Minggu, 04 Desember 2016

Alasan wajah orang Spanyol, Portugal dan Arab mirip





Alasan wajah orang spanyol dan portugal mirip orang Arab.





















Pada umumnya, wajah orang spanyol berbeda dengan orang eropa kebanyakan. Mereka berwajah mediteran, beralis tebal layaknya pesepakbola raul gonzalez, atau xavier hernandez, Tidak seperti orang-orang inggris, jerman atau prancis.

 

 

 

 

 

 

 

kita dapat menganalisa melalui pendekatan sejarah bahwa Spanyol dan portugal pernah menjadi wilayah islam selama berabad-abad. Sebuah wilayah yang dahulu dinamakan Al Andalusia, vandalusia atau semenanjung Iberia.

 

 

 

 

selama kurun waktu 700 tahun, islam ada di spanyol, memainkan peranan politik penting melalui kerajaan-kerajaan, dinasti dan penguasa.

 

 

selama 700 tahun itulah terjadi berbagai asimilasi, akulturasi antara budaya eropa dengan budaya islam terjadi.

 

 

 

 

islam muncul di spanyol kurang lebih tahun 711-1492. hingga pada akhirnya terjadi perang di spanyol dan umat islam terusir dari bumi spanyol.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

bangsa Visigoth (gothic), penguasa spanyol sebelum kemunculan Islam di spanyol-portugal

 

 

    

  

 

 Awalnya wilayah spanyol Dan Portugal dipimpin oleh bangsa Visigoth, yakni Salah satu bangsa di Eropa selain Anglo-Saxon, ostrogoth, Saxony, Franks, slavia, vandal, dsb.

 

 

 

Awalnya mereka bermukim di sekitar Eropa bagian Timur kemudian berpindah ke selatan perancis. 





Tetapi dalam perang melawan bangsa Franks, pada abad ke 5 Visigoth mengalami kekalahan Dan menyingkir ke spanyol Dan membentuk dinasti/kerajaan yang berpusat di Kota Toledo.

 

 

 

Ciri fisik Visigoth lebih dekat ke ostrogoth, karena awalnya Visigoth Dan ostrogoth adalah satu nenek moyang yang kemudian terpecah belah.

 

 

 

Hingga kemudian datang invasi Muslim ke spanyol yang ternyata juga didukung oleh sebagian pembesar Kristen di spanyol.

 

 

 

 

 

 

 

 

awal Mula kedatangan Dan serangan tentara Muslim


 

 

 

 

Penaklukan islam di spanyol bermula ketika 7000 pasukan yang dipimpin oleh Thariq bin Ziyad memenangkan pertempuran di tepi sungai Barbate melawan penguasa kristen visigoth yang bernama Roderick pada bulan Juli tahun 711.

 

 

 

 

Kemenangan islam bukan tanpa sebab, kerajaan kristen sebelumnya, yaitu visigoth sedang berkonflik dengan penguasa kristen lainnya sehingga memudahkan invasi Islam di bawah Thariq bin ziyad.

 

 

 

Kota-kota penting di spanyol menjadi wilayah Islam.

 

 

 

Cordova, Almeria, Granada, Merida, sevilla, Barcelona hingga perbatasan pegunungan Pyrenen di perbatasan Spanyol dengan Prancis.

 

 

 

 

 

Invasi terhadap Spanyol terjadi ketika Khalifah walid bin Abdul Malik yang merupakan khalifah ke 6 memerintah di Damaskus. dan spanyol pun menjadi salah satu propinsi dari pemerintahan islam kekhalifahan bani Ummayah.

 

 

 

 

 

Setelah invasi muslim ke spanyol, Suku-suku dari timur tengah berdatangan, seperti suku Arab yamani dan mudhari. Kedua suku tersebut asalnya dari Timur-tengah dan berpindah ke Spanyol pasca invasi Islam.

 

 

 

 

Dua suku tersebut bisa dikatakan yg terbesar karena jabatan Gubernur Islam sering dipegang oleh kedua suku tersebut. Selain itu suku-suku arab lainnya seperti suku kaisi dan  fihri juga menghuni dan menjadi masyarakat islam disana.

 

 

 


Penaklukan Islam ke Spanyol terjadi pada era khalifah ke 6 pemerintahan ummayah walid bin Abdul Malik. Tahun 711, dengan dipimpin oleh panglima that I bin ziyad, tentara Muslim berdatangan untuk menyerang bangsa gothic di Spanyol.

 

 



Invasi tentara Muslim ke Spanyol dibawah thariq bin ziyad membuahkan hasil dengan direbutnya kota-kota penting seperti Toledo, Cordoba.

 

 

Disusul gubernur afrika utara, Musa bin nushair yang bergerak memimpin tentara Muslim untuk dapat merebut Kota penting lainnya.

 

 

 

jadi pasca penaklukan spanyol oleh tentara muslim, spanyol dijadikan salah satu bagian propinsi dari kekhalifahan bani ummayah.

 

 

 

 

 

 

 



Alhambra palace, peninggalan bani ahmar di granada









Suku-suku Dari timur tengah berdatangan, bermigrasi Dan menetap di spanyol-portugal.

 

 

 

 

setelah islam berhasil menaklukan daratan spanyol, atau wilayah yang dikenal dengan nama semenanjung iberia/Andalusia. sejak masa itu berbagai suku arab berdatangan ke spanyol seperti suku arab yamani, mudhari, fihri, dsb.

 

 

 

 

 

 

diantara suku-suku dari timur tengah yang berdatangan ke spanyol saat itu, yang terbesar adalah suku arab yamani dan mudhari.

 

 

 

Dua suku tersebut sering kebagian " jatah" jabatan sebagai gubernur mudlim wilayah andalusia (spanyol).

 

 

 

 

 

Suku Arab yamani yang Ada di Andalusia datang Dari daerah kahtan , Arab selatan (yaman). Suku Arab Arab mudhari datang Dari wilayah daerah sungai efrat (sekitar Iraq).

 

 

 

Suku Arab kaisi banyak di wilayah suriah (Syria) pada Masa silam. Yang kemudian Setelah Islam menaklukan Spanyol pada Masa silam, terjadi migrasi suku-suku Dan kabilah Dari timur tengah Dan mulai menetap di spayol diantara adalah suku yamani, mudhari, kaisi, fihri, dsb.

 

 

 

 

Diantara suku dari Timur tengah yang berdatangan ke spanyol, Salah satu bagian yang terbesar adalah suku Arab yamani Dan mudhari.

 

 

 

 

Keduanya sering berkonflik karena urusan politik, perebutan kekuasaan. Sering terjadi konflik antar kedua suku Arab tersebut di spanyol, diantara pernah terjadi pada sebelum berdirinya daulah bani ummayah II, atau konflik yang terjadi pada Masa pemerintahanI Abdurrahman II Al Ausath.

 

 

 

 

Kemudian berbagai kabilah, bani Dan suku lainnya berdatangan ke Spanyol, seperti kabilah bani hudiyah (penguasa Kota zaragossa Abad 11), bani ziriyah,  bani tujibi, bani ahmar dsb, pernah menghuni wilayah Spanyol selama berabad-abad lamanya Secara turun temurun.

 

 

 

orang-orang Berber Muslim juga menetap di spanyol-portugal atau wilayah yang dahulu disebut sebagai "andalucia".

 

 

 

Kedatangan orang-orang Berber Muslim ke spanyol dikarenakan berbagai faktor Salah satunya adalah keinginan dari para pemimpin daulah bani ummayah II di spanyol.

 

 

 

 

Seperti pada akhir Abad ke 10 masehi, orang-orang Berber Muslim berdatangan ke Andalusia spanyol-portugal dengan berbagai sukunya seperti beni zenata, beni adawa, beni yahgran, dsb Dan menetap di kota-kota di spanyol.

 

 

 

Seperti pada Zaman khalifah Hisyam II Al muayyad memimpin Andalusia, orang-orang Berber dengan para pemimpinnya diundang untuk masuk dalam kemiliteran.

 

 

 

 

Diantaranya Kota yang banyak di tempati oleh orang-orang Muslim Berber adalah Kota yang dinamakan pada era tersebut dengan nama az-zuhra.

 

 

 

 

 

 

 

warna Hijau : wilayah islam di spanyol










Perkawinan  campuran, orang islam dengan eropa-

 

 

 

Selama islam serta suku-suku arab tersebut ada di spanyol, terjadi perkawinan campuran antara orang-orang keturunan Arab dengan bangsa Eropa.

 

 

Hal itu dikatakan oleh Sejarahwan Islam Ali bin Hazmi atau yang kenal di dunia barat sebagai "Al Kazem".

 

 

 

 

menurut Ali bin Hazmi yang hidup sekitar abad 9, perkawinan itu bukan hanya terjadi dikalangan Rakyat, tetapi perkawinan campuran antara bangsa arab dan eropa juga sampai kepada keluarga istana dan para pembesar Islam.

 

 

Bahkan Ada pula sultan Dan khalifah Serta pembesar Muslim di tanah Andalusia yang beristrikan orang-orang keturunan Eropa.

 

 

 

 

Tak heran hingga saat ini, wajah orang Spanyol dan portugal masih menyimpan kemiripan-kemiripan dengan orang Arab.

 

 

 

 

 

 

Perkawinan di kalangan rakyat terjadi karena adanya penduduk spanyol beragama kristen berpindah agama menjadi Islam. Hal tersebut terjadi selama berabad-abad, dalam jangka waktu yang sangat lama.

 

 

 

Ketika pemerintahan Bani Ummayah berdiri tahun 756 M jumlah penganut Islam semakin banyak. Ada penganut ajaran Kristen yang berpindah ke islam. Atau sebaliknya Ada orang-orang Islam yang berpindah agama ke Kristen.

 

 

 

Begitu juga seterusnya hingga memasuki abad ke 14 atau 15, perkawinan campuran terus terjadi.

 

 

 

 

Dan selama islam di Spanyol, banyak terjadi perkawinan campuran antara orang-orang keturunan arab dengan Orang Eropa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penaklukan ke spanyol-portugal berhasil, sedangkan ke prancis gagal

 

 

 

 

Daratan spanyol  Dan Portugal sempat dipimpin oleh para emir Islam, khalifah Dan sultan Islam selama berabad-abad. Hingga berbagai bani, suku, dari timur tengah berdatangan Dan menetap di spanyol selama berabad-abad.

 

 

 

Tetapi penaklukan ke prancis mengalami kegagalan.

 

 

 

Pernah dilakukan upaya oleh tentara Muslim untuk menyerang wilayah prancis, namun gagal. Misalnya pada Zaman khalifah ke 10 bani ummayah dibawah gubernur Abd Al ghafiqi mengalami kegagalan.

 

 

Begitu juga pada Zaman khalifah ke 7 bani ummayah, Sulaiman bin Abdul Malik,  dibawah panglima at tsakaffi, penaklukan ke prancis juga gagal.

 

 

 

Sehingga tidak seperti daratan spanyol-portugal dibawah Pemerintahan Muslim selama berabad-abad, daratan prancis belom tersentuh oleh Muslim pada Masa silam.

 

 

 

Islam hanya menorehkan sedikit kekuasaannya di tanah prancis, seperti pada Zaman era bani fathimiyyah dimana wilayah pantai Calabria (pantai selatan prancis) sempat Diambil alih oleh bani fathimiyyah. Tetapi itu pun dalam jangka waktu yang tidak lama, tidak seperti daratan spanyol-portugal ketika dibawah pemerintahan Muslim.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemerintahan raja-raja kecil Muslim (mulk Al thawaif)


 

 

 

 

 

Setelah runtuhnya Pemerintahan bani ummayah II atau ummayah Dynasty II di daratan Andalusia, kepemimpinan islam terpecah belah ditandai dengan Pemerintahan Raja-raja kecil Muslim.

 

 

 

 

 

tidak seperti era bani ummayah II, dimana pemerintahannya satu kesatuan yang utuh. Pemerintahan raja-raja kecil tersebut hanya sebesar Kota saja, yakni. :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Bani Abbad menguasai Pemerintahan di Kota Cordoba, spanyol.

 

 

 

2. bani ziriyah menguasai pemerintahan di selatan spanyol, yakni Granada.

 

 

 

3. Bani dzun nun, menguasai kota-kota di utara spanyol yang berbatasan dengan kerajaan Kristen Castile, Leon Dan Galicia.

 

 

 

4. bani amiriyah, menguasai kota-kota di andalucia timur seperti Valensia (balansiyah)

 

 

 

 

5. Bani tujibi Dan Hudiyah, menguasai kota Saragossa di utara spanyol.

 

 

 

 

 

 

Bani atau  kabilah penguasa kota-kota di spanyol tersebut tersebut asalnya dari timur tengah, Dan dari suku Berber (afrika utara). yang sejak lama menghuni wilayah kota-kota di spanyol. Era pemerintahan itu disebut sebagai Mulk Al Thawaif (pemerintahan raja-raja kecil Muslim di andalusia) yang berlangsung selama berpuluh tahun lamanya.

 

 

 

 

 

 

                Generalife Gardens Al Hambra

 

 

 

 

 

 

 






Perkampungan albeyzin di granada,

 

 

 

 

 





Hingga saat ini masih terdapat perkampungan suku-suku arab di spanyol. Seperti perkampungan albayzin yang terdapat di granada.

 

 

 

Ciri khas kebudayaan islam masih melekat di kampung tersebut. Bahkan tidak heran tempat tersebut menjadi destinasi wisata bagi para traveler, pelancong dan turis.

 

 

 

kabarnya  perkampungan arab di albayzin sudah ada sejak abad 13. Sejak bangsa moors islam menjadi tuan rumah di wilayah granada.

 

 

 

hingga saat ini pun sisa-sisa perkampungan arab tersebut masih eksis dengan kebudayaan moorsnya.

 

 

 

Perkampungan albeyzin di granada merupakan bukti kongkret eksistensi Islam Masa silam di selatan Andalusia.

 

 

 

 

sebuah hal yang dapat dimaklumi, spanyol menjadi bagian dari teritorial muslim selama tujuh abad lamanya. Tentu saja dalam periodisasi selama itu, berbagai budaya, antara ras eropa dan arab menyatu di tanah yang dulu dinamakan andalucia.

 

 

 

 

 

berbeda dengan wilayah eropa lainnya seperti inggris, perancis, jerman, atau italia. Islam belum sampai di sana.

 

 



Penaklukan terhadap wilayah perancis pernah dilakukan beberapa kali oleh muslim,  namun gagal.

 

 

 

 

 

Karena itulah negara-negara eropa lainnya, karena penaklukan  islam belum pernah sampai ke negeri tersebut, wajah orang-orang tersebut tidak memiliki ciri fisik yang mirip dengan orang-orang arab.

 

 

 

 

 

Itulah salah satu alasan wajah dari orang-orang spanyol dan dengan wajah orang Arab masih memiliki kesamaan.

 

 



tidak heran islam hadir di wilayah spanyol dan portugal  eksis selama 700 tahun lamanya dan terjadi berbagai asimilasi, akulturasi budaya hingga perkawinan campuran antara ras eropa dengan arab.

 

 




Begitu pula dari segi Budaya, adat pun terjadi akulturasi, asimilasi antara kedua bangsa tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Wilayah Portugal di bawah Pemerintahan Muslim

 

 

 

 

Sama seperti spanyol Masa silam, begitu juga dengan daratan Portugal, dahulu juga menjadi wilayah kekuasaan Muslim bani ummayah I Dan Dinasti ummayah II.

 

 

 

 

 

Sama seperti halnya Spanyol, Portugal selama berabad-abad lamanya dibawah pemerintahan Muslim. Tercatat kerajaan bani ummayah, kerajaan bani ummayah II sempat menguasai daratan tersebut selama berabad lamanya.

 

 

 

 

 

Wilayah tersebut dikenal dahulu dengan nama lucitania, Galicia, argarve, dsb. Kota lisabon pun pernah dipimpin oleh Muslim selama berabad lamanya.

 

 

Memang penyebutan Andalusia bukan hanya ditujukan untuk spanyol  saja. Tetapi juga Portugal pada Masa silam.

 



Kota-kota penting di wilayah Portugal seperti Kota lisabon pernah dibawah Pemerintahan Muslim selama ratusan Tahun.

 

 

 

Pernah terjadinya sebuah peristiwa dimana bangsa Viking menyerang Kota lisabon tahun 847. Tetapi penguasa bani ummayah, Abdurrahman II mampu menangkal serangan bangsa Viking Dan mengalahkan dalam pertempuran di perairan Kota lisabon.

 

 

 

Jadi peristiwa sejarah selama berabad-abad itulah yang membentuk ciri fisik orang spanyol- Portugal saat ini.

 

 

 

 

 

Data diatas merupakan Fakta sejarah serta  suatu Alasan yang membuat masih adanya kemiripan-kemiripan antara orang spanyol, Portugal Dan orang Arab.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Antara tahun 711--750  :

 

 

Andalusia spanyol menjadi wilayah pemerintahan dinasti ummayah I yang berpusat di damaskus.


Wilayah tersebut dipimpin oleh gubernur bani ummayah yang menjadi bawahan para khalifah di damaskus, Syria. Gubernur ummayah terakhir bernama emir Yusuf bin Abdurrahman El fihri.

 

 

 

 

 

Antara tahun 756--912 :

 

Sebagian besar Spanyol menjadi bagian dari dinasti ummayah II yang berpusat di Cordoba. Dengan dipimpin para emir Islam dimulai ketika Abdurrahman Ad dakhil berkuasa.

 

 

 

 

 

Antara tahun 912--1030 :

 

 

Sebagian besar wilayah Spanyol menjadi bagian dari dinasti ummayah II dengan dipimpin oleh khalifah Islam.

 

 

 

 

Antara tahun 1031-1086

 

Sebagian besar Spanyol dibawah pemerintahan milk Al thawaif  (Raja-raja kecil Muslim).

 

 

 

 

 

 

Antara tahun 1086-1147

 

Sebagian Spanyol-portugal dibawah pemerintahan dinasti murabithun (almorad dynasty) yang berpusat di Kota Marrakesh, afrika utara.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber diambil dari :

 

 

 

 

 

 

*Historian's history in the world

 

*Buku seratus Muslim terkemuka

 

*sejarah islam di andalucia karya joesof syuaib

 

*Sejarah Eropa, universitas Terbuka

 

*Rajawali dari spanyol, T.B Irving

 

*BBC, when Moors Ruled in Europe

 

* buku bangkit Dan Runtuhnya daulah Islam di andalusia.







13 komentar:

  1. Beda bro..
    Bangsa spanyol itu etnik iberia. Dan lebih dekat sama etnik italia, yunani dan sebagian prancis.
    Mungkin yang cocok kamu paparkan, orang-orang spanyol keturuna bangsa moor yang mirip arab.. Itu baru sesuai.
    Perihal kenapa bangsa portugis dan spnyol beda dengan inggris dll. Itu karena beda etnik, tapi mereka masih satu ras kaukasoid.
    Jangankan spanyol dan inggris, inggris dan denmark, swedia dll saja masih beda. Bukan berarti mereka mirip arab.

    Pemaparan ini sama dengan kenapa orang indonesia mirip bule.?
    Padahal sudah beda ras,,
    Terkecuali penjelasanya, kenapa orang indonesia (keturunan eropa) bisa mirip bule.?

    BalasHapus
  2. Dan juga, penjelasan kamu seakan2 mau mengatakan bahwa orang spanyol sudah mengalami perkawainan campuran dengan bangsa moor, padahal tidak semua.. Dengan mengatakan "kenapa orang spanyol beda dengan inggris dan mirip arab" itu sudah menunjukan pengeneraliasasian seakan2 semua.

    Berbedaanya inggris, jermana dibanding italia. Tidak memastikan disebabkan oleh kawin campur antara bangsa spanyol dan arab africa utara. Tapi karena beda etnik.

    Perbandingan itu sama dengan.
    Bangsa indonesia beda demgan bangsa thailand. Tapi sama2 asia.
    Begitujga eropa, perbedaan antara bangsa spanyol dan inggris tapi sama2 eropa. Perbedaan ini bukan berarti disebabkan kawin campur secara mutlak. Tapi memang native mereka berbeda. Seprti native kita yg berbeda dengan bangsa thailand.

    BalasHapus
  3. makasih bagus...komentarnya
    pada dasarnya orang spanyol masih memiliki darah bangsa gothic atau visigoth yang cenderung hampir memiliki kesamaan dengan ras eropa lainnya. bangsa visigoth sendiri adalah salah satu bangsa yang mendiami eropa sejak dulu seperti bangsa osthrogoth, franka, vandal.keth, belt dsb.

    bangsa visigoth awalnya mendiami daerah prancis selatan. tetapi karena kalah perang dengan franka, bangsa visigoth tersingkir ke spanyol dan membentuk kerajaan di sebagian besar spanyol dengan ibukota Toledo pada abad ke 4 M.

    jadi orang-orang dari bangsa visigoth itulah yang mendiami daerah spanyol. sejak lama. tetapi pada tahun 711 muslim menyerang dan mengambil alih spanyol (andalusia). sejak itu islam ada di andalusia selama kurang lebih 7 abad. suku-suku dari timur tengah berdatangan dan bermukim di anadalusia. diantaranya kaisi, fihri, yamani, mudhari dsb.

    selama 7 abad itu lah terjadi perkawinan campuran anatar suku-susku dari timur tengah dengan keturunan bangsa visigoth itu tadi sehingga melahirkan ciri fifik yang berbeda dari biasanya.

    perlu diketahui orang-orang visigoth di eropa sendiri masih sangat mirip dengan osthrogoth 9karena asalnya memang satu suku bangsa. tetapi karena orang visigoth yang banyak mengalami perkawinan campuran membuatciri fisik mereka "makin Brbeda" dari orang eropa.
    yang tadinya sudah berbeda dari eropa lainnya, karena perkawinan campuran tersebut membuat makin berbeda lagi.

    BalasHapus
  4. orang spanyol banyak berasal dari BANGSA VISIGOTH. salah satu bangsa di eropa. mereka memang berbeda dari bangsa lainnya seperti franka, vandal, anglo saxon, kelt, belt. saxon dsb. mungkin hanya bangsa ostrogoth lah yang paling mirirp karena visigoth, ostrogoth memang asalnya satu suku kemudian terpecah karena politik dan ketururnan.

    tetapi dengan perkawinan campuran selama berabad-abad dengan moor itu membuat "makin berbeda lagi" ciri fisik mereka dengan bangsa eropa.perkawinan campuran itulah yang membuat "asal mula" dari orang-orang spanyol saat ini.

    BalasHapus
  5. Memang wajah orang spanyol lebih mirip timur tengah dari pada eropa. Terimakasih ilmunya

    BalasHapus
  6. Memang wajah orang spanyol lebih mirip timur tengah dari pada eropa. Terimakasih ilmunya

    BalasHapus
  7. Sama-sama, semoga bermanfaat artikelnya

    BalasHapus
  8. pantesan pemain spanyol Marco Asensio & Isco Alarcon mirip banget Timur Tengah karna doi campuran

    BalasHapus
  9. kalo Prancis skrg banyak keturunan negro2 ntar juga beberapa abad kemudian orang prancis yg bule jadi jarang hahaha

    BalasHapus
  10. Ya benar, ternyata bukan hanya karena kedatangan imigran Muslim dari negara-negara Afrika Utara seperti Marokko di Spanyol, tetapi memang sejak dahulu bahkan lebih dari 1000 tahun yang lalu, pemerintahan muslim telah bercokol di tanah Spanyol dan Portugal (andalucia) dan terjadi asimilasi, akulturasi dalam berbagai bidang.

    BalasHapus