Senin, 26 Desember 2016

Cordova, pusat pemerintahan islam di spanyol



Corvoda atau Cordoba merupakan Ibukota pemerintahan kerajaan bani Ummayah islam di Spanyol. Kota yang penuh dengan keindahan tempo dulu ketika islam bercokol disana.  Adalah penguasa pertama Bani ummayah, Abdurrahman Ad dakhil (756-788) yang membangun kota tersebut dan menjadikannya sebagai pusat Ibukota pemerintahan islam di spanyol.
Abdurahman Ad dakhil, pemimpin pertama bani Ummayah yang membangun kota tersebut secara besar-besaran. Taman-taman yang indah yang terletak di pusat kota, bangunan-bangunan megah, air mancur menambah kesan dari segala keindahan di kota itu. Sama seperti kakeknya, Khalifah Hisyam bin Abdulmalik yang membangun kota Damaskus, Emir Abdurahman membangun kota corvoda dan menjadikannya ibukota pemerintahan islam di Spanyol pada era Bani Ummayah di Spanyol
Sejak lama ketika islam eksis di Spanyol, Cordova selain menjadi pusat pemerintahan dan pusat  administratif, Kota Cordova juga merupakan penghasil permadani-permadani yang bagus. Dari Cordova permadani tersebut dibuat dan diekspor ke wilayah lainnya, bahkan ke luar daratan Spanyol. Permadani-permadani itu banyak dibeli oleh masyarakat Islam.  Selain itu, Cordova merupakan tempat bernaungnya para penguasa bani Ummayah. Dari kota  Cordova para emir atau, Khalifah memberikan titah dan perintah dalam menjalankan roda pemerintahan di bumi Andalusia.
Selain corvoda sebagai pusat pemerintahan, kota penting lainnya di wilayah Andalusia (Spanyol) adalah kota Saragossa yang terletak di Aragon, spanyol Utara. Kota Zamora di wilyah Castile, kota Pelabuhan Valencia, cadiz dan Cartagena serta kota sevilla dan Merida. Kota penting itu termasuk dalam wilayah kekhalifahan Bani Ummayah selama berabad-abad. Dan menjadi inti atau pusatnya yaitu adalah kota Cordova yang menjadi ibukota pemerintahan islam di Spanyol
Sejak dulu sebelum era bani Ummayah berdiri, yang menjadi ibukota adalah kota Toledo yang terletak di dekat castile, tetapi ketika era pemerintahan bani Ummayah berdiri tahun 756 masehi,di bawah penguasa pertama Bani Ummayah yang bernama Abdurrahman Ad Dakhil, dilakukan pembangunan terhadap kota Cordova.Taman-taman, Air mancur yang terletak di pusat kota menjadi salah satunya dan Abdurrahman Ad Dakhil menjadikan Cordova menjadi pusat pemerintahan islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar