"Jejak islam di kota Toledo, Spanyol"
Toledo, dilihat dari nama kotanya
mungkin tidak setenar kota-kota lainnya di benua biru. tidak seperti paris,
berlin, Wina atau London.
Toledo merupakan kota kuno di negeri
spanyol. Dimana kota tersebut pernah menjadi bagian dari pemerintahan islam
pada masa lampau.
Hingga kini, bukti eksistensi
peninggalan islam masih tertera jelas di kota tersebut.
Toledo adalah salah satu kota di
daratan spanyol yang Merupakan kota penting yang terletak dekat dengan ibukota
negeri matador, yaitu kota madrid.
Kota toledo hanya terpaut beberapa
ratus kilometer dari jantung ibukota negara kerajaan tersebut.
Toledo merupakan "kota
kuno" yang telah ada ribuan tahun lalu.
umur dari kota ini lebih dari 1000
tahun lamanya. Hal tersebut seperti yang diungkapkan banyak sumber jika
keberadaan kota ini telah berdiri sejak bangsa visigoth memimpin di tanah
spanyol.
Dimana bangunan-bangunan kuno peninggalan kristen gothic serta bangunan bergaya
arsitektur muslim moors pun banyak dijumpai di dalam kota toledo
Selain bangunan modern seperti gedung
bertingkat, hotel, sarana dan prasarana modern dikota tersebut juga terdapat
bangunan-bangunan berciri arsitektur muslim zaman klasik.
Sebut saja Mezquita cristo de la luz atau gate
alfonso VI. Yang merupakan bangunan yang sering didatangi para pelancong untuk
travel.
Dimana bangunan tersebut menjadi daya
tarik tersendiri bagi para wisatawan dan pelancong di dalam dan luar negeri.
Walaupun kedua bangunan tersebut
merupakan bangunan kristen, tetapi sebenarnya bangunan tersebut merupakan
peninggalan dari bangsa moors muslim.
Bangunan peninggalan berciri arsitektur islam di kota toledo
banyak dijumpai karena hampir 4 abad lamanya islam menorehkan eksistensinya di
kota kuno ini.
Bukan kisah yang asing lagi dimana
spanyol merupakan wilayah muslim selama berabad-abad lamanya.
Tidak heran terjadi akulturasi,
asimilasi antara budaya moors muslim dengan kristen eropa pun terjadi.
Diantaranya dalam segi arsitektur
bangunan yang membuat munculnya gaya seni baru dalam arsitektur di wilayah
jaman dulu yang disebut sebagai "al andalusia".
Toledo, dilihat dari nama kotanya
mungkin tidak setenar kota-kota lainnya di benua biru. tidak seperti paris,
berlin, Wina atau London.
Toledo merupakan kota kuno di negeri
spanyol. Dimana kota tersebut pernah menjadi bagian dari pemerintahan islam
pada masa lampau.
Hingga kini, bukti eksistensi
peninggalan islam masih tertera jelas di kota tersebut.
Toledo adalah salah satu kota di
daratan spanyol yang Merupakan kota penting yang terletak dekat dengan ibukota
negeri matador, yaitu kota madrid.
Kota toledo hanya terpaut beberapa
ratus kilometer dari jantung ibukota negara kerajaan tersebut.
Toledo merupakan "kota
kuno" yang telah ada ribuan tahun lalu.
umur dari kota ini lebih dari 1000
tahun lamanya. Hal tersebut seperti yang diungkapkan banyak sumber jika
keberadaan kota ini telah berdiri sejak bangsa visigoth memimpin di tanah
spanyol.
Dimana bangunan-bangunan kuno peninggalan kristen gothic serta bangunan bergaya
arsitektur muslim moors pun banyak dijumpai di dalam kota toledo
Selain bangunan modern seperti gedung
bertingkat, hotel, sarana dan prasarana modern dikota tersebut juga terdapat
bangunan-bangunan berciri arsitektur muslim zaman klasik.
Sebut saja Mezquita cristo de la luz atau gate
alfonso VI. Yang merupakan bangunan yang sering didatangi para pelancong untuk
travel.
Dimana bangunan tersebut menjadi daya
tarik tersendiri bagi para wisatawan dan pelancong di dalam dan luar negeri.
Walaupun kedua bangunan tersebut
merupakan bangunan kristen, tetapi sebenarnya bangunan tersebut merupakan
peninggalan dari bangsa moors muslim.
Bangunan peninggalan berciri arsitektur islam di kota toledo
banyak dijumpai karena hampir 4 abad lamanya islam menorehkan eksistensinya di
kota kuno ini.
Bukan kisah yang asing lagi dimana
spanyol merupakan wilayah muslim selama berabad-abad lamanya.
Tidak heran terjadi akulturasi,
asimilasi antara budaya moors muslim dengan kristen eropa pun terjadi.
Diantaranya dalam segi arsitektur
bangunan yang membuat munculnya gaya seni baru dalam arsitektur di wilayah
jaman dulu yang disebut sebagai "al andalusia".
bangunan peninggalan islam di kota Toledo
Berikut beberapa bangunan kristen di
kota toledo seperti alfonso VI gate atau mezquita christo de la luz disinyalir
sebagai bangunan peninggalan muslim yang kemudian diambil alih oleh kristen.
"Alfonso VI gate". Sesuai
namanya, bangunan ini adalah gerbang raja alfonso yang merupakan raja kristen.
Dahulu ketika islam eksis di kota ini, gerbang ini dinamakan dengan bab shagra,
atau gerbang shagra.
seperti pendapat banyak sejarahwan
islam, bentuk arsitektur moors islam pun masih melekat dalam bangunan gerbang
ini.
Hal itu terlihat dari bentuk bagian
atas pintu gerbang yang melengkung seperti pintu masjid.
Sejak lama kota toledo adalah bagian dari
wilayah muslim selama berabad-abad. Ketika kristen mengambil alih kota toledo,
banyak bangunan muslim yang diambil alih oleh kristen.
Termasuk bab shagra atau gerbang
shagra. Yang kemudian nama gerbang diganti dengan nama seorang raja, yakni raja alfonso VI setelah
direbut oleh kristen.
Alfonso Adalah raja kerajaan leon
castilia yang mengambil alih kota toledo dari tangan muslim. Letak dari kota
toledo yang berada dengan perbatasan wilayah kristen di utara yang menyebabkan
kota toledo sering direbut dalam peperangan hingga akhirnya diambil alih oleh
pihak kristen.
"mezquita"
christo de la luz"
Mezquita merupakan nama dalam bahasa
spanyol, yang berarti mosque atau
masjid. Berbagai sumber menyebutkan bangunan ini dahulu merupakan salah satu
masjid di kota toledo yang kemudian dialih fungsikan menjadi bangunan kristen.
ciri khas arsitektur islam pun
terlihat jelas di bagian atap pintu yang melengkung, seperti halnya pintu
arsitektur bangunan masjid.
Kemudian di bagian dalam
mezquita pun terdapat banyak tiang-tiang
penyangga yang desainnya adalah desain arsitektur bangsa moors muslim masa
silam.
Seperti bangunan Al hambra di granada
yang juga banyak terdapat tiang peyangga di dalamnya.
Di samping kedua bangunan tersebut,
di kota toledo masih menyimpan banyak cerita tentang peninggalan-peninggalan
islam masa silam dengan segala keunikan arsitektur bangsa moors muslim.
"Jejak islam di kota Toledo, kota tiga agama"
banyak sumber yang menyebutkan,
Toledo dibawah pemerintahan islam merupakan kota "tiga agama". Karena
masyarakatnya beragam dalam segi agama. Yakni masyarakat islam, kristen, yahudi
menjadi penghuni tetap kota tersebut.
Toledo merupakan kota yang telah
muncul ribuan tahun lalu. Islam pun pernah menorehkan kekuasaannya pada kota
ini.
Sebut saja kerajaan bani ummayah I,
kerajaan bani ummayah II, pemerintahan mulk al thawaif, dinasti murabithun
serta muwahidun. Selama hampir 400 tahun, islam pernah menjadi tuan rumah di
kota kuno toledo.
Dibawah pemerintah islam, yakni
kerajaan islam bani ummayah I. Seperti yang tertulis dalam buku
"historian's history of the world", bahwa kota toledo merupakan
penghasil pedang. Pedang dan senjata berkualitas dihasilkan di tempat ini.
kota lainnya seperti cordoba
merupakan kota penghasil permadani. Kota cadiz, valencia dan carthagena
merupakan kota pelabuhan yang ramai. Sedangkan kota xativa merupakan penghasil
kertas.
masing-masing wilayah di spanyol
sejak dahulu merupakan penghasil barang tertentu. Seperti di sevilla yang
banyak membuahkan minyak zaitun karena disekitar kota sevilla terdapat
perkebunan zaitun yang luas.
kota toledo juga dikelilingi sistem
pertahanan tembok. Keberadaan tembok tersebut mungkin sejak lama sejak era
bangsa visigoth kristen berkuasa di di kota toledo.
Dimana diantara tembok tersebut
terdapat gerbang kota sebagai pintu masuk. Dimana gerbang kota dijaga oleh
pengawal gerbang.
Joesoef syuaib menceritakan dalam karyanya bagaimana kota-kota di spanyolmemang banyak yang memiliki sistem pertahanan tembok.
Termasuk kota toledo. keberadaan
tembok tersebut tentu sebagai alat pertahanan yang paling ampuh dari serangan
musuh.
ketika dibawah pemerintahan bani
ummayah kedua. Masyarakat kota toledo beragam, bukan hanya orang-orang islam.
Masyarakat kristen, yahudi pun ada di kota
kuno tersebut. Dimana masyarakat kristen memainkan peran pemerintahan dalam
kota.
pemerintahan di kota tersebut bukan
hanya diisi oleh orang-orang islam. Orang kristen pun juga masuk dalam hirearki
pemerintahan kota.
selain orang-orang kristen,
masyarakat yahudi pun ada di kota tersebut. Diantaranya ada yang menjadi
pedagang dan pengusaha.
Tampaknya kaum yahudi di kota
tersebut ketika islam memimpin di tanah spanyol juga memainkan peranannya.
keberadaan orang-orang yahudi di
spanyol memang sejak lama. Bahkan sebelum islam eksis di andalusia , masyarakat
yahudi telah ada. Tetapi seperti yang disebutkan oleh larry gonick, masyarakat
yahudi di spanyol jumlahnya minoritas. Bahkan sering ditindas hak-haknya oleh
raja-raja bangsa visigoth yang beragama kristen.
faktor perbedaan agama adalah salah
satunya. Dimana pernah terjadi
pemberontakan yahudi di spanyol tetapi ditindas oleh raja-raja kristen
visigoth.
ketika islam datang dan menorehkan
kekuasaannya di tanah spanyol, masyarakat yahudi masih ada.
Termasuk di kota toledo. selain masyarakat islam, kristen, masyarakat
yahudi pun juga terdapat di kota kuno ini.
Saat islam memimpin di toledo,
penduduknya heterogen. Kaum dzimmi, atau masyarakat non muslim seperti orang
yahudi dan nasrani juga menjadi penghuni tetap bagi kota ini.
Selain itu, kota toledo juga di sebut
sebagai "kota seni". Keberadaan seniman muslim tempo dulu dulu eksis
di kota ini.
Seniman-seniman muslim asal kota
Toledo disebut sebagai "seniman Mujedar".
Contoh kongkrit, bagaimana seniman
mujedar atau seniman muslim dari kota Toledo menjadi ujung tombak dari
pembangunan istana benteng Aljaferia di kota Saragossa.
Istana benteng milik kabilah bani hud
yang penuh ukiran, hiasan, ornamen didalamnya merupakan hasil cipta dari para
seniman muslim dari kota Toledo.
Para seniman mujedar itulah yang
berpartipasi dalam pembuatan arsitektur islam di istana benteng di kota
saragossa.
Keberadaan para seniman muslim asal
kota Toledo yang di sebut seniman Mujedar membuat kota Toledo pun dijuluki
sebagai kota seni pada zamannya.
menurut beberapa sumber, kota toledo
pada akhirnya jatuh dan direbut oleh
tentara kristen tahun 1118 masehi. Gerakan reconquista kristen membuahkan
hasil.
Pertempuran antara penguasa islam
ummayah dan raja-raja kristen terjadi berabad-abad lamanya hingga salah satu
kota, yakni Toledo direbut oleh tentara kristen.
perang yang terjadi antara pihak
muslim dengan kerajaan kristen asturias, leon, galicia serta castille
berlangsung selama berabad-abad lamanya.
Tidak jarang selama perang, kerajaan-kerajaan
kristen terpaksa menyerah pada pihak muslim dan melakukan perjanjian damai.
tetapi ketika muslim terpecah belah
pada abad ke 11 gerakan kristen semakin menguat dan menyerang wilayah muslim di
selatan spanyol hingga beberapa kota direbut kembali oleh kristen. termasuk
kota Toledo yang direbut tahun 1118 masehi.
setelah hampir 4 abad lamanya kota tersebut dibawah penguasa-penguasa
muslim.hingga tahun 1118 masehi, kota toledo pun diambil alih oleh kristen.
tetapi sisa-sisa peninggalan bangsa
moors muslim pun masih terlihat jelas di kota toledo, arsitektur masa silam,
desain dan sisa-sisa peninggalan muslim masih terlihat di kota yang berada
dekat dengan ibukota negeri matador tersebut.
bangunan mezquita christo de la luz
dan alfonso IV gate hanyalah satu diantara jejak peninggalan peradaban islam di
kota toledo.
Itu menandakan kota toledo kaya akan sejarah
masa silam, baik kisah-kisah-kisah sejarah islam pada masa klasik hingga sejarah kristen abad pertengahan di
kota tersebut.
Salah satu sudut di taman Al hambra
"Jejak islam di kota Toledo,
kota tiga agama"
banyak sumber yang menyebutkan,
Toledo dibawah pemerintahan islam merupakan kota "tiga agama". Karena
masyarakatnya beragam dalam segi agama. Yakni masyarakat islam, kristen, yahudi
menjadi penghuni tetap kota tersebut.
Toledo merupakan kota yang telah
muncul ribuan tahun lalu. Islam pun pernah menorehkan kekuasaannya pada kota
ini.
Sebut saja kerajaan bani ummayah I,
kerajaan bani ummayah II, pemerintahan mulk al thawaif, dinasti murabithun
serta muwahidun. Selama hampir 400 tahun, islam pernah menjadi tuan rumah di
kota kuno toledo.
Dibawah pemerintah islam, yakni
kerajaan islam bani ummayah I. Seperti yang tertulis dalam buku
"historian's history of the world", bahwa kota toledo merupakan
penghasil pedang. Pedang dan senjata berkualitas dihasilkan di tempat ini.
kota lainnya seperti cordoba
merupakan kota penghasil permadani. Kota cadiz, valencia dan carthagena
merupakan kota pelabuhan yang ramai. Sedangkan kota xativa merupakan penghasil
kertas.
masing-masing wilayah di spanyol
sejak dahulu merupakan penghasil barang tertentu. Seperti di sevilla yang
banyak membuahkan minyak zaitun karena disekitar kota sevilla terdapat
perkebunan zaitun yang luas.
kota toledo juga dikelilingi sistem
pertahanan tembok. Keberadaan tembok tersebut mungkin sejak lama sejak era
bangsa visigoth kristen berkuasa di di kota toledo.
Dimana diantara tembok tersebut
terdapat gerbang kota sebagai pintu masuk. Dimana gerbang kota dijaga oleh
pengawal gerbang.
Joesoef syuaib menceritakan dalam
karyanya bagaimana kota-kota di spanyol memang
"Jejak islam di kota Toledo,
kota tiga agama"
banyak sumber yang menyebutkan,
Toledo dibawah pemerintahan islam merupakan kota "tiga agama". Karena
masyarakatnya beragam dalam segi agama. Yakni masyarakat islam, kristen, yahudi
menjadi penghuni tetap kota tersebut.
Toledo merupakan kota yang telah
muncul ribuan tahun lalu. Islam pun pernah menorehkan kekuasaannya pada kota
ini.
Sebut saja kerajaan bani ummayah I,
kerajaan bani ummayah II, pemerintahan mulk al thawaif, dinasti murabithun
serta muwahidun. Selama hampir 400 tahun, islam pernah menjadi tuan rumah di
kota kuno toledo.
Dibawah pemerintah islam, yakni
kerajaan islam bani ummayah I. Seperti yang tertulis dalam buku
"historian's history of the world", bahwa kota toledo merupakan
penghasil pedang. Pedang dan senjata berkualitas dihasilkan di tempat ini.
kota lainnya seperti cordoba
merupakan kota penghasil permadani. Kota cadiz, valencia dan carthagena
merupakan kota pelabuhan yang ramai. Sedangkan kota xativa merupakan penghasil
kertas.
masing-masing wilayah di spanyol
sejak dahulu merupakan penghasil barang tertentu. Seperti di sevilla yang
banyak membuahkan minyak zaitun karena disekitar kota sevilla terdapat
perkebunan zaitun yang luas.
kota toledo juga dikelilingi sistem
pertahanan tembok. Keberadaan tembok tersebut mungkin sejak lama sejak era
bangsa visigoth kristen berkuasa di di kota toledo.
Dimana diantara tembok tersebut
terdapat gerbang kota sebagai pintu masuk. Dimana gerbang kota dijaga oleh
pengawal gerbang.
Joesoef syuaib menceritakan dalam
karyanya bagaimana kota-kota di spanyol memang
-
Toledo
dibawah pemerintahan islam bani ummayah II
Tahun
756 masehi, sejarah mencatat berdirinya kerajaan bani ummayah kedua dibawah
seorang keturunan suku quraisy bernama abdurrahman bin muawiyah bin hisyam bin
abdul malik bin marwan bin al hakkam.
abdurrahman
bin muawiyah atau yang bergelar abdurrahman ad dakhil adalah penguasa pertama
sekaligus pendiri bani ummayah kedua.
Tanda ungu : kota Toledo dibawah ummayah dynasty II (emirat Cordoba)
pada
masa abdurrahman ad dakhil memimpin, toledo adalah salah satu kota penting,
walaupun ibukota kerajaan serta pusat peradaban adalah di cordoba.
selain
itu kota toledo juga merupakan kota benteng yang kuat. Karena seperti yang
dituliskan oleh Joesoef Syuaib, disekeliling kota itu terdapat tembok yang
menjaga kota. Di sisi-sisi tembok kota terdapat gerbang kota yang dijaga tentara.
pemberontakan
pada era emir hakkam I di Toledo
Pada
masa pemerintahan penguasa ketiga bani ummayah, yakni emir hakkam terjadi
pemberontakan di kota toledo yang berujung pada pembantaian.
Pembantaian
di kota toledo bermula dari upaya orang-orang non muslim yang merencanakan
kudeta terhadap emir hakkam sebagai penguasa.
Masyarakat
yahudi yang berada di kota tersebut dan masyarakat nasrani bertindak menyogok
pemimpin islam di kota itu untuk memberontak.
Masyarakat
kristen, yahudi dan islam di toledo menyatakan tidak terikat dengan kekuasaan
pusat di cordoba serta tidak mengakui pemerintahan bani ummayah.
maka
emir hakkam memerintahkan tentaranya dibawah panglima amru bin yusuf untuk merebut
kota toledo kembali.
Pasukan dari kerajaan bani ummayah mengepung
kota tersebut dan mampu mengambil alih kota toledo kembali.
tetapi
tampaknya terjadi pembunuhan massal yang dilakukan oleh pihak tentara pusat
yang menyebabkan dendam di kemudian hari.
beberapa
tahun setelahnya, terjadi lagi pemberontakan di kota toledo.
pada
pemberontakan ini, masyarakat kota toledo sengaja meminta bantuan pada raja
kristen asturias leon, yakni alfonso II.
Hingga
ketika tentara kristen mengepung kota toledo, penduduk kota sengaja membuka
gerbang dan membiarkan tentara alfonso II masuk ke dalam tembok kota.
Masyarakat kota toledo yang memberontak
melakukan kerja sama dengan raja kristen, alfonso II
Timbul
pemberontakan yang lebih besar dari sebelumnya di kota toledo hingga perlu
bertahun-tahun bagi pihak bani ummayah II untuk merebut kota tersebut kembali.
pada
masa penguasa keempat bani ummayah, yakni abdurrahman II, terjadi kembali
pemberontakan di kota toledo.
Untuk
meredam pemberontakan, amir Abdurrahman II sebagai penguasa menerapkan taktik
pengepungan jangka panjang. Seperti yang ditulis dalam buku "sejarah islam
di andalusia" yang ditulis joesoef syuaib.
Pengepungan
jangka panjang yang dilakukan pihak bani ummayah terhadap kota toledo
berhasil, walaupun memakan waktu
bertahun-tahun lamanya.
Seperti
Karen amstrong dalam bukunya "sejarah Tuhan" meneliti bahwa sejak
lama Kota Toledo memang banyak dihuni oleh orang-orang Yahudi.
Keberadaan
orang Yahudi itu bahkan sejak sebelum Islam Ada di daratan spanyol-portugal
(Andalusia), yakni orang-orang Yahudi banyak menghuni Kota Toledo sejak Kota
tersebut menjadi bagian dari kerajaan Visigoth.
tetapi sisa-sisa peninggalan bangsa
moors muslim pun masih terlihat jelas di kota toledo, arsitektur masa silam,
desain dan sisa-sisa peninggalan muslim masih terlihat di kota yang berada
dekat dengan ibukota negeri matador tersebut.
bangunan mezquita christo de la luz
dan alfonso IV gate hanyalah satu diantara jejak peninggalan peradaban islam di
kota toledo.
Itu menandakan kota toledo kaya akan
sejarah masa silam, baik kisah-kisah-kisah sejarah islam hingga sejarah kristen
abad pertengahan di kota tersebut.
Toledo dibawah pemerintahan islam :
Antara tahun 711-756 :
Toledo dibawah pemerintahan bani
Ummayah I yang berpusat di Damaskus. Toledo adalah salah satu kota yang berada
di bawah pemerintahan Al Wali atau gubernur muslim. dimana para Gubernur muslim
di andalusia menjadi bawahan bagi para Khalifah bani Ummayah di damaskus.
Antara tahun 756- 1031 :
Toledo menjadi bagian dari
pemerintahan bani ummayah II. Toledo adalah salah satu kota penting penghasil
senjata-senjata seperti pedang
Antara tahun 1031-1086
Toledo dibawah pemerintahan raja-raja
kecil (muluk Al Thawaif). raja-raja itu
atau emir berkuasa hanya berkuasa sebesar wilayah kota saja.
Sumber :
sejarah daulah ummayah di andalusia,
joesoef syu'aib
historian of history in the world
seratus muslim terkemuka, jamil ahmad
History of arabs, phlilip k. Hitti.
Toledo
dibawah pemerintahan islam bani ummayah II
Tahun
756 masehi, sejarah mencatat berdirinya kerajaan bani ummayah kedua dibawah
seorang keturunan suku quraisy bernama abdurrahman bin muawiyah bin hisyam bin
abdul malik bin marwan bin al hakkam.
abdurrahman
bin muawiyah atau yang bergelar abdurrahman ad dakhil adalah penguasa pertama
sekaligus pendiri bani ummayah kedua.
pada
masa abdurrahman ad dakhil memimpin, toledo adalah salah satu kota penting,
walaupun ibukota kerajaan serta pusat peradaban adalah di cordoba.
selain
itu kota toledo juga merupakan kota benteng yang kuat. Karena seperti yang
dituliskan oleh Joesoef Syuaib, disekeliling kota itu terdapat tembok yang
menjaga kota. Di sisi-sisi tembok kota terdapat gerbang kota yang dijaga tentara.
pemberontakan
pada era emir hakkam I di Toledo
Pada
masa pemerintahan penguasa ketiga bani ummayah, yakni emir hakkam terjadi
pemberontakan di kota toledo yang berujung pada pembantaian.
Pembantaian
di kota toledo bermula dari upaya orang-orang non muslim yang merencanakan
kudeta terhadap emir hakkam sebagai penguasa.
Masyarakat
yahudi yang berada di kota tersebut dan masyarakat nasrani bertindak menyogok
pemimpin islam di kota itu untuk memberontak.
Masyarakat
kristen, yahudi dan islam di toledo menyatakan tidak terikat dengan kekuasaan
pusat di cordoba serta tidak mengakui pemerintahan bani ummayah.
maka
emir hakkam memerintahkan tentaranya dibawah panglima amru bin yusuf untuk merebut
kota toledo kembali.
Pasukan dari kerajaan bani ummayah mengepung
kota tersebut dan mampu mengambil alih kota toledo kembali.
tetapi
tampaknya terjadi pembunuhan massal yang dilakukan oleh pihak tentara pusat
yang menyebabkan dendam di kemudian hari.
beberapa
tahun setelahnya, terjadi lagi pemberontakan di kota toledo.
pada
pemberontakan ini, masyarakat kota toledo sengaja meminta bantuan pada raja
kristen asturias leon, yakni alfonso II.
Hingga
ketika tentara kristen mengepung kota toledo, penduduk kota sengaja membuka
gerbang dan membiarkan tentara alfonso II masuk ke dalam tembok kota.
Masyarakat kota toledo yang memberontak
melakukan kerja sama dengan raja kristen, alfonso II
Timbul
pemberontakan yang lebih besar dari sebelumnya di kota toledo hingga perlu
bertahun-tahun bagi pihak bani ummayah II untuk merebut kota tersebut kembali.
pada
masa penguasa keempat bani ummayah, yakni abdurrahman II, terjadi kembali
pemberontakan di kota toledo.
Untuk
meredam pemberontakan, amir Abdurrahman II sebagai penguasa menerapkan taktik
pengepungan jangka panjang. Seperti yang ditulis dalam buku "sejarah islam
di andalusia" yang ditulis joesoef syuaib.
Pengepungan
jangka panjang yang dilakukan pihak bani ummayah terhadap kota toledo
berhasil, walaupun memakan waktu
bertahun-tahun lamanya.
Seperti
Karen amstrong dalam bukunya "sejarah Tuhan" meneliti bahwa sejak
lama Kota Toledo memang banyak dihuni oleh orang-orang Yahudi.
Keberadaan
orang Yahudi itu bahkan sejak sebelum Islam Ada di daratan spanyol-portugal
(Andalusia), yakni orang-orang Yahudi banyak menghuni Kota Toledo sejak Kota
tersebut menjadi bagian dari kerajaan Visigoth.
tetapi sisa-sisa peninggalan bangsa
moors muslim pun masih terlihat jelas di kota toledo, arsitektur masa silam,
desain dan sisa-sisa peninggalan muslim masih terlihat di kota yang berada
dekat dengan ibukota negeri matador tersebut.
bangunan mezquita christo de la luz
dan alfonso IV gate hanyalah satu diantara jejak peninggalan peradaban islam di
kota toledo.
Itu menandakan kota toledo kaya akan
sejarah masa silam, baik kisah-kisah-kisah sejarah islam hingga sejarah kristen
abad pertengahan di kota tersebut.
Toledo dibawah pemerintahan islam :
Antara tahun 711-756 :
Toledo dibawah pemerintahan bani
Ummayah I yang berpusat di Damaskus. Toledo adalah salah satu kota yang berada
di bawah pemerintahan Al Wali atau gubernur muslim. dimana para Gubernur muslim
di andalusia menjadi bawahan bagi para Khalifah bani Ummayah di damaskus.
Antara tahun 756- 1031 :
Toledo menjadi bagian dari
pemerintahan bani ummayah II. Toledo adalah salah satu kota penting penghasil
senjata-senjata seperti pedang
Antara tahun 1031-1086
Toledo dibawah pemerintahan raja-raja
kecil (muluk Al Thawaif). raja-raja itu
atau emir berkuasa hanya berkuasa sebesar wilayah kota saja.
Sumber :
sejarah daulah ummayah di andalusia,
joesoef syu'aib
historian of history in the world
seratus muslim terkemuka, jamil ahmad
History of arabs, phlilip k. Hitti.
Baca artikel lainnya
BalasHapus