Jumat, 06 Januari 2017

Ulang tahun kota Batavia


Ulang tahun kota Batavia






Sejarah  penetapan ulang tahun jakarta tanggal 22 juni mengacu pada peristiwa direbutnya kota pelabuhan sunda kelapa oleh kesultanan banten-cirebon.




 yaitu pada tanggal 22 juni 1527 dan kota tersebut diganti dengan nama Jayakarta.




Pelabuhan sunda kelapa sendiri tadinya adalah wilayah kekuasaan kerajaan sunda pajajaran, hingga pada akhirnya kerajaan pajajaran yang bersekutu dengan portugis mengalami kehancuran,  pelabuhan pentingnya diambil alih oleh kesultanan banten- cirebon.



tetapi kehadiran kongsi dagang belanda, vereninging oost indische compagnie atau VOC menyerang kota Jayakarta dan mengambil alih kota penting tersebut dari tangan pangeran jayakarta dan kesultanan Banten. kemudian atas perintah dari dewan pusat kongsi dagang tersebut, Heeren Zeventien kota yang baru ditaklukan itu dinamakan dengan nama "Batavia".




Bangunan bergaya Eropa didirikan dengan sistem kanalnya yang terhubung dengan kali besar, atau ciliwung.



Kota batavia yang baru dibangun secara cepat dalam kurun waktu beberapa tahun saja, dari pemerintahan gubernur jenderal J.P Coen hingga Jacques Speecx kota yang baru dibangun meluas hingga berkali-kali lipat.



Ulang tahun kota batavia diperingati setiap tanggal 29 mei atau akhir mei.




menurut kisah-kisah sejarah ketika ulang tahun kota batavia dirayakan terdapat pawai, perayaan, lengkap dengan tembakan-tembakan meriamnya menandai hari jadi kota Batavia.



seperti yang dikisahkan oleh orang jerman bernama Fryke pada masa lampau, pada ulang tahun kota Batavia,




masyarakat multietnis di batavia memberikan hadiah kepada gubernur Jenderal. perwakilan dari cina, orang makassar, orang bali, orang banda memberikan hadiah secara langsung di kastil Batavia.



pemberian Hadiah itu dilakukan untuk memberikan penghormatan pada Gubernur Jenderal.

memang posisi gubernur jenderal sangat disegani dan dihormati.



Jadi jika kota jakarta hari jadinya diperingati setiap tanggal 22 juni, sedangkan kota jakarta tempo dulu yang masih bernama Batavia hari jadinya diperingati setiap akhir Mei.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar