Rabu, 07 Desember 2016

Penguasa separuh dunia, khalifah walid bin abdul malik





Khalifah walid bin abdul Malik, Khalifah islam penguasa separuh dunia.






























patung ibnu rusd,pemikir besar islam pada zaman klasik





                     









Pernahkan anda mengenal sosok Alexander the Great?   penguasa separuh dunia pada abad ke 4 SM, Raja terbesar makedonia yang kekuasaannya terbentang dari kepulauan Yunani hingga India.








Dalam kurun waktu 13 tahun Alexander mampu menaklukan banyak wilayah di asia setelah memenangkan perang terhadap kerajaan Persia.








Selain itu, tokoh kerajaan persia yang bernama Darius Agung yang wilayahnya terbentang dari yunani hingga daratan Iran juga dianggap sebagai penguasa Separuh dunia.








Namun tampaknya di dunia islam juga mempunyai sosok penguasa separuh dunia seperti layaknya Darius Agung, atau kaisar agustus dari Romawi.








Walid bin abdul malik, merupakan khalifah islam ke 6 dari kerajaan bani ummayah. Pada masa pemerintahannya, untuk pertama kalinya wilayah islam membentang dari andalusia di eropa hingga india.
















Penguasa separuh Dunia itu adalah khalifah Walid bin abdul malik, khalifah ke 6 dalam pemerintahan bani ummayah yang berkuasa kurang lebih tahun 705-715 masehi.








Pada masa pemerintahannya, wilayah islam terbentang dari bumi spanyol dan portugal di barat hingga lembah Indus di pakistan dan india.










Wilayah islam pada masa pemerintahannya meliputi, spanyol dan portugal, Syria, palestina, mesir, afrika utara, Hijaz,yaman,asia kecil, asia tengah,iran hingga lembah sungai indus di pakistan dan india. beberapa bagian dari daratan di bumi menjadi wilayah islam.










Untuk membagi wilayah yang sangat luas tersebut dibentuk pemerintahan propinsi dimana wilayah islam terbagi menjadi 10 propinsi. setiap propinsi dipimpin oleh gubernur dan para Gubernur dipilih oleh Khalifah.








Selain itu bahasa arab menjadi bahasa pemersatu, dimana khalifah tersebut menjadikan bahasa arab menjadi bahasa resmi kekhalifahan.










Penaklukan terhadap spanyol dilakukan oleh Thariq bin Ziyad dan Musa bin Nushair sekitar tahun 711-715 M.






Sedangkan penaklukan terhadap asia kecil dilakukan oleh Qutaibah bin Muslim serta lembah indus ditaklukan oleh Muhammad bin Qasim antara tahun 705-718 M.








Pada masanya terjadi Proses islamisasi terhadap wilayah-wilayah di asia tengah. tidak heran hingga sekarang banyak penduduk asia tengah yang beragama islam, karena proses islamisasi telah berlangsung lama di wilayah tersebut.








Daratan afrika utara yang dipenuhi oleh suku dan kabilah berber juga terpengaruh ajaran islam.








Tidak heran hingga saat ini, wilayah afrika utara mayoritas penduduknya beragama islam mengingat islam sudah muncul di sana sejak 1300 tahun lalu, yakni sejak era kekhalifahan bani ummayah.








Begitu pula terjadi proses islamisasi terhadap penduduk di wilayah iran (persia), walaupun proses islamisasi tersebut memakan waktu yang cukup lama.










untuk pertama kalinya dalam sejarah, kerajaan islam membentang sangat luasnya, jauh melebihi teritorial wilayah islam pada zaman nabi, atau bahkan pada era khalifah abu bakar, umar, usman serta Ali.










dimana wilayah islam yang sangat luas itu dibagi menjadi beberapa propinsi diantaranya :












1. Propinsi Andalucia ( spanyol)




2. propinsi hijaz  ( jazirah arab bagian barat)




3. Propinsi magribi ( afrika utara)




4. Propinsi mesir




5. Propinsi syria-palestina




6. Propinsi kufah dan iraq




8. Propinsi basrah,




9. Propinsi Arab selatan dan yaman...dsb.








Jadi kalau kita mengenal sosok jengiz khan, Aleksander the Great atau kaisar Agustus sebagai penguasa separuh dunia, sang khalifah Al Walid pun bisa dianggap sebagai "sang penguasa separuh dunia".






















Bani Ummayah peletak dasar kemajuan islam











Dr. Yusuf Al isy menjelaskan dalam berbagai karyanya jika khalifah al walid merupakan era kemajuan terbesar dalam peradaban bani ummayah.










memang bani abbasiyah merupakan era kemajuan peradaban islam, atau pada era 3 kerajaan Islam, seperti Turki utsmani, Mughal.  tetapi yang menjadi peletak dasar kemajuan itu sendiri adalah orang-orang bani ummayah.










orang-orang islam dari kalangan bani ummayahlah yang membangun sistem pemerintahan, infrastruktur, sarana-sarana bahkan membangun kota-kota.










ketika nanti bani ummayah dilengserkan oleh orang-orang bani abbasiyah, bani abbas tinggal mengembangkan  dan melanjutkan peradaban yang dibangun oleh orang-orang bani ummayah.demikianlah tidak heran pada era pemerintahannya,








 khalifah Al walid membangun banyak sarana, infrastruktur, bangunan, fasilitas  di kota-kota seperti di ibukota damaskus.




seperti yang diceritakan dalam buku sejarah dinasti Umawiyah, menjelaskan kota damaskus dipenuhi lampu penerangan, lampu penerangan tidak hanya di jalan utama di kota damaskus saja, tetapi lampu penerangan sampai ke lorong-lorong di kota tersebut dan daerah pinggiran kota damaskus.





damaskus sebagai ibukota pemerintahan kekhalifahan bani umawiyah tampak di penuhi lampu penerangan sehingga terang benderang.









Berbagai fasilitas untuk orang cacat juga dibangun seperti fasilitas rumah sakit untuk penyandang sakit kusta.
















pertama kalinya, wilayah teritorial islam membentang  di tiga benua-













Pada era zaman nabi, wilayah islam hanya ada di jazirah arab. Ketika umar bin khattab memerintah, wilayah islam membentang hingga ke mesir, palestina.










hingga memasuki periode zaman bani ummayah, wilayah islam membentang dengan begitu luasnya. Seperti layaknya alexander the great dari macedonia atau cyrus agung dari persia.












Mungkin khalifah al walid juga bisa disamakan  dengan tokoh-tokoh di atas. Karena pada masa pemerintahannya, secara mendadak berbagai penaklukan dilakukan pada masa pemerintahannya.









sehingga wilayah islam membentang dari daratan spanyol portugal ( andalusia) hingga ke lembah sungai sind (indus) di india.










Penaklukan Terus dilakukan Hingga pada masa setelahnya, yakni khalifah ke 10 Hisyam bin Abdul Malik Terus dilakukan Hingga pada masa pemerintahannya wilayah pemerintahan ummayah dinasti semakin meluas.

















kemakmuran pemerintahan islam.











pada masa pemerintahannya, seperti yang dikutip oleh sejarahwan islam, Dr. Yusuf Al Isy bahwa merupakan kemakmurn pada peradabad kekhalifahan bani ummayah.







pembangunan infrastruktur dan sarana serta prasarana dibangun secara besar-besaran.








kota damaskus sebagai pusat peradaban dibangun banyak fasilitas dan sarana. pada masa pemerintahannya, dibangun fasilitas seperti rumah sakit, gedung-gedung pemerintahan.









orang-orang yang serba kekurangan mendapatkan keuntungan dalam hal pemerintahannya karena pemerintah bani ummayah melarang adanya pengemis dijalan-jalan.









pemerintahan bani ummayah di bawah kepemipinan walid menganggap harta dari baitul mal cukup unuk membiayai mereka.









kemakmuran pemerintahan bani ummyah karena pada zamannya islam membentang di tiga benua, yakni asia, eropa dan afrika.







 sehingga pemerintah mendapatkan banyak dana dari pembayaran jizyah (pajak), harta rampasan perang dari wilayah-wilayah yang ditaklukan islam.



















penaklukan ke andalusia (spanyol-portugal)















Sejak lama, wilayah spanyol dan portugal masa silam adalah kekuasaan bangsa visigoth kristen. Dengan dipimpin oleh raja-raja kristen, bangsa visigoth berkuasa atas wilayah yang juga disebut sebagai semenanjung iberia.








Saat di pimpin oleh raja roderick, bangsa visigoth mengalami banyak dilemma. Timbul kebencian masyarakat kristen terhadap rajanya sendiri.





Raja roderick lebih memihak para tuan tanah yang membebankan pajak yang berat terhadap rakyat. Sehingga raja teraebut dibenci oleh banyak kalangan.





Selain itu, raja roderick juga berkonflik dengan penguasa septah (ceuta). Graff julian, penguasa septah mendapatkan sakit hati yang tiada terperi karena putrinya yang bernama florinda, dinodai oleh raja roderick.





akibat tindakan asusila raja roderick, florinda bunuh diri karena tidak tahan menanggung malu. Hingga hal itu membuat marah graff julian yang merupakan penguasa kota ceuta.





maka graff julian menuntut balas dendam. Ia segera meminta bantuan pada bangsa moors muslim di afrika utara.





Permintaan dari penguasa septah dikabulkan. Melalui gubernur muslim di afrika utara, musa bin nushair segera mengirimkan pasukan dibawah seorang keturunan berber bernama Thariq bin ziyad.





Adalah pahlawan muslim bernama thariq bin ziyad yang membawa pasukan sebanyak 7000 orang.











Atas permintaan dari gubernur kristen kota ceuta, tentara muslim bergerak ke tanah spanyol melewati selat giblaltar dan bertempur dengan tentara kristen visigoth bulan juli tahun 711 masehi.





Dalam pertempuran di tepi sungai barbate, tentara muslim yang berjumlah lebih sedikit mampu mengalahkan tentara kristen visigoth yang berjumlah hampir 10 kali lipat banyaknya. Pertempuran pada bulan juli tahun 711 masehi dimenangkan secara mutlaq oleh tentara muslim.







Setelah kemenangan beruntun pihak islam atas kerajaan visigoth spanyol, thariq bin ziyad membagi pasukannya menjadi 4 bagian.

Satu bagian pasukan diperintahkan untuk menyerang cordoba.







satu bagian pasukan diperintahkan menyerang  almeria. Serta bagian  dari pasukan lainnya menyerang kota toledo dan berhasil merebut kota yang terletak dekat kota madrid tersebut.









Kota toledo pun akhirnya jatuh dan tunduk setelah dikepung selama berbulan-bulan.







tidak memerlukan waktu yang lama, Thariq bin ziyad pahlawan muslim keturunan berber menjadi ujung tombak kemenangan tentara muslim dalam merebut kota-kota di tanah spanyol seperti cordoba dan toledo, dsb.















Daftar nama pemimpin bani ummayah (ummayad Dynasty I)








1. Muawiyah bin abi soufyan 
    661 M-680 M







2.Yazid bin Muawiyah           
    680 M-683 M





3. Muawiyah II bin Yazid        
     683 M-683 M





4. Marwan Bin Al Hakkam    
     683 M-685 M





5. Abdul Malik Bin marwan     
     685 M-705 M





6. Walid bin Abdul Malik       
      705 M-715 M





7. Sulaiman Bin Abdul Malik   
     715 M- 717




8. Umar bin abdul aziz           
     717 M-720 M   





9. Yazid II bin abdul Malik      
      720 M-724 M





10. Hisyam bin abdul Malik      
       724 M-743 M











11. Walid II bin yazid             
        743 M-743 M





12. yazid III bin Walid            
        743 M-744 M





13. Ibrahim bin Walid                
        744 M-744 M







14. Marwan bin muhammad       
        744M-750 M












*Diambil dari buku Phillip K. Hitti
History of Arabs

*historian of History in the worldbuku seratus muslim terkemuka

*Buku sejarah dinasti umawiyah I, Yusuf Al isy

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar