"Konsili nicea yang mengubah dunia kristen"
Pada
era pemerintahannya kaisar konstantin mengeluarkan undang-undang yang disebut
sebagai "edictus milano".
sekitar tahun 313 masehi yang membawa
keselamatan bagi umat kristiani.
Dengan
adanya undang-undang tersebut, keselamatan penganut kristen terjamin, hak
mereka diberikan serta kebebasan beragama mulai mulai dijalankan.
Karena
jasa dari kaisar konstantinus agung itulah ajaran kristen semakin menyebar di
eropa dan mulai dianut oleh masyarakat eropa.
Pada
masa Konstantin Agung inilah ajaran Kristen mulai menyebar di Eropa.
Orang-orang Kristen mulai membuat perkumpulan yang disebut gereja.
Orang-orang Kristen mulai membuat perkumpulan yang disebut gereja.
Hingga
pada nantinya muncul skema pemerintahan agama dimana Kepala Gereja dikenal
dengan nama Presbyter.
Kristen
menyebar di wilayah romawi pada masa pemerintahan kaisar kosntantinus Agung.
Kaisar tersebut.Karena itulah nama Konstantin diagung-agungkan di dunia Kristen.
Kaisar tersebut.Karena itulah nama Konstantin diagung-agungkan di dunia Kristen.
Banyak
Kaisar-kaisar di Eropa yang memakai Konstantin sebagai gelar.
Pada masa Konstantin agung ajaran Kristen mulai menyebar di wilayah Romawi.
Pada masa Konstantin agung ajaran Kristen mulai menyebar di wilayah Romawi.
Kaisar
Konstantin juga masuk agama ini. Walaupun banyak yang berpendapat ia dibabtis
seblum kematiannya.
Hingga pada akhirnya terjadi skema
pemerintahan agama. Dikenal jabatan Presbyter atau kepala Gereja.
Presbyter
mempunyai atasan yang disebut Episcopal. Pada era konstantin agung dikenal
sekte-sekte unitarian seperti Arius.
selain itu juga terdapat sekte-sekte
lainnya seperti anhomoian, macedonian, homoiuosian, dsb. terjadi pertentangan
di dalam tubuh umat kristiani.
Terutama
tokoh yang bernama Athanasius berupaya menentang keberadaan sekte-sekte
tersebut.
bagi
athanasius keberadaan sekte unitarian (yang mengakui 1 tuhan ), itu dianggap
merusak ajaran murni kristiani.
hingga dalam konsili-konsili, athanasius dan pengikutnya berupaya menekan pengaruh arius dan arianisme.
hingga dalam konsili-konsili, athanasius dan pengikutnya berupaya menekan pengaruh arius dan arianisme.
Perdebatan
dan perselisihan antara Arius dan Alexander meresahkan Kaisar Konstantinus.
Ia
merasa bahwa perpecahan dalam gereja dapat mengganggu keamanan dan stabilitas
negara.,
saat
itu kekaisaran Romawi sedang dalam perpecahan dan banyak pemberontakan dari
wilayah yang berupaya membebaskan diri.
Perpecahan
dalam gereja hanya akan membuat kerajaan semakin tidak stabil.
Konstantinus
berupaya menemukan jalan menyelesaikan pertikaian ini. Pada tahun 325,
Konstantin
memanggil uskup-uskup dari berbagai penjuru kekaisaran Romawi untuk berkumpul
dalam konsili di Kota Nicea (sekarang Iznik di Turki).
Konsili
ini dibuka dengan pembahasan mengenai permasalahan ajaran Yesus yang dibawa
Arius.
Eusebius
dari Nicomedia memimpin beberapa uskup yang mendukung Arius.
Namun
ketika Arius membacakan keyakinannya mengenai keEsaan Allah dan
pandangan-pandangan lainnya, banyak uskup yang menentang Arius.
Para
peserta konsili tidak menerima ajaran Yesus yang dibawa Arius dan memutuskan
untuk menolaknya.
Mereka berupaya merumuskan suatu pengakuan yang dapat melawan ajaran Injil yesus yang dibawakan Arius.
Mereka berupaya merumuskan suatu pengakuan yang dapat melawan ajaran Injil yesus yang dibawakan Arius.
Kemudian
Uskup Eusebius dari Kaisarea mengusulkan menggunakan pengakuan yang digunakan
di Kaisarea.
Pengakuan ini tidak menggunakan kata homoousios (satu hakikat) karena dianggap tidak alkitabiah.
Pengakuan ini tidak menggunakan kata homoousios (satu hakikat) karena dianggap tidak alkitabiah.
Namun,
Konstantinus dan para uskup lain memilih untuk menggunakannya dalam rumusan
pengakuan tersebut untuk menentang Arius.
karena Arius terang-terangan menolak
konsep homoousios. Hanya dua orang uskup yang mendukung pandangan Arius dan
menolak konsep homoousios.
Akhirnya konsili nicea bahwa (yesus) tidak diciptakan, namun memiliki kedudukan yang sama
dengan Sang Bapa yang dirumuskan dalam Pengakuan Iman Nicea.
Ajaran Yesus yang
dibawa Arius kemudian ditolak dan Arius bersama beberapa orang yang mendukungnya
dihukum dengan cara dikucilkan dari gereja.
perubahan dalam Dunia kristen
singkatnya pada era Pemerintahan konstantinus agung, untuk pertama kalinya, konsili diadakan.
yakni konsili nicea Tahun 325 masehi.
Dan ternyata pada Masa pemerintahannya terjadi perubahan-perubahan dalam Dunia Kristen terutama di romawi.
yakni konsili nicea Tahun 325 masehi.
Dan ternyata pada Masa pemerintahannya terjadi perubahan-perubahan dalam Dunia Kristen terutama di romawi.
diantara perubahan yang terjadi adalah. :
1. dicetuskannya kebijakan bahwa kedudukan Jesus setara dengan tuhan. pada Masa sebelumnya terjadi perdebatan yang berat antara athanasius Dan arius.
ternyata hasil konsili nicea lebih mendukung dari pemikiran athanasius. konsili ini mendukung tentang ketuhanan yesus, Dan menolak keesahan illahiah.
ternyata hasil konsili nicea lebih mendukung dari pemikiran athanasius. konsili ini mendukung tentang ketuhanan yesus, Dan menolak keesahan illahiah.
2. dikucilkannya ajaran-ajaran sekte-sekte Unitarian, seperti sekte arius, Mereka menganggap arius arius telah melakukan bid'ah Dan penyelewengan terhadap ajaran murni kristiani.
meskipun sekte Unitarian tidak dilarang sepenuhnya, tetapi sejak konsili nicea diadakan sekte-sekte unitarian mulai mendapat tekanan dari masyarakat Dan pemerintah romawi.
keberadaan sekte Unitarian masih tetap utuh Dan berkembang selama Abad ke empat masehi.
dengan munculnya aliran Dan sekte seperti anhomoian, anhomousian, homosius, termasuk sekte arius.
pada Tahun 380 masehi, secara resmi, romawi mengadopsi kepercayaan Kristen Dan ditetapkannya bahwa Kristen adalah ajaran resmi kekaisaran romawi.
masyarakat romawi mulai menjadi Kristen pada era konstantinus I beralih semakin banyak dianut Hingga pemerintah romawi mengumumkan bahwa kekaisaran romawi menjadikan Kristen menjadi ajaran resmi kekaisaran romawi.
Pemerintahan teodosius agung terjadi pada Tahun 380 masehi ditandai dengan munculnya konsili konstantinople Tahun 381 masehi.
pada era teodosius agung terjadi pelarangan ajaran sekte Unitarian. bahkan dengan jalan paksa sekalipun, pihak romawi melakulan pembubaran Dan menutup tempat-tempat sekte yang mengakui 1 tuhan tersebut.
padahal pada Masa sebelumnya yakni kaisar Valen, pihak sekte Unitarian tumbuh subur, Karena tidak Ada pelarangan yang dilakukan kaisar Valen terhadap sekte-sekte unitarian tersebut.
pada Masa inilah sesuai keputusan konsili konstatinople, pemerintah romawi mulai melarang praktik-praktik sekte Unitarian di dalam Pemerintahan romawi.
sekte Unitarian dikucilkan, penganutnya dilarang untuk melakukan peribadatan, pemimpinnya di tangkap Dan dipenjarakan Hingga sekte Unitarian semakin hilang dari masyarakat romawi.
tetapi di dalam Pemerintahan bangsa lainnya seperti bangsa gothic (visigoth) yang beragama Kristen, ajaran sekte Unitarian tumbuh subur.
bangsa gothic mengadopsi kepercayaan arius. sementara masyarakat romawi menolak sekte Unitarian Dan menganggapnya sebagai bid'ah dalam ajaran Kristen.
era kaisar teodosius I, kekaisaran romawi menjelma menjadi kekaisaran kristen,.
Karena kaisar romawi tersebut menjadikan "Kristen sebagai ajaran resmi kerajaan".
Berbeda Dari sebelumnya, bangsa romawi yang tadinya banyak menyembah pagan banyak beralih menjadi penganut Kristen pada abad ke 4.
Hingga pada era pemerintahannya, teodosius I menjadikan Kristen sebagai ajaran resmi kerajaan romawi. Dan kalender yang berisi nama-nama mythologi romawi tetap dipakai.
Diambil dari ;
kuliah empat agama, Prof. hamid Rasyidi
Graveri, life of jesus
Sejarah Arianisme, maurice Wiles.
Buku sejarah kartun peradaban
Larry Gonick
100 kejadian penting dalam kristen.
100 kejadian penting dalam kristen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar