Selasa, 29 November 2016

Sekte Arius sekte dalam kristen yang mengakui 1 tuhan

              

Sekte Arius, sekte yang mengakui 1 Tuhan



 Sekte Arius merupakan Sekte dalam ajaran kristen yang mengakui keesaan Tuhan. sekte ini banyak dianut oleh bangsa Visigoth pada abad ke 6 M. Salah satu bangsa yang ada di Eropa. Pada awalnya bangsa Romawi banyak. mempertentangkan keberadaan sekte ini karena tidak sejalan dengan konsili nicea tahun 325 M. Konsili itu diadakan karena pertentangan antara pengikut Arius dan pengikut Athanasius. Arius dan pengikutnya mempercayai kalau Kedudukan Yesus merupakan dzat yang lebih rendah dari pada Tuhan Allah. Bahkan diciptakan Tuhan. Sedangkan Athanasius sebaliknya mempertentangkan kebenaran Bahwa yesus adalah dzat yang berkedudukan sama dengan Allah. Hingga pada akhirnya terjadi pertentangan diantara pengikut keduanya, hingga kaisar Konstantin perlu mengadakan konsili nicea untuk membahas dan mempertemukan antara kelompok yang berselisih.

                setelah konsili itu diadakan ternyata pendapat Athanasius dan kelompoknya yang diterima dalam konsili tersebut. Sesuai hasil konsili nicea. pihak romawi mengharuskan seluruh gereja agar tunduk akan keputusan konsili. tetapi banyak penganut agama kristen serta gereja yang berbeda pendapat dalam peristiwa tersebut hingga akhirnya terjadi kekerasan dan pembakaran  kitab yang tidak sesuai dengan hasil konsili nicea.

               Sekte Arius banyak dianut oleh bangsa Visigoth pada awalnya. Hingga pada pertengahan Abad ke 6 M, orang-orang dari kalangan bangsa visigoth beralih ke Aliran katolik. Jadi sekte Arius dikenal sebagai sekte Unitarian yang mengakui keesaan Tuhan yang satu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar