Kamis, 05 Januari 2017

Flavius Josephus sejarahwan yahudi abad pertama





        Kisah sejarahwan yahudi Abad pertama









patung  Flavius Josephus 








Setiap bangsa memiliki sejarahnya sendiri, bangsa manapun di belahan dunia ini. 




Sejarah itu ada yang masih tertuang hanya dalam cerita rakyat maupun yang tercatat secara nyata dalam bentuk kitab, prasasti atau  bentuk lainnya.






Sejarah kadang ditulis oleh sejarahwan pada masanya, seperti kisah-kisah sejarah bangsa Romawi yang ditulis oleh Tacitus, suetinus atau caussius Dio,





Contohnya orang romawi yang hidup pada masanya dan banyak menuliskan kisah bangsanya sendiri. 



Tulisan dari tacitus, suetinus banyak diambil dan dijadikan referensi bagi penulis buku pada masa sekarang.





Contohnya michael keringan penulis buku "sejarah Gelap para kaisar Roma yang mengambil dari tulisan Tacitus,suetinus yang merupakan sejarahwan zaman Romawi.





Begitu pula sejarahwan islam Ali bin hazmi yang dikenal di dunia barat dengan sebutan Al Kazem. 



Saat itu karya dari Ali bin Hazmi dijadikan bahan referensi oleh penulis pada masa sekarang.




Demikian juga Herodotus, .Sejarahwan era yunani kuno yang banyak memberitakan sejarah bangsanya sendiri melalui tulisan-tulisannya.




Josephus Flavius, sejarahwan yahudi juga  menulis kisah bangsanya sendiri, yakni bangsa yahudi.  seperti kisah-kisah perang Yahudi-Romawi tahun 66 Masehi, dsb.











flavius Josephus atau Josephus bin mathias





Flavius bukanlah nama sebenarnya, flavius adalah nama dari keluarga kaisar Romawi. Josephus dianggap saudara oleh keluarga kaisar titus sehingga ia diberikan nama keluarga kaisar. 


Sehingga namanya dikenal hingga saat ini sebagai Flavius Josephus.





Awalnya Josephus merupakan orang terpandang di kalangan bangsa yahudi. Ketika era penjajahan romawi di galila Judea (4-636 M), Josephus dekat dengan para rabbi Dan imam yahudi.




Hingga sebuah peristiwa mengantarnya beralih memihak bangsa romawi bahkan menjadi "saudara" bagi kaisar Roma.




Karya dari josephus hingga saat ini dijadikan sumber referensi baik buku-buku yang ditulis oleh penulis dari dalam negeri maupun luar negeri.



Yang berkaitan tentang sejarah yahudi banyak mengambil tulisan-tulisan dari josephus flavius.



 Sebanyak 20 buku ditulisnya yang disebut antiquitates judaicae yang berkisah tentang penciptaan hingga perang yahudi-romawi menjadi sumber nyata bagi penulis saat ini.





Nama aslinya adalah josephus bin mathias awalnya ia adalah salah satu pemimpin dalam pemberontakan yahudi terhadap bangsa romawi tahun 66 M.




Kisah sejarah perang yahudi-romawi atau pemberontakan yahudi tahun 66 masehi banyak dikisahkan oleh berbagai sumber termasuk kitab yang ditulis oleh sejarahwan yahudi tersebut.















Kisah pemberontakan yahudi tahun 66 masehi










Dalam perang yahudi-romawi atau peristiwa pemberontakan yahudi 1 tersebut , .Josephus awalnya menjadi Salah satu pimpinan dalam perlawanan yahudi terhadap Romawi.





Menurut BBC, dalam videonya Jewish Rebellion Josephus bahkan ikut berdiri di depan podium Serta.



menyampaikan pidato Dan propagandanya di jerussalem pada awal terjadinya pemberontakan yahudi zaman kaisar Nero tersebut.




Ia bersama imam yahudi dan para rabbi melakukan propagandanya untuk merebut kembali Kota jerussalem.




Ketika terjadi perlawanan orang yahudi, kaisar Romawi, Nero memerintahkan legiun tentara romawi di wilayah timur agar bergerak untuk menumpas pemberontakan tersebut.





Dibawah pimpinan general Vespasian, tentara romawi hampir saja menumpas pemberontakan itu, meskipun bersusah payah.





Meskipun pada awalnya sukses, Serangan tentara Romawi berujung kegagalan  Karena situasi internal di ibukota Romawi. Timbul pemberontakan di penjuru Romawi yang berakibat kaisar Nero mati di kudeta.




Pasca kaisar Nero dikudeta, beberapa orang kaisar Romawi naik jabatan, walaupun hanya memerintahkan beberapa bulan saja. Yakni galba, Otto Dan vittelius menjabat sebagai kaisar Dan nasibnya seperti kaisar Nero.



Tentara romawi bergerak ke tanah galia-judea untuk memberantas pemberontakan yahudi I dengan dipimpin oleh panglima Titus flavius.












____josephus membelot memihak roma___







Pada Masa kaisar Nero, kaisar Romawi itu gagal membendung pemberontakan yahudi I. Karena di wilayah romawi sendiri terjadi pemberontakan Dan kudeta terhadap Nero.





Baru ketika vespasianus naik jabatan sebagai kaisar, tahun 69 masehi pihak romawi segera menerjunkan legiunnya untukmenumpas pemberontakan yahudi I.






Dibawah pimpinan panglima Titus, romawi berhasil merebut satu persatu Kota di galila-Judea. Hingga akhirnya Josephus tertangkap.





Ketika tertangkap Josephus membelot, ia berpihak pada Romawi. Tak jelas alasannya, hingga ia berpihak pada tentara Romawi. 



Bahkan Josephus juga memberikan informasi penting pada tentara Romawi yakni pada kaisar Romawi yang baru naik tahta, vespasianus.





Bahkan josephus sempat bertemu secara langsung dengan kaisar Romawi, vespasianus Dan putranya Titus flavius setelah ia ditangkap oleh pihak Romawi.





Dengan informasi-informasi rahasia yang diberikan olehnya Hingga kemenangan pun diperoleh pihak penjajah Romawi.





Melalui informasi rahasia dari Flavius Josephus Romawi mulai memenangkan pertempuran Dan merebut satu Demi satu kota-kota galila Judea.




Ia juga ikut ketika tentara Romawi menyerang jerussalem pada tahun 70 masehi.





BBC menyiratkan bahwa flavius Josephus berada di garis depan pasukan Romawi bersama panglima Titus flavius ketika penyerbuan Kota suci tersebut.




Selama berminggu-minggu lamanya legiun Roma belum mampu menjebol tembok Kota jerussallem meskipun dengan berbagai strategi.



Tetapi Melalui informasi-informasi rahasia yang diberikan oleh flavius Josephus, tentara Romawi memenangkan pertempuran di jerussalem meskipun butuh berpuluh Hari lamanya dalam pengepungan itu.





Tentara Romawi dibawah panglima Titus juga menghancurkan "temple of jerusalem" Serta membakar Dan membunuh kaum yahudi yang bersembunyi di dalamnya.






Serangan tentara Romawi tahun 70 masehi dikisahkan oleh banyak buku sebagai peristiwa " kehancuran jerussalem".





https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_D7z-nXuwZjHcWVYLT2NM-Qwe0gwVZ6kawlm02BGQFk8AH-fkVR1ra7odpsdfB7na3GFPOjyHQKGlZqAl6HF9g5qXuo1FXGgF8ODbM55inbYOiyhwyAGJmaye4ioLKokn1I6IYrKM3TQ/s640/images.jpeg
Coloseum. Atau amphitheater, yang dibangun pada era perang yahudi-romawi





Pemberontakan yahudi  awalnya sukses, bangsa yahudi dapat merebut kembali tanah kelahirannya dari kekuasaan Romawi. Kota-kita di wilayah galila dan judea di rebut oleh kaum yahudi.






Seperti kota jotapata, kota masada serta kota yerussalem. Bangsa roma tidak mampu meredam pemberontakan di wilayah jajahannya tersebut hingga bertahun-tahun lamanya bangsa yahudi bebas dari penjahahan bangsa roma.





Ketika pemberontakan di tanah yahudi terjadi, disaat bersamaan terjadi pemberontakan di roma hingga kaisar Nero tewas akibat bunuh diri.




Tetapi kaisar vespasianus yang baru naik tahta mengutus putranya, panglima titus untuk merebut kembali tanah yahudi. Legiun romawi bergerak ke galila-judea dibawah pimpinan putra kaisar sendiri.




Kota-kota di palestina (galia-judea) direbut kembali hingga jerussalem. Tentara Romawi mengamuk dan membakar bangunan suci bait Allah.





Panglima titus sebenarnya melarang tentara romawi melakukan itu, tetapi tentara romawi yang kalap mengamuk dan membakar bangunan suci serta membunuh siapa saja yang berada di dalamnya.



 Akibat serangan bangsa Romawi, bangunan dan infrastruktur di kota tersebut hancur.




Peristiwa itulah yang disebut sebagai "kehancuran kota Jerussalem tahun 70 M". Ratusan orang yahudi pun menjadi korban, mereka di salib.




Saking banyaknya orang yahudi yang disalib, hingga kayu salib pun mengelilingi kota suci tersebut.










---josephus menjadi saudara bagi kaisar roma---






Setelah terjadinya perang yahudi-Romawi, atau pemberontakan yahudi I, Josephus bin matthias tinggal di kota Roma. Hubungannya dengan keluarga kaisar pun sangat dekat,





Pada era tersebut jarang orang yahudi yang memiliki hubungannya yang begitu dekat dengan kaisar Dan bangsawan roma, apalagi menjadi saudara. 



karena bangsa romawi menjadi penjajah bagi bangsa yahudi.





Terkecuali Josephus bin Matthias, bahkan ia dianggap seperti saudara kandung bagi kaisar Romawi.



hingga ia diberikan nama keluarga kaisar. hingga sampai saat ini ia dikenal dengan "Flavius Josephus".




Flavius bukan nama sebenarnya, flavius  itu adalah nama keluarga kaisar romawi yang diberikan padanya.




Flavius Josephus adalah orang yahudi yang dianggap saudara bagi Titus. Sejak pemberontakan yahudi itu hubungannya mulai dekat dengan kaisar vespasianus dam putranya Titus.





Hingga ia tinggal di Kota Roma pada akhirnya, meskipun ia orang yahudi tetapi hubungannya dengan orang-orang Romawi sangat dekat. Terutama dengan Titus flavius yang baru naik tahta.




Ketika Titus flavius naik jabatan sebagai kaisar, kaisar romawi itu tidak segan menberikan nama keluarga kaisar sehingga Josephus dikenal sebagai "flavius Josephus",



Hingga saat ini sejarahwan yahudi Abad pertama itu tidak lagi dikenal dengan dengan nama Josephus matthias., Tetapi dikenal dengan nama flavius Josephus. flavius  merupakan nama keluarga dari kaisar Titus flavius (flavius dynasty).





Sekitar tahun 93 masehi ia menuliskan sejarah tentang bangsanya sendiri, karyanya berjudul antiquitates judaicae sebanyak 20 jilid.






Hingga saat ini penulis sejarah zaman ini pun tidak luput dari karyanya, tidak jarang penulis sejarah yahudi atau sejarah Romawi memakai dasar referensi dari karya Flavius josephus.





Karya sejarahwan yahudi itu banyak dijadikan sumber referensi hingga Masa kini. 



Penulis buku macam Michael keringan, penulis sejarah Romawi atau penulis-penulis dari orang Muslim pun mengambil sumber dari tulisan flavius Josephus.





Di Salah satu bagian dari karya yang ditulis oleh flavius Josephus juga menceritakan kehancuran bagi bangunan suci "temple of jerussalem" atau bangunan bait suci milik bangsa yahudi serta kehancuran Kota jerussalem akibat serangan bangsa Roma.




Kitab yang ditulis sejarahwan yahudi tersebut menjadi sumber penting bagi sejarahwan Masa kini. 



Bahkan karya dari sejarahwan yahudi Masa silam tersebut diterjemahkan ke berbagai Bahasa.













periodesasi sejarah romawi  :







27 SM - 14 M  - --zaman kaisar Agustus




14 M - 37 M  ----zaman kaisar tiberius




37 M  - 41 M  ---zaman kaisar caligulla





41 M - 54 M ---zaman kaisar claudius






54 M - 68 M ---zaman kaisar nero
pemberontakan yahudi I, flavius Josephus menjadi salah satu pimpinan pemberontakan yahudi I.
Josephus tertangkap di Kota jotapatta.





68 M- 69 M    ---- masa empat kaisar
                                 Masa Penuh konflik





69-79 M - zaman kaisar Vespasianus
ditumpasnya pemberontakan yahudi I, flavius Josephus beralih mendukung Romawi. ia ikut bersama panglima Titus menyerbu Jerusalem.








79 M - 83 M ---- masa pemerintahan
                              kaisar titus flavius





83 M - 96 M --- masa pemerintahan
                              kaisar.Domiticus





96 M- 101 M ----  masa pemerintahan
                                 kaisar   nerva





101 M- 1016 M ---masa pemerintahan
                                kaisar trajan





1016 - 135 M  --- masa pemerintahan  
                                   Kaisar hadrianus
                                 









Sumber    :










Tinjauan mengenai agama masehi
Syeikh Abu zahrah




BBC, rebellion





Sejarah gelap kaisar Roma
Michael keringan




Buku Sejarah yahudi
Kuliah empat agama
Prof. Dr. Hamid rasyidi






T. Chehab, mantan guru besar Iain (uin) Jakarta dalam jurnal iain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar