Jumat, 02 Desember 2016

Bangsa romawi, pencetus konsep " tahun kabisat"

Bangsa Romawi, pencipta konsep "tahun kabisat"
"









Siapa yang menciptakan sistem kalender masehi dan  tahun kabisat ?
















Kalender dengan bulan januari, februari, maret, april, mei, juni, juli dst. 




Tentunya hal ini menarik dikaji. karena kalender Masehi hampir digunakan diseluruh dunia hingga saat ini. di belahan dunia manapun, di kota besar bahkan tempat terpencil sekalipun kalender masehi tetap digunakan.





sistem Kalender masehi telah digunakan sejak lama. sejak Kristen banyak dianut oleh masyarakat Eropa. Kalender masehi banyak digunakan oleh kerajaan Di eropa pada abad pertengahan.





Bahkan sejak era Kerajaan Romawi dengan ajaran Paganisme dan polytheismenya.




Konsep adanya tahun kabisat berkaitan dengan bangsa romawi, karena bangsa romawi itulah yang menciptakan konsep tahun kabisat dimana dalam jumlah  hari dalam satu tahun mencapai 366 hari, bukan 365 hari.





Adalah Julius Cesar, penguasa Romawi yang menciptakan sistem kalender Masehi atau yang dikenal dengan nama "Sistem Kalender Julian "




julius caesar, salah satu konsul romawi (100-44 SM) yang berkuasa pada masa triumvirat II berupaya memperbaiki kesalahan kalender romawi/masehi itu, karena antara penanggalan dengan perputaran waktu tidak sinkron.



 
Salah satu konsul romawi itu berupaya memperbaiki dan menciptakan sistem kalender Romawi/masehi.




Sejak lama  bangsa Romawi mengetahui bahwa perputaran bumi terhadap matahari memakan waktu 365 Hari 6 jam. Hal itu.



 karena bangsa roma maju dalam ilmu pengetahuan dan sains. Sehingga mereka bisa mengetahui perputaran bumi ke matahari 365 hari 6 jam.



Bangsa Romawi dan para ahli astronominya mengetahui Bumi berevolusi terhadap matahari selama 365 hari 6 jam, itulah yang diketahui oleh bangsa Romawi. 



Jadi pergantian tahun tidak pas selama 365 Hari, ada kelebihan 6 jam setiap tahunnya.




Nah kelebihan 6 jam setiap tahun itu diakumulasi ke dalam tahun kabisat hingga tahun kabisat menjadi 366 Hari.





Setiap tahun selalu ada kelebihan 6 jam, lalu kelebihan 6 jam diakumulasikan atau dikumpulkan.





Hingga menjadi satu hari. Karena itu jumlah tahun masehi pada tahun kabisat menjadi 366 Hari dan tahun kabisat muncul 4 tahun sekali.




Julius Cesar, penguasa Romawi berjasa dalam membuat aturan tahun kabisat yang sampai saat ini tetap digunakan. Tahun kabisat dibuat untuk menutup kelebihan setiap tahunnya.



sampai saat ini pun , warisan bangsa romawi tersebut masih dipergunakan di seluruh dunia. Hingga dalam 4 tahun sekali dalam kalender masehi terdapat tahun kabisat.



Bayangkan jika zaman sekarang ini tahun kabisat tidak ada, Seluruh dunia akan merayakan tahun bar   bukan tepat pukul 00.00 !!!




Karena pada dasarnya dalam satu tahun itu adalah 365, 25 hari, bukan pas 365 hari.


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar