Selasa, 29 November 2016

kontroversi tentang hari natal







"Kontroversi tentang hari natal"





















 Banyak yang mempertanyakan tentang Hari natal atau hari kelahiran yesus kristus.

 

 

 

 

berbagai pendapat dan argumentasi muncul dari beberapa sekte atau aliran kristen. Gereja ortodoks, gereja armenia kadang berbeda pendapat dari aliran katolik tentang kapan hari natal terjadi.

 

 

 

 

 

 

 

Bahkan penulis dari barat layaknya Graveri juga menyebutkan adanya perayaan hari natal yang dilakukan secara berbeda-beda oleh umat kristen sendiri.

 

 

 

 

Atau pendapat dari para presbyter (kepala gereja) jaman dahulu memperlihatkan tentan kon troversi  dari hari natal itu sendiri.

 

 

 

 

 

Ketika Kristen mulai  menyebar pada awal abad masehi di Eropa, pada mulanya orang Kristen tidak mengetahui hari kelahiran yesus atau hari natal.

 

 

 

 

 

 

Masyarakat Kristen pada masa awal abad masehi ada yang merayakan hari natal pada tanggal 6 Januari atau awal januari, ada juga yang merayakan hari natal tanggal 28 Maret, ada pula yang merayakan hari natal pada 18 April serta ada pula  yang merayakan hari natal pada 29 mei, dsb.

 

 

 

 Hal itu seperti diungkapkan oleh Graveri, dalam karyanya Life of Jesus. Demikian yang dikutip dalam buku kuliah empat agama karya Prof.Dr. Hamid Rasyidi, Masyarakat Kristen pada awal abad masehi tidak merayakan hari natal pada 25 Desember tapi merayakan hari natal pada tanggal yang berbeda-beda.

 

 

 

Masyarakat Kristen dan aliran Kristen berbeda pendapat tentang kapan kelahiran . Gereja Armenia yang merayakan Hari natal pada awal bulan Januari.

 

 

 

 

Hingga kini terdapat perspektif yang berbeda tentang kelahiran yesus kristus atau hari natal.

 

 

 

Hingga kini pada masa zaman sekarang aliran kristen tertentu, seperti ortodok yunani merayakan hari natal pada awal bulan januari, bukan tanggal 25 desember

 

 

 

 

Tetapi ketika Kristen meyebar ke eropa barulah dirayakan Hari natal tanggal 25 Desember. Tentu saja penyebaran Kristen di eropa berlangsung secara berangsur-angsur dan berabad-abad.

 

 

 

 

          

 

 

         

 

 

 

 

 

 

           penyebaran kristen di eropa

 

 

 

menurut buku life jesus karya graveri kristen baru menyebar di eropa setelah kurang lebih selama 10 abad lamanya secara berangsur-angsur.

 

 

hal tersebut karena sejak lama eropa berada di bawah penyembahan politheisme, atau paganisme di eropa yang membuat sulitnya penyebaran kristen. bahkan bangsa-bangsa penyembah pagan layaknya romawi banya melakukan kekerasan dan pembunuhan terhadap orang-orang kristen.

 

 

 

 

 

 

 

    

 

 

 

 

 

 

 -----ajaran kristen menyebar di romawi----

 

 

ajaran kristen menyebar di romawi ketika romawi berada di bawah pemerintahan kaisar konstantinus agung.

 

 

 

Kristen menyebar di wilayah romawi pada masa pemerintahan kaisar kosntantinus Agung. Kaisar tersebut membuat undang-undang yang disebut Edictus Milano.

 

 

Dalam undang-undang tersebut secara resmi romawi mengakui Kristen sebagai salah satu ajaran yang legal di wilayah romawi.

 

 

 

 

Undang-undang tersebut juga menjamin keselamatan umat Kristen dan menjamin hak-hak orang Kristen.

 

 

 

 Konstantin agung juga masuk Kristen pada masa pemerintahannya. Walaupun ada juga yang menyebutkan konstantinus.

 

 

 

 

masuk Kristen pada akhir hayatnya.Konstantinus agung juga memprakarsai Konsili Nicea tahun 325 yang sangat mempengaruhi dunia Kristen hingga ssat ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ajaran kriste menyebar di Prancis (bangsa franks)

 

 

 

 

 

Sedangkan ajaran Kristen menyebar di Prancis ketika kerajaan franka dipimpin oleh Raja Clovis. Raja tersebut akhirnya masuk Kristen pada masa pemerintahannya.

 

 

 

Clovis sang penyembah dewa Odin, dewa bagi masyarakat skandinavia beralih menjadi penganut Kristen setelah memenangkan pertempuran melawan suku-suku Alemanni.

 

 

 

 

Yang paling mempengaruhi Clovis agar masuk Kristen adalah istrinya yang bernama Chotilda.

 

 

Hingga Clovis berjanji akan beralih menjadi Kristen setelah jika sang raja memenangkan perang atas suku-suku Alemanni.

 

 

 

Ternyata benar, Tentara Franka memenangkan perang atas suku-suku Alemmani. Hingga clovis dibabtis di sebuah katreldal di Reims.

 

 

Pada masa clovis itulah banyak masyarakat kerajaan franka yang beralih menjadi penganut Kristen.

 

 

 

Kristen yang dianut oleh masyarakat franka banyak yang beraliran Katolik, yakni mengakui otoritas paus dan supremasinya.

 

 

 

Jadi pada masa pemerintahan Clovis inilah Ajaran Kristen mulai menyebar diantara masyarakat kerajaan Franka di perancis. Clovis dikenal sebagai Konstantinus dari Franka.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ajaran kristen menyebar di antara bangsa Gothic atau Visigoth

 

 

 

 

Di prancis selatan dan spanyol terdapat bangsa yang menghuni wilayah tersebut, yakni bangsa visigoth. tampaknya sekte arius bukan katolik yang banyak menyebar di wilayah tersebut.sekte Arius atau Arianisme banyak menyebar diantara bangsa Visigoth.

 

 

 Sekte Arius, Arianisme menganggap Yesus berkedudukan lebih rendah dari Allah. Mereka tidak menganggap yesus adalah “Tuhan” tetapi dzat yang lebih rendah kedudukan daripada tuhan.

 

 

 

Perbedaan aliran kepercayaan inilah yang membuat bangsa Visigoth dan Bangsa Franka sering  terjadirperang  dan pertempuran diantara mereka.

 

 

 

Masyarakat bangsa Franka yang beraliran Katolik Roma yang mengakui supremasi kepausan sedangkan masyarakat bangsaVisigoth yang beraliran Arianisme dengan Unitariannya.

 

 

 

 Hal itulah yang membuat seringnya terjadi pertempuran diantara kedua bangsa tersebut. Hingga akhirnya bangsa Visigoth tersingkir  ke Andalusia atau spanyol dan mendirikan kerajaan yang beribukota di Toledo.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
















----ajaran kristen menyebar di inggris dan Britania-----

 

 

 

 

Sedangkan ajaran Kristen menyebar di Inggris pada permulaan abad ke 6. Kedatangan misionaris dari roma juga menandai penyebaran ajaran Kristen di tanah Britania.

 

 

 

 

 

ajaran Kristen juga menyebar di eropa timur pada tahun 860 atau abad 9. Hal itu terlihat pengaruh gereja timur sangat besar  dominan dalam penyebaran Kristen di eropa Timur.

 

 

 

 

 

 

 

------ajaran kristen menyebar di Rusia----

 

 

 

Sedangkan di Rusia penyebaran Kristen baru terjadi pada masa pemerintahan Tsar-Tsar Rusia. Kristenisasi di Rusia terjadi sekitar abad 10.

 

 

Hal tersebut terjadi karena Rusia berbatasan dengan kerajaan Byzantium.

 

 

Hubungan yang baik antara Tsar-Tsar Rusia denagn kaisar Bizantium menyebabkan terjadinya proses Kristenisasi di wilayah tersebut, bahkan Rusia menjadi pusat penyebaran ajaran Kristen setelah kejatuhan konstatinople.

 

 

 

Aliran yang berkembang di Rusia tampaknya berbeda dengan di wilayah Barat Eropa.

 

 

Karena Rusia berbatasan dengan kerajaan Byzantium yang mayoritas penduduknya beragama Kristen Ortodok Yunani, maka Kristen Ortodok Yunani menjadi mayoritas oleh masyarakat Rusia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

jadi intinya, perayaan natal baru diadakan serentak tanggal 25 desember setelah Kristen baru benar-benar menyebar  di eropa . sebelumnya natal tidak diadakan tepat pada tanggal 25 desember., tetapi Umat Kristen merayakan natal  pada tanggal yang berbeda, yakni pada awal januari, 28 maret, 29 Mei, dsb.

 

 

 

 

sekte atau aliran Kristen berbeda paham tentang waktu dari kelahiran yesus kristus. Kristen baru menyebar ke eropa baru dilakukan perayaan hari natal pada tanggal 25 desember yang menurut beberapa sumber itu masih ada hubungannya dengan hari kebesaran bangsa Romawi, yaitu Dies Natalies Solis Invictus.

 

 

 Dan ketika terjadi perang salib tahun 1095 umat islam menyaksikan Kristen begitu solid dalam merayakan hari kelahiran Yesus serentak tanggal 25 desember.

 

 

 

 

 Hal itulah yang membuat sang pemimpin   Salahudin al ayubi mengadakan perayaan hari Maulid nabi yang bertujuan untuk memberikan spirit semangat jihad

 

 

 

 

 

 

 Sedangkan ajaran Kristen menyebar di Inggris pada permulaan abad ke 6. Kedatangan misionaris dari roma juga menandai penyebaran ajaran Kristen di tanah Britania.

 

 

 

 

ajaran Kristen juga menyebar di eropa timur pada tahun 860 atau abad 9. Hal itu terlihat pengaruh gereja timur sangat besar  dominan dalam penyebaran Kristen di eropa Timur.

 

 

 

Kristen menyebar di romawi sekitar tahun 325 M. sementara Kristen Mulai menyebar du Perancis sekitar awal abad 6 dan Kristen dianut oleh masyarakat bangsa Visigoth pada awal abad ke 6.

 

 

 

 

Di kepulauan Inggris,  Kristen menyebar sekitar tahun 560. Di EropaTtimur sekitar tahun 860 serta di Rusia sekitar abad 10.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

kristus lahir ketika kaisar agustus berkuasa

 

 

 

Walaupun diantara sekte-sekte atau aliran-aliran Kristen berbeda pendapat pada masa tentang kelahiran yesus kristus, baik tanggalnya maupun tahun kelahirannya.

 

 

 

 

Tetapi dapat disangsikan bahwa Yesus lahir ketika kaisar romawi Agustus berkuasa.

 

 

 

Octavianus, sang kaisar romawi pertama yang bergelar agustus memerintah seekitar tahun 27 M -14 M. dalam periode yang panjang itulah yesus lahir di Eastern Roman Provence, yang merupakan wilayah timur dari kekuasaan bangsa Romawi.

 

 

Kaisar Agustus memerintah dalam periode yang sangat panjang sekitar 41 tahun Pemerintahannya ditandai dengan masa kejayaan bangsa Romawi yang kekuasaannya membentang dari Eropa barat hingga palestina dan mesir di wilayah Timur.

 

 

 

 Spanyol, Portugal, Prancis, Inggris, italia sebagian afrika utara, Eropa Timur , Asia kecil, Syria serta Palestina dan Mesir adalah wilayah jajahan  Bangsa Romawi.

 

 

 

 

Palestina, atau tanah bangsa Kanaan atau Judea dan galila merupakan salah satu wilayah jajahan Romawi.

 

 

 

 Di saat Kaisar Agustus itulah Yesus lahir di Judea. Salah satu wilayah jajahan bangsa Romawi. Meskipun periode kelahirannya tidak diketahui secara pasti, baik tanggalnya dan tahunnya, tetapi sudah dipastikan yesus lahir ketika Kaisar Romawi, Agustus memerintah .

 

 

 

Jadi singaktnya walaupun kelahiran yesus Kristus tidak diketahui secara pasti baik tahun dantanggalnya tetapi bias dipastikan Yesus lahir pada zaman kaisar Romawi Agustus memerintah di kekaisaran Romawi.

 

 

 

 

ketika kristen benar-benar  menyebar ke eropa, barulah dilakukan perayaan kristen secara serentak tanggal 25 desember.

 

 

pada awal munculnya kristen, umat kristen berbeda dalam melaksanakan perayaan natal. bahkan hingga saat ini pun pada era sekarang, masih ada sekte-sekte kristen yang merayakan hari natal tidak pada tanggal 25 desember.

 

 

 

 

 

seperti beberapa tahun yang lalu, gereja ortodox tidak merayakan hari natal pada tanggal 25 desember, tetapi perayaan hari kelahiran kristus dilaksanakan pada tanggal awal bulan januari.

 

 

 

Kristen menyebar di romawi sekitar tahun 325 M. sementara Kristen Mulai menyebar du Perancis sekitar awal abad 6 dan Kristen dianut oleh masyarakat bangsa Visigoth pada awal abad ke 6. Di kepulauan Inggris,  Kristen menyebar sekitar tahun 560. Di EropaTtimur sekitar tahun 860 serta di Rusia sekitar abad 10.

 

 

Baru ketika Kristen menyebar di eropa,  dilakukan perayaan Hari natal secara serentak tanggal 25 Desember.

 

 

 

 

 

Walaupun beberapa aliran dari Kristen ada yang merayakan pada awal-awal bulan Januari, Seperti Gereja Armenia.

 

 

 

Kelahiran yesus kristus tidak diketahui secara pasti selain tanggalnya, begitu pula dengan tahun kelahirannya. Beberapa sumber menyebutkan tahun 4 M tetapi sumber yang lain menyebutkan tahun 5 SM, dsb.:

 

 

 

 

Untuk masalah kepercayaan, silahkan anda mengambil kesimpulan sendiri.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber :

 

 

*graveri,  buku life of jesus

 

 

*syeikh abu zahrah, buku tinjauan mengenai ajaran masehi

 

 *prof. Dr. Hamid Rasyidi, buku kuliah 4 agama

 

 

 

 

*buku jerussalem 33, penerbit kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar