Kisah Pengusiran orang yahudi dari kota Yerussalem
-
Kota yerussalem, kota suci tiga agama. Umat Islam kristen dan yahudi memiliki kepentingan dari kota suci tersebut.
Via
dolorossa, gereja Holy Spulcher, batu golgotta adalah salah satu dari sekian
alasan menjamurnya peziarah kristen ke kota suci.
Sementara
bagi umat muslim, kubbah al shakra, masjidil aqsa juga alasan bagi umat muslim
untuk datang ke kota suci dan berziarah ke yerussalem.
sejak
lama sebelum islam muncul, kota jerussalem merupakan kota yang dihuni oleh
orang-orang yahudi.
atau
bangsa bani israil, sejak munculnya kerajan yahudi bersatu dibawah raja daud,
sulaiman atau yang dikenal oleh umat islam sebagai nabi daud dan sulaiman.
Seperti
kisah-kisah sejarah ketika kaisar Romawi Caligulla ingin membuat patungnya
berdiri gagah di tanah yerussalem, ternyata bangsa yahudi murka serta melakukan
pemberontakan di aleksandria, mesir.
Tampaknya
orang yahudi tidak senang jika patung kaisar Caligulla, sang kaisar romawi
berdiri tegak di tanah kota yang disucikan.
Begitu
pula ketika penjajahan Romawi atas tanah yang dijanjikan,tanah kan'an,
penjajahan bangsa roma membawa bangsa yahudi atas penderitaan.
Bahkan
oleh kaisar Romawi, bangsa yahudi pun pernah diusir dari kota suci tersebut.
Akibat
penjajahan bangsa romawi selama berabad-abad, hal itu membuat bangsa yahudi berpecah belah tanpa tanah air
bahkan bereksodus. Sebagian dari mereka berpindah dan mencari hidup di tempat
lain.
tidak heran peristiwa yang terjadi pada masa lampau kini membuat orang-orang yahudi ada di banyak tempat, teritorial dan negara.
Orang-orang yahudi ada di eropa,
amerika di afrika, timur tengah karena peristiwa penjajahan bangsa romawi pada
masa lampau membuat mereka, bereksodus, berhijrah ke tempat lain.
Patung kaisar Romawi, hadrianus |
Awal mula penjajahan bangsa roma di
tanah palestina
umat yahudi (bani israil) dijajah
selama 7 abad lamanya oleh bangsa romawi. dimana sejak tahun 4 masehi, bangsa
yahudi di bawah pemerintahan para gubernur romawi.
gubernur romawi itulah yang berkuasa
atas bangsa yahudi, dimana para gubernur mempunyai hak berupa ekonomi, politik,
dan hukum atas bangsa yahudi.
se Ketika Romawi memasuki zaman
triumvirat I, romawi dipimpin oleh 3 penguasa yakni, pompeius, julius caesar
dan crassus. Ketiganya saling bersaing antara satu dan lainnya.
Dibawah pimpinan salah seorang
konsulnya, pompeius. Romawi menaklukan syria sekitar tahun 64 sebelum masehi.
Legiun romawi ditempatkan di wilayah tersebut dan romawi mendirikan propinsi di
wilayah timur.
Tidak lama kemudian, sekitar tahun 63
Sebelum masehi, tentara Romawi menaklukan yerussalem dan memaksa dinasti yahudi
merdeka, hasmonean dinasti mengakui kekuasaan Romawi.
Maka setelah penaklukan jerussalem
oleh pompeius tahun 63 SM, bangsa romawi berkuasa atas kerajaan yahudi merdeka
( hasmonean dinasty).
Bahkan romawi juga campur tangan
kerajaan yahudi tersebut. Contohnya pengangkatan hircanus sebagai pemimpin
dinasti yahudi itu karena andil dari pihak romawi.
Bangsa romawi juga menjadikan pesaing
hircanus, yaitu aristobolus sebagai
tawanan dan dieksekusi di kota Roma.
Tetapi terjadi persaingan antara
pompeius dan julius caesar sehingga pihak Romawi lengah atas kerajaan
bawahannya tersebut. Disaat itulah seorang penguasa, antigonos II naik tahta
atas dinasti yahudi, bahkan didukung oleh kekaisaran parthia (persia).
Ketika zaman kaisar agustus, sekitar
tahun 27 Sebelum masehi. Kaisar agustus meneguhkan gelar herodes sebagai raja
yahudi di pulau kecil dekat italia.
Pemerintahan raja yahudi, herodes
tidak ubahnya seperti "tangan kanan" bangsa Romawi, karena yang mengangkat
dan meneguhkan kedudukannya sebagai raja yahudi adalah petinggi dari bangsa
Romawi.
Selama masa kekuasaannya, herodes
agung atau yang disebut sebagai raja yahudi lebih pro pada bangsa romawi.
Karena sejak lama herodes telah banyak berinteraksi dan berkerja sama dengan
pihak romawi.
karena yang mengangkat dan meneguhkan
kedudukan herides sebagai raja yahudi adalah kaisar agustus yang merupakan
kaisar romawi. tidak heran pemerintahan
herodes lebih pro pada pihak romawi dari pada bangsa yahudi.
Ketika kaisar agustus berkuasa, sekitar tahun 4 masehi, secara resmi diangkat
gubernur romawi untuk memimpin bangsa yahudi. Bangsa yahudi berada di bawah
para gubernur romawi.
Secara politik dan pemerintahan, bangsa yahudi
diatur oleh Gubernur Romawi yang merupakan bawahan kaisar Roma. Gubernur romawi
itulah yamg berkuasa atas tanah galia dan judea . Maka sejak zaman tersebut
dimulailah era penjajahan secara total
bangsa romawi atas tanah yahudi.
cara ekonomi, bangsa yahudi di bawah
pemerintahan romawi, mereka harus membayar pajak yang ditetapkan oleh penguasa
romawi tersebut.
secara politik, gubernur romawi
itulah yang berkuasa atas tanah galila, judea atau yang disebut pada saat ini
sebagai tanah palestina. pada era tersebut raja yahudi hanyalah sebagai lambang
atau simbol belaka, kekuasaan yang sebenar-benarnya adalah di bawah para
gubernur romawi tersebut.
secara hukum gubernur romawi tersebut
bisa menetapkan hukuman-hukuman di pengadilan. orang-orang romawi atau yahudi
yang dianggap melakukan kejahatan bisa diadili di pengadilan romawi dan
diputuska hukumannya oleh gubernur romawi tersebut.
---Pengusiran orang-orang yahudi pada
masa kaisar Hadrianus----
penjajahan romawi atas yahudi telah
terjadi sejak masa pemerintahan kaisar agustus. pada tahun 6 masehi dimana
bangsa yahudi ditempatkan dibawah pemerintahan gubernur romawi. gubernur romawi
itulah yang berkuasa atas tanah galila judea selama berabad-abad.
Kaisar hadrianus, kaisar keempat
belas romawi, Masa pemerintahannya, kekaisaran romawi membentang dari tanah
britania Raya Hingga ke lembah Mesopotamia.
Adalah kaisar Hadrianus pada tahun
130 masehi ingin membuat proyek yang disebut "aelia Capitolia".
Sebuah proyek bangunan megah ala romawi serta kuil pemyembahan dewa romawi di
jerussalem.
proyek ambisius dari kaisar romawi
menuai kontroversi, karena kota yerussalem merupakan kota yang disucikan bagi
umat yahudi.
keinginan kaisar hadrianus membangun ditentang
masyarakat yahudi. hingga akibat mendengar isu tersebut, timbul kemarahan bagi
para pemimpin agama (rabbi) di jerusalem.
hingga akhirnya timbul pemberontakan
yahudi kedua atau yang disebut pemberontakan bar kochba sekitar tahun 135
masehi dengan dipimpin Bar Kochba.
---isu kedatangan mesias dikalangan
bangsa yahudi---
bagi sebagian orang yahudi pada masa
itu, mereka menganggap Bar Kochba adalah mesias yang akan mendatangkan
keselamatan dan membebaskan bangsa yahudi dari penjajahan.
kebenaran itu juga dikatakan oleh
beberapa rabbi (ulama) yahudi bahwa Bar Kochba adalah mesias yang ditunggu.
Sebagian orang dari kalangan yahudi
itu mempercayai jika kristus itulah yang dianggap sebagai "messias",
Hingga mereka mempercayai ajarannya Dan menganut ajaran nasrani Kristen.
Tetapi sebagian dari kalangan yahudi
seperti golongan pharisi atau golongan saduki kebanyakan tidak mempercayai
begitu saja bahwa kristus adalah messias yang telah hadir.
Hingga pada saat kaisar Hadrian
berkuasa, muncul is bahwa messias telah hadir di kalangan umat yahudi.
maka hal itulah yang membuat bangsa
yahudi berupaya melakukan pemberontakan. isu kedatangan " sang mesias yang ditunggu" dan rencana kaisar Hadrianus yang ingin
membangun proyek aelia capotolia membuat marahnya bangsa yahudi.
-----pemberontakan Yahudi kedua----
Dengan sebuah isu kedatangan sang
mesias yang dijanjikan dalam Kitab Taurat, saat pemimpin agama yahudi bernama
rabbi akivi mempercayai kedatangan messias yang bernama Bar kochba.
Bar kocchba dipercaya oleh umat yahudi sebagai
sang messias yang didatangkan oleh tuhan untuk menyelamatan bangsa yahudi dari
penjajahan.
bagi sebagian orang yahudi, ada yang
menganggap yesus adalah mesias yang dinantikan oleh umat yahudi.
tetapi kebanyakan orang yahudi
menolaknya, terutama orang-orang yahudi dari kalangan saduki menolaknya.
kaum pharisi salah satu golongan
yahudi juga banyak dari mereka yang menganggap yesus adalah messias yang
dinantikan.
sekitar tahun 135 masehi, isu munculnya
mesisas dikalangan umat yahudi meluas, bar kocba dianggap sebagai messias yang
telah muncul
Pemberontakan pun terjadi di yerussalem,
legiun Romawi diserang dan terbunuh. Kaisar Hadrianus marah besar ketika berita
itu sampai ketelinganya.
pemberontakan yang dipimpin oleh
barkochba disebut sebagai pemberontakan yahudi kedua atau bar kochba.
muncul pemberontakan di jerussalem, legiun
romawi di jerusalem diserang dan dihancurkan. kota suci tersebut direbut
kembali oleh umat yahudi. dengan cepat pemberontakan menyebar ke
wilayah-wilayah lainnya hingga judea dan galila kembali direbut oleh orang
yahudi dari tangan Romawi.
seperti halnya pemberontakan yahudi
pertama pada zaman kaisar nero, pemberontakan yahudi kedua atau pemberontakan
bar kochba berawal dari kota jerussalem hingga pada akhirnya menyebar ke
wilayah lainnya.
---pemberontakan Yahudi ditumpas---
Kaisar Hadrianus menyuruh panglima
Romawi sextus Julius untuk meredam pemberontakan yahudi.
Tidak tanggung-tanggung, panglima
Romawi yang sedang bertugas di britania inggris itu dipanggil untuk mengambil
alih tanah yahudi kembali di timur.
Legiun romawi yang diterjunkan
menyerang, 50 benteng yahudi dihancurkan dan ratusan pemukiman yahudi diratakan
dengan tanah serta dibakar.
Sebuah peristiwa yang tercatat dalam
berbagai literatur. Kaisar Hadrianus yang murka mengusir bangsa yahudi dari
tanah suci tersebut, dari kota yerussalem. Bangsa yahudi pun hanya diizinkan
memasuki kota dalam waktu-waktu tertentu.
Selama 200 tahun orang yahudi dilarang masuk ke kota suci jerussalem.
Dari zaman kaisar hadrianus hingga zaman kaisar marcus aurelius, dari abad ke 2 hingga abad ke 4 .
Baru pada abad ke 4, kaisar marcus aurelius mengizinkan orang yahudi masuk ke kota jerussalem, itupun hanya waktu-waktu tertentu saja.
Sang kaisar pun melaksanakan proyek
"aelia Capitolia" yang sempat tertunda di kota suci.
Sebuah proyek yang tadinya
mendapatkan penolakan tegas dari bangsa jajahannya itu ternyata dapat
direalisasi kan kaisar dengan cara-cara militeristik.
Tak heran hingga hari ini, para
Arkeolog pun masih menemukan sisa-sisa bangunan dan benda-benda peninggalan
romawi yang terkubur di bawah kedalaman tanah kota suci yerussalem.
-
---pengusiran orang yahudi dari kota Jerussalem-
pemberontakan yahudi kedua berakhir
dengan kehancuran bagi bangsa yahudi, banyak yang ditawan, dijatuhi hukuman mati
atau bahkan disalib.
seperti halnya pemberontakan yahudi
pertama pada era kaisar nero. Setelah itu terjadi pengusiran besar-besaran
terhadap orang-orang yahudi dari kota suci tersebut.
untuk pertama kalinya orang-orang
yahudi diusir dari kota sucinya sendiri. kejadian 2000 tahun yang lalu itu
masih tercatat dalam berbagai sumber, yakni beberapa sejarahwan era kuno
memberitakan hal tersebut.
oleh kaisar Hadrianus, kaisar penguasa
eropa, umat yahudi hanya diizinkan memasuki kota suci tersebut pada waktu-waktu
tertentu saja. kaisar hadrian sempat melakukan pembangunan proyek Aelia
Capitolia yang sempat tertunda .
Di Kota suci tiga agama, jerussalem
Hingga saat ini masih ditemukan bangunan-bangunan romawi.
Selain itu, Sebuah peristiwa yang
menjadi alasan bagi bangsa yahudi bermigrasi ke wilayah lainnya, karena sering
mendapatkan kekerasan dan pengusiran dari bangsa penjajah tak ubahnya bangsa
Romawi.
Hingga akhirnya bangsa yahudi mengalami
diaspora, bercerai berai tanpa tanah air.
Peristiwa yang terjadi kurang lebih
2000 tahun yang lalu itu dianggap oleh para sejarahwan dan penulis sebagai
"pemberontakan yahudi kedua" serta masih tertulis didalam berbagai
literatur sebagai kekejaman bangsa romawi di kota suci tiga agama tersebut.
ketika islam menaklukan tanah
tersebut, islam mengambilnya dari kerajaan romawi, bukan dari bangsa yahudi.
Karena sejak lama berabad-abad sebelumnya, bangsa yahudi telah
terpecah belah, bereksodus dan bercerai berai.
periodesasi sejarah romawi :
27 SM - 14 M -------zaman kaisar Agustus
14 M - 37 M ----------zaman kaisar tiberius
37 M
- 41 M ---------zaman kaisar
caligulla
41 M - 54 M ---------zaman kaisar
claudius
54 M - 68 M -------- zaman kaisar
Nero
68 M- 69 M -------- masa empat kaisar.
69 M- 79 M ------------masa pemerintahan
kaisar Vespasianus
79 M - 83 M ---------- masa
pemerintahan
kaisar titus
83 M - 96 M --------- masa
pemerintahan
kaisar
Domiticus
96 M- 101 M ------- masa pemerintahan
kaisar nerva
101 M- 1016 M -----masa
pemerintahan kaisar trajan
1016 - 135 M ---- masa pemerintahan kaisar hadrianus.
terjadi pengusiran umat yahudi di yerussalem.
Sumber diambil dari :
Kuliah empat agama, prof. Dr . Hamid
Rasyidi
Sejarah gelap para kaisar Roma,
Michael keringan
Ancient Roman civilization, BBC
Jerussalem 33, penerbit kompas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar