Senin, 05 Desember 2016

Kisah Islam di spanyol abad 9, wilayah terkaya di eropa



















Alhambra palace, peninggalan Muslim bani ahmar di granada



























 Daratan spanyol pernah menjadi wilayah teritori islam selama berabad-abad. Selama 700 tahun umat islam eksis di spanyol dan memainkan peranan penting dalam peradaban tanah spanyol-portugal atau wilayah yang dahulu bernama vandalusia atau al andalus.





wilayah spanyol dulu bernama semenanjung iberia dan vandalusia, dimana bangsa vandal pernah bermukim disana sebelum kedatangan bangsa moor muslim. 




Nama andalusia atau vandalusia sendiri berasal dari nama sebuah bangsa yang menetap di wilayah tersebut, yakni bangsa Vandal. Hingga ketika muslim berkuasa atas tanah tersebut, wilayah tersebut dinamakan al andalus.



kemudian pada abad ke 4 berdiri kerajaan goth atau visigoth yang merupakan penghuni wilayah spanyol selama berabad-abad sebelum masuknya ajaran islam ke tanah tersebut.




hingga ketika pemerintahan kerajaan ummayah berdiri, dilakukan penaklukan ke Spanyol.



Penaklukan wilayah spanyol terjadi Sejak tahun 711, yaitu ketika Pahlawan Islam Thariq bin Ziyad menaklukan wilayah tersebut. 




Thariq bin ziyad menjadi pelopor kemenangan muslim atas wilayah tersebut sehingga daratan spanyol dan portugal menjadi salah satu propinsi islam dibawah para khalifah bani ummayah di damaskus.



Tahun 756,  berdiri pemerintahan bani Ummayah II yang berpusat di Cordova. Berbagai macam kota menjadi wilayah Islam. 




Seperti kota Barcelona, Saragossa, toledo, merida, sevilla, Valencia, almeria, granada hingga kota lisabon di Portugal.





dimana wilayah islam di spanyol terbagi-bagi menjadi beberapa propinsi seperti propinsi catalonia, aragon, castile, lusitania, dsb



Barcelona adalah ibukota wilayah Catalonia. Saraagosa adalah ibukota wilayah Aragon. adalah ibukota wilayah castille.







 
istana aljaferia, peninggalan islam bani hud di zaragossa











              ---Islam di spanyol, wilayah kaya di eropa pada masa silam---



Hal itu diungkapkan Oleh historian's history in the world, bahwa wilayah islam di andalusia pernah menjadi wilayah paling makmur di eropa.
Selain itu diungkapkan Oleh T.B. Irving Dan banyak sumber lainnya.




Bahkan sejarahwan orientalis dari Leiden, belanda bernama Reinhart Dozy mengungkapkan Hal yang Sama. Ahli sejarah Andalusia tersebut mengungkapkan kemakmuran kota-kota di Spanyol ketika dibawah  pemerintahannya Muslim.



Bukan hanya sejarahwan dari kalangan Islam yang mengatakan demikian, tetapi berbagai tulisan dari kalangan non Muslim, penulis barat, juga menyertakan Hal yang Sama.














-----kota-kota di Spanyol, penghasil komoditas --




kota cordoba merupakan pusat dari peradaban kerajaan islam ummayah I, ternyata di kota tersebut terdapat banyak penenun. permadani dan sutra dihasilkan dari kota tersebut. 




menurut buku 'rajawali dari spanyol" yang ditulis oleh T.B Irving, kurang lebih ada 15.000 penenun sutra dikota itu. selain menjadi pusat pemerintahan, kota tersebut menghasilkan banyak permadani yang indah. bahkan permadani itu dikirim ke wilayah lainnya.





Sedangkan Kota Valencia,  cartagena, cadiz adalah kota pelabuhan yang ramai dikunjungi pedagang. seperti halnya kota Genoa di Italia atau kota pelabuhan venezia. 




kota tersebut juga banyak sekali pedagang asing yang berlabuh dan mengadakan transaksi dagang.



Cordova sebagai Ibukota dari keseluruhan pemerintahan terdapat taman-taman yang indah dan terdapat Air mancur di pusat kota Cordova. 




cordouba, iberi baht, yang telah ada sejak era kekaisaran romawi, yakni ketika andalusia menjadi wilayah romawi. 



tetapi tampaknya ketika islam berkuasa, kota cordoba tersebut semakin asri karena pembangunan taman-taman dan air mancur di pusat kota. hal itu diungkapkan oleh R. Dozy seorang sejarahwan dari belanda, Leiden.




selain itu di kota cartagena, cadiz dan valencia juga menyimpan kekuatan kapal perang islam.disitulah ditempatkan kapal perang milik islam. 



Dimana bila terjadi pertempuran laut, para emir islam mengerahkan kapal-kapal perang dari kota tersebut.



Sedangkan Sevilla, toledo adalah kota yang dikelilingi tembok pertahanan. yang nampaknya tembok itu sebagai menangkal serangan musuh.


sevilla merupakan penghasil minyak zaitun yang sangat berguna bagi pengobatan Dan makanan, Hal itu karena di sekitar sevilla perkebunan zaitun luas terhampar berhektar hektar banyaknya.




 minyak zaitun memiliki berbagai macam fungsi, sebagai bahan pembuatan makanan, pengobatan hingga digunakan untuk keperluan militer.








sedangkan kota toledo merupakan penghasil pedang dan senjata-senjata. banyak para pandai besi yang membuat perlengkapan perang di kota tersebut. pedang dan senjata-senjata berkualitas dihasilkan di kota itu.




sedangkan pertambangan emas diusahakan di sekitar sungai ebro dan darro. di dekat kota lerida wilayh aragon. 




kabarnya seperti yang dikatakan oleh banyak sumber jika pertambangan di sana sudah ada sejak romawi berkuasa dibawah pemerintahan kekaisaran. 

Bangsa romawi pernah memimpin tanah Spanyol, sebelum Islam Ada disana, Dan mereka mengambil keuntungan Melalui pertambangan.




hingga ketika tanah andalusia menjadi bagian dalam pemerintahan muslim. pertambangan di sana masih ada, yakni di sekitar sungai darro, dan sungai elbro di didekat kota lerida.




 pihak muslim menyadari jika sejak lama pertambangan di wilayah itu sudah ada, maka pertambangan di wilayah tersebut terus dilakukan.




pembuatan kapal banyak dilakukan di sekitar tortossa, karena di wilayah tersebut terdapat banyak pohon atau kayu yang digunakan untuk pembuatan kapal.




 sebagai sebuah kerajaan, pihak daulah bani ummayah juga mempunyai kapal perang untuk kepentingan angkatan laut. kota-kota di pesisir spanyol selatan dan spanyol timur merupakan tempat kedudukan angkatan laut tersebut.





Menurut Buku Historian Of History in the world, buku teks berbahasa inggris itu menyebutkan wilayah islam sebagai wilayah terkaya di eropa. Bahkan lebih makmur dari pada kerajaan-kerajaan kristen di eropa pada masanya.




Dibawah pemerintahan islam, daratan spanyol menjadi wilayah termakmur di eropa seperti yang dijelaskan dalam buku historian of history of the world.


menurut buku tersebut kota Cordova merupakan penghasil permadani yang indah. Kota toledo menghasilkan pedang-pedang berkualitas.




 Di sekitar kota sevilla merupakan wilayah subur dengan perkebunan zaitun yang luas yang menghasilkan minyak zaitun.




 Sedangkan kota Cartagena, cadiz dan Valencia adalah kota dengan pelabuhan yang ramai dikunjungi oleh orang-orang eropa sekaligus tempat armada kapal perang Islam.











 
Generalife Gardens, Al hambra







Historians' History of the world menyebutkan wilayah islam di spanyol lebih makmur dari pada kerajaan-kerajaan kristen di sekitarnya seperti kerajaan franka, kerajaan asturias-leon, castille dsb.



 begitu juga seorang penulis T.B irving menuliskan tentang kemakmuran islam di wilyah portugal dan spanyol masa silam



Buku historian's history of the world juga menyebutkan bagaimana wilayah islam di spanyol dengan kota-kota pelabuhannya selalu ramai dengan pedagang Asing serta  berbagai pelancong yang mirip dengan kota genoa dan venezia di italia. 



Kisah kemakmuran Islam di Spanyol dengan kota-kotanya juga dikatakan oleh sejarahwan asal Leiden, Reinhart Dozy yang merupakan ahli sejarah Islam andalusia.




Reinhart dozy, ahli sejarah andalucia, dari leiden, Sejarahwan orientalis tersebut tidak sungkan untuk  memuji jika Kota Cordoba Penuh dengan bangunan-bangunan megah, serta taman-taman Dan air mancur di pusat Kota.

Menurutnya, Pembangunan itu semakin pesat, Sejak pemerintahan Islam muncul di Spanyol.




Hingga interaksi ekonomi antara orang moors muslim dengan bangsa eropa di kota-kota pelabuhan muslim, layaknya valencia, cadiz dan cartagena.







Puncak dari kemakmuran tersebut terjadi ketika Emir/penguasa kelima yang bernama Emir Muhammad berkuasa sekitar tahun 860 M.



lebih lanjut ketika wilayah andalusia sangat makmur, orang-orang kristen menghuni tempat yang disebut navas de tolosa, 




wilayah navas de tolosa tersebut merupakan wilayah pertanian yang subur yang banyak dihuni oleh orang-orang kristen. tampaknya ada kebebasan beragama yang diberikan oleh penguasa islam di spanyol kepada penganut kristen. 



Masyarakat Kristen Dan yahudi juga banyak menghuni wilayah Andalusia, mereka masih di berikan kebebasan beragama oleh pemerintahan Muslim.




                                          



 Tetapi kemakmuran tersebut mengundang bangsa lainnya untuk menyerang. Hingga  wilayah islam yang makmur terswbut menjadi sasaran bagi bangsa-bangsa perompak layaknya viking. 





Bangsa viking menyerang berkali-kali, membakar kota-kota dan menjarah harta benda. Hingga pertempuran antara emir islam dengan bangsa viking tidak terhindarkan.






Kemakmuran Islam di Andalusia Spanyol membuat bangsa Viking menyerang. Tercatat beberapa Kali Viking menyerang, seperti tahun 842 M, 847 M, 859 M, 866 M, wilayah Islam di Spanyol menjadi sasaran bagi bangsa skandinavia tersebut.
 










Hingga akhirnya, lambat laun seiring dengan gerakan reconquista yang kerap dilakukan penguasa-penguasa kristen selama berabad-abad menyebabkan satu persatu wilayah islam diambil alih oleh penguasa kristen. hingga pada abad ke 15 wilayah muslim yang tersisa di spanyol hanya tinggal di granada.















periode sejarah islam di spanyol   :



tahun 711-750   M    
--dibawah pemerintahan bani ummayah I


tahun 756-1031  M     
--dibawah pemerintahan bani ummayah II

                                  

tahun 1031-1086 M   
  --di bawah pemerintahan raja-raja kecil
      (muluk al thawaif)


tahun 1086-1147      
-- di bawah pemerintahan 
    dinasti murabithun
     (AlMorad Dinasty)









Diambil dari buku  :


*historian of history in the world

*joesoef syoaib " sejarah dinasti ummayah II"

*T.B Irving, Rajawali dari Spanyol











































                                        











Tidak ada komentar:

Posting Komentar