Kamis, 01 Desember 2016

Bangsa Yahudi bangsa yang terlama dijajah


 

 

 

 















































Kita mengenal negeri ini, pernah dijajah selama kurang lebih 3.5 Abad lamanya. Tetapi dalam sejarah, Ada bangsa yang pernah mengalami penjajahan lebih dari 10 Abad atau 1000 Tahun lamanya, bahkan lebih, yakni Bangsa Yahudi bani israil.

 

 

 

 

 

Sejarah bangsa Yahudi adalah sejarah penjajahan, bahkan lebih dari 10 Abad lamanya. Hal tersebut diungkap oleh banyak peneliti, sejarahwan yang tertuang dal berbagai kitab.

 

 

 

 

 

Sebagai contoh, Karen amstrong dalam bukunya "sejarah tuhan" mengungkap bagaimana bangsa Yahudi Dan kerajaan israil utara yang dijajah oleh bangsa ashuria.

 

 

 

 

 

Kemudian sejarahwan barat, Maurice bucaille yang mengungkap bagaimana keterjajahan bangsa Yahudi oleh bangsa mesir.

 

 

 

 

Bahkan peristiwa penjajahan bangsa Romawi yang terhadap bangsa Yahudi yang dikisahkan oleh orang Yahudi sendiri yakni " flavius Josephus" dalam kitab yang ditulisnya.

 

 

 

 

 

 

Bahkan sebelum Rasulullah lahir pun, bangsa bani israil telah mengalami keterjajahan dalam waktu yang sangat lama.

Rasulullah lahir sekitar tahun 571 masehi di kota makkah. ternyata sebelum Rasulullah lahir 1000 tahun sebelumnya bangsa yahudi telah mengalami penjajahan oleh berbagai Bangsa.

 

 

 

 

hal itu diungkapkan oleh berbagai sumber seperti kitab yang ditulis oleh sejarahwan yahudi sendiri, Flavius josephus yang menjadi sumber rujukan dari berbagai buku.

 

 

selaiin itu juga disebutkan oleh F.L Bakker, sejarahwan Barat serta sejarahwan islam dan arab pun juga menyebutkan demikian, bahkan bangsa yahudi pernah mengalami penjajahan lebih dari 10 abad atau 1000 tahun lamanya.

 

 

 

 

 

penjajahan atas bangsa yahudi dimulai di negeri mesir dimana mereka di bawah kekuasaan fir'aun (pharaoh) hingga terjadilah sebuah peristiwa dimana bani israil yahudi keluar dan bereksodus dari negeri mesir.

 

 

 

 

 

dibawah pimpinan nabi Musa AS dapat dapat menyelamatkan diri serta kembali ke negerinya . Setelah itu, terbentuk kerajaan Israel  yang kuat dibawah pimpinan nabi daud ( David) serta putranya Sulaiman (Solomon).

 

 

pada masa kepemimpinan raja daud serta Sulaiman, Bangsa yahudi (bani Israil) menjadi bangsa yang kuat. mereka menjalin perjanjian dengan berbagai Bangsa dan membuat kerajaan menjadi solid.

 

 

 

Secara politik, dan ekonomi bangsa yahudi hidup dalam kemakmuran ketika diperintah oleh nabi daud (david) dan nabi sulaiman.

 

 

 

Hal tersebut tertuang dalam berbagai kitab dan buku, perjanjian lama, kitab taurat, kitab keluaran yang menerangkan penjajahan bangsa yahudi selama berabad-abad.

 

 

 

Seperti kitab keluaran menerangkan bangsa yahudi keluar dari penindasan fir'aun mesir setelah bangsa mesir menawan bangsa yahudi selama berabad-abad.

 

 

 

 

F.L bakker seorang sejarahwan, maurice bucaille, arkeolog dari prancis menerangkan dalam karya-karyanya tentang penjajahan bangsa mesir atas bangsa yahudi.

 

 

 

 

selain itu disebutkan pula dalam Al qur'an karim, bagaimana bangsa yahudi dijajah di negeri mesir hingga mereka keluar dari penindasan melalui nabi musa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

           awal penjajahan bangsa yahudi

 

 



 

sebenarnya bangsa yahudi telah lama terjajah,yakni ketika mereka tinggal di mesir dibawah penjajahan Fir'aun (pharaoh).

 

 

 

 tetapi nabi musa  (moses) menyelamatkan mereka sehingga dapat kembali ke tanah yang djanjikan, yakni wilayah yang dulu dikenal sebagai tanah bangsa kan'an (palestina, flistin, galila dan judea).

 

 

 

hingga melalui peperangan dan daya upaya yang keras, terbentuk kerajaan yang kuat di bawah daud (david) dan sulaiman (king salomo).

 

 

Menurut F.L Bakker, Daud dan Sulaiman diprediksi memerintah kurang lebih dari 993-933 SM atau 3000 tahun lalu. ketika daud dan sulaiman memimpin bani israil , kerajaan mengalami kemajuan dalam segi politik.

 

 

 

 

pada pemerintahan raja sulaiman, (king salomo) kerajaan tersebut melakukan kerja sama dengan mesir serta funisia (phunisian Dinasty) sehingga memperoleh kemakmuran dan kestabilan politik.

 

 

 

begitu juga raja daud yang pada masa pemerintahannya banyak dilakukan perluasan wilayah ke sekitarnya sehingga wilayah kerajaan bani israil yahudi meluas hingga ke wilayah di sekitarnya.

 

 

 

 

Raja daud juga banyak berinteraksi dengan raja Hiram dari Tyrus, sehingga menambah kemakmuran kerajaan orang-orang bani Israel tersebut.

 

 

 

 

 

hingga setelah nabi sulaiman wafat, kerajaan israil bersatu yang didirikan oleh orang yahudi mulai mengalami perpecahan. prpecahan itu terjadi ketika rebohoaah memimpin bangsa yahudi.

 

 

 

 

Sekitar abad ke 10 sm (3000 tahun lalu) setelah pemerintahan daud dan putranya sulaiman, timbul perpecahan dikalangan kerajaan israil yang menyebabkan kerajaan tersebut mengalami perpecahan dan terbagi menjadi dua bagian,

 

 



 

kerajaan yahudi terpecah ditandai dengan munculnya kerajaan Israil utara yang beribukota di Samaria serta kerajaan israil Selatan yang beribukota di Jerussalem.

 

 



pada era 2 kerajaan itulah muncul berbagai invasi dan serangan dari bangsa lain yang menyebabkan bangsa yahudi harus hidup terjajah di bawah penindasan selama lebih dari 12 Abad.

 

 

setelah bangsa yahudi terpecah menjadi 2 bagian, timbul serangan bangsa assyria terhadap kerajaan yahudi utara yang beribukota di samaria hingga setelahnya bangsa yahudi harus hidup terjajah lebih dari 10 abad lamanya.

 

 

 



Berbagai penindasan dilakukan oleh bangsa yang penjajah terhadap bangsa yahudi. Ditawan, dibunuh, dijual sebagai budak, dilarang berbadah, bangunan sucinya dihancurkan oleh bangsa penjajah hingga diusir dari negerinya tanah kelahirannya sendiri.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikut adalah periodesasi sejarah Yahudi pada zaman penjajahan :

 

 

 

 

Sekitar Tahun 720 SM  : 

Kerajaan Yahudi  utara  Dijajah bangsa Assyria, bangsa Ashur. Bangsa ashuria (assyiria) menyerang kerajaan Israel utara sejak era tiglat-pileser, Dan berhasil menguasai kerajaan Israel utara pada era Sargon Agung. Bangsa ashuria mengasingkan sepuluh suku Yahudi yang sampai sekarang masih belom diketahui nasib 10 suku Yahudi tersebut.

 

 

 

 

 

Sekitar  580 SM - 530 SM  :


Kerajaan Yahudi selatan dijajah oleh bangsa    babilonia baru (chaldea) dimulai sejak era raja nebukadnezar.

 

 

 

 530 SM- 330 SM  :

bangsa yahudi dibawah  penjajahan bangsa  Persia dinasti  akhemeniyah (achaemenid Dinasty) sejak era koresh      agung.                                            

 

 

 

330 SM- 313 SM   :

Yahudi di bawah    pendudukan      kerajaan  makedonia.

 

 

 

313 SM-200 SM  :

Yahudi dibawah dinasti ptolemy  mesir                                                                                  

 

 

 

 200 SM - 168 SM  :  

 Yahudi di bawah  penjajahan dinasti  Seleukos (seleucid Dynasty)                                                        

 

 

168 SM- 63 SM :

 

Berdirinya Hasmonean   dinasti atau dinasti     makabi . (Bangsa yahudi terbebas sementara Dari penjajahan).                                                                

 

 

Tahun 37 SM- 4 M    

 Yahudi dibawah raja Herodes Agung.

 

 

 

 4  SM- 630 M     : 

 Yahudi dibawah penjajahan   bangsa   Romawi.   (Gubernur Romawi wilayah galila Dan Judea)                                                  

 

 

----kelahiran Rasulullah SAW di makkah sekitar 571 masehi---------------

 

 

 

630  -  1916   Masehi   

  Islam berkuasa atas tanah    Yahudi dimulai ketika khalifah ke 2, Umar bin khattab berkuasa.

 

 

 

 

 

 

 

(sumber di atas diambil dari buku kuliah empat agama,  serta jurnal-jurnal IAIN Jakarta tulisan Joesoef syuaib, dsb)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

jadi sebelum nabi Muhammad lahir, bangsa yahudi telah mengalami keterjajahan kurang lebih 10 abad lamanya.

 

Nabi Muhammad SAW lahir sekitar Tahun Tahun 571 Masehi dan berdakwah sekitar Tahun 610.

 

 

 

bangsa-bangsa kuno seperti Assyrian Dynasty, babilonia chaldea, dinasti akhemeniyah persia,  ptolemy dinasti hingga  dinasti seleukos dan romawi pernah berkuasa dan menjajah bangsa yahudi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

bangsa yahudi dijajah oleh babylonia baru (chaldea)  antara (585 SM-530 SM)

 

 

 

 

Disebutkan dalam berbagai sumber seperti kitab perjanjian lama, sejarahwan F.L Bakker atau buku kuliah empat agama, dsb. Bahwa bangsa yahudi pernah dijajah oleh bangsa Babylon (chaldea).

 

 

penjajahan bangsa babylon atas bangsa yahudi berlangsung selama berpuluh tahun, dimulai ketika raja nebukadnezar agung berkuasa di kerajaan babylonia hingga raja beltazer.

 

 

 

 

pada masa penjajahan babylon ini, banyak orang-orang yahudi yang dibuang atau diasingkan, hal tersebut dilakukan oleh bangsa babylon untuk mengurangi dampak resiko pemberontakan orang-orang yahudi.

 

 

 

 

Sekitar tahun 585 SM, bangsa babilonia baru berjaya dibawah kepemimpinan raja nebukadnezar, saat itu terjadi perluasan wilayah hingga wilayah kekuasaan bangsa babilon sampai sekitar pantai levant (pesisir pantai laut tengah bagian timur).

 

 

 

 

Berbagai wilayah juga ditaklukan oleh raja nebukadnezar. Lembah mesopotamia, (sekitar wilayah iraq) juga ditaklukan. Termasuk wilayah yang dihuni oleh bangsa yahudi seperti kota jerussalem, samaria, dsb.

 

 

 

Perluasan wilayah tersebut terjadi puncaknya pada masa kepemimpinan raja nebukadnezar agung yang terjadi pada abad ke 6 SM.

 

 

 

 

 

 

Mesopotamia, berasal dari kata mesos dan patamos. Mesos berarti "pertengahan" serta patamos berarti Patamos dua sungai.

 

 

 

 

 Jadi mesopitamia merupakan wilayah diantara 2 sungai, yakni wilayah lembah yang terkenal subur diantara sungai efrat dan tigris.

 

 

Wilayah tersebut merupakan wilayah yang terkenal diperebutkan oleh bangsa-bangsa  kuno.  Sejak lama wilayah tersebut menjadi bagian teritorial dari kekuasaan bangsa assyria. tetapi sekitar tahun 622 SM bangsa assyaria mengalami keruntuhan.

 

 

Hingga pada akhirnya lembah tersebut diambil alih oleh bangsa babilonia baru, atau chaldea.

 

 

Wilayah yang dihuni oleh orang-orang yahudi ( tanah kan'an) juga ditaklukan oleh babilonia serta menjadi bagian teritori dari  kekuasaan bangsa babilonia.

 

 

Ketika bangsa yahudi dijajah oleh babilonia terjadi pelarangan ajaran Yahudi. Orang-orang yahudi dilarang melakukan peribadatan secara terbuka. Bila ketentuan itu dilanggar maka balasannya adalah hukuman. Jadi tidak ada toleransi keagamaan bagi bangsa yang terjajah.

 

 

 

 

 

Selain itu juga terjadi penghancuran-penghancuran terhadap bangunan suci bagi bangsa yahudi. Di kota yerussalem misalnya, bangunan suci bait Allah yang terkenal suci dihancurkan, diratakan dengan tanah.

 

 

 Bangunan tersebut menjadi tempat peribadatan bagi kaum yahudi serta sebagai simbol bagi ajaran yahudi dihancurkan oleh penjajah babilonia.

 

 

 

 

 

Selain itu banyak masyarakat yahudi yang dibuang, diasingkan oleh bangsa babilon. mereka dipaksa hidup di wilayah babilon  seperti zerobabel dan keluarganya yang dibuang dari tanah kelahirannya serta harus hidup Dipengasingan.

 

 

 

 

 

itu merupakan taktik dan strategi dari bangsa penjajah untuk meredam pemberontakan yahudi. Karena itu banyak orang-orang yahudi yang ditangkap dan dipaksa hidup di pengasingan di wilayah babilon.

 

 

 

 

Penjajahan bangsa babilon terjadi sekitar berpuluh-puluh tahun hingga pada akhirnya terjadi perang babilon melawan bangsa persia yang membuat peradaban besar babilonia berakhir.

 

 

 

Ketika bangsa babilon dipimpin oleh raja beltazer, terjadi perang dengan raja koresh agung ( cyrus the great) dari persia. Perang babilon melawa persia dimenangkan oleb bangsa persia.akibat hal tersebut, babilon kehilangan wilayah-wilayahnya.

 

 

 

 

 

 

 

 




lukisan Beltazer, raja  terakhir babilon penjajah bangsa yahudi

 









Raja persia koresh agung mengambil alih seluruh wilayah babilon,Termasuk wilayah yang dihuni olehbangsa yahudi, tanah kan'an atau tanah galila, judea diambil alih oleh bangsa persia.

 

 

 

 

Maka bangsa yahudi yang tadinya dijajah oleh babilon beralih ke tangan bangsa persia, dinasti akhemeniyah dibawah kepempinan raja koresh agung pada sekitar 538 SM.

 

 

 

Hal itu menambah daftar penjajahan terhadap bangsa yahudi. Karena mereka harus berada di bawah pemerintahan kerajaan persia dinasti akhemeniyah selama berabad-abad lamanya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-penjajahan bangsa romawi atas bangsa yahudi (7 abad lamanya)

 

 

bangsa romawi, salah satu bangsa di eropa pun pernah menjajah bangsa yahudi dalam jangka waktu yang sangat lama, bahkan sekitar 700 tahun lamanya

 

 

penjajahan bangsa romawi atas yahudi bermula Ketika Romawi memasuki zaman triumvirat I, romawi dipimpin oleh 3 penguasa yakni, pompeius, julius caesar dan crassus. Ketiganya saling bersaing antara satu dan lainnya.

 

 

 

 

Dibawah pimpinan salah seorang konsulnya, pompeius. Romawi menaklukan syria sekitar tahun 64 sebelum masehi. Legiun romawi ditempatkan di wilayah tersebut dan romawi mendirikan propinsi di wilayah timur.

 

 

 

 

Tidak lama kemudian, sekitar tahun 63 Sebelum masehi, tentara Romawi menaklukan yerussalem dan memaksa dinasti yahudi merdeka, hasmonean dinasti mengakui kekuasaan Romawi.

 

 

 

Maka setelah penaklukan jerussalem oleh pompeius tahun 63 SM, bangsa romawi berkuasa atas kerajaan yahudi merdeka ( hasmonean dinasty).

 

 

 

 

Bahkan romawi juga campur tangan kerajaan yahudi tersebut. Contohnya pengangkatan hircanus sebagai pemimpin dinasti yahudi itu karena andil dari pihak romawi. Bangsa romawi juga menjadikan pesaing hircanus, yaitu aristobolus  sebagai tawanan dan dieksekusi di kota Roma.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tetapi terjadi persaingan antara pompeius dan julius caesar sehingga pihak Romawi lengah atas kerajaan bawahannya tersebut. Disaat itulah seorang penguasa, antigonos II naik tahta atas dinasti yahudi, bahkan didukung oleh kekaisaran parthia (persia).

 

 

 

 

 

 

 

Bangsa yahudi dibawah pemerintahan raja herodes

 

 

 

 

 

Ketika romawi masuk pada zaman triumvirat II, yakni marcus antonius, marcus lepidus dan oktavianus. Dinobatkan herodes sebagai raja yahudi.

 

 

 

Tetapi herodes tampaknya mesti mesti membuktikan gelarnya, karena di atas tanah yahudi sedang berkuasa hasmonean dinasti dibawah raja Antigonos II.

 

 

 

Herodes yang mendapatjan dukungan Romawi melawan antigonos yang mendapatkan dukungan persia. Setelah terjadi perang, kenenangan diperoleh oleh Herodes.

 

Herodes dinobatkan sebagai penguasa yahudi, pemerintahannya cenderung pro romawi.

 

 

 

Ketika zaman kaisar agustus, sekitar tahun 27 Sebelum masehi. Kaisar agustus meneguhkan gelar herodes sebagai raja yahudi di pulau kecil dekat italia.

 

 

 

 

Pemerintahan raja yahudi, herodes tidak ubahnya seperti "tangan kanan" bangsa Romawi, karena yang mengangkat dan meneguhkan kedudukannya sebagai raja yahudi adalah petinggi dari bangsa Romawi.

 

 

 

 

Selama masa kekuasaannya, herodes agung atau yang disebut sebagai raja yahudi lebih pro pada bangsa romawi. Karena sejak lama herodes telah banyak berinteraksi dan berkerja sama dengan pihak romawi.

 

 

 

Herodes agung, raja yahudi itu lebbih propada romawi sehingga pemerintahannya tidak disenangi oleh masyarakat yahudi.

 

 

 

 

untuk menarik simpatik dari bangsa yahudi, Herodes sebagai tangan kanannya bangsa romawi melakukan perluasan terhadap bait suci di jerussalem.

 

 

 

 bangunan bait suci di jerussalem itu kemudian diperluas secara total jauh lebih megah dari pada bangunan bait suci yang didirikan oleh zerobabel.

 

 

 

 

 

 

 

karena yang mengangkat dan meneguhkan kedudukan herodes sebagai raja yahudi adalah kaisar agustus yang merupakan kaisar romawi.  tidak heran pemerintahan herodes lebih pro pada pihak romawi dari pada bangsa yahudi.

 

 




 


lukisan yang menggambarkan tentang pemberontakan bar kochba dan pengusiran orang-orang yahudi di Jerussalem









 

 





Yahudi dibawah Gubernur Romawi (judea-Galila) mulai tahun sekitar 4 M

 

 

 

 

 

 

Ketika kaisar agustus berkuasa, pasca wafatnya herodes, yakni sekitar tahun 4 masehi, secara resmi diangkat gubernur romawi untuk memimpin bangsa yahudi. Bangsa yahudi berada di bawah para gubernur romawi.

 

 

 

 

 

Secara politik dan pemerintahan, bangsa yahudi diatur oleh Gubernur Romawi yang merupakan bawahan kaisar Roma. Gubernur romawi itulah yamg berkuasa atas tanah galia dan judea . Maka sejak zaman tersebut dimulailah era  penjajahan secara total bangsa romawi atas tanah yahudi.

 

 

 

gubernur romawi tersebut juga memiliki hak ekonomi dimana penguasa romawi tersebut bisa menarik pajak dari orang-orang yahudi.





Gubernur romawi tersebut juga memiliki hak dalam bidang hukumbilamana ada orang-orang yahudi yang bersalah, perkaranya akan diadili di pengadilan romawi serta hukumannya bisa diputuskan oleh gubernur romawi tersebut.

 

 

 

Hingga akhirnya sebuah peristiwa besar, bagaimana seorang gubernur Romawi bernama pontius pilatus (gubernur romawi wilayah judea) memberikan hukuman atas diri Yesus Kristus setelah menjalani peradilan.

 

 

 

Hingga akhirnya yesus harus memanggul salibnya sendiri, melewati jalan tertentu yang dianggap oleh umat kristiani sebagai jalan suci (via dolorosa)  di jerussalem hingga akhirnya ia disalib diatas batu golgotta.

 

 

 

yang memberikan hukuman atas diri yesus adalah gubernur romawi wilayah judea, yakni pontius pilatus.

 

 

 

 

michael keringan, dalam karyanya "sejarah gelap para kaisar romawi" menyatakan bahwa penjajahan romawi di tanah yahudi tersebut membuat banyaknya orang yahudi yang ikut penyembahan politheisme bangsa romawi.

 

 

 

 Ada sebagian orang yahudi yang terpengaruh dengan budaya romawi baik dari segi agama, hingga cara-cara berpakaian. 

 

 

 

 sebagian orang Yahudi yang beralih menjadi orang Romawi serta mengikuti Tradisi-tradisi dan Budaya bangsa Romawi.

 

 

 

 

 

Sehingga banyak dari kalangan Yahudi mereka pada akhirnya meninggalkan ajaran judaisme dan berpindah menjadi penganut ajaran paganisme romawi dengan penyembahan dewa-dewa.

 

 

 
lukisan yang mengambarkan "destruction of Jerussalem"

penghancuran "bait Suci" di Jerussalem oleh tentara Romawi tahun oleh panglima Titus tahun 70 M.

 




    pemberontakan yahudi atas romawi

 

 

Penjajahan bangsa Roma atas yahudi membuat penderitaan bagi orang-orang yahudi Hingga timbul peristiwa perlawanan orang-orang yahudi atas romawi.

 

 

pada tahun 66 masehi, yakni pada zaman kaisar nero (54-68 M) terjadi pemberontakan yahudi pertama.

 

 

 

pemberontakan yahudi itu dimulai dari kota jerussalem akibat pembebanan pajak yang berat oleh penguasa romawi terhadap orang-orang yahudi yang menyebabkan terjadinya pemberontakan besar dari kalangan yahudi. pemerintahan kaisar Nero dipenuhi konfli dan polemik pada akhir pemerintahannya,

Di satu sisi Nero harus menghadapi pemberontakan yang dilakukan oleh gubernur bawahannya di spanyol dan disaat yang bersamaan terjadi pemberontakan yahudi I di wilayah Timur Romawi.

Kaisar Romawi itu perlu bertahun-tahun untuk menumpas pemberontakan Yahudi di wilayah Timur.

Hingga kaisar  Nero dikudeta dan dibunuh, tahun 68 masehi pihak romawi pun belum mampu menumpas pemberontakan Yahudi I.

 

 

 

Setelah pemerintahan berganti dan terjadi pemberontakan selama bertahun-tahun, barulah pihak Romawi dibawah kaisar vespasian berupaya menumpas pembrontakan yahudi pertama. kaisar Roma yang baru naik tahta itu mengutus panglima Titus untuk menumpas pemberontakan yahudi di wilayah timur.

 

 

 

 

Legiun Romawi diterjunkan dibawah pimpinan putra kaisar, yakni Titus Flavius. dengan kekuatan militeristik dan tentara, tentara romawi mampu merebut satu demi satu kota-kota penting di galila dan judea.

 

 

 kota jotapata, kota Jerussalem  hingga benteng terakhir orang yahudi di masada di rebut.

 

 

 

 

pemberontakan yahudi I itu berakhir dengan kemalangan bagi orang yahudi. setelah itu terjadi eksekusi massal yang dilakukan oleh pihak Romawi terhadap orang yahudi.

 

 

 

pemberontakan Yahudi pertama serta  kehancuran kota Yerussalem itu juga dikisahkan oleh sejarahwan dari kalangan yahudi sendiri, yakni flavius Josephus yang menceritakan itu dalam karya-karyanya yang ditulisnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bangsa yahudi Berdiaspora dan berpecah belah

 

 

 

 

akibat penjajahan yang dilakukan oleh bangsa romawi (roman emperor)  pernah terjadi pengusiran yang dilakukan oleh kaisar hadrianus pasca terjadinya pemberontakan yahudi kedua tahun 135 masehi.

 

 

 

masyarakat yahudi di larang tinggal di jerussalem dan hanya diizinkan memasuki kota itu hanya sesekali saja.

 

 

 

 

pernah pada zaman kaisar hadrianus, orang-orang yahudi diusir dari jerussalem, mereka hanya diizinkan untuk memasuki kota tersebut pada waktu-waktu tertentu saja.

 

 

 

 

 

penjajahan bangsa romawi yang begitu lama di tanah tersebut membuat orang-orang yahudi bereksodus, dan mencari kehidupan di tempat lain hingga bangsa yahudi pun akhirnya terpecah belah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 




aelia capitolina, proyek sang kaisar romawi, hadrianus di kota Jerussalem.







Penjajahan selama lebih dari 1200 tahun itulah  yang membuat bangsa Yahudi berdiaspora, bercerai berai tanpa tanah air.

 

 

 

Selain itu akibat penjajahan ini pula yang membuat bangsa Yahudi bermigrasi ke wilayah lainnya, meninggalkan tanah airnya yang sejak dulu dikenal dengan nama judea-galila.

 

 

 

 

 

Karena itu tidak heran pada masa sekarang ini ini orang yahudi dan keturunann ada di banyak tempat dan negara. Keturunan mereka ada di mana-mana baik di negara-negara Eropa, Amerika dan Asia.

 

 

 

 

hal tersebut karena sejak lama, sejak ribuan tahun lalu akibat penjajahan selama lebih 12 abad itulah yang membuat bangsa yahudi tercerai berai dan bereksodus meninggalkan tanah kelahirannya.

 

 

 

 

 

Jadi saat ini tidak heran yahudi dan keturunannya ada di berbagai belahan dunia, karena pada kenyataannya mereka telah bereksodus meninggalkan tanah palestina sejak ribuan tahun lalu atau yang disebut dengan nama tanah galia-judea  pada masa lampau.

 

 

Karen amstrong menuliskan pada Abad ke 8, orang yahudi Ada di berbagai wilayah dunia seperti di aleksandria, fustat, damaskus, Cordova, Toledo, cadiz, kuffah, basrah, fez, kairuwan.

 

 

Komunitas yahudi pun sudah Ada di prancis timur Dan jerman Sejak Abad ke 5 seperti di ausburg, Metz, Frankfurt, dsb.

 

 

Tidak heran karena peristiwa penjajahan Dan kolonisasi yang dilakukan bangsa Roma selama berabad-abad membuat mereka bermigrasi ke tempat lain.

 

 

 

 

 

Jadi sebelum islam muncul dan rasulullah berdakwah sekitar tahun 610 Masehi, bangsa yahudi sudah mengalami  penjajahan dan lebih dari 12 abad lamanya.

 

 

 

 

 

Akibat penjajahan yang berlangsung 1200 tahun itu membuat bangsa yahudi terpuruk, menderita, tertindas oleh bangsa-bangsa penjajah serta membuat bangsa yahudi bercerai berai, tanpa tanah air

 

 

 

Hingga pada sekarang mereka berupaya kembali ke tanah yang diklaim sebagai milik mereka melalui gerakan zionisme.

 

 

 

 

 

walaupun begitu, niat bangsa yahudi yang ingin kembali ke tanah  mereka menciptakan polemik dan konflik besar  pada saat ini. Dimana tanah tersebut juga telah dihuni oleh orang-orang islam sejak lama, 

 

 

 

 

 

 

hingga kini orang-orang yahudi berupaya mendapatkan wilayah yang dahulu diklaim sebagai tanah mereka melalui gerakan "zionisme".

 

 

tetapi upaya orang yahudi untuk kembali ke tanah mereka menciptakan polemik dan konflik dimana wilayah tersebut telah menjadi bagian dari terirorial islam selama lebih dari 10 abad lamanya.

 

 

bahkan masyarakat islam telah menghuni wilayah yang disebut palestina pada masa sekarang sejak  zaman kekhalifahan islam. Masyarakat islam telah ada di palestina sejak zaman kekhalifahan umar bin khattab lebih dari 1000 tahun lalu.

 

 

 

 

Upaya orang Yahudi untuk kembali ke tanahnya bermulai dari upaya mereka untuk melobi kekhalifahan Turki utsmaniyah pada akhir abad ke 19, yang ternyata ditolak mentah-mentah oleh sultan Turki Utsmaniyah.

 

 

 

sultan Hamid II dari kekhalifahan Turki utsmani (turkey ottoman) mengusir wakil dari pemimpin zionis, theodore hertzl Dan rabbi agung yang berupaya melobi pihak Turki utsmaniyah agar mendapatkan izin membuka pemukiman di palestina. pada masa itu wilayah yang disebut dengan nama palestina  adalah bagian dari pemerintahan turki utsmaniyah, termasuk kota Jerussalem.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hingga akhirnya ketika perang dunia I berlangsung, pemimpin yahudi berupaya melobi inggris untuk mendapatkan pemukiman di tanah palestina.

 

 

 

melalui tangan inggris berlangsung "Balfour Declaration" dimana menteri luar negeri Inggris, James Balfour mengizinkan pemimpin yahudi untuk membuka pemukiman di tanah palestina.

 

 

 

Hingga akibat dari hubungan baik anatara Inggris dan pemimpin yahudi zionis, orang-orang yahudi berhasil membuka pemukiman baru di tanah yang mereka yakini sebagai milik mereka.

 

 

hingga tahun 1940, jumlah populasi yahudi telah mencapai satu  pertiga dari total populasi di palestina.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jadi salah satu bangsa yang paling lama terjajah adalah bangsa Yahudi, mereka dijajah lebih dari 12 abad lamanya oleh berbagai macam bangsa seperti assyria, babilonia, persia, macedonia, ptolemy, seleukos hingga Romawi.

 

 

sebuah peristiwa yang tertuang di banyak sumber, bahkan sejarahwan dari kalangan yahudi sendiri pun, yaitu Flavious Josephus yang hidup 2000 tahun lalu mengabarkan Hal itu, yakni ketika bangsa yahudi dijajah romawi.

 

 

demikian juga sejarahwan  barat seperti maurice bucaille serta sejarahwan islam pun mengabarkan demikian dalam kitab-kitab yang ditulisnya.

 

 

Misalnya Karen amstrong menuliskan bagaimana penjajahan bangsa ashuria terhadap kerajaan Yahudi utara

 

 

 Begitu juga Al Quranul karim yang merupakan kitab suci umat muslim menceritakan peristiwa penjajahan bangsa yahudi yang dilakukan oleh fir'aun pada ayat-ayat dan surat tertentu.

 

 

 

 

 

 

 

Ya jika ada bangsa yang paling lama dijajah, itulah bangsa yahudi !!!!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber Tulisan :

  

 

 

 

- Joesoef syuaib, dalam Bulletin Jurnal IAIN Jakarta tahun 1994

  

- Jerussalem 33, penerbit kompas

  

- sejarah gelap para kaisar roma karya michael keringan.

 

-  F.L bakker , sejarah kerajaan Allah

 

- kuliah empat Agama (prof, Dr. Hamid Rasyidi)

 

-   BBC, Jewish Rebellion

 

- Tinjauan ttg agama masehi, syeikh Abu zahrah

  

-  Sejarah Tuhan, Karen amstrong

 

 

 

 

 

 









2 komentar: