Sekte Arius, sekte unitarian dalam kristen yang mengakui satu Tuhan
Pada
dasarnya ajaran kristen itu mengakui konsep trinitas, yakni mengakui adanya
tuhan bapak, tuhan anak dan ruhul qudus.
Konsep
trinitas ajaran kristen diadopsi oleh berbagai aliran dalam ajaran kristen
seperti kristen katolik.
Tetapi
dalam aliran tertentu dalam ajaran kristen, terdapat sebuah kepercayaan
yang hanya mengakui 1 tuhan, dimana mereka tidak mengakui trinitas sebagai
sebuah kebenaran.
aliran
kristen semacam itu dinamakan dengan sekte "unitarian".
Pada
awal abad masehi, sekte unitarian bermunculan seiring dengan penyebaran ajaran
kristen di benua biru.
pada awal penyebarannya ajaran kristen sempat tertodi Eropa, karena
sebagian wilayah Eropa masih bersifat paganisme dan mythologi.
baru
sekitar Abad ke 4 kristen mulai menanamkan pengaruhnya di Eropa dengan masuknya
ajaran kristiani ke kalangan bangsa Romawi terutama sejak era Konstantinus
Agung.
diantara ajaran Kristiani itu ada yang mengakui trinitas sebagai kebenaran
ilahiah. tetapi sebagian lagi menolak trinitas dan hanya mengakui 1 tuhan.
Mengenai trinitas secara resmi baru diakui pada tahun 381 yakni konsili
konstatinople, yakni ketika dilaksanakannya konsili di nicea yang dihadiri
banyak umat kristiani dan sekte-sektenya.
---------Konsili
nicea tahun 325, perdebatan tentang Sifat kristus-------
Pada
tahun 325 masehi dilakukan pertemuan antara pembesar serta berbagai aliran
kristen yang dilaksanakan di nicea. Pertemuan itu dinamakan
"konsili".
Nampaknya
ada perdebatan antara sekte unitarian dengan sekte kristen yang mengakui konsep
trinitas.
Hingga
dalam perdebatan tersebut secara resmi konsili tersebut mengakui keabsahan
tentang kristus sebagai "anak tuhan".
Konsep
trinitas dalam ajaran kristen makin diterima pada waktu konsili
konstatinople tahun 381 masehi.
yakni
konsili diantara umat kristiani sendiri yang dilakukan di kota konstatinople .
Secara resmi konsili tersebut mengakui otoritas kebenaran dari trinitas.
Dalam
dunia kristen terdapat pertemuan antar sekte-sekte atau aliran kristen yang
dilaksanakan sejak lama yang disebut "konsili".
Konsili
pertama kali dilaksanakan sejak tahun 325 masehi atau sejak 1700 tahun lalu.
Pada
dasarnya ajaran kristen itu mengakui konsep trinitas, yakni mengakui adanya
tuhan bapak, tuhan anak dan ruhul qudus.
Konsep
trinitas ajaran kristen diadopsi oleh berbagai aliran dalam ajaran kristen
seperti kristen katolik.
Tetapi
dalam aliran tertentu dalam ajaran kristen, terdapat sebuah kepercayaan
yang hanya mengakui 1 tuhan, dimana mereka tidak mengakui trinitas sebagai
sebuah kebenaran.
aliran
kristen semacam itu dinamakan dengan sekte "unitarian".
Pada
awal abad masehi, sekte unitarian bermunculan seiring dengan penyebaran ajaran
kristen di benua biru.
pada awal penyebarannya ajaran kristen sempat tertodi Eropa, karena sebagian wilayah Eropa masih bersifat paganisme dan mythologi.
baru
sekitar Abad ke 4 kristen mulai menanamkan pengaruhnya di Eropa dengan masuknya
ajaran kristiani ke kalangan bangsa Romawi terutama sejak era Konstantinus
Agung.
diantara ajaran Kristiani itu ada yang mengakui trinitas sebagai kebenaran ilahiah. tetapi sebagian lagi menolak trinitas dan hanya mengakui 1 tuhan.
Mengenai trinitas secara resmi baru diakui pada tahun 381 yakni konsili konstatinople, yakni ketika dilaksanakannya konsili di nicea yang dihadiri banyak umat kristiani dan sekte-sektenya.
---------Konsili
nicea tahun 325, perdebatan tentang Sifat kristus-------
Pada
tahun 325 masehi dilakukan pertemuan antara pembesar serta berbagai aliran
kristen yang dilaksanakan di nicea. Pertemuan itu dinamakan
"konsili".
Nampaknya
ada perdebatan antara sekte unitarian dengan sekte kristen yang mengakui konsep
trinitas.
Hingga
dalam perdebatan tersebut secara resmi konsili tersebut mengakui keabsahan
tentang kristus sebagai "anak tuhan".
Konsep
trinitas dalam ajaran kristen makin diterima pada waktu konsili
konstatinople tahun 381 masehi.
yakni
konsili diantara umat kristiani sendiri yang dilakukan di kota konstatinople .
Secara resmi konsili tersebut mengakui otoritas kebenaran dari trinitas.
Dalam
dunia kristen terdapat pertemuan antar sekte-sekte atau aliran kristen yang
dilaksanakan sejak lama yang disebut "konsili".
Konsili
pertama kali dilaksanakan sejak tahun 325 masehi atau sejak 1700 tahun lalu.
Ketika terjadi Konsili nicea yang terjadi tahun 325 tersebut
anggapan sekte pengikut arius, tidak diterima oleh konsili
tersebut.
Begitu
pula ketika terjadi konsili konstatinople yang dilakukan pada zaman Theodosius
agung tahun 381. Pendapat sekte unitarian macam arius juga tidak diterima dalam
konsili.
Padahal
pada masa itu Di dalam dunia kristen pada masa itu terdapat sekte-sekte
unitarian, yakni tidak mengakui otoritas kristus sebagai tuhan.
Kristus
dipandang memiliki kedudukan yang lebih rendah dari tuhan. Kedudukannya tidak
sejajar dengan tuhan. Diantara sekte yang berpendapat seperti itu adalah arius
dan pengikutnya.
Jadi
sejak lama dalam dunia kristen tidak semua sekte atau aliran menganggap konsep
trinitas sebagai sesuatu yang benar.
Konsep
trinitas baru benar-benar diterima oleh dunia kristen setelah terjadi konsili
konstatinople tahun 381 pada masa kaisar theodosius I berkuasa.
Jauh
Sebelum konsili tersebut ada tampaknya terdapat sekte unitarian atau sekte
kristen yang mengakui 1 tuhan saja.
Seperti
arius dan pengikutnya yang menganggap tuhan hanya 1 , tidak ada tuhan anak
serta ruhul qudus.
sekte
unitarian seperti arius pendapatnya tidak diterima dalam konsili tersebut.
Hingga secara resmi konsili yang dilaksanakan di nicea mengesahkan bahwa
kristus berkedudukan setara dengan tuhan. Konsili nicea tahun 325 juga mengakui
keberadaan tuhan "anak".
Arius
atau Arius dari Alexandria (250-336) adalah seorang tokoh Kristen yang hidup
pada akhir abad ke-3 sampai awal abad ke-4, di Alexandria (Iskandariah), Mesir
pada masa pemerintahan Kaisar Konstantinus Agung.
Arius
menolak ajaran mengenai keilahian Kristus dengan pandangan bahwa Kristus
hanyalah ciptaan Allah dan bukan Allah.
Pandangannya
ini kemudian memengaruhi munculnya sebuah gerakan yang disebut Arianisme.
Pemikiran
Arius mengenai keilahian Kristus kemudian ditolak dalam Konsili Nicea dan ia
dikucilkan dari gereja.
kristen di Eropa pada era konstantin
Pada era
pemerintahannya kaisar konstantin mengeluarkan undang-undang yang disebut
sebagai "edictus milano" sekitar tahun 313 masehi yang membawa
keselamatan bagi umat kristiani.
Dengan
adanya undang-undang tersebut, keselamatan penganut kristen terjamin, hak
mereka diberikan serta kebebasan beragama mulai mulai dijalankan.
Karena jasa
dari kaisar konstantinus agung itulah ajaran kristen semakin menyebar di eropa
dan mulai dianut oleh masyarakat eropa.
Pada masa Konstantin Agung inilah ajaran Kristen mulai menyebar di Eropa.
Orang-orang Kristen mulai membuat perkumpulan yang disebut gereja.
Hingga pada nantinya muncul skema pemerintahan agama dimana Kepala Gereja
dikenal dengan nama Presbyter.
Kristen
menyebar di wilayah romawi pada masa pemerintahan kaisar kosntantinus Agung.
Kaisar tersebut.Karena itulah nama Konstantin diagung-agungkan di dunia
Kristen.
Banyak Kaisar-kaisar di Eropa yang memakai Konstantin sebagai gelar.
Pada masa Konstantin agung ajaran Kristen mulai menyebar di wilayah Romawi.
Kaisar Konstantin juga masuk agama ini. Walaupun banyak yang
berpendapat ia dibabtis seblum kematiannya.
Hingga pada akhirnya terjadi skema pemerintahan agama. Dikenal jabatan
Presbyter atau kepala Gereja.
Presbyter mempunyai atasan yang disebut Episcopal. Pada era
konstantin agung dikenal sekte-sekte unitarian seperti Arius, selain itu juga
terdapat sekte-sekte lainnya seperti anhomoian, macedonian, homoiuosian, dsb.
terjadi pertentangan di dalam tubuh umat kristiani.
Terutama tokoh yang bernama Athanasius berupaya menentang
keberadaan sekte-sekte tersebut.
bagi athanasius keberadaan sekte unitarian (yang mengakui 1 tuhan ), itu
dianggap merusak ajaran murni kristiani hingga dalam konsili-konsili,
athanasius dan pengikutnya berupaya menekan pengaruh arius dan arianisme.
Pada abad ke 4 masehi ditandai dengan munculnya skema pemerintahan atas agama,
Episcopal mempunyai atasan lagi yang disebut Patriach.
Ada empat orang patriarch yang berkuasa yaitu patriarch wilayah
konstatinople.
Patriach Roma.
Patriach antiokia di asia kecil dan patriarch Alexandria di Mesir. Patriach
menjadi atasan bagi para Episcopal dan Episcopal menjadi atasan bagi
Presbyter.
Jadi munculah skema pemerintahan atas nama Agama pada nantinya.
Pada era konstantin I inilah dilaksanakan pertemuan yang sangat
mengubah dunia Kristen, yakni konsili nicea pada tahun 325 masehi.
Hingga pada masa pemerintahan Teodosius Agung Kristen menjadi
ajaran mayoritas di wilayah romawi dan banyak dianut diantara masyarakat Romawi.
Begitu
pula ketika terjadi konsili konstatinople yang dilakukan pada zaman Theodosius
agung tahun 381. Pendapat sekte unitarian macam arius juga tidak diterima dalam
konsili.
Padahal
pada masa itu Di dalam dunia kristen pada masa itu terdapat sekte-sekte
unitarian, yakni tidak mengakui otoritas kristus sebagai tuhan.
Kristus
dipandang memiliki kedudukan yang lebih rendah dari tuhan. Kedudukannya tidak
sejajar dengan tuhan. Diantara sekte yang berpendapat seperti itu adalah arius
dan pengikutnya.
Jadi
sejak lama dalam dunia kristen tidak semua sekte atau aliran menganggap konsep
trinitas sebagai sesuatu yang benar.
Konsep
trinitas baru benar-benar diterima oleh dunia kristen setelah terjadi konsili
konstatinople tahun 381 pada masa kaisar theodosius I berkuasa.
Jauh
Sebelum konsili tersebut ada tampaknya terdapat sekte unitarian atau sekte
kristen yang mengakui 1 tuhan saja.
Seperti
arius dan pengikutnya yang menganggap tuhan hanya 1 , tidak ada tuhan anak
serta ruhul qudus.
sekte
unitarian seperti arius pendapatnya tidak diterima dalam konsili tersebut.
Hingga secara resmi konsili yang dilaksanakan di nicea mengesahkan bahwa
kristus berkedudukan setara dengan tuhan. Konsili nicea tahun 325 juga mengakui
keberadaan tuhan "anak".
Arius
atau Arius dari Alexandria (250-336) adalah seorang tokoh Kristen yang hidup
pada akhir abad ke-3 sampai awal abad ke-4, di Alexandria (Iskandariah), Mesir
pada masa pemerintahan Kaisar Konstantinus Agung.
Arius
menolak ajaran mengenai keilahian Kristus dengan pandangan bahwa Kristus
hanyalah ciptaan Allah dan bukan Allah.
Pandangannya
ini kemudian memengaruhi munculnya sebuah gerakan yang disebut Arianisme.
Pemikiran
Arius mengenai keilahian Kristus kemudian ditolak dalam Konsili Nicea dan ia
dikucilkan dari gereja.
kristen di Eropa pada era konstantin
Pada era
pemerintahannya kaisar konstantin mengeluarkan undang-undang yang disebut
sebagai "edictus milano" sekitar tahun 313 masehi yang membawa
keselamatan bagi umat kristiani.
Dengan
adanya undang-undang tersebut, keselamatan penganut kristen terjamin, hak
mereka diberikan serta kebebasan beragama mulai mulai dijalankan.
Karena jasa
dari kaisar konstantinus agung itulah ajaran kristen semakin menyebar di eropa
dan mulai dianut oleh masyarakat eropa.
Pada masa Konstantin Agung inilah ajaran Kristen mulai menyebar di Eropa.
Orang-orang Kristen mulai membuat perkumpulan yang disebut gereja.
Hingga pada nantinya muncul skema pemerintahan agama dimana Kepala Gereja
dikenal dengan nama Presbyter.
Kristen
menyebar di wilayah romawi pada masa pemerintahan kaisar kosntantinus Agung.
Kaisar tersebut.Karena itulah nama Konstantin diagung-agungkan di dunia
Kristen.
Banyak Kaisar-kaisar di Eropa yang memakai Konstantin sebagai gelar.
Pada masa Konstantin agung ajaran Kristen mulai menyebar di wilayah Romawi.
Kaisar Konstantin juga masuk agama ini. Walaupun banyak yang
berpendapat ia dibabtis seblum kematiannya.
Hingga pada akhirnya terjadi skema pemerintahan agama. Dikenal jabatan Presbyter atau kepala Gereja.
Presbyter mempunyai atasan yang disebut Episcopal. Pada era
konstantin agung dikenal sekte-sekte unitarian seperti Arius, selain itu juga
terdapat sekte-sekte lainnya seperti anhomoian, macedonian, homoiuosian, dsb.
terjadi pertentangan di dalam tubuh umat kristiani.
Terutama tokoh yang bernama Athanasius berupaya menentang
keberadaan sekte-sekte tersebut.
bagi athanasius keberadaan sekte unitarian (yang mengakui 1 tuhan ), itu
dianggap merusak ajaran murni kristiani hingga dalam konsili-konsili,
athanasius dan pengikutnya berupaya menekan pengaruh arius dan arianisme.
Pada abad ke 4 masehi ditandai dengan munculnya skema pemerintahan atas agama,
Episcopal mempunyai atasan lagi yang disebut Patriach.
Ada empat orang patriarch yang berkuasa yaitu patriarch wilayah konstatinople.
Patriach Roma.
Patriach antiokia di asia kecil dan patriarch Alexandria di Mesir. Patriach
menjadi atasan bagi para Episcopal dan Episcopal menjadi atasan bagi
Presbyter.
Jadi munculah skema pemerintahan atas nama Agama pada nantinya.
Pada era konstantin I inilah dilaksanakan pertemuan yang sangat
mengubah dunia Kristen, yakni konsili nicea pada tahun 325 masehi.
Hingga pada masa pemerintahan Teodosius Agung Kristen menjadi
ajaran mayoritas di wilayah romawi dan banyak dianut diantara masyarakat Romawi.
Sekte arius banyak dianut oleh bangsa visigoth (gothic)
Pada Abad 4
Sekte arius banyak dianut oleh bangsa visigoth (gothic)
Pada Abad 4
lukisan Alaric, pemimpin bangsa visigoth penghancur kota Roma tahun 455 |
Di
eropa pada era dahulu, terdapat Salah satu bangsa yang mendiami daratan
perancis, yakni visigoth..Visigoth adalah Salah satu bangsa di eropa selain
franks, slavia, Anglo Saxon, ostrogoth, vandal, Viking, dsb.
Orang-orang Visigoth pada awalnya menempati wilayah Balkan. Karena letaknya
yang dekat dengan pusat kekaisaran Romawi, Visigoth sering menjadi sekutu
kekaisaran dalam menumpas pemberontakan.
Namun,
kekaisaran juga sangat menaruh curiga pada orang Goth ini karena kedekatannya
dianggap dapat menjadi ancaman.
pada
awal abad kelima, orang-orang Visigoth memilih seorang raja untuk memimpin
mereka yang bernama Alarik.
Awalnya
Alarik adalah sekutu Romawi dan mencoba mencari muka di hadapan Kaisar untuk
mendapatkan tanah di daerah Italia.
Namun
karena permintaannya selalu ditolak, Alarik akhirnya memimpin pemberontakan dan
mengepung pusat kekaisaran di Roma hingga berbulan-bulan.
Keadaan
ini membuat orang-orang Roma kelaparan dan terpaksa memberi jalan bagi Alarik
dan orang-orang Visigoth untuk masuk kota Roma.
Orang-orang
Visigoth yang Barbar itu masuk dan menjarah kota Roma tahun 455 masehi.
Di
eropa pada era dahulu, terdapat Salah satu bangsa yang mendiami daratan
perancis, yakni visigoth..
Visigoth
adalah Salah satu bangsa di eropa selain franks, slavia, Anglo Saxon,
ostrogoth, vandal, Viking, dsb.
Awal mulanya mereka menyembah dewa-dewa tetapi lambat laun sebagian Dari
visigoth beralih menjadi Kristen Sekte arius.
Banyak
masyarakat dari bangsa visigoth pada abad ke 5 yang memeluk Arianisme, yakni
menjadi pengikut sekte arius.
pada awalnya bangsa visigoth banyak menyembah dewa mars, salah satu dewa dalam mitologi romawi yang dipandang sebagai dewa perang.
ketika memasuki abad ke 5, banyak masyarakat visigoth atau bangsa gothic yang beralih menjadi penganut kristen.sebagian masyarakat gothic (visigoth) beralih menjadi penganut Sekte arius.
Yakni Memasuki Abad ke 6 masehi, bangsa visigoth beralih menjadi penganut katolik meninggalkan penyembahan 1 tuhan.
ulfila,
uskup penyebar aliran Arianisme di kalangan bangsa visigoth
ulfila
adalah uskup yang berdarah roman-goth, dimana ia hidup di lingkungan bangsa
romawi dan visigoth.
ayahnya adalah seorang keturunan bangsa gothic.ia dibabtis dan menjadi uskup
sekitar tahun 366 masehi.
menurut maurice wiles dalam bukunya " sejarah arianisme" uskup ulfila inilah yang menjadi tokoh awal masuknya ajaran sekte arius di kalangan bangsa visigoth.
Ia
menyebarkan ajaran kristiani sekte arius di kalangan bangsa visigoth selama
bertahun-tahun hingga akhirnya ia diusir dari pemukiman visigoth.
Ulfila, bishop of the gothic
Tetapi
bagi sebagian pembesar bangsa gothic, kehadiran ulfila dianggap sebagai
bentuk "infiltrasi" dari bangsa romawi terhadap visigoth.
hingga
ulfila dipaksa dan diusir dari kalangan bangsa tersebut. tetapi pengaruh ajaran
dari Ulfila itulah yang membuat sejarah awal dari munculnya arianisme di
kalangan bangsa Visigoth.
hingga akhirnya arianisme (Sekte kristen yang mengakui 1 tuhan) tersebar di kalangan bangsa gothic selama berabad-abad.
Perang visigoth-franks
bangsa
visigoth sebagai penganut arianisme (sekte arius) ternyata sering bertengkar
dengan bangsa franks yang menganut katolik.
Perbedaan
kepercayaan serta politik menjadi penyebabnya. hingga pertempuran,
konflik sering terjadi diantara kedua bangsa tersebut.
Bangsa
visigoth salah satu bangsa di eropa pada masa itu tinggal di selatan perancis
yang wilayahnya berbatasan dengan bangsa franks.
Pada awalnya, masyarakat franka di perancis tidak beragama
kristen, masyarakat perancis (bangsa franks) menyembah dewa .
Frank's Merovingians dinasty
Ajaran
penyembahan politheisme dianut oleh bangsa franka. Seperti penyembahan
terhadap dewa odin yang merupakan dewa bangsa skandinavia dianut oleh bangsa
franka di wilayah perancis.
Hingga Sekitar abad ke 6 masehi kerajaan franka dipimpin
oleh raja Clovis. Ia merupakan raja Franka dinasti merovingians.
Pada masa pemerintahannya ditandai dengan perluasan wilayah sehingga wilayah
kerajaan tersebut semakin meluas.dengan berbagai penaklukan terhadap suku-suku
di dataran perancis.
Pada awalnya Clovis adalah penyembah dewa odin, salah satu dewa skandinavia
yang disembah oleh orang-orang northmen.
hingga akhirnya raja clovis menemukan kepercayaan baru serta
beralih menjadi penganut Kristen.
perbedaan kepercayaan antara bangsa franks dengan bansgsa visigoth membuat
terjadinya pertempuran antara bangsa visigoth yang beraliran arianisme
(mengakui 1 tuhan) dengan bangsa franks yang beraliran kristen katolik roma.
hingga akhirnya bangsa franks
memenangkan pertempuran dan mengambil alih wilayah di selatan perancis.
Bangsa visigoth tersingkir ke
spanyol dan membentuk kerajaan baru yang berpusat di kota toledo.
jika katolik mengakui
trinitas, arianisme (sekte arius) tidak mengakui trinitas karena mereka hanya
mengakui 1 tuhan.
Hal itu yang menyebabkan
Bangsa franka yang mayoritas beragama katolik sering berkonflik dengan bangsa
visigoth yang beraliran unitarianisme.
tetapi lambat laun bangsa
visigoth yang awalnya menyembah 1 tahun terpengaruh dengan ajaran katolik juga
hingga abad ke 6 sebagian masyarakat bangsa visigoth beralih menjadi penganut
katolik dan meninggalkan kepercayaan arianisme atau sekte arius tersebut.
Jadi tidak semua ajaran
Kristen yang mengakui trinitas, sejarah telah membuktikannya.
hingga kini, era zaman
sekarang pun diantara sekte kristen masih ada yang tetap menganut
unitarianisme yakni mengakui satu tuhan walaupun jumlahnya sedikit.
Sumber Diambil Dari :
Buku Tinjauan mengenai agama masehi
Prof.Dr. syeikh Abu zahrah
Buku 100 kejadian penting dalam Kristen
Sejarah eropa, universitas terbuka
Kuliah empat agama, Prof. Hamid Rasyidi
Sejarah Arianisme, Maurice Wiles
Frank's Merovingians dinasty |
Ajaran
penyembahan politheisme dianut oleh bangsa franka. Seperti penyembahan
terhadap dewa odin yang merupakan dewa bangsa skandinavia dianut oleh bangsa
franka di wilayah perancis.
Hingga Sekitar abad ke 6 masehi kerajaan franka dipimpin
oleh raja Clovis. Ia merupakan raja Franka dinasti merovingians.
Pada masa pemerintahannya ditandai dengan perluasan wilayah sehingga wilayah
kerajaan tersebut semakin meluas.dengan berbagai penaklukan terhadap suku-suku
di dataran perancis.
Pada awalnya Clovis adalah penyembah dewa odin, salah satu dewa skandinavia
yang disembah oleh orang-orang northmen.
hingga akhirnya raja clovis menemukan kepercayaan baru serta
beralih menjadi penganut Kristen.
perbedaan kepercayaan antara bangsa franks dengan bansgsa visigoth membuat
terjadinya pertempuran antara bangsa visigoth yang beraliran arianisme
(mengakui 1 tuhan) dengan bangsa franks yang beraliran kristen katolik roma.
hingga akhirnya bangsa franks
memenangkan pertempuran dan mengambil alih wilayah di selatan perancis.
Bangsa visigoth tersingkir ke
spanyol dan membentuk kerajaan baru yang berpusat di kota toledo.
jika katolik mengakui
trinitas, arianisme (sekte arius) tidak mengakui trinitas karena mereka hanya
mengakui 1 tuhan.
Hal itu yang menyebabkan
Bangsa franka yang mayoritas beragama katolik sering berkonflik dengan bangsa
visigoth yang beraliran unitarianisme.
tetapi lambat laun bangsa
visigoth yang awalnya menyembah 1 tahun terpengaruh dengan ajaran katolik juga
hingga abad ke 6 sebagian masyarakat bangsa visigoth beralih menjadi penganut
katolik dan meninggalkan kepercayaan arianisme atau sekte arius tersebut.
Jadi tidak semua ajaran
Kristen yang mengakui trinitas, sejarah telah membuktikannya.
hingga kini, era zaman
sekarang pun diantara sekte kristen masih ada yang tetap menganut
unitarianisme yakni mengakui satu tuhan walaupun jumlahnya sedikit.
Sumber Diambil Dari :
Buku Tinjauan mengenai agama masehi
Prof.Dr. syeikh Abu zahrah
Buku 100 kejadian penting dalam Kristen
Sejarah eropa, universitas terbuka
Kuliah empat agama, Prof. Hamid Rasyidi
Sekte arianisme muncul sekitar tahun 250-300 masehi. Sedangkan konsep trinitas sudah muncul sejak jaman penyebaran kristen mula mula di abad pertama. Konsili nicea sendiri diadakan karena banyak orang kristen pada masa itu yang terombang ambing karena keberadaan sekte arius, sedangkan agama kristen sendiri belum memiliki kanon yang sah. Jadi konsili nicea akhirnya mengesahkan ajaran tritunggal yang sudah dipercaya oleh gereja jaman rasul, dan mengecap bahwa sekte arianisme adalah sekte sesat.
BalasHapusYang anda tulis memang tidak sepenuhnya salah, namun tulisan ini mengandung pengaburan sejarah sehingga bisa menimbulkan kesalahpahaman bagi pembaca :)
Di saat sidang konsili th 325 dari seluruh jumlah peserta sidang konsili, aliran arius lebih banyak yg dukung hingga akhirnya yg tertinggal di sidang konsili hanya aliran yg percaya trinitas?
HapusJustru pada saat konsili 325 di Nicea aliran arius tidak mendapatkan dukungan dari peserta konsili.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapushanya mengambil dari banyak referensi buku
BalasHapusPada saat konsili di nicea, justru aliran arianisme dan sekte-sekte unitarian tidak mendapatkan dukungan dari hasil konsili.
BalasHapusTetapi itu bukan berarti sekte-sekte unitarian hilang seusai konsili Nicea. Keberadaan sekte semacam itu tetap eksis. Baru pada pemerintahan theodosius agung sekte semacam itu mulai dipaksa dibubarkan, sehingga keberadaan sekte unitarian dan arius mulai hilang dari wilayah-wilayah Romawi.