Sabtu, 31 Desember 2016

Era penaklukan Romawi

               


             "Zaman  penaklukan Romawi "








 



                      Tentara Romawi yang terbagi-bagi menjadi Divisi, Legiun dan batallion



















Romawi pada awal peradabannya bukanlah apa-apa. menurut legenda awal, kota roma didirikan oleh dua orang bersaudara bernama romus dan romulus hingga memasuki zaman legenda 7 orang Raja.













7 orang raja tersebut adalah



1. Rommulus

2. numa pompilius

3. tulus Hostilus

4. ancus marcius

5. tarquinius priscus

6. servius tulius

7. tarquinius superbus









Kira-kira 7 orang raja itu memerintah selama 240 tahun hingga romawi memasuki zaman republik pada abad ke 6 SM.







Penguasa pertama hingga keempat romawi, yakni Rommulus hingga  ancus marcius hanya diceritakan oleh sejarahwan kuno seperti Lucius dan quintus dalam cerita rakyat hingga kisahnya hanya seperti legenda saja.







tetapi penguasa romawi kelima hingga ketujuh kisahnya diceritakan oleh sumber sejarah yang lebih valid seperti sejarahwan kuno  seperti caussius Dio, sehingga sumber sejarahnya lebih akurat.









Dan Romawi bukanlah kerajaan besar pada masa republik. Ketika romawi masuki zaman konsulat, triumvirat dan zaman kekaisaran barulah Romawi menyandang gelar sebagai penguasa Eropa dengan wilayah yang terbentang beribu-ribu mil jauhnya.






Romawi baru benar-benar menjadi " penakluk eropa" ketika meamsuki zaman triumvirat hingga masa kekaisaran.







Yakni ketika bangsa tersebutdipimpin oleh para kaisar yang dimulai sejak abad ke 1 sebelum masehi.



























Era penaklukan Romawi





1. Romawi menaklukan semenanjung Italia

   





Seperti yang disebutkan sebelumnya awalnya Romawi hanyalah sebuah kerajaan kecil di Ibukota Roma dan sebagian wilayah lainnya. Dengan jalan militeristik  pada akhirnya romawi menaklukan bangsa -bangsa di wilayah semenanjung italia.





pertempuran dengan bangsa veii berlangsung cukup lama hingga akhirnya romawi menaklukan salah satu bangsa di semenanjung italia tersebut.



pada zaman republik romawi  yakni antara abad ke 4 SM hingga abad ke 3 SM ( 300-200) SM romawi semakin manacapkan kekuasaannya di semenanjung Italia.






hal itu membuat penguasa tiran dari yunani, Pyrho atau pyrhus (berkerja sama dengan suku-suku di italia) naik pitam dan berniat menghabisi romawi yang tengah naik daun.





dengan kekuatan sekitar 20.000 prajurit kurang lebih dengan disertai pasukan bergajah, tentara Pyrhus yang lebih profesional awalnya mampu mengalahkan romawi dalam pertempuran.







namun berbekal semangat pantang mundur dari legion dan batallion romawi pada akhirnya romawi memenangkan pertempuran.



























2. Romawi menaklukan afrika utara









Memasuki abad ke 2 romawi berperang dengan carthago. dalam pertempuran phunisia romawi mengalahkan rival bebuyutannya.





dalam perang phunisia II dimana romawi berhadapan dengan carthago dibawah jenderal hanibal. dibawah pimpinan hanibal barca,







carthago menyerang semenanjung italia secara besar-besaran. dengan menggunakan pasukan bergajah carthago memperoleh kemenangan gilang-gemilang pada awalnya. romawi mengalami kekalahan seperti di trebia dan pertempuran cannae.



namun roma menunjukan strateginya, lewat general quintus fabius maximus roma menerapkan taktik perang gerilya untuk menyerang pasukan hannibal di italia.







disaat yang bersamaan, dibawah scipio, (scipio afrikanus) roma menyerang secara langsung pusat pemerintahan cartahago nova (basis carthago di spanyol). scipio berhasil menguasai carthago nova di spanyol dan mengalahkan pemimpin carthago, hasdrubal.



hasdrubal berupaya bergabung dengan hannibal di italia untuk menyerang kota roma. tetapi mereka berhasil dikalahkan dalam pertempuran metaurus tahun 207 SM.





hingga dalam pertempuran yang menentukan tahun 202 SM, romawi memperoleh kemenangan dan carthago terpaksa melakukan perjanjian kekalahan dengan romawi.





Tetapi upaya tentara chartago kandas, salah satu faktornya adalalah medan perang yang terlalu jauh dan kurangnya sarana logistik  makanan.





pada perang phunisia III, carthago dibantu dengan Philipus dari makedonia serta yunani. Dengan dipimpin jenderal scipio romawi memperoleh kemenangan dan mendapatkan wilayah-wilayah di afrika utara.







 sehingga wilayah kekuasaannya bukan hanya di semenanjung italia, bahkan semakin luas hingga beberapa wilayah di afrika utara.













hingga akhirnya dibawah pimpinan jenderal scipio tentara romawi menaklukan carthago dan mengambil alih wilayah-wilayah kerajaan tersebut di afrika utara.





















3. Romawi menaklukan dinasti seleukos (seleucid dinasty) 175 SM.









Dinasti seleukos merupakan kerajaan yang berpusat di Syria. kerajaan ini merupakan pecahan dari kerajaan makedonia. didirikan oleh salah satu jenderal makedonia yang ternama, seleukos nicator.







Memasuki awal abad ke 2 sebelum  masehi romawi dengan kekuatan tentaranya menaklukan kerajaan seleucos dinasty. Kerajaan yang berpusat di syria takluk dan terpaksa mengikat perjanjian dengan romawi







Romawi menaklukan dinasti seleukos dan memaksa raja-raja seleukos membayar upeti. raja-raja seleukos seperti antiochus IV, demetrius, terikat perjanjian dengan romawi.





Saat itu dinasti seleukos tengah menjajah bangsa yahudi. Raja-raja seleukos bahkan campur tangan dalam pengangkatan imam besar yahudi,







seperti pengangkatan imam besar yahudi meleanus yang dikatakan terpilih karena menyogok raja antiokhus.







Hingga timbul pemberontakan orang yahudi terhadap dinasti seleukos dibawah pimpinan judas maccabeaus



disaat raja-raja seleukos menjajah tanah yahudi. dinasti seleukos menjadi kerajaan bawahan Romawi. Mereka menjadi dinasti bawahan bagi bangsa romawi.





















coloseum, ampitheater terbesar yang dibangun sejak masa kaisar vespasianus














  4.    Romawi menaklukan yunani tahun 146 SM









Disebutkan oleh banyak sumber, romawi menaklukan yunani sejak tahun 146 sebelum masehi. romawi yang lebih kuat secara militer menaklukan yunani.







Tapi ternyata bangsa roma pun belajar pada bangsa yunani, terutama dalam segi arsitektur bangunan, estetika, sains dan filsafat. sehingga tidak heran kebudayaan dan seni bangsa romawi mirip dengan bangsa yunani.







Patung-patung romawi, bangunan romawi dengan yunani memiliki ciri yang hampir mirip karena bangsa Romawi banyak belajar dan meniru seni bangsa yunani.









Bangunan bangsa romawi pun mirip dengan bangunan bangunan bangsa yunani. Hal itu karena sejak lama seniman bangsa yunani banyak belajar dan meniru seni-seni romawi.







Bangunan seperti kuil penyembahan dewa, patung-patung hingga bangunan teater milik bangsa romawi mirip dengan bangsa yunani karena sejak lama bangsa romawi sebagai penjajah yunani pun belajar pada peradabanbangsa greek yunani seperti sains, arsitektur bangunan hingga filsafat-filsafat.







jadi romawi sebagai penguasa wilayah yunani ternyata juga belajar pada peradaban greek-helenistik yunani.







Bangsa romawi memang lebih kuat Secara militer. Romawi mempunyai legiun Dan tentara dalam jumlah yang besar.







Ketika Zaman kaisar agustus tahun 27 SM-14 M , pihak romawi banyak membangun Secara pesat ibukotanya.





Ketika membangun tersebut, seni dari yunani ditiru. Seni arsitektur bangunan beragama Doria, ionia diadopsi oleh bangsa romawi, tidak heran bangunan beragama romawi-yunani hampir memiliki Ciri khas yang Sama.



















5. romawi menaklukan syria, palestina ( tanah galila-judea) tahun 63  SM.











Ketika romawi memasuki zaman konsul, triumvirat I, romawi menaklukan syria dibawah konsulnya pompeius. pompeius mendirikan propinsi di wilayah timur dan menempatkan banyak pasukannya yang tergabung dalam legiun di syria.









Tidak lama kemudian tahun 63 Masehi romawi menaklukan jerussalem dan memaksa hasmonean dinasti atau dinastinya bangsa yahudi untuk mengakui kekuasaan romawi.







Negara yahudi merdeka, hasmonean dinasti atau dinasti makaabi saat itu harus menjadi dinasti bawahan dari bangsa romawi.









Seperti halnya kerajaan lainnya, dinasti yang dirikan oleh orang-orang yahudi wajib membayar upeti pada kerajaan roma. Dan pihak romawi mempersilahkan dinasti yahudi itu terus berdiri.







Bangsa romawi ternyata campur tangan terhadap dinasti yahudi yang dijajahnya. contoh bagaimana pengangkatan hyrcanus II sebagai raja yahudi karena adanya campur tangan dan titah dari bangsa romawi.









Tetapi akibat perang antar konsul, yakni Pompeius melawan konsul romawi lainnya bernama Julius caesar, hasmonean dinasti (dinasti yahudi) itu melepaskan diri dan mendapatkan dukungan dari kekaisaran parthia (persia).









perang yang terjadi di wilayah romawi sendiri membuat wilayah-wilayah jajahannya berupaya melepaskan diri. Perang antar konsul tersebut disebut dengan perang diarhachium yang terjadi kurang lebih tahun 45 sebelum masehi.







Saat itu, salah seorang pemimpin, yakni antigonos naik jabatan menjadi pemimpin dinasti makabbi dan memperoleh dukungan dari kekaisaran persia.







tampak antara 2 kekuatan besar di asia yakni persia dibasti parthia dan romawi saling berebut pengaruh pada kerajaan yahudi tersebut.









dalam perang, pompeius mengalami kekalahan melawan julius caesar dan terbunuh di mesir akibat konspirasi dari raja mesir bernama ptolemy XIII. Julius caesar dinobatkan menjadi konsul seumur hidup.











Hingga memsuki zaman kaisar agustus memimpin romawi, bangsa yahudi ditempatkan dibawah pemwrintahan gubernur presceutor romawi.



Kaisar Agustus memerintah kurang lebih 41 tahun, pada era pemerintahannya ditetapkan gubernur Romawi sebagai pemimpin bangsa yahudi. Yaknigubernur Romawi wilayah galila-judea









dimana gubernur romawi menjadi penguasa atas tanah yahudi.








  tanah yahudi galila judea mulai dijajah romawi mulai sekitar tahun 63 SM










5. Romawi menaklukan prancis (gaul) tahun 52 SM.









Sejak lama bangsa romawi menguasai beberapa wilayah di prancis. Julius caesar salah satu dari tiga konsul berkedudukan di prancis dan memimpin legiun romawi.Romawi juga mengadakan perjanjian dengan beberapa suku Gaul, Prancis.







saat era triumvirat I dimana romawi dipimpin oleh 3 orang konsul yakni julius caesar, pompeiius, crassus. Masing-masing konsul tersebut memiliki wilayah kekuasaan sendiri.









pompeius berkuasa di wilayah timur romawi dengan legiun-legiun yang dipimpinnya. Syria, asia kecil, palestine merupakan wilayah romawi dibawah pompeius.







sedangkan julius caesar dengan legiun yang dipimpinnya berkuasa di barat romawi.





Julius caesar sebagai salah satu konsul paling berpengaruh ternyata juga mengikat perjanjuan dengan suku-suku gaul perancis.







Tetapi akhirnya timbul pemberontakan suku-suku gaul prancis. Suku-suku di prancis atau suku-suku gaul mereka saling beraliansi dengan dipimpin vercingentorix.









Suku di wilayah gaul menganggap romawi adalah penjajah yang merampas tanah mereka. suku-suku prancis menyerang legiun romawi di gaul dan julius caesar kehilangan banyak tentara bawahannya.







Dalam menghadapi suku-suku prancis romawi menerapkan sistem pertahanan circumvalation. yaitu dengan membangun tembok pertahanan sepanjang belasan kilometer yang dibangun dalam kurun waktu 3 minggu. tembok pertahanan itu mengelilingi kota.









Selain itu,  didepan sistem pertahanan tembok juga terdapat parit-parit untuk menghambat pergerakan musuh. Parit tersebut terdiri dari 2 bagian sekitar 1,5 meter lebarnya.





 romawi memenangkan perang tersebut dengan sistem pertahanan parit dan tembok . perang "the battle of Alesia" tahun 52 Masehi berakhir dengan menyerahnya suku-suku di perancis. dan sebagai simbol menyerahnya suku-suku gaul,









vercingentorix pemimpin perlawanan menyerahkan senjatanya di hadapan julius caesar. setelah itu romawi berkuasa secara penuh atas wilayah gaul prancis.













 lukisan yang menceritakan menyerahnya vercingentorix pemimpin suku Gaul dalam pertempuran "the battle of Alesia".


















7. romawi menaklukan sebagian britania 43 SM.

  







secara efektif romawi baru berupaya menaklukan britania inggris sejak era pemerintahan kaisar Claudius, (41 -54) M.









Banyak legiun romawi yang diterjunkan ke wilayah britania hingga terlibat pertwmpuran dengan suku-suku inggris dan catuvelauni.





pihak romawi memenangkan perang seperti di midway dan thames.







Kaisar claudius juga maju memimpin tentara romawi dengan pasukan gajahnya dan menaklukan comulodunum, ibukota catuvelauni. dan salah satu pemimpin pasukan, vespasianus membawa tentara romawi menaklukan wales.







kemudian setelah kemenangan itu, kaisar claudius mengangkat wakilnya sebagai gubernur romawi di britannia. Sebagai wakil kaisar di inggris.







Tetapi saat era kaisar claudius hanya sebagian wilayah britannia yang ditaklukan, yakni selatan britannia.hingga memasuki masa pemerintahan kaisar Hadrianus 135 masehi romawi telah menguasai sebagian besar britannia.








Kaisar Hadrian juga membangun tembok di dekat kota newcastle untuk membatasi wilayah romawi dengan suku-suku inggris.






    tembok hadrian, sisa-sisa peninggalan romawi di tanah britania





















8. Romawi menaklukan dacia (rumania)



Penaklukan terhadap dacia dilakukan pada era kaisar Trajan pada tahun 110 Masehi. trajan mendirikan tiang berukir sebagai tanda penaklukan terhadap wilayah tersebut.





















9. Romawi menaklukan mesopotamia (iraq)



Mesopotamia, lembah subur diantara dua sungai, efrat dan tigris. ditaklukan sejak era kaisar trajan, putra angkat dari kaisar nerva.









pada masa kekuasaan Trajan wilayah kekuasaan romawi terbentang dari dataran skotlandia di britania hingga sekitar laut hitam. mesopotamia adalah salah satu wilayah romawi di timur dari sekian banyak wilayah jajahannya.







tetapi kaisar penggantinya, hadrianus tampaknya melepas wilayah tersebut karena terlalu jauh dari pusat pemerintahan di kota roma, sehingga kaisar pengganti yakni hadrianus melepas wilayah yang terlalu jauh tersebut.









Romawi bukan hanya menaklukan sebagian besar daratan eropa, bahkan sebagian wilayah asia pun menjadi wilayahnya. Termasuk lembah mesopotamia atau wilayah yang disebut iraq jaman sekarang.









mesopotamia berasal dari kata mesos dan patamos. Mesos berarti peetengahan dan patamos berarti sungai. Mesopotamos atau mesopotamia adalah lembah subur yang terletak diantara sungai efrat dan tigris.







sejak lama berupaya menaklukan lembah tersebut. Namun gagal. Kerajaan persia dinasti parthia selalu menjadi batu ganjalan bagi invasi romawi.









tetapi memasuku zaman kaisar trajan, barulah romawi mampu menaklukan wilayah tersebut. Trajan pada masa pemwrintahannya, wilayah romawi membentang dari daratan britania skotland hingga ke  mesopotamia.











Jadi romawi baru dikatakan sebagai penguasa ketika memasuki zaman triumvirat dan era kekaisaran, Yang dimulai pada abad-abad sebelum masehi.



Pada era kaisar agustus (kaisar romawi pertama) banyak dilakukan penaklukan.





---pemerintahan republik romawi, romawi hanya menguasai sebagian kecil eropa dan semenanjung italia.









Tetapi memasuki zaman triumvirat dan zaman kekaisaran yang dimulai abad ke 1 sebelum masehi, romawi menjelma menjadi kekaisaran superior yang wilayahnya membentang hampir di seluruh benua biru tersebut





























sumber diambil dari :






Sejarah bangsa-bangsa Kuno
penerbit gramedia




BBC, roman History


sejarah eropa kuno



BBC, the rebellion



Sejarah gelap kaisar roma, michael keringan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar