Kamis, 01 Desember 2016

SEJARAH AWAL MULA AJARAN KRISTEN DI PERANCIS

                         

           

                         "Clovis, konstantinus dari Franka"





























Daratan perancis di eropa, sejak lama merupakan wilayah kekuasaan kerajaan franka atau bangsa franks yang muncul sejak jatuhnya pemerintahan romawi barat tahun 476 masehi.













Nama "Perancis" berasal dari bahasa francous kuno, yakni frankland, francois atau tanah milik bangsa frank.







 Bangsa franka merupakan penghuni dari wilayah "perancis" yang batas terletak diantara sungai rheine di timur serta pengunungan pyrenen di barat.











Pada awalnya, masyarakat franka di perancis tidak beragama kristen, masyarakat perancis (bangsa franks) menyembah dewa .









Seperti halnya di wilayah Eropa lainnya, kepercayaan pagan, polytheisme, masih berlaku di benua Biru, dianut oleh banyak suku, bangsa seperti Saxony, Anglo Saxon, avars, Visigoth, ostrogoth, dsb.











Pada  awalnya penyembahan politheisme  dianut oleh bangsa franka. Seperti penyembahan terhadap dewa odin yang merupakan dewa bangsa skandinavia dianut oleh bangsa franka di wilayah perancis.















suku galia (galouis)









awalnya pasca runtuhnya romawi barat Tahun 476, sejarah mencatat bangsa romawi runtuh akibat perang berkepanjangan dengan bangsa jermanik. dibawah pimpinan odoaker suku jermanik menghancurkan kebudayaan romawi yang telah eksis selama berabad-abad.







setelah kejatuhan romawi barat Tahun 476, wilayah prancis dianeksasi oleh beragam bangsa Dan suku barbaric seperti reims, alemani, wisigoth, Lombard, dsb.







masing-masing menempati wilayah-wilayah di tanah prancis. Hingga akhirnya bangsa franka mulai memperluas wilayah Dan menaklukan suku-suku Dan bangsa-bangsa di perancis tsb.



























Franks dinasti merovingians













pada awal Abad ke 6, tanah prancis mulai di dominasi oleh bangsa franka (Frank). dimana bangsa tersebut merupakan keturunan dari seorang bangsawan bernama merovious, atau meroving.




di dalam banyak buku disebutkan sebagai  ;





-frank dinasty


-Merovious dinasty


-frank kingdom


-Meroving Kingdom, Dsb.






bangsa franks mulai mendominasi tanah prancis Dan menaklukan satu persatu suku bangsa di prancis Hingga seluruh daratan prancis Diambil alih oleh bangsa franks.







Hingga Sekitar abad ke 6 masehi kerajaan franka dipimpin oleh raja Clovis. Ia merupakan raja Franka dinasti merovingians.









Pada masa pemerintahannya ditandai dengan perluasan wilayah sehingga wilayah kerajaan tersebut semakin meluas.dengan berbagai penaklukan terhadap suku-suku di dataran  perancis.

























Prancis, dibawah kerajaan Franks dinasti merovingians











Pada awalnya Clovis adalah penyembah dewa odin, salah satu dewa skandinavia yang disembah oleh orang-orang northmen.







 hingga akhirnya raja clovis menemukan kepercayaan baru serta beralih menjadi penganut Kristen.







Clovis memiliki seorang Permaisuri yang bernama chotilda. Permaisuri itulah yang banyak mempengaruhi sang raja hingga beralih  menjadi penganut kristen.









Meskipun Pada awalnya raja Clovis enggan untuk masuk kristen. Tetapi Akibat pengaruh istrinya, ia berjanji akan masuk Kristen.









saat itu kerajaan franka tengah bertempur dengan berbagai suku di tanah perancis, perang berkecamuk dahsyat.







ketika tengah bertempur dengan suku alemanni, ia berjanji akan masuk ajaran kristen  bila diberi kemenangan melawan suku-suku Alemanni.









Pertempuran berat antara kerajaan franka dan suku alemanni tersebut dimenangkan Bangsa Franka. Sesuai janjinya itu, raja Clovis masuk kristen dan dibaptis di sebuah katredal di Reims.





dalam pertempuran itu bangsa franks pada akhirnya mampu merebut daratan perancis di bawah raja Clovis.

















diantaranya  :





1. penaklukan terhadap suku bangsa wisigoth tahun 507 masehi.





2. penaklukan terhadap suku bangsa alemanni tahun 496 masehi.





3. penaklukan terhadap wilayah provenance tahun 534 masehi, dsb.

















Kemenangan itu membuat sang Raja meninggalkan penyembahan dewa-dewa Skandinavia. Penyembahan terhadap dewa odin, dewa skandinavia ia tinggalkan.











Masuknya Sang Raja pada ajaran Kristen diikuti Rakyatnya. Ketika raja clovis berkuasa di perancis itulah,  kristen mulai menyebar diantara bangsa franka yang menghuni daratan perancis tersebut.









Hal inilah yang membuat Kristen mulai dianut oleh sebagian masyarakat kerajaan Franka di perancis. Pada masa pemerintahan raja clovis I kristen mulai menyebar diantara masyarakat bangsa franka.







Masuknya orang-orang franka di tanah perancis membuat babak baru dalam kepercayaan ajaran kristen.









Kebanyakan masyarakat franka beraliran kristen katolik, dimana mereka mengakui supremasi paus sebagai wakil tuhan di dunia.







di wilayah spanyol pada zaman yang sama dihuni oleh bangsa gothic yang menganut kristen arianisme.







Dimana arianisme mengakui 1 tuhan serta tidak mengakui kepausan di roma. Nampaknya kepercayaan "unitarian" melekat pada bangsa visigoth.









perbedaan kepercayaan antara bangsa franka di perancis dan bangsa gothic di spanyol menyebabkan terjadinya pertempuran demi pertempuran.







Bangsa franka Penganut ajaran kristen katolik dengan bangsa gothic penganut ajaran kristen-arianisme sering bertempur karena masalah perbedaan kepercayaan dan agama.


















Clovis, Konstantinus dari franka











Clovis dijuluki "konstantinus dari franka" karena pada masa pemerintahannya ajaran kristen mulai menyebar pesat diantara bangsa Franka di dataran perancis. sama halnya dengan kaisar konstantin dari Romawi.











Konstantinus sang kaisar Romawi berjasa besar dalam penyebaran agama kristen di wilayah kerajaan Romawi.











Itu merupakan jasa dari kaisar Romawi bergelar Konstantin itu yang mengeluarkan UU Edictus Milano tahun 325 M sehingga melindungi dan membawa perdamaian umat kristen.











                                                               Konstantinus I












Kaisar konstantin adalah kaisar yang sangat berjasa besar dalam penyebaran kristen di Eropa. tidak heran nama "konstantin" sendiri banyak dipakai dalam gelar-gelar raja eropa.







Hingga saat ini banyak nama-nama dari kalangan penganut kristiani yang bernama konstantin. Tidak mengherankan karena kaisar romawi tersebut banyak berjasa dan memberikan perdamaian serta perlindungan bagi umat kristiani di eropa.




 





Sedangkan raja Clovis dari Franka merupakan raja yang berjasa besar dalam penyebaran Kristen di daratan prancis Masa silam.











jadi ajaran kristen secara nyata mulai menyebar di tanah perancis sekitar awal abad ke 6, yakni Ketika raja clovis I berkuasa di prancis.
















Sumber   : 


*sejarah prancis, Jean Carpentier.



*Diambil dari buku 100 kejadian penting dalam kristen.



*sejarah eropa, universitas terbuka









Tidak ada komentar:

Posting Komentar