Kisah sejarahwan yahudi Abad pertama
patung Flavius Josephus |
Setiap bangsa memiliki sejarahnya sendiri, bangsa manapun di
belahan dunia ini. Sejarah itu ada yang masih tertuang hanya dalam cerita
rakyat maupun yang tercatat secara nyata dalam bentuk kitab, prasasti atau bentuk lainnya.
Sejarah kadang ditulis oleh sejarahwan pada masanya, seperti
kisah-kisah sejarah bangsa Romawi yang ditulis oleh Tacitus, suetinus atau
caussius Dio,
Contohnya orang romawi yang hidup pada masanya dan banyak menuliskan kisah bangsanya sendiri. Tulisan dari tacitus, suetinus banyak diambil dan dijadikan referensi bagi penulis buku pada masa sekarang.
Contohnya michael keringan penulis buku "sejarah Gelap
para kaisar Roma yang mengambil dari tulisan Tacitus,suetinus yang merupakan
sejarahwan zaman Romawi.
Begitu pula sejarahwan islam Ali bin hazmi yang dikenal di
dunia barat dengan sebutan Al Kazem. Saat itu karya dari Ali bin Hazmi
dijadikan bahan referensi oleh penulis pada masa sekarang.
Demikian juga Herodotus, .Sejarahwan era yunani kuno yang
banyak memberitakan sejarah bangsanya sendiri melalui tulisan-tulisannya.
Josephus Flavius, sejarahwan yahudi juga menulis kisah bangsanya sendiri, yakni bangsa
yahudi. seperti kisah-kisah perang
Yahudi-Romawi tahun 66 Masehi, dsb.
Flavius bukanlah nama sebenarnya, flavius adalah nama dari
keluarga kaisar Romawi. Josephus dianggap saudara oleh keluarga kaisar titus
sehingga ia diberikan nama keluarga kaisar. Sehingga namanya dikenal hingga
saat ini sebagai Flavius Josephus.
Awalnya Josephus merupakan orang terpandang di kalangan
bangsa yahudi. Ketika era penjajahan romawi di galila Judea (4-636 M), Josephus
dekat dengan para rabbi Dan imam yahudi.
Hingga sebuah peristiwa mengantarnya beralih memihak bangsa
romawi bahkan menjadi "saudara" bagi kaisar Roma.
Karya dari josephus hingga saat ini dijadikan sumber
referensi baik buku-buku yang ditulis oleh penulis dari dalam negeri maupun
luar negeri.
Yang berkaitan tentang sejarah yahudi banyak mengambil
tulisan-tulisan dari josephus flavius. Sebanyak 20 buku ditulisnya yang disebut
antiquitates judaicae yang berkisah tentang penciptaan hingga perang
yahudi-romawi menjadi sumber nyata bagi penulis saat ini.
Nama aslinya adalah josephus bin mathias awalnya ia adalah
salah satu pemimpin dalam pemberontakan yahudi terhadap bangsa romawi tahun 66
M.
Kisah sejarah perang yahudi-romawi atau pemberontakan yahudi
tahun 66 masehi banyak dikisahkan oleh berbagai sumber termasuk kitab yang
ditulis oleh sejarahwan yahudi tersebut.
Kisah pemberontakan yahudi tahun 66 masehi
Dalam perang yahudi-romawi atau peristiwa pemberontakan
yahudi 1 tersebut , .Josephus awalnya menjadi Salah satu pimpinan dalam
perlawanan yahudi terhadap Romawi.
Menurut BBC, Josephus bahkan ikut berdiri di depan podium
Serta.menyampaikan pidato Dan propagandanya di jerussalem pada awal terjadinya
pemberontakan yahudi zaman kaisar Nero tersebut.
Ia bersama imam yahudi dan para rabbi melakukan propagandanya
untuk merebut kembali Kota jerussalem.
Ketika terjadi perlawanan orang yahudi, kaisar Romawi, Nero
memerintahkan legiun tentara romawi di wilayah timur agar bergerak untuk
menumpas pemberontakan tersebut.
Dibawah pimpinan general Vespasian, tentara romawi hampir
saja menumpas pemberontakan itu, meskipun bersusah payah.
Meskipun pada awalnya sukses, Serangan tentara Romawi
berujung kegagalan Karena situasi
internal di ibukota Romawi. Timbul pemberontakan di penjuru Romawi yang
berakibat kaisar Nero mati di kudeta.
Pasca kaisar Nero dikudeta, beberapa orang kaisar Romawi naik
jabatan, walaupun hanya memerintahkan beberapa bulan saja. Yakni galba, Otto
Dan vittelius menjabat sebagai kaisar Dan nasibnya seperti kaisar Nero.
Tentara romawi bergerak ke tanah galia-judea untuk
memberantas pemberontakan yahudi I dengan dipimpin oleh panglima Titus flavius.
____josephus membelot memihak roma___
Pada Masa kaisar Nero, kaisar Romawi itu gagal membendung
pemberontakan yahudi I. Karena di wilayah romawi sendiri terjadi pemberontakan
Dan kudeta terhadap Nero.
Baru ketika vespasianus naik jabatan sebagai kaisar, tahun 69
masehi pihak romawi segera menerjunkan legiunnya untukmenumpas pemberontakan
yahudi I.
Dibawah pimpinan panglima Titus, romawi berhasil merebut satu
persatu Kota di galila- Judea. Hingga akhirnya Josephus tertangkap.
Ketika tertangkap Josephus membelot, ia berpihak pada Romawi.
Tak jelas alasannya, hingga ia berpihak pada tentara Romawi. Bahkan Josephus
juga memberikan informasi penting pada tentara Romawi yakni pada kaisar Romawi
yang baru naik tahta, vespasianus.
Bahkan josephus sempat bertemu secara langsung dengan kaisar
Romawi, vespasianus Dan putranya Titus flavius setelah ia ditangkap oleh pihak
Romawi.
Dengan informasi-informasi rahasia yang diberikan olehnya
Hingga kemenangan pun diperoleh pihak penjajah Romawi.
Melalui informasi rahasia dari Flavius Josephus Romawi mulai
memenangkan pertempuran Dan merebut satu Demi satu kota-kota galila Judea.
Ia juga ikut ketika tentara Romawi menyerang jerussalem pada
tahun 70 masehi.
BBC menyiratkan bahwa flavius Josephus berada di garis depan
pasukan Romawi bersama panglima Titus flavius ketika penyerbuan Kota suci
tersebut.
Selama berminggu-minggu lamanya legiun Roma belum mampu
menjebol tembok Kota jerussallem meskipun dengan berbagai strategi.
Tetapi Melalui informasi-informasi rahasia yang
diberikan oleh flavius Josephus, tentara Romawi memenangkan
pertempuran di jerussalem meskipun butuh berpuluh Hari lamanya dalam
pengepungan itu.
Tentara Romawi dibawah panglima Titus juga menghancurkan
"temple of jerusalem" Serta membakar Dan membunuh kaum yahudi yang
bersembunyi di dalamnya.
Serangan tentara Romawi tahun 70 masehi dikisahkan oleh
banyak buku sebagai peristiwa " kehancuran jerussalem".
Pemberontakan yahudi
awalnya sukses, bangsa yahudi dapat merebut kembali tanah kelahirannya
dari kekuasaan Romawi. Kota-kita di wilayah galila dan judea di rebut oleh kaum
yahudi.
Seperti kota jotapata, kota masada serta kota yerussalem.
Bangsa roma tidak mampu meredam pemberontakan di wilayah jajahannya tersebut
hingga bertahun-tahun lamanya bangsa yahudi bebas dari penjahahan bangsa roma.
Ketika pemberontakan di tanah yahudi terjadi, disaat
bersamaan terjadi pemberontakan di roma hingga kaisar Nero tewas akibat bunuh
diri.
Tetapi kaisar vespasianus yang baru naik tahta mengutus
putranya, panglima titus untuk merebut kembali tanah yahudi. Legiun romawi
bergerak ke galila-judea dibawah pimpinan putra kaisar sendiri.
Kota-kota di palestina (galia-judea) direbut kembali hingga
jerussalem. Tentara Romawi mengamuk dan membakar bangunan suci bait Allah.
Panglima titus sebenarnya melarang tentara romawi melakukan
itu, tetapi tentara romawi yang kalap mengamuk dan membakar bangunan suci serta
membunuh siapa saja yang berada di dalamnya. Akibat serangan bangsa Romawi,
bangunan dan infrastruktur di kota tersebut hancur.
Peristiwa itulah yang disebut sebagai "kehancuran kota
Jerussalem". Ratusan orang yahudi pun menjadi korban, mereka di salib.
Saking banyaknya orang yahudi yang disalib, hingga kayu salib
pun mengelilingi kota suci tersebut.
---josephus menjadi saudara bagi kaisar roma---
Setelah terjadinya perang yahudi-Romawi, atau pemberontakan
yahudi I, Josephus bin matthias tinggal di kota Roma. Hubungannya dengan
keluarga kaisar pun sangat dekat,
Pada era tersebut jarang orang yahudi yang memiliki
hubungannya yang begitu dekat dengan kaisar Dan bangsawan roma, apalagi menjadi
saudara. karena bangsa romawi menjadi penjajah bagi bangsa yahudi.
Terkecuali Josephus bin Matthias, bahkan ia dianggap seperti
saudara kandung bagi kaisar Romawi.
hingga ia diberikan nama keluarga kaisar. hingga sampai saat
ini ia dikenal dengan "Flavius Josephus".
Flavius bukan nama sebenarnya, flavius itu adalah nama keluarga kaisar romawi yang
diberikan padanya.
Flavius Josephus adalah orang yahudi yang dianggap saudara
bagi Titus. Sejak pemberontakan yahudi itu hubungannya mulai dekat dengan
kaisar vespasianus dam putranya Titus.
Hingga ia tinggal di Kota Roma pada akhirnya, meskipun ia
orang yahudi tetapi hubungannya dengan orang-orang Romawi sangat dekat.
Terutama dengan Titus flavius yang baru naik tahta.
Ketika Titus flavius naik jabatan sebagai kaisar, kaisar
romawi itu tidak segan menberikan nama keluarga kaisar sehingga Josephus
dikenal sebagai "flavius Josephus",
Hingga saat ini sejarahwan yahudi Abad pertama itu tidak lagi
dikenal dengan dengan nama Josephus matthias., Tetapi dikenal dengan nama
flavius Josephus. flavius merupakan nama
keluarga dari kaisar Titus flavius (flavius dynasty).
Sekitar tahun 93 masehi ia menuliskan sejarah tentang
bangsanya sendiri, karyanya berjudul antiquitates judaicae sebanyak 20 jilid.
Hingga saat ini penulis sejarah zaman ini pun tidak luput
dari karyanya, tidak jarang penulis sejarah yahudi atau sejarah Romawi memakai
dasar referensi dari karya Flavius josephus.
Karya sejarahwan yahudi itu banyak dijadikan sumber referensi
hingga Masa kini. Penulis buku macam Michael keringan, penulis sejarah Romawi
atau penulis-penulis dari orang Muslim pun mengambil sumber dari tulisan
flavius Josephus.
Di Salah satu bagian dari karya yang ditulis oleh flavius
Josephus juga menceritakan kehancuran bagi bangunan suci "temple of
jerussalem" atau bangunan bait suci milik bangsa yahudi serta kehancuran
Kota jerussalem akibat serangan bangsa Roma.
Kitab yang ditulis sejarahwan yahudi tersebut menjadi sumber
penting bagi sejarahwan Masa kini. Bahkan karya dari sejarahwan yahudi Masa
silam tersebut diterjemahkan ke berbagai Bahasa.
periodesasi sejarah romawi
:
27 SM - 14 M
-------zaman kaisar Agustus
14 M - 37 M
----------zaman kaisar tiberius
37 M - 41 M ---------zaman kaisar caligulla
41 M - 54 M ---------zaman kaisar claudius
54 M - 68 M -------- zaman kaisar Nero. pemberontakan yahudi
I, flavius Josephus menjadi salah satu pimpinannya
68 M- 69 M --------
masa empat kaisar
Masa Penuh
konflik
69-79 M ----------------masa pemerintahan kaisar Vespasianus,
ditumpasnya pemberontakan yahudi I,
flavius Josephus beralih mendukung Romawi
79 M - 83 M ----- masa pemerintahan
kaisar titus
flavius
83 M - 96 M ----- masa pemerintahan
kaisar.Domiticus
96 M- 101 M ----
masa pemerintahan
kaisar nerva
101 M- 1016 M ----masa pemerintahan
kaisar trajan
1016 - 135 M -----
masa pemerintahan
Kaisar
hadrianus
Sumber :
Tinjauan mengenai agama masehi
Syeikh Abu zahrah
BBC, rebellion
Sejarah gelap kaisar Roma
Michael keringan
Buku Sejarah yahudi
Kuliah empat agama
Prof. Dr. Hamid rasyidi
T. Chehab, guru besar Iain (uin) Jakarta dalam jurnal
iain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar