Kamis, 05 Januari 2017

Kisah Pengusiran orang yahudi dari kota Yerussalem









Kisah Pengusiran orang yahudi dari kota Yerussalem























  -





Kota yerussalem,  kota suci tiga agama. Umat Islam kristen dan yahudi memiliki kepentingan dari kota suci tersebut. 




Via dolorossa, gereja Holy Spulcher, batu golgotta adalah salah satu dari sekian alasan menjamurnya peziarah kristen ke kota suci.

 

 

 

Sementara bagi umat muslim, kubbah al shakra, masjidil aqsa juga alasan bagi umat muslim untuk datang ke kota suci dan berziarah ke yerussalem.

 

 

 

 

 

sejak lama sebelum islam muncul, kota jerussalem merupakan kota yang dihuni oleh orang-orang yahudi.

 

 

 

 

atau bangsa bani israil, sejak munculnya kerajan yahudi bersatu dibawah raja daud, sulaiman atau yang dikenal oleh umat islam sebagai nabi daud dan sulaiman.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Seperti kisah-kisah sejarah ketika kaisar Romawi Caligulla ingin membuat patungnya berdiri gagah di tanah yerussalem, ternyata bangsa yahudi murka serta melakukan pemberontakan di aleksandria, mesir.

 

 




Tampaknya orang yahudi tidak senang jika patung kaisar Caligulla, sang kaisar romawi berdiri tegak di tanah kota yang disucikan.

 

 

 

 

 

Begitu pula ketika penjajahan Romawi atas tanah yang dijanjikan,tanah kan'an, penjajahan bangsa roma membawa bangsa yahudi atas penderitaan.

 

 

 

 

Bahkan oleh kaisar Romawi, bangsa yahudi pun pernah diusir dari kota suci tersebut.

 

 

 

Akibat penjajahan bangsa romawi selama berabad-abad, hal itu membuat  bangsa yahudi berpecah belah tanpa tanah air bahkan bereksodus. Sebagian dari mereka berpindah dan mencari hidup di tempat lain.

 

 

 

 

 

 

tidak heran peristiwa yang terjadi pada masa lampau kini membuat orang-orang yahudi ada di banyak tempat, teritorial dan negara. 








Orang-orang yahudi ada di eropa, amerika di afrika, timur tengah karena peristiwa penjajahan bangsa romawi pada masa lampau membuat mereka, bereksodus, berhijrah ke tempat lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Patung kaisar Romawi, hadrianus








Awal mula penjajahan bangsa roma di tanah palestina

 

 

 

 

 

 

 

umat yahudi (bani israil) dijajah selama 7 abad lamanya oleh bangsa romawi. dimana sejak tahun 4 masehi, bangsa yahudi di bawah pemerintahan para gubernur romawi.

 

 

 

gubernur romawi itulah yang berkuasa atas bangsa yahudi, dimana para gubernur mempunyai hak berupa ekonomi, politik, dan hukum atas bangsa yahudi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

se Ketika Romawi memasuki zaman triumvirat I, romawi dipimpin oleh 3 penguasa yakni, pompeius, julius caesar dan crassus. Ketiganya saling bersaing antara satu dan lainnya.

 

 

 

 

 

Dibawah pimpinan salah seorang konsulnya, pompeius. Romawi menaklukan syria sekitar tahun 64 sebelum masehi. Legiun romawi ditempatkan di wilayah tersebut dan romawi mendirikan propinsi di wilayah timur.

 

 

 

 

 

Tidak lama kemudian, sekitar tahun 63 Sebelum masehi, tentara Romawi menaklukan yerussalem dan memaksa dinasti yahudi merdeka, hasmonean dinasti mengakui kekuasaan Romawi.

 

 

 

 

 

 

 

Maka setelah penaklukan jerussalem oleh pompeius tahun 63 SM, bangsa romawi berkuasa atas kerajaan yahudi merdeka ( hasmonean dinasty).

 

 

 

 

 

 

 

Bahkan romawi juga campur tangan kerajaan yahudi tersebut. Contohnya pengangkatan hircanus sebagai pemimpin dinasti yahudi itu karena andil dari pihak romawi.

 

 

 

Bangsa romawi juga menjadikan pesaing hircanus, yaitu aristobolus  sebagai tawanan dan dieksekusi di kota Roma.

 

 

 

 

 

Tetapi terjadi persaingan antara pompeius dan julius caesar sehingga pihak Romawi lengah atas kerajaan bawahannya tersebut. Disaat itulah seorang penguasa, antigonos II naik tahta atas dinasti yahudi, bahkan didukung oleh kekaisaran parthia (persia).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ketika zaman kaisar agustus, sekitar tahun 27 Sebelum masehi. Kaisar agustus meneguhkan gelar herodes sebagai raja yahudi di pulau kecil dekat italia.

 

 

 

 

 

Pemerintahan raja yahudi, herodes tidak ubahnya seperti "tangan kanan" bangsa Romawi, karena yang mengangkat dan meneguhkan kedudukannya sebagai raja yahudi adalah petinggi dari bangsa Romawi.

 

 

 

 

 

Selama masa kekuasaannya, herodes agung atau yang disebut sebagai raja yahudi lebih pro pada bangsa romawi. Karena sejak lama herodes telah banyak berinteraksi dan berkerja sama dengan pihak romawi.

 

 

 

 

 

karena yang mengangkat dan meneguhkan kedudukan herides sebagai raja yahudi adalah kaisar agustus yang merupakan kaisar romawi.  tidak heran pemerintahan herodes lebih pro pada pihak romawi dari pada bangsa yahudi.

 

 

 

 

 

Ketika kaisar agustus berkuasa,  sekitar tahun 4 masehi, secara resmi diangkat gubernur romawi untuk memimpin bangsa yahudi. Bangsa yahudi berada di bawah para gubernur romawi.

 

 

 

 

 Secara politik dan pemerintahan, bangsa yahudi diatur oleh Gubernur Romawi yang merupakan bawahan kaisar Roma. Gubernur romawi itulah yamg berkuasa atas tanah galia dan judea . Maka sejak zaman tersebut dimulailah era  penjajahan secara total bangsa romawi atas tanah yahudi.

 

 

 

 

 

cara ekonomi, bangsa yahudi di bawah pemerintahan romawi, mereka harus membayar pajak yang ditetapkan oleh penguasa romawi tersebut.

 

 

 

 

 

secara politik, gubernur romawi itulah yang berkuasa atas tanah galila, judea atau yang disebut pada saat ini sebagai tanah palestina. pada era tersebut raja yahudi hanyalah sebagai lambang atau simbol belaka, kekuasaan yang sebenar-benarnya adalah di bawah para gubernur romawi tersebut.

 

 

 

 

 

secara hukum gubernur romawi tersebut bisa menetapkan hukuman-hukuman di pengadilan. orang-orang romawi atau yahudi yang dianggap melakukan kejahatan bisa diadili di pengadilan romawi dan diputuska hukumannya oleh gubernur romawi tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

---Pengusiran orang-orang yahudi pada masa kaisar Hadrianus----

 

 

 

 

 

 

 

 

 

penjajahan romawi atas yahudi telah terjadi sejak masa pemerintahan kaisar agustus. pada tahun 6 masehi dimana bangsa yahudi ditempatkan dibawah pemerintahan gubernur romawi. gubernur romawi itulah yang berkuasa atas tanah galila judea selama berabad-abad.

 

 

 

 

Kaisar hadrianus, kaisar keempat belas romawi, Masa pemerintahannya, kekaisaran romawi membentang dari tanah britania Raya Hingga ke lembah Mesopotamia.

 

 

 

 

 

 

Adalah kaisar Hadrianus pada tahun 130 masehi ingin membuat proyek yang disebut "aelia Capitolia". Sebuah proyek bangunan megah ala romawi serta kuil pemyembahan dewa romawi di jerussalem.

 

 

 

 

 

 

 

proyek ambisius dari kaisar romawi menuai kontroversi, karena kota yerussalem merupakan kota yang disucikan bagi umat yahudi.

 

 

 

 

 keinginan kaisar hadrianus membangun ditentang masyarakat yahudi. hingga akibat mendengar isu tersebut, timbul kemarahan bagi para pemimpin agama (rabbi) di jerusalem.

 

 

 

hingga akhirnya timbul pemberontakan yahudi kedua atau yang disebut pemberontakan bar kochba sekitar tahun 135 masehi dengan dipimpin Bar Kochba.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

---isu kedatangan mesias dikalangan bangsa yahudi---

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

bagi sebagian orang yahudi pada masa itu, mereka menganggap Bar Kochba adalah mesias yang akan mendatangkan keselamatan dan membebaskan bangsa yahudi dari penjajahan.

 

 

 

kebenaran itu juga dikatakan oleh beberapa rabbi (ulama) yahudi bahwa Bar Kochba adalah mesias yang ditunggu.

 

 

 

Sebagian orang dari kalangan yahudi itu mempercayai jika kristus itulah yang dianggap sebagai "messias", Hingga mereka mempercayai ajarannya Dan menganut ajaran nasrani Kristen.

 

 

 

Tetapi sebagian dari kalangan yahudi seperti golongan pharisi atau golongan saduki kebanyakan tidak mempercayai begitu saja bahwa kristus adalah messias yang telah hadir.

 

 

 

Hingga pada saat kaisar Hadrian berkuasa, muncul is bahwa messias telah hadir di kalangan umat yahudi.

 

 

maka hal itulah yang membuat bangsa yahudi berupaya melakukan pemberontakan. isu kedatangan  " sang mesias yang ditunggu"  dan rencana kaisar Hadrianus yang ingin membangun proyek aelia capotolia membuat marahnya bangsa yahudi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-----pemberontakan Yahudi kedua----

 

 

 

 

 

 

 

Dengan sebuah isu kedatangan sang mesias yang dijanjikan dalam Kitab Taurat, saat pemimpin agama yahudi bernama rabbi akivi mempercayai kedatangan messias yang bernama Bar kochba.

 

 

 

 

 Bar kocchba dipercaya oleh umat yahudi sebagai sang messias yang didatangkan oleh tuhan untuk menyelamatan bangsa yahudi dari penjajahan.

 

 

 

 

 

bagi sebagian orang yahudi, ada yang menganggap yesus adalah mesias yang dinantikan oleh umat yahudi.

 

 

 

tetapi kebanyakan orang yahudi menolaknya, terutama orang-orang yahudi dari kalangan saduki menolaknya.

 

 

 

kaum pharisi salah satu golongan yahudi juga banyak dari mereka yang menganggap yesus adalah messias yang dinantikan.

 

 

 

 

 sekitar tahun 135 masehi, isu munculnya mesisas dikalangan umat yahudi meluas, bar kocba dianggap sebagai messias yang telah muncul

 

 

 

 

 

 

 

 Pemberontakan pun terjadi di yerussalem, legiun Romawi diserang dan terbunuh. Kaisar Hadrianus marah besar ketika berita itu sampai ketelinganya.

 

 

 

pemberontakan yang dipimpin oleh barkochba disebut sebagai pemberontakan yahudi kedua atau bar kochba.

 

 

 

 muncul pemberontakan di jerussalem, legiun romawi di jerusalem diserang dan dihancurkan. kota suci tersebut direbut kembali oleh umat yahudi. dengan cepat pemberontakan menyebar ke wilayah-wilayah lainnya hingga judea dan galila kembali direbut oleh orang yahudi dari tangan Romawi.

 

 

 

seperti halnya pemberontakan yahudi pertama pada zaman kaisar nero, pemberontakan yahudi kedua atau pemberontakan bar kochba berawal dari kota jerussalem hingga pada akhirnya menyebar ke wilayah lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 ---pemberontakan Yahudi ditumpas---

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kaisar Hadrianus menyuruh panglima Romawi sextus Julius untuk meredam pemberontakan yahudi.

 

 

 

 

 

Tidak tanggung-tanggung, panglima Romawi yang sedang bertugas di britania inggris itu dipanggil untuk mengambil alih tanah yahudi kembali di timur.

 

 

 

 

 

 

 

Legiun romawi yang diterjunkan menyerang, 50 benteng yahudi dihancurkan dan ratusan pemukiman yahudi diratakan dengan tanah serta dibakar.

 

 

 

 

 

Sebuah peristiwa yang tercatat dalam berbagai literatur. Kaisar Hadrianus yang murka mengusir bangsa yahudi dari tanah suci tersebut, dari kota yerussalem. Bangsa yahudi pun hanya diizinkan memasuki kota dalam waktu-waktu tertentu.


Selama 200 tahun orang yahudi dilarang masuk ke kota suci jerussalem. 


Dari zaman kaisar hadrianus hingga zaman kaisar marcus aurelius, dari abad ke 2 hingga abad ke 4 .



Baru pada abad ke 4, kaisar marcus aurelius mengizinkan orang yahudi masuk ke kota jerussalem, itupun hanya waktu-waktu tertentu saja.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sang kaisar pun melaksanakan proyek "aelia Capitolia" yang sempat tertunda di kota suci.

 

 

 

Sebuah proyek yang tadinya mendapatkan penolakan tegas dari bangsa jajahannya itu ternyata dapat direalisasi kan kaisar dengan cara-cara militeristik.

 

 

 

 

Tak heran hingga hari ini, para Arkeolog pun masih menemukan sisa-sisa bangunan dan benda-benda peninggalan romawi yang terkubur di bawah kedalaman tanah kota suci yerussalem.

 

 

 

 

 

 












-







---pengusiran orang yahudi dari kota Jerussalem-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

pemberontakan yahudi kedua berakhir dengan kehancuran bagi bangsa yahudi, banyak yang ditawan, dijatuhi hukuman mati atau bahkan disalib.

 

 

 

 

 

seperti halnya pemberontakan yahudi pertama pada era kaisar nero. Setelah itu terjadi pengusiran besar-besaran terhadap orang-orang yahudi dari kota suci tersebut.

 

 

 

 

 

untuk pertama kalinya orang-orang yahudi diusir dari kota sucinya sendiri. kejadian 2000 tahun yang lalu itu masih tercatat dalam berbagai sumber, yakni beberapa sejarahwan era kuno memberitakan hal tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

oleh kaisar Hadrianus, kaisar penguasa eropa, umat yahudi hanya diizinkan memasuki kota suci tersebut pada waktu-waktu tertentu saja. kaisar hadrian sempat melakukan pembangunan proyek Aelia Capitolia yang sempat tertunda .

 

 

 

 

Di Kota suci tiga agama, jerussalem Hingga saat ini masih ditemukan bangunan-bangunan romawi.

 

 

Selain itu, Sebuah peristiwa yang menjadi alasan bagi bangsa yahudi bermigrasi ke wilayah lainnya, karena sering mendapatkan kekerasan dan pengusiran dari bangsa penjajah tak ubahnya bangsa Romawi.

 

 

 

 

 Hingga akhirnya bangsa yahudi mengalami diaspora, bercerai berai tanpa tanah air.

 

 

 

 

 

Peristiwa yang terjadi kurang lebih 2000 tahun yang lalu itu dianggap oleh para sejarahwan dan penulis sebagai "pemberontakan yahudi kedua" serta masih tertulis didalam berbagai literatur sebagai kekejaman bangsa romawi di kota suci tiga agama tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

ketika islam menaklukan tanah tersebut, islam mengambilnya dari kerajaan romawi, bukan dari bangsa yahudi.

 

 

 

 

Karena sejak lama  berabad-abad sebelumnya, bangsa yahudi telah terpecah belah, bereksodus dan bercerai berai.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

periodesasi sejarah romawi  :

 

 

27 SM - 14 M    -------zaman kaisar Agustus

 

 

 

14 M - 37 M  ----------zaman kaisar tiberius

 

 

 

 

 

37 M  - 41 M  ---------zaman kaisar caligulla

 

 

 

41 M - 54 M ---------zaman kaisar claudius

 

 

 

 

54 M - 68 M -------- zaman kaisar Nero

 

 

 

68 M- 69 M    -------- masa empat kaisar.

          

 

 

69 M- 79  M ------------masa pemerintahan

                                   kaisar Vespasianus

 

 

 

 

 

 

 

79 M - 83 M ---------- masa pemerintahan

                                   kaisar titus

 

 

 

 

 

 

83 M - 96 M --------- masa pemerintahan

                                   kaisar Domiticus

 

 

 

 

 

96 M- 101 M -------   masa pemerintahan

                                   kaisar nerva

 

 

 

 

101 M- 1016 M -----masa pemerintahan kaisar trajan

 

 

 

1016 - 135 M  ---- masa pemerintahan kaisar hadrianus. terjadi pengusiran umat yahudi di yerussalem.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber diambil dari :

 

 

Kuliah empat agama, prof. Dr . Hamid Rasyidi

 

Sejarah gelap para kaisar Roma, Michael keringan

 

Ancient Roman civilization, BBC

 

Jerussalem 33, penerbit kompas






Tidak ada komentar:

Posting Komentar