Sabtu, 31 Desember 2016

Darius agung, Raja persia penguasa separuh dunia

         

 Darius agung, raja persia penguasa separuh dunia

































Bangsa Persia memasuki babak baru dalam sejarah, yakni dengan berdirinya dinasti akhemeniyah Persia.





Dinasti akhemeniyah adalah dinasti yang didirikan pada awal abad ke 6 SM, dengan penaklukan yang dilakukan oleh koresh agung atau cyrus the great terhadap berbagai kerajaan di mesopotamia dan iran seperti kerajaan media, kerajaan lydia serta babilonia.





kemenangan mutlak koresh agung melawan raja babylonia, beltazer membawa persia membentuk dinasti yang kuat yang wilayah-wilayahnya terbentang beribu mil jauhnya.




Cyrus the great merupakan pendiri dinasti akhemeniyah, dinasti bangsa persia sekitar 530 sebelum Masehi. pada masa pemerintahan koresh agung, bangsa yahudi dijajah persia.



 bangsa persia menorehkan kekuasaannya atas tanah bangsa kan'an tersebut. wilayah kekuasaan persia terbentang dari pantai levant (pantai timur laut tengah) hingga wilayah daratan iran.





Setelah beberapa kaisar memimpin kerajaan persia dinasti akhemeniyah, maka muncul Pemerintahan Darius I (Darius the great), kaisar persia semakin menorehkan kekuasaannya hingga ke wilayah yunani.


 Pada Zaman darius I, beberapa negara kota ( polis) di yunani menjadi bagian dari pemerintahan yang beribukota di persepolis.



Beberapa polis di yunani di bawah pendudukan Persia.




 darius juga mengangkat seorang tiran untuk memimpin negara kota atau polis yang dijajahnya.



Wilayah kekuasaan bangsa persia terbentang dari negara polis di yunani hingga ke iran, melewati asia kecil, syria palestina, mesopotamia hingga ke iran.



Layaknya kaisar agustus atau trajan di romawi atau alexander the great di makedonia, darius agung memimpin dinasti persia yang beribu mil jauhnya, terbentang dari yunani hingga iran.








Pembangunan jalan susa-sardes






 pada era pemerintahan darius I, wilayah kekuasaan bangsa Persia terbentang dari yunani Hingga Iran. beribu-ribu mil jauhnya





Untuk itu pada masa pemerintahannya dibangun jalan penghubung yang terbentang dari susa hingga sardes. jalan tersebut terbentang kurang lebih 2500 km yang menghubungkan dua kota tersebut.



Dengan adanya jalan tersebut, perjalanan yang membutuhkan waktu berminggu-minggu dapat ditempuh dalam tempo 4 hari.
Perjalanan pada umumnya menggunakan kuda atau kereta kuda.




Persia juga memiliki pasukan yang tangguh yang disebut dengan "immortal". banyak literature yang menyebutkan kekuatan tempur dari pasukan ini dapat menjaga wilayah persia dari ancaman bangsa lain.













Prasasti behistun









prasasti behistun merupakan bukti dari peninggalan raja darius agung, yang merupakan raja terbesar dari persia dinasti akhemeniyah. prasasti tersebut merupakan bukti kongkrit dari adanya pemerintahan darius I.








prasasti tersebut berisi bahasa persia kuno yang menyebutkan jika darius agung adalah penyembah ajaran mazdaisme, yang merupakan ajaran persia kuno. 







di dalam prasasti tersebut dikatakan jika darius agung penyembah ahura mazda yang merupakan dewa dari ajaran persia kuno tersebut.


selain itu disebutkan juga mengenai asal usul dari raja darius yang merupakan keturunan dari achaemenes. 







Achaemenes merupakan leluhur dari raja darius dan nama dari dinasti achaemenid (akhemeniyah) dari leluhurnya "achamenes" tersebut.










disebutkan jika dalam prasasti tersebut darius merupakan putra hyspestos, hyspestos merupakan keturunan dari ariaramnes, ariaramnes merupakan putra taecnes merupakan putra dari  achamenes. prasasti behistun menyebutkan asal usul dari king darius.




















Mesopotamia dibawah kekuasaan bangsa Persia





 Pada era pemerintahan Darius agung, wilayah kekuasaan Persia meliputi sebagian besar Asia Hingga sebagian kecil eropa.



Tanah Mesopotamia juga dijajah oleh Persia. Mesopotamia berasal dari 2 kata, mesos Dan patamos, yang artinya pertengahan Dua sungai.



Dalam Hal ini mesopotamia berarti wilayah subur yang terletak diwilayah antara sungai efrat Dan Tigris.


Mesopotamia berasal dari Dua kata yakni "mesos Dan patamos". Mesos berarti "pertengahan". Sedangkan patamos berarti sungai.



Hal tersebut menyiratkan jika Mesopotamia merupakan wilayah disekitar lembah sungai Eufrat Dan Tigris yang subur.


Wilayah tersebut menjadi wilayah perebutan antar bangsa-bangsa kuno. Tercatat bangsa akadia, bangsa Sumeria, bangsa Assyria, bangsa Babylonia pernah berkuasa di Mesopotamia pada Zaman sebelumnya.



Tetapi bangsa Persia dibawah pimpinan raja koresh Agung berhasil mengalahkan Babylon Dan mengambil alih daratan Mesopotamia.



Hingga selama berpuluh Tahun lamanya, bangsa Persia berkuasa atas lembah subur, Mesopotamia.











bangsa yahudi dibawah Pemerintahan persia, akhemeniyah dinasti.







Pada Masa pemerintahan koresh agung, Cyrus the great, dilakukan penaklukan terhadap wilayah tersebut.



Termasuk wilayah yang dihuni oleh bangsa yahudi, yakni tanah kan'an, tanah galila, Judea Hingga ke pantai levant pantai timur laut tengah.



Jadi Sejak Zaman koresh agung, yakni sekitar tahun 535 masehi dilakukan penaklukan terhadap tanah yang dihuni oleh orang yahudi.



Tetapi tampaknya bangsa yahudi masih di berikan kebebasan dalam Hal beragama. 



Koresh agung tidak memaksakan ajaran mazdaizm Persia terhadap masyarakat yahudi. Orang-orang yahudi dibiarkan melakukan peribadatan sesuai ajarannya.




Hingga pemerintahan berganti dari koresh agung kemudian cambises II, kemudian xerses Hingga ke Darius, bangsa yahudi masih di bawah pemerintahan kerajaan Persia akhemeniyah.





Pendudukan Dan penjajahan bangsa Persia terhadap bangsa yahudi berlangsung kurang lebih 2 Abad. Dari tahun 530-330 masehi.






Wilayah kekuasaan bangsa Persia pada era Darius agung terpentingnya luas. Beribu mil jauhnya dimulai dari daratan Iran khurasan Hingga ke yunani di eropa. Persis dengan kerajaan makedonia ketika dipimpin oleh Alexander the great.



Dengan pusat pemerintahan di Kota persepolis, di dataran Iran.








pada masa sebelumnya yakni penjajahan babylon , banyak orang-orang yahudi yang dibuang atau diasingkan, hal tersebut dilakukan oleh bangsa babylon untuk mengurangi dampak resiko pemberontakan orang-orang yahudi.




Sekitar tahun 585 SM, bangsa babilonia baru berjaya dibawah kepemimpinan raja nebukadnezar, saat itu terjadi perluasan wilayah hingga wilayah kekuasaan bangsa babilon sampai sekitar pantai levant (pesisir pantai laut tengah bagian timur).




Berbagai wilayah juga ditaklukan oleh raja nebukadnezar. Lembah mesopotamia, (sekitar wilayah iraq) juga ditaklukan.







Termasuk wilayah yang dihuni oleh bangsa yahudi seperti kota jerussalem, samaria, dsb.







Perluasan wilayah tersebut terjadi puncaknya pada masa kepemimpinan raja nebukadnezar agung yang terjadi pada abad ke 6 SM.






Mesopotamia, berasal dari kata mesos dan patamos. Mesos berarti "pertengahan" serta patamos berarti Patamos dua sungai.




Jadi mesopitamia merupakan wilayah diantara 2 sungai, yakni wilayah lembah yang terkenal subur diantara sungai efrat dan tigris.


Wilayah tersebut merupakan wilayah yang terkenal diperebutkan oleh bangsa-bangsa  kuno. 




Sejak lama wilayah tersebut menjadi bagian teritorial dari kekuasaan bangsa assyria. tetapi sekitar tahun 622 SM bangsa assyaria mengalami keruntuhan.





Hingga pada akhirnya lembah tersebut diambil alih oleh bangsa babilonia baru, atau chaldea.







Wilayah yang dihuni oleh orang-orang yahudi ( tanah kan'an) juga ditaklukan oleh babilonia serta menjadi bagian teritori dari  kekuasaan bangsa babilonia.






Ketika bangsa yahudi dijajah oleh babilonia terjadi pelarangan ajaran Yahudi. Orang-orang yahudi dilarang melakukan peribadatan secara terbuka.






Bila ketentuan itu dilanggar maka balasannya adalah hukuman. Jadi tidak ada toleransi keagamaan bagi bangsa yang terjajah.







Selain itu juga terjadi penghancuran-penghancuran terhadap bangunan suci bagi bangsa yahudi.







Di kota yerussalem misalnya, bangunan suci bait Allah yang terkenal suci dihancurkan, diratakan dengan tanah.







 Bangunan tersebut menjadi tempat peribadatan bagi kaum yahudi serta sebagai simbol bagi ajaran yahudi dihancurkan oleh penjajah babilonia.





Selain itu banyak masyarakat yahudi yang dibuang, diasingkan oleh bangsa babilon.







mereka dipaksa hidup di wilayah babilon  seperti zerobabel dan keluarganya yang dibuang dari tanah kelahirannya serta harus hidup Dipengasingan.






Tetapi dibawah pemerintahan Persia, bangsa Yahudi lebih diberikan toleransi, orang-orang Yahudi yang pernah diasingkan pleh penjajah Babylon, dipulangkan kembali oleh bangsa Persia.




Raja persia, Darius mengizinkan orang Yahudi kembali ke wilayahnya. Sebagai contoh bagaimana zerobabel Dan keluarganya kembali ke Jerusalem Setelah harus hidup di pembuangan wilayah Babylon.








Pemerintahan Darius cenderung lebih toleransi terhadap wilayah-wilayah jajahannya. 





Hal tersebut terlihat bagaimana ia mengizinkan kepercayaan-kepercayaan yang boleh dianut oleh bangsa yang dijajahnya.








Raja Darius tidak memaksakan ajaran agama orang Persia terhadap bangsa yang dijajahnya.






Misalnya bagaimana contohnya,raja Darius Dan penguasa Persia membolehkan berdirinya kuil penyembahan dewa-dewa di mesir, atau makam-makam suci bagi orang mesir.





bukan hanya terhadap bangsa yahudi, orang-orang di mesir pun diperbolehkan melakukan peribadatan sesuai ajaran agamanya masing-masing.




Hal tersebut berbeda pada era penjajahan bangsa Babylon, dimana ketika bangsa Babylon menjajah yahudi, raja-raja Babylonia melakukan pemaksaan ajaran penyembahan dewa Marduk kepada bangsa yahudi. 
















Awal Mula penjajahan Persia atas bangsa yahudi







Awalnya bangsa yahudi dijajah oleh babylon, dibawah raja. nebukadnezar Penjajahan bangsa babilon terjadi sekitar berpuluh-puluh tahun hingga pada akhirnya terjadi perang babilon melawan bangsa persia yang membuat peradaban besar babilonia berakhir.



Ketika bangsa babilon dipimpin oleh raja beltazer, (beltasyaar) terjadi perang dengan raja koresh agung ( cyrus the great) dari persia.








Perang babilon melawa persia dimenangkan oleh bangsa persia.akibat hal tersebut, babilon kehilangan wilayah-wilayahnya.






Maka Tahun sekitar Tahun 530 masehi, dimulailah era penjajah bangsa Persia dinasti akhemeniyah selama berabad-abad terhadap bangsaYahudi.







Penjajahan Persia atas bangsa yahudi selama berabad-abad, termasuk ketika Persia dipimpin oleh raja Darius yang kekuasaannya terbentang dari daratan iran Hingga beberapa polis di yunani.







Bangsa Yahudi hanyalah Salah satu bagian dari wilayah jajahah Persia dinasti akhemeniyah yang kekuasaannya terbentang di sebagian besar Asia Dan sebagian kecil Eropa.











Wilayah yang setara dengan kekuasaan Alexander the great dari macedonia.






Jauh sebelum Alexander the great menaklukan sebagian benua Asia, ternyata Persia dinasti akhemeniyah lebih dahulu menacapkan kekuasaannya di daratan Asia.






Kita mengenal sosok Alexander the Great dari macedonia yang memimpin wilayah yang membentang dari timur Dan barat yang terbentang beribu mil jauhnya.







Jauh sebelum Alexander the great lahir, raja Persia,  lebih dahulu mempunyai kekuasaan yang membentang dari daratan yunani Hingga ke Iran, yakni Darius I.









Karena itulah tidak heran dalam literatur-litratur buku yang ditulis oleh sejarahwan barat, mereka menyebut raja Persia ini dengan sebutan " Darius the Great".









sumber :



Sejarah kerajaan Allah, F.L Bakker.

Jurnal IAIN JAKARTA tahun 1994, Tulisan Joesoef Syuaib.

Kuliah empat Agama, prof. Dr. Hamid Rasyidi






8 komentar:

  1. Koresh Agung yg memiliki Dua Tanduk

    BalasHapus
  2. Ada pendapat bahwa koresh agung itu adalah dzulqarnain. Raja bertanduk..pendapat lainnya yg mengatakan adalah Alexander agung

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Iskandar dzulkarnain itu , darius koresh agung atau alexander the great.

    hanya teori-teori saja

    BalasHapus
  5. Kunjungi Situs Kami

    Untuk Permainan Casino Terbaaik Hanya Bersama Kami

    Casino Online
    Slot
    bandar casino
    rolet

    Berikut game yang ada di dalam istanagoal:
    1. Casino Live
    2. Sportsbook (bola)
    3. Card Games (poker)
    4. Tangkas
    5. KENO BALL
    6. Berbagai Game slot machine
    7. TOGEL
    8. FOREX

    Berikut bonus yang akan di berikan
    - Bonus Deposit 10% Khusus New Member
    - Bonus Harian Deposit 5 %
    - Bonus Referral up to 3% ( togel )
    - Bonus Rolinggan up to 0.8% ( Casino )
    - Bonus CashBack up to 15% (Tangkas )
    - Bonus Cashback up to 15% (Sportbook)
    - Bonus Referal up to 2% (Sportbook)

    Untuk info lebih lanjut bisa hubungi kami:

    CONTACT INFO :
    WWW.ISTANAJUARA.COM
    WHATSAPP : +855967043548
    FB : Istana Goal

    BalasHapus