Rabu, 04 Januari 2017

raja terbesar zaman kegelapan eropa, Charles the great





                      Raja terbesar Zaman kegelapan Eropa










Karel Agung, Charles the great atau Carolus Magnus












Wilayah perancis sejak lama merupakan teritorial kerajaan franka. Sebuah kerajaan kristen yang berdiri sejak abad ke 5.




 Asal kata perancis berasal dari bahasa francois kuno, yaitu,  frankland atau "tanah bangsa frank".





Kerajaan franka mengalami kejayaannya ketika dipimpin oleh seorang raja bernama charles the great, atau karel agung.




Dibeberapa literatur raja ini juga disebutkan sebagai :



-Carolus Magnus

-charlemagne

-Karel Agung

-karel yang besar

-kaisar romawi suci

-Holy Roman empire, Charles the Great







Eropa memasuki abad pertengahan setelah keruntuhan romawi barat pada tahun 476 hingga memasuki abad ke 14 dan 15.



Abad pertengahan kerap disebut sebagai zaman kegelapan eropa.



Di beberapa literatur disebutkan jika pada zaman itu eropa mengalami kemunduran dalam segi sains, ilmu, filsafat.







Pengaruh Dogma-dogma agama dalam masyarakat  Kristen eropa pun semakin kuat. otoritas paus sebagai wakil Tuhan di dunia membuat raja-raja eropa berupaya mendapatkan restu dari pemimpin tinggi gereja katolik.







Era abad pertengahan yang yang kadang disebut sebagai zaman kegelapan itu memunculkan masyarakat Kristen di segala penjuru benua biru. Penyebaran ajaran Kristen semakin marak,






bangsa Visigoth, bangsa franka, ostrogoth hingga bangsa slavia pada era abad kegelapan ini memasuki babak baru, yakni kristenisasi.






Misalnya bangsa franka yang beralih menjadi penganut Kristen sejak pemerintahan raja Clovis.




Pada masa inilah, yakni  era zaman kegelapan (abad pertengahan) raja Charles the Great, Charlemagne, atau carolus Magnus dianggap sebagai raja terbesar zaman kegelapan.





Tak jarang beberapa penulis menyebutkan hal demikian.










Charles the great atau Karel Agung





Charles adalah raja Franka yang memimpin sekitar tahun 764-814 masehi. Ia berasal dari keturunan seorang pahlawan kerajaan bernama karel martel.




pada era pemerintahannya, sepertiga wilayah Eropa menjadi wilayah bangsa franka dinasti Carolingians.






berbagai bangsa di Eropa seperti Saxony, suku-suku jerman, avars,dsb dibawah Pemerintahan dinasti Carolingians.







Ketika tentara muslim menyerang di bawah pimpinan abdurahman Al Ghafiqi, tentara muslim dipukul mundur dalam pertempuran di kota tours dan membuat nama karel martel dielu-elukan di seluruh prancis.





Charles the great adalah keturunan dari karel martel, Seorang pahlawan kerajaan franka yang berhasil mengusir invasi muslim dari tanah perancis.









Raja dengan kemampuan skill dalam berperang








Seperti layaknya seorang prajurit atau jenderal perang, Charles dikenal sebagai raja dan jenderal perang.





hal tersebut dikatakan oleh L.W.C Van den Berg seorang sejarahwan barat. Karel Agung sering memimpin sendiri tentaranya.






Ia memiliki skill yang bagus dalam memanah, menunggang kuda dan berenang. Kabarnya raja ini sanggup berenang menyebrangi sunga-sungai besar.




ia memiliki pedang legendaris yang disebut jeyouse dan mahir dalam pertarungan dengan menggunakan pedang.



Hal tersebut telah dibuktikannya dalam memimpin berbagai pertempuran di medan eropa, termasuk menyerang wilayah-wilayah pemerintahan muslim di spanyol.




Dibawah pemerintahannya, bangsa franka menguasai wilayah-wilayah yang sangat luas terbentang beribu mil jauhnya, mulai dari perbatasan pegunungan pyrenen di prancis hingga jerman, polandia, Austria dan italia utara.







Charles juga dikenal sebagai raja penyebar ajaran Kristen. Ketika ia menaklukan berbagai wilayah, kristenisasi pun dilakukan yang kadang memakai cara-cara pemaksaan, seperti yang ia lakukan terhadap suku-suku jerman layaknya suku Saxony.






Pilihan suku saxon hanya 2, yakni masuk Kristen atau mati.Sama halnya dengan kakeknya, pepin I yang melakukan kristenisasi di penjuru prancis.





Hingga pada akhirnya charles diangkat oleh paus sebagai Holy Roman empire atau kaisar Romawi suci di hari natal, tahun 800.




Tampaknya hubungan paus sebagai otoritas pemimpin tertinggi gereja katolik memberikan restu bagi raja terbesar abad kegelapan ini.






Hari natal tahun 800 Masehi, charles resmi menyandang gelar sebagai "holy Roman Empire".



pada masa pemerintahannya, banyak raja-raja eropa yang berupaya mendapatkan restu dari paus untuk terpilih menjadi kaisar romawi suci.





Tetapi pilihan paus nampaknya jatuh kepada charles the great.




Jadi raja Charles the Great selain menyandang gelar sebagai raja terbesar bagi bangsa franka dinasti carolingians, tampaknya ia juga resmi menyandang gelar sebagai kaisar romawi suci serta Raja terbesar zaman kegelapan eropa.

















-----Kehancuran tentara bangsa franks melawan tentara Muslim di roncesvalles-----









walaupun sering mendapatkan kemenangan dalam perang, Kaisar Romawi suci, raja terbesar abad kegelapan eropa, Charlemagne atau Charles the Great yang tentaranya dibasmi dalam pertempuran di Pyrenen barat di perbatasan perancis tahun 778 Masehi.





saat itu, Pemerintahan bani ummayah di spanyol sedang dipimpin oleh "emir Abdurrahman Ad Dakhil"  ketika bangsa Franks sedang menyerang wilayah spanyol di perbatasan pegunungan pyrenen.





Raja terbesar abad kegelapan, charles the great ( karel yang agung ) dan tentara kerajaan franka dihancurkan dalam pertempuran di roncesvalles, pyrenen barat. beruntung, karel agung selamat dalam pertempuran.




raja terbesar dinasti carolingians tersebut mendapatkan kehancuran total dalam pertempuran di roncesvales.




 Sang panglima kenamaan bangsa franka, roland yang syair-syairnya dipuja-puji pun tewas dalam pertempuran.






Niat dari kaisar romawi suci karel yang agung untuk mendapatkan tanah jajahan di spanyol pun malah berakhir tragis.






pada era pemerintahannya, bangsa Franks dinasti Carolingians menjadi "musuh" baik Pemerintahan Muslim di Spanyol.





tidak terhitung banyaknya pertempuran antara bangsa Franks dengan pihak Muslim ummayah di spanyol.










hubungan yang baik dengan khalifah Abbasiyah




raja karel agung dari kerajaan Franka menjadi musuh bagi pemerintahan ummayah dinasti di spanyol, tetapi dengan pihak bani abbasiyah dan khalifahnya raja tersebut memiliki hubungan yang baik





pada era Pemerintahan bani Abbasiyah, yakni era Pemerintahan khalifah Harun Ar Rasyid, sang khalifah Abbasiyah pernah mengirimkan banyak hadiah pada Karel Agung.





diantara hadiahnya adalah, gajah, barang-barang berharga Dan batu permata.sebagai tanda hubungan baik dengan pihak daulah Abbasiyah.









bani Abbasiyah mencapai puncak kemakmurannya pada era raja Harun Ar Rasyid. pada Masa pemerintahannya, ibukota Abbasiyah, Bagdad menjadi Kota yang tidak Ada bandingannya di dunia.









sehingga Bagdad dijuluki dengan Kita 1001 malam.

ternyata pihak kerajaan Franks memiliki hubungan baik dengan bani Abbasiyah.














Serangan kaisar romawi suci, Charles the great Dan tentara Franka ke Barcelona Dan catalonia.















ketika kerajaan islam ummayah dipimpin oleh emir hakkam I, terjadi serangan bangsa franka. Tentara kristen menyerang melalui pegunungan pyrenen dan mengambil alih kota barcelona.









dibawah raja karel agung ( charles the great) yang merupakan raja terbesar kerajaan franks dinasti carolingians, barcelona jatuh ketangan kerajaan kristen setelah pertempuran berlarut-larut lamanya.











Emir Hakkam, merupakan penguasa ketiga ummayah di Spanyol, pada awal pemerintahannya terjadi peristiwa serangan bangsa Franka dibawah pimpinan raja Karel agung (Charles the great).













Wilayah Catalonia, termasuk Kota Barcelona jatuh ke tangan tentara Franka tahun 801 masehi.









Setelah berhasil mengambil alih catalunya Dan Barcelona, Karel agung meneruskan invasinya Aragon Hingga satu persatu wilayah yang terletak di utara andalucia Spanyol jatuh ke tangan kaisar romawi suci, Charles the great.











Tetapi disaat invasi bangsa Frank's ke Spanyol, terjadi peristiwa dimana di wilayah bangsa Frank's sendiri banyak terjadi pemberontakan. Seperti pemberontakan suku saxony.









Ketika mengetahui terjadi pemberontakan Saxony di kerajaannya, Karel agung memilih kembali ke kerajaannya untuk mengamankan wilayahnya.







Sebelum kembali ke kerajaannya, Charles the great menunjuk putranya, Pepin untuk untuk memimpin tentara Franka ke Spanyol.









Hingga dibawah Pepin, tentara Frank berhasil merebut Aragon Dan Navarre di utara Spanyol.





Raja karel agung memiliki ambisi untuk menguasai spanyol. Ia juga dikenal sebagai raja penyebar ajaran kristen. Seperti yang dilakukan terhadap suku-suku saxon.







Pilihan suku saxon hanya dua, mati atau masuk kristen. Tampaknya raja kristen tersebut melakukan pemaksaan ajaran agama terhadap wilayah yang ditaklukannya.









Tentara Kristen Franks berhasil merebut Kota Barcelona Dan wilayah Catalonia. Diteruskan Hingga menginvasi aragon sampai ke perbatasan sungai ebro.









Pada masa pemerintahan karel agung, ketika pemerintahan islam tengah lemah akibat konflik internal dan perebutan kekuasaan, disaat yang bersamaan muncul invasi dari tentara kerajaan kristen franka dan mengambil alih kota barcelona.























keturunan Charles martel















Karel Agung merupakan keturunan Charles Martel, yakni pahlawan tentara Kristen frank' dari serangan tentara Muslim.







kisahnya bermula ketika tentara Muslim menyerbu daratan prancis. Dibawah gubernur Muslim wilayah Andalusia (spanyol-portugal) tentara Muslim berupaya until mengambil alih daratan prancis.







pada Tahun 732 masehi tentara Muslim hampir menuju Kota Paris, di Kota Tours, hanya beberapa puluh kilometer dari Paris, tentara Muslim berhadapan dengan Panglima Franks , Charles Martel.











Tetapi dalam pertempuran dikota Tours tentara muslim berhadapan dengan panglima bangsa frank yang terkemuka, yakni charles martel.


Tidak seperti sebelumnya, jika tentara muslim sukses merebut satu persatu wilayah di perancis.



dalam pertempuran di kota Tours tahun 732 masehi, tentara muslim mengalami kekalahan dalam pertempuran.



Kemenangan bangsa franka dalam pertempuran di Kota Tours membuat panglima Charles martel dielukan oleh masyarakat franka.


Bahkan charles martel mendapat pujian dari berbagai penguasa franka dan disegani masyarakat frank.



Hingga suatu peristiwa yang mengubah sejarah bangsa franka, karena pada akhirnya keturunan charles martel itulah yang menjadi raja-raja dan penguasa di kerajaan franka pada nantinya.


Keberhasilan charles martel dalam menumpas tentara muslim dalam pertempuran kota Tours membuat masyarakat franka perancis lebih senang akan sosok panglima tersebut, bahkan pamor karel martel lebih taji dari pada pemimpin meroviangians sekalipun.


hingga pada masa berikutnya, keturunan charles martel itulah yang menduduki singasana kerajaan franka.



hingga suatu peristiwa yang mengubah sejarah dari kerajaan franka.


















raja dengan banyak gelar











diantara raja-raja Eropa pada masanya, Charles the great. atau Karel Agung Paling banyak mempunyai gelar,







gelar tersebut adalah :










1. kaisar Romawi Suci (Holy Roman Empire)




2.Raja terbesar Zaman kegelapan Eropa (dark ages)




3. Raja terbesar bangsa Franka




4. Raja terbesar dinasti Carolingians, dsb.












pandangan banyak sejarahwan pada era pemerintahannya bangsa franka mencapai puncak dari segala kekuasaan melebihi raja-raja bangsa Frank sebelumnya Dan setelahnya.





Hingga pandangan dari sejarahwan barat menjulukinya dengan gelar "the Great"





















sumber :



















Sejarah Eropa, dari Zaman kuno Hingga Zaman modern



sejarah Eropa, universitas terbuka



sejarah dinasti ummayah II, joesoef syuaib



buku sejarah kartun peradaban





1 komentar: