Sabtu, 02 November 2019

sejarah awal bangsa-bangsa di prancis pada zaman kuno

  





  sejarah awal bangsa-bangsa di prancis pada zaman kuno



























wilayah prancis sekarang ini terbentang antara pegunungan pyrenen di barat Hingga sungai rhein di timur.

 

 

 

 

wilayah tersebut pada zaman kuno banyak dihuni oleh suku-suku galia, (gaulois) yang menghuni tersebar di daratan tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

berdasarkan catatan kuno oleh diodora, Julius cesar, dsb. wilayah tersebut banyak dihuni oleh bangsa kelt, gaulois, belgia, aqutania, dsb.

 

 

 

 

 

 

sebelum bangsa franka berjaya Dan mendirikan dinasti-dinasti disana, bangsa kelt, gaulois banyak mengusai wilayah yang dikenal dengan nama Francis saat ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

kedatangan dan migrasi bangsa kelt

 

 

 

 

 

 

 

menurut apa yang ditulis oleh Jean Carpentier dalam buku sejarah prancis, bangsa kelt mendiami wilayah prancis sejak awal Abad ke 5 sebelum masehi (2500) Tahun lalu.

 

 

 

 

 

 

 

bangsa kelt sebenarnya bukan merupakan satu Ras yang sama, tetapi populasi yang memiliki ragam Bahasa yang mirip antara satu dengan yang lainnya.

 

 

 

 

 

 

bangsa kelt hidup nomaden, berpindah-pindah, Mereka hidup secara berkelompok-kelompok Dan kadang saling berperang satu Dan lainnya.

 

 

 

 






Julius Caesar, penguasa romawi
penakluk perancis










catatan Julius cesar tentang keadaan bangsa prancis pada Masa kuno.

 

 

 

Julius Cesar merupakan salah satu pemimpin bangsa romawi pada era truimvirat I, pada kurang lebih Tahun 63-53 masehi, romawi dipimpin oleh 3 orang, yaitu pompeius, crassus Dan Julius Caesar.

 

 

 

 

 

 

tulisan dari Julius Caesar itulah yang banyak menyebutkan tentang prancis Masa kuno, tentang keadaan bangsanya,

 

 

 

 

pada era triumvirate I, masing-masing berkuasa di bagian wilayah romawi. pompeius di timur romawi sedangkan Julius Caesar di barat romawi.

 

 

 

 

 

 

 

dari 3 penguasa romawi tersebut yang Paling mendominasi Pemerintahan romawi adalah Caesar Dan pompeius.

 

 

 

 

 

 

 

Julius Cesar bisa disebut sebagai"penakluk prancis" karena dialah yang Paling berjasa bagi romawi untuk menaklukan bangsa galia, kelt, gaulois.

 

 

 

 

 

 

dalam perang "the battle of Alesia" Tahun 53 SM, membuat daratan prancis menjadi jajahan romawi.

 

 

 

 

 

ketika banyak romawi berperang dengan bangsa galia, galouis (penghuni wilayah prancis kuno)

 

 

 

 

pemimpin romawi tersebut menuliskan catatan la Guerre gaulouis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

la Guerre de gaulouis (perang galouis) adalah catatan yang dibuat oleh Julius Caesar. yang mengisahkan tentang perang antara romawi dengan bangsa galouis.

 

 

 

 

 

catatan sejarah itu banyak diterjemahkan Dan banyak menjadi sumber penting bagi keadaan bangsa kuno di wilayah prancis.

 

 

 

 

catatan dari pemimpin romawi itulah yang menjadi sumber sejarah yang penting yang banyak dianalisis oleh sejarahwan Masa kini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

bangsa prancis kuno menurut Julius Caesar

 

 

 

 

 

 

 

 

menurut catatan dari penguasa romawi itu, daratan prancis Masa kuno dibagi menjadi 3 bangsa, yakni bangsa Aquitania yang banyak menghuni wilayah di selatan prancis .

 

selain itu Ada juga bangsa galouis Dan belgia.

 

 

 

 

 

 

 

bangsa aquitania Dan bangsa gaulois dipisahkan oleh sungai garonne. sedangkan bangsa galouis Dan bangsa belgia dipisahkan oleh sungai seinne.

 

 

 

 

 

 

 

suku kelt orang romawi mengenalnya dengan nama gaulois.  menurut catatan dari Julius Cesar tersebut yang Paling garang Dan liar adalah suku belgia. karena Mereka terpusah(terkucil) dari bangsa lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

selain itu bangsa belgica, (belgia) di prancis wilayahnya berbatasan dengan wilayah suku Germania (jermanik) sehingga sering berkonflik satu dengan yang lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

pandangan diodora, sejarahwan era kuno tentang bangsa penghuni wilayah prancis zaman kuno.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

menurut buku " sejarah prancis" , terdapat stereotip-strereotip atau pandangan negatif tentang bangsa penghuni wilayah prancis tersebut.

 

 

 

 

bahkan sejarahwan zaman kuno seperti diodora menyebutkan ciri fisik dari orang-orang dari bangsa galia, gaulois tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

"berbadan tinggi Dan besar, berkulit  Dan lembab, Tak berakal, ganas Dan liar..."

 

(dikutip dari buku sejarah prancis).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

berbagai pandangan negatif oleh sejarahwan zaman kuno diodora mengisahkan bahwa orang-orang penghuni bangsa prancis pada zaman kuno berbeda dengan orang romawi kebanyakan.

 

 

 

 

Sebenarnya orang-orang romawi Dan prancis sama-sama berkulit putih, mereka disebut bangsa kulit putih eropa, tetapi dalam hal ini Orang-orang romawi menganggap orang romawi berperadaban tinggi sedangkan orang romawi menganggap orang-orang dari bangsa galouis (prancis zaman kuno) berperadaban rendah, Barbara.

 

 

 

 

 

 

 

jika orang romawi berperadaban tinggi, Mereka (orang romawi) menyebut orang prancis pada zaman kuno sangat tinggi putih, ganas, Tak berakal Dan Barbar.

 

 

meskipun bangsa romawi sebenarnya bukan berasal dari satu Ras yang sama, tetapi gabungan dari unsur Dan banyak bangsa.

 

 

 

 

orang-orang romawi selalu beranggapan bahwa bangsa diluar Mereka memiliki kebudayaan yang lebih rendah dari pada peradaban bangsa romawi sendiri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

penaklukan daratan galia prancis oleh Romawi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

awal penaklukan bangsa romawi di tanah galia prancis dimulai Tahun 154 sebelum masehi, dimana intervensi romawi dimulai ketika tentara romawi membantu Marseille dalam melawan bangsa kelt (gaulouis).

 

 

 

 

 

saat itu Marseille merupakan Kota pelabuhan penting di tepi Laut tengah Dan bangsa kelt menyerang sehingga Marseille meminta bantuan Roma dalam menghadapi bangsa kelt.

 

 

 

 

 

 

dalam pertempuran pihak Roma mampu mengalahkan bangsa kelt yang menjadi ancaman bagi Marseille.

 

 

 

 

 

 

secara bertahap sepanjang Abad ke 2 SM, romawi terus melakukan intervensi terhadap wilayah galia prancis seperti penaklukan suku averne Tahun 122 SM, Dan rajanya beautit menyerah.

 

 

 

 

 

 

 

 kemudian romawi membangun Kota Narbonne di selatan perancis.

 

 

 

 

 

 

Kota tersebut menjadi Kota penting romawi di perancis yang menghubungkan roma,-narbonne Hingga kota-kota jajahan romawi di daratan spanyol.

 

 

 

 

 

.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

penaklukan besar-besaran Roma terhadap galia prancis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

pada era triumvirate I, romawi Makin menancapkan pengaruhnya di eropa, dengan dipimpin oleh 3 penguasa, pompeius, crassus Dan Julius caesar. dengan kekuatan tentara yang tergabung dalam legiun Dan batalion romawi menaklukan banyak wilayah.

 

 

 

 

 

 

 

 

dari 3 orang konsul itu yang Paling berpengaruh adalah pompeius Dan Caesar. pompeius memimpin banyak legiun di wilayah timur Dan Caesar memimpin legiun romawi Dan berkuasa di wilayah barat romawi.

 

 

 

 

 

 

 

pompeius menaklukan Syria (suriah) Tahun 64 masehi Dan mendirikan eastern Roman provenance (propinsi romawi wilayah timur). Hingga penaklukan jerussalem.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sedangkan Julius Caesar Dan crassus banyak menaklukan di wilayah galia prancis. penaklukan besar-besaran romawi banyak terjadi sekitar Tahun 57-53 SM. dalam beberapa Tahun romawi menunjukan progresnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

seperti penaklukan suku reims, penakulkan suku soisons, penaklukan suku amiens dsb,  antara Tahun 57 -53 SM atau sekitar 2000 Tahun lalu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

crasuss tokoh yang berjasa besar dalam menaklukan bangsa galia (aquitania) di prancis selatan.

 

 

 

 

 

dengan takluknya suku-suku bangsa di prancis, seperti reims, aquitania, soisons, amiens, averne, Dsb, Hingga pada akhirnya sebagian besar daratan perancis jatuh ke tangan bangsa Roma.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

battle of Alesia, kemenangan Dan penjajahan bangsa roma di tanah prancis

 

 

 

 

 

 

 

 

Tetapi akhirnya timbul pemberontakan suku-suku gaul prancis. Suku-suku di prancis atau suku-suku gaul mereka saling beraliansi dengan dipimpin vercingentorix.

 

 

 

 

Suku di wilayah gaul menganggap romawi adalah penjajah yang merampas tanah mereka. suku-suku prancis menyerang legiun romawi di gaul dan julius caesar kehilangan banyak tentara bawahannya.

 

 

 

Dalam menghadapi suku-suku prancis romawi menerapkan sistem pertahanan contrevalation atau circumvalation. yaitu dengan membangun tembok pertahanan sepanjang belasan kilometer yang dibangun dalam kurun waktu 3 minggu. tembok pertahanan itu mengelilingi kota.

 

 

 

 

 

 

Selain itu,  didepan sistem pertahanan tembok juga terdapat parit-parit untuk menghambat pergerakan musuh. Parit tersebut terdiri dari 2 bagian sekitar 1,5 meter lebarnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

romawi memenangkan perang tersebut dengan sistem pertahanan parit dan tembok . perang "the battle of Alesia" tahun 52 Masehi berakhir dengan menyerahnya suku-suku di perancis. dan sebagai simbol menyerahnya suku-suku gaul,

 

 

 

 

vercingentorix pemimpin perlawanan menyerahkan senjatanya di hadapan julius caesar. setelah itu romawi berkuasa secara penuh atas wilayah gaul prancis.

 

 

 

 

 

 

 

 

periodesasi sejarah romawi :

 

 

 

 

63-53 SM -----Era Triumvirat I

                        (Cesar, pompeius, crasuss)

 

 

 

 

63 SM.     ---- romawi menaklukan

                      Jerussalem

                

 

 

 

53.  SM    ----kematian crasus

                      Akhir era Triumvirat I

                     Di romawi

 

 

 

53. SM.  --- romawi menaklukan

                    Perancis (battle of alesia)

 

 

 

 

45 SM. -----perang dyarhacium

                    Julius Caesar lawan pompeius

 

 

44 SM   ---kematian Julius Caesar

 

 

43-31 SM ---era Triumvirat II

 

 

31 SM------pertempuran Actium

                  akhir Triumvirat II

 

 

27 SM .   ----agustus Naik menjadi.

                     Kaisar Romawi

 

 

 

27 SM . --  herodes agung diangkat

                    Sebagai raja yahudi

 

 

 

4 M.      --- yahudi dibawah

                   Gubernur Romawi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Diambil dari  :

 

 

 

 

 

sejarah prancis .

 

Jean Carpentier

 

 

 

 

 

 

 

sejarah Eropa

 

universitas terbuka

 

 

 

 

 

sejarah kartun peradaban

 

Larry gonick

 

 

 

 

 

sejarah gelap para kaisar Roma

 

Michael keringan

 

 

 

 

 






2 komentar: