Kisah penyaliban para ulama islam oleh penguasa muslim
Sejak abad ke 8
Kekuasaan bani ummayah di spanyol dengan teritorial hampir dua pertiga wilayah
spanyol portugal.
Pemerintahan bani ummayah didirikan oleh seorang keturunan quraisy bernama Abdurrahman bin muawiyah atau yang bergelar abdurrahman ad dakhil.
Ia seorang
pelarian dari timur tengah setelah terjadinya perang besar antara bani ummayah
dengan bani abbasiyah yang berakhir dengan runtuhnya bani ummayah tahun 750
masehi.
Abdurrahman ad
dakhil berhasil menghindar kejaran orang-orang bani abbasiyah setelah hidup
secara incognito berpindah-pindah dari satu kota ke kota lainnya.
Ia pernah hidup
menyamar di tengah suku badui di tanah arabia, pernah juga hidup ditengah gurun
dan di bukit-bukit tandus melewati jalan yang panjang.
hingga sebuah
taqdir mempersilahkannya mendirikan kerajaan islam di bumi spanyol portugal
atau yang disebut dengan andalusia.
Lewat intrik
politik yang dibangunnya bersama orang-orang arab yamani sehingga memperoleh
dukungan dari gubernur muslim dari kota sevilla, gubernur kota sidonia serta moror de la
fronterr.
hingga akhirnya ia menjadi penguasa tandingan bagi gubernur
yusuf bin abdurrahman al fihri yang memihak bani abbasiyah
Setelah
pertempuran besar melawan yusuf abdurrahman dan memperoleh kemenangan di kota
cordoba dan toledo praktis posisi abdurrahman ad dakhil tak tergoyahkan menjadi
orang nomor satu di bumi andalusia.
Hingga pada tahun
756 berdiri pemerintahan ummayah di daratan spanyol dan portugal (andalusia),
di berbagai literatur kerajaan ini disebut juga :
-Daulah bani
ummayah II
-Ummayah barat
-ummayah spanyol
-ummayah andalusia
-emirat cordoba
-emirato de Cordoba
-bani ummawiyah II,
-kekhalifahan Cordoba (sejak 912 masehi)
-ummayad dinasty II
-Caliphate of Cordoba ( sejak 912 M)
-khilafah Al Ummayah (Sejak 912)
Penguasa ketiga
pemerintahan ummayah spanyol
Kisah bermula pada
penguasa ketiga bani ummayah spanyol, yakni emir Hakkam.
Setelah
abdurrahman ad dakhil wafat ia digantikan oleh puteranya yang bernama emir
hisyam dan berlanjut hingga penguasa ketiga, bernama emir Hakkam
Adalah emir hakkam
yang dinilai tidak seperti pendahulunya. Sebagai penguasa ia tidak dekat dengan
para Alim ulama dan mengesampingkan peranan dari ulama muslim di Andalusia.
Karakteristik pemerintahan Emir hakkam
Berbagai
penyimpangan dilakukannya, yang menghabiskan dana rakyat dan cenderung hidup
secara hedonisme yang membuat masyarakat islam di Tanah andalusia kecewa.
Undangan kepada
bangsawan muslim , pesta besar, pesta pora sering diadakannya, seorang penguasa muslim yang gemar hidup royal dan berfoya-foya.
di sisi lain krajaan-kerajaan kristen tengah mengerogoti wilayah-wilayah muslim di utara.
Ancaman dari
kerajaan kristen dari utara seperti kerajaan leon asturia, kerajaan frank
prancis membuat penderitaan bagi masyarakat muslim.
Berbagai serangan
dari pihak kristen salibis membuat jatuhnya kota-kota di sepanjang sungai
darro, wilayah castilla dan kota-kota di Aragon dan Catalunya.
Singkatnya
pemerintahan penguasa ketiga bani ummayah, ia dinilai oleh sebagian sejarahwan
muslim sebagai masa gelap karena berbagai penyimpangan yang dilakukannya.
Terutama bagi para
ulama muslim, mereka menilai pemerintahan islam yang dipegang oleh emir hakkam
telah melenceng dari ajaran islam
pemerintahannya cenderung bertangan besi dan diktator. banyak peristiwa pembunuhan-pembunuhan yang dilakukannya seperti pembunuhan yang dilakukan kepada para ulama islam dengan cara disalib tahun 806 Masehi.
emir hakkam sebagai penguasa lebih senang menghabiskan lawan-lawan politiknya dengan cara menyingkirkan atau menghancurkan dengan kekuatan militeristik.
seperti pernah terjadi pemberontakan di kota toledo, Emir hakkam sebagai penguasa langsung menyuruh mengerahkan pasukannya secara besar-besaran di bawah pimpinan panglima Amru.
dalam waktu singkat kota yang terpaut hanya ratusan kilometer dari kota madrid tersebut direbut oleh tentara dari pemerintahan pusat tetapi konon kabarnya terjadi pembantaian terhadap penduduk kota tersebut.
berbeda dengan puteranya Emir Abrurahman II yang lebih memilih cara-cara perdamaian dalam menyelesaikan konflik, Emir hakkam sebagai penguasa lebih memilih cara-cara perang dan pembunuhan terhadap lawan-lawan politiknya.
Contoh lainnya bagaimana peristiwa pembunuhan terhadap penduduk toledo tahun 806 masehi. para penduduk sengaja diundang dalam suatu pesta perayaan.
awal mulanya penduduk datang ke istana. tetapi sebenarnya itu adalah taktik dari emir hakkam untuk melaksanakan pembunuhan rahasia.
ketika para penduduk datang ke pesta, di lorong-lorong sempit di istana tersebut.sementara pesta tengah berjalan para penduduk disergap oleh pengawal dan dibunuh.
itu adalah taktik dari pemerintahan emir hakkam yang dendam kepada penguasa toledo yang acapkali melakukan pemberontakan.
Pertemuan-pertemuan
rahasia para ulama islam
melihat kehidupan pemimpin islam yang glamour, royal yang baanyaak kezaliman membuat para ulama muslim di andalusia naik darah.
Hingga setelah
bersepakat, para ulama ulama islam melakukan pertemuan rahasia guna
menggulingkan penguasa ketiga bani ummayah tersebut .
Pertemuan di
diadakan secara rahasia secara berkala dan di berbagai kota di andalusia.mereka
merencanakan makar untuk mengakhiri kekuasaan emir hakkam.
Hingga suatu
ketika pertemuan rahasia itu tercium oleh emir hakkam dan sampai ketelinganya.
Sebagai penguasa
awalnya ia bersikap anti serta tidak percaya mendengar berita tersebut. Ia
menganggap makar yang tengah dijalankan oleh ulama hanya sebagai kabar angin
belaka.
Namun atas usulan
dari pembesar kerajaan, ia melakukan penyamaran untuk menghadiri pertemuan yang
dijalankan oleh ulama tersebut.
Emir hakkam pun akhirnya melakukan penyamaran dapat melihat dengan mata kepala sendiri rencana makar pada dirinya.
Ia dapat menghadiri sendiri pertemuan-pertemuan rahasia yang dijalankan oleh ulama-ulama di andalusia.
Penyaliban para
ulama islam
Ketika melihat pertemuan rahasia tersebut, emir hakkam murka dan membubarkan pertemuan rahasia itu.
Sebagai penguasa
ia memerintahkan agar menjatuhi hukuman seberat-beratnya bagi para ulama yang
terlibat.
sebuah peristiwa yang tertuang dalam banyak literatur, Tercatat puluhan
ulama di berikan hukuman salib. Hukuman itu diberikan sebagai bentuk
penghinaan.
J. Syuaib menceritakan peristiwa itu terjadi pada tahun 806 masehi. puluhan ulama-ulama yang secara langsung terlibat dalam pertemuan-pertemuan rahasia itu dijatuhi hukuman salib.
mereka disalib di tengah Toledo atau Cordoba dan disaksikan secara langsung oleh penduduk. sebagai bentuk penghinaan yang dilakukan oleh penguasa ketiga ummayah karena emir hakkam menganggap mereka telah kafir.
sisanya, para ulama yang tidak terlibat secara langsung dijatuhi hukuman buang atau pengasingan.
Bukan hal biasa
karena sejatinya hukuman salib adalah hukuman yang dijalankan oleh bangsa kuno
seperti Romawi. Seperti halnya bangsa romawi pada zaman kaisar nero yang
menjatuhkan hukuman salib bagi para penganut kristiani.
hukuman salib adalah hukuman yang sadis yang biasa dilakukan bangsa-bangsa, konon kabarnya orang yaang dihukum mati dengan cara ini, seseorang mendapatkan rasa sakit antara hidup dan mati berhari-hari sebelum kematian menjemputnya.
karena itulah sejarahwan kerap menulis pemerintahan yang dijalankan oleh emir hakkam bukan masa kejayaan islam di spanyol, dan dipandang sebagai masa gelap pemerintahan islam di spanyol.
hidup royal, glamour, penuh pesta pora adalah gaaya hidup emir ketiga pemerintahan ummyah spanyol ini,
belum lagi peristiwa-peristiwa pembunuhan yang sering dilakukannya seperti pembunuhan tahun 806 masehi yang dilakukannya kepada penduduk kota Toledo.
fakta tentang hukuman salib
Hukuman salib merupakan hukuman yang biasa dilakukan oleh bangsa kuno, seperti bangsa persia romawi, dsb.
hukuman ini sangat bersifat sadistik karena orang yang dijatuhi hukuman salib, akan merasakan keadaan antara hidup dan mati sampai berhari-hari.
kaki dan tangannya di paku pada tiang dan dijemur secara terbuka. bila seseorang dibakar rasa sakitnya hanya beberapa menit. tetapi disalib rasa sakitnya dapat sampai berhari-hari.
bangsa romawi adalah bangsa yang sering memberikan ini kepada orang yang tertuduh pemberontak. contohnya setelah terjadi pemberontakan yahudi pertama tahun 66 terhadap romawi, banyak orang yahudi yang dijatuhi hukuman salib di dekat kota jerussalem.
atau peristiwa kebakaran kota roma tahun 66 masehi yang membuat roma hancur lebur. setelah itu penguasa Romawi menuduh orang-orang kristen pelakunya dan kaisar nero memberikan hukuman keji terhadap orang-orang kristen yakni hukuman salib.
tetapi hukuman salib itu malah diberikan oleh penguasa muslim terhadap para ulama islam di Andalusia.
Sebanyak puluhan ulama islam di salib dengan ditonton oleh masyarakat secara langsung dan sisanya di jatuhi hukuman buang atau pengasingan.
Sebuah hukuman yang sadis diberikan oleh penguasa muslim, hingga kini pun peristiwa tersebut masih tertuang dalam berbagai referensi dan literatur sejarah.
Daftar penguasa
ummayah II di andalusia
1. Abdurrahman I ad
dakhil (756-788 M)
2. Hisyam bin
Abdurrahman (788-797 M)
3. Emir Hakkam I
(797-822 M)
(Peristiwa penyaliban para ulama islam)
4.Abdurrahman II
(822-852 M)
5. Emir Muhammad I
(852-886 M)
6. Emir
mundzir (886-888 M)
7. emir Abdullah
(888-912 M)
8. Abdurrahman III
an nashir (912-960 M)
9. Khalifah Hakkam
II (960-975 M )
10. Khalifah
Hisyam II (975- 1013 M)
11. Masa
perpecahan disintegrasi (1010-1030 M)
Sumber Diambil
dari :
Sejarah islam di
spanyol
J. Syuaib
Rajawali dari
spanyol
T.B Irving
Buku sejarah
kartun peradaban
larry Gonick
BBC, when the
moors ruled in Europa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar