinsi lucitania yang beribukota di merida, propinsi castille salah satu kota pentingnya kota zamora, propinsi aragon yang dengan Kota pentingnya di kota saragossa.

 

 

 termasuk propinsi catalunya yang beribukota di barcelona. Propinsi tersebut dibawah pemerintahan muslim selama berabad-abad.

 

 

kemunculan islam di spanyol dimulai pasca penaklukan daratan Spanyol oleh pahlawan islam yang bernama Thariq bin Ziyad.

 

 

 

Sang tokoh yang bernama thariq bin ziyad itulah sampai sekarang namanya diabadikan menjadi nama selat, yaitu selat Giblaltar atau "Jabal Thariq". Sebuah selat yang membentang diantara benua afrika dan daratan Spanyol.

 

 

Ketika pemerintahan bani ummayah kedua berdiri di spanyol dibawah seorang keturunan suku quraisy bernama abdurrahman bin muawiyah bin hisyam bin abdul malik bin marwan, barcelona adalah kota penting di wilayah catalunya.

 

 

 

pada era pemerintahan bani ummayah, barcelona merupakan ibukota dari propinsi catalunya. Disamping itu ada banyak propinsi lainnya, seperti propinsi lusitania, propinsi castille, propinsi aragon,  dsb.

 

 

 

Letak dari kota barcelona yang berada dekat dengan pegunungan pyrenen dan berbatasan dengan wilayah kristen membuat terjadinya instabilitas politik karena sering terjadi  adanya  serangan dari kerajaan kristen di utara.

 

 

 

 

barcelona terletak di catalunya yang berbatasan dengan kerajaan kristen franka. Letak dari kota yang berada dekat perbatasan pegunungan pyrenen membuat kota barcelona kerap diserang dan diambil alih oleh raja-raja kristen di utara spanyol.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sekitar awal abad ke 8, islam menyebar sampai pegunungan Pyrenen di utara Spanyol. dan kota Barcelona menjadi salah satu kota yang dihuni oleh masyarakat Islam.

 

 

Hingga Ketika berdiri pemerintahan ummayah di Cordoba tahun 756, kota barcelona masih salah satu dari Pemerintahan bani ummayah Cordova. Barcelona merupakan ibukota wilayah Catalonia saat itu.

 

 

 

Wilayah islam di spanyol meliputi Almeria, Catalonia, Cordova, castille, lusitania, Aragon, toledo , sevilla, merida, dsb.

 

Dari keseluruhan kota, cordoba adalah pusat dari pemerintahan  dan peradaban kerajaaan islam ummayah. segala kebudayaan Dibentuk pemerintahan provinsi dimana kota Cordova sebagai ibukota kerajaan islam.

 

        

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Barcelona dibawah pemerintahan islam ummayah kedua

 

 

 

 

Tahun 756, berdiri pemerintahan bani ummayah kedua dibawah seorang keturunan suku quraisy dari mekkah bernama Abdurrahman bin muawiyah bin hisyam bin abdul malik bin marwan bin al hakkam.

 

 

 

Abdurrahman bin muawiyah adalah keturunan suku quraisy, nasab atau garis keturunannya masih satu garis keturunan dengan muawiyah, usman bin affan yang merupakan sahabat nabi muhammad SAW.

 

 

 

 

 

Pada masa pemerintahan abdurrahman bin muawiyah atau ad dakhil, pendiri sekaligus penguasa kerajaan bani ummayah II, kota barcelona merupakan salah satu kota dibawah pemerintahan islam.

 

 

 

 

 

Saat itu barcelona adalah Kota penting di wilayah catalunya. Disamping itu, ada banyak wilayah lainnya seperti.

 

 

Lusitania yang beribukota di merida, castille di zamora serta navarre yang beribukota di pamplona.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemberontakan di Barcelona oleh matruh bin sulaiman

 

 

 

ketika emir hisyam bin abdurrahman (788-797 M) berkuasa di spanyol, yakni penguasa kedua,   Terjadi gerakan pemberontakan yang dipimpin oleh matruh bin sulaiman di barcelona .

 

 

 

Gerakan separatis tersebut ingin mengambil alih pemerintahan pusat dan menyatakan tidak terikat dengan pemerintahan bani ummayah.

 

 

 

Namun gagal, gerakan pemberontakan matruh bin sulaiman di kota barcelona dapat digagalkan melalui cara-cara perang.

 

 

 

Melalui cara perang frontal tentara kerajaan islam ummayah  menyerang kota barcelona dan matruh bin sulaiman terbunuh.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Serangan kaisar romawi suci, Charles the great Dan tentara Franka ke Barcelona Dan catalonia

 

 

 

ketika kerajaan islam ummayah dipimpin oleh emir hakkam I, terjadi serangan bangsa franka. Tentara kristen menyerang melalui pegunungan pyrenen dan mengambil alih kota barcelona.

 

 

 

dibawah raja karel agung ( charles the great) yang merupakan raja terbesar kerajaan franks dinasti carolingians, barcelona jatuh ketangan kerajaan kristen setelah pertempuran berlarut-larut lamanya.

 

 

 

 

Emir Hakkam, merupakan penguasa ketiga ummayah di Spanyol, pada awal pemerintahannya terjadi peristiwa serangan bangsa Franka dibawah pimpinan raja Karel agung (Charles the great).

 

 

Wilayah Catalonia, termasuk Kota Barcelona jatuh ke tangan tentara Franka tahun 801 masehi.

 

 

 

Setelah berhasil mengambil alih catalunya Dan Barcelona, Karel agung meneruskan invasinya Aragon Hingga satu persatu wilayah yang terletak di utara andalucia Spanyol jatuh ke tangan kaisar romawi suci, Charles the great.

 

 

Tetapi disaat invasi bangsa Frank's ke Spanyol, terjadi peristiwa dimana di wilayah bangsa Frank's sendiri banyak terjadi pemberontakan. Seperti pemberontakan suku saxony.

 

 

 

Ketika mengetahui terjadi pemberontakan Saxony di kerajaannya, Karel agung memilih kembali ke kerajaannya untuk mengamankan wilayahnya.

 

 

 

Sebelum kembali ke kerajaannya, Charles the great menunjuk putranya, Pepin untuk untuk memimpin tentara Franka ke Spanyol.

 

Hingga dibawah Pepin, tentara Frank berhasil merebut Aragon Dan Navarre di utara Spanyol.

 

 

Raja karel agung memiliki ambisi untuk menguasai spanyol. Ia juga dikenal sebagai raja penyebar ajaran kristen. Seperti yang dilakukan terhadap suku-suku saxon.

 

 

 

Pilihan suku saxon hanya dua, mati atau masuk kristen. Tampaknya raja kristen tersebut melakukan pemaksaan ajaran agama terhadap wilayah yang ditaklukannya.

 

 

 

 

Tentara Kristen Franks berhasil merebut Kota Barcelona Dan wilayah Catalonia. Diteruskan Hingga menginvasi aragon sampai ke perbatasan sungai ebro.

 

 

 

 

Pada masa pemerintahan karel agung, ketika pemerintahan islam tengah lemah akibat konflik internal dan perebutan kekuasaan, disaat yang bersamaan muncul invasi dari tentara kerajaan kristen franka dan mengambil alih kota barcelona.

 

 

 

situasi yang sama terjadi ketika masa pemerintahan emir abdurrahman II, saat itu kerajaan kristen di perancis itu tengah terjadi konflik internal, perang saudara diantara putra-putra raja louis I. Disaat yang bersamaan itu pemimpin islaam

 

 

 

 

abdurrahman II  langsung mengerahkan armada kapal perang dari kota carthagena, cadiz dan valencia untuk menyerang barcelona, hingga islam kembali menjadi tuan rumah di barcelona.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perebutan Kota Barcelona pada  era Abdurrahman II

 

 

 

 

 

 

setelah berpuluh tahun kota barcelona dan catalunya menjadi wilayah kristen franka, pihak islam pun berhasil merebutnya kembali dari pihak kerajaan franka.

 

 

 

sekitar tahun 840 masehi abdurrahman II mengerahkan kapal perang islam dari kota cartagena, cadiz dan valencia dan mengambil alih kota barcelona kembali dari tangan kekuasan franks.

 

 

 

Ketika kerajaan Franka tengah mengalami perpecahan akibat Perang saudara pada era Louis I, situasi Perang tersebut dimanfaatjan oleh pihak bani ummayah until merebut kembali catalunya Dan Aragon termasuk Kota barcelona

 

 

 

Kerajaan Frank tengah lemah pasca wafatnya Karel agung. Posisinya digantikan oleh raja Louis I. Tetapi antara putra raja Louis berebut jabatan Hingga terjadi Perang saudara di kerajaan franks kingdom.

 

 

 

Raja Louis I memiliki beberapa putra, diantara bernama lothair, pepin, Ludwig serta karel. Diantara putra raja berebut jabatan Dan wilayah Hingga terjadi Perang saudara yang membuat lemahnya  kerajaan Franka.

 

 

 

 

Disaat kerajaan Franks tengah lemah akibat perang saudara Dan perebutan kekuasaan, saat itulah tentara Muslim bergerak untuk merebut catalunya Dan Aragon kembali. Hingga Melalui upaya militeristik, pihak ummayah di Spanyol kembali merebut Catalonia Dan Aragon termasuk Kota Barcelona.

 

 

 

Kapal Perang diperintahkan untuk bergerak dari Kota carthagena, Valencia untuk menyerang catalunya Dan Barcelona Hingga Kota penting di wilayah Spanyol utara itu direbut kembali oleh pihak bani ummayah.

 

 

Hal tersebut diceritakan oleh Historian's of history in the world, seperti yg dikutip oleh joesoef syuaib dalam bukunya " sejarah dinasti ummayah di Andalusia".

 

 

 

Dengan memanfaatkan momentum lemahnya kerajaan franks akibat Perang saudara. Pihak ummayah mampu merebut kembali catalonia, Aragon termasuk barcelona.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perebutan Kota Barcelona kembali ketika era khalifah Hisyam II Al muayyad

 

 

 

Selama berabad-abad antara pihak islam dengan Kerajaan kristen saling memperebutkan kota Barcelona,  Hingga peperangan dan pertempuran antara penguasa islam dan penguasa kristen selalu terjadi.

 

 

 

Selama pemerintahan Ummayah cordova, kota barcelona pernah jatuh ke tangan kerajaan kristen Franka, kemudian pernah juga diambil alih oleh karel the bald, count boriello ,tetapi direbut lagi oleh pemerintah Islam ummayah  tahun 986 M melalui pertempuran Musim Panas.

 

 

Ketika ummayah dinasti, bani ummayah dipimpin oleh khalifah Hisyam II, terjadi pertempuran musim panas dengan pihak kerajaan Kristen Leon, castilia Dan Aragon. Pertempuran itu dinamakan musim panas karena terjadi pada pertengahan tahun (musim panas).

 

 

Sekitar tahun 986 masehi barcelona kembali menjadi wilayah muslim ketika bani ummayah dipimpin oleh muhammad bin abi amir. (Mulk al mansur) pasca pertempuran musim panas.

 

 

 

 

 

pertempuran musim panas yang terjadi selama berpuluh tahun pada masa emir hisyam II al muayyad membuat kota barcelona di catalunya itu kembali diambil alih oleh muslim.

 



Pihak pemerintahan ummayah di Spanyol mendapatkan tantangan yg berat dari berbagai kerajaan Kristen eropa.

 



Kerajaan Leon, castille,Galicia serta penguasa Aragon, Sancho El major menjadi ancaman bagi pemerintahan ummayah.

 

 

 

Hingga terjadi "pertempuran musim panas" selama kurun waktu berpuluh tahun lamanya.

 

 

 

 

 

dalam satu sesi dalam pertempuran musim panas mulk al mansur, berhasil merebut kembali barcelona dari tangan kristen sekitar tahun 986 masehi.

 

 

 

Pertempuran pihak Islam dengan kerajaan Kristen Leon, castilia, Galicia selama musim panas dimenangkan oleh Islam.

 

 

Dalam pertempuran itu, pihak bani ummayah mampu merebut kembali Kota Barcelona dari tangan count Barcelona, boriello.

 

 

 

Saat perebutan kota barcelona oleh tentara muslim ummayah,  pada saat pertempuran Muslim panas itu, Gereja sau Pau de camp dirobohkan oleh tentara Muslim. Yang diatas reruntuhan itu kemudian didirikan masjid.

 

 

 

 

Tetapi masjid yang didirikan di Kota Barcelona pada era khalifah Hisyam II Al muayyad tersebut hilang, karena ketika ordo benediktus Kristen berkuasa kembali di Kota itu, pihak Kristen menghancurkan masjid Dan kembali membangun Gereja.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kota yang sering mengalami instabilitas politik

 

 

 

 

Letak dari Kota Barcelona berada dekat dengan perbatasan wilayah Kristen, yakni pegunungan pyrenen menyebabkan Kota tersebut sering mengalami instabilitas Dan gejolak politik.

 

 

 

Sering Kota tersebut diambil alih oleh tentara Franks, oleh penguasa Kristen seperti franks kingdom , count boriello, pernah juga direbut oleh 

putra raja Louis I dari kerajaan Franka, yakni Karel 

the Bald.

 

 

 

Hal tersebut berbeda dengan kota-kota yang terletak dari jauh perbatasan, seperti Seville atau Cordoba.

 

 

 

Jika Kota Seville, Granada jarang direbut oleh tentara Kristen, karena letak dari Granada atau Sevilla jauh di selatan perbatasan.

 

 

 

 

jejak-jejak peninggalan islam di barcelona sirna. Pasca kota tersebut diduduki kembali oleh kristen, banyak bangunan islam yang dialih fungsikan untuk kepentingan kristen.

 

 

Masjid diambil dan dialihfungsikan oleh kristen menjadi gereja.

 

 

 

situasi yang sama terjadi di kota-kota lainnya seperti di cordoba, toledo, sevilla, malaga dimana banyak bangunan peninggalan islam yang dialihfungsikan atau bahkan dihancurkan oleh pihak kristen pasca kota-kota tersebut diambil alih oleh para penguasa kristen.

 

 

 

 

Seperti gereja San Pau de camp di Kota barcelona yang menurut beberapa sumber pernah di bangun dan dialihfungsikan menjadi masjid ketika era pemerintahan khalifah Hisyam Al muayyad Dan Muhammad bin abiamir saat pertempuran musim panas

 

 

Tetapi bangunan tersebut dihancurkan Dan dirubah menjadi gereja ketika pihak Kristen berkuasa lagi di Kota terpenting di catalonia.

 

 

 

 

tidak heran hingga sekarang, jejak peninggalan islam di kota barcelona sulit diketahui keberadaannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar nama penguasa dinasti ummayah II

 

 

 

 

 

 

 

756- 788 M.  Abdurrahman I dakhil

 

 

 

788- 795 M    Hisyam bin abdurrahman

                    pemberontakan oleh matruh

                    bin Sulaiman

           

 

 

 

 

 

95- 822M.   Emir Hakkam I

                    Serangan bangsa Frank

                   Terhadap Barcelona, aragon

 

 

 

822- 856 M    Abdurrahman II

                   Perebutan Kota Barcelona, 

               Catalonia dari kerajaan Franks

 

 



856,- 886      Emir  Muhammad I

 

 

 

886-888  M   emir  mundzir

 

 

888-912 M.    Emir abdullah

 

 

912-960 M   Abdurrahman III an nashir

 

 

 

960-975 M   Hakkam II

 

 

 

975-1013.  Hisyam II

                   Perebutan Kota Barcelona

                   Saat pertempuran musim panas

 

 

 

1010-1030 Masa disintegrasi

                    Keruntuhan bani ummayah

                     Spanyol

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber diambil dari :

 

 

 

Sejarah dinasti ummayah II di Andalusia

Joesoef syuaib.

 

Historian's history in the world

 

Larry gonick, sejarah kartun peradaban


When the Moors Ruled In Europa

 

       

 

 

 

 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar